MIE HIJAU HOMEMADE



Bismillahirrohmanirrohim
Kali ini kita bikin mie homemade yuuk. Lebih sehat, bersih dan terjamin kalau kita bikin sendiri di rumah kan. Cara pembuatan mie homemade cukup mudah dan bahannya juga simpel kok. Sekarang ini lagi trend mie sehat dengan berbagai warna yang cantik. Warna-warna tersebut diperoleh dari bahan alami yang ditambahkan pada pembuatan mie. Warna hijau bisa diperoleh dari sawi hijau atau bayam, orange dari wortel, ungu dari bunga telang atau ubi ungu atau merah dari buah bit. Mie dengan aneka warna tersebut tentunya sangat menarik dilihat, apalagi anak-anak pasti suka. Dengan tambahan bahan-bahan tersebut, mie tidak hanya cantik tapi juga bisa meningkatkan nilai gizinya.

Keluarga kami adalah penggemar mie. Segala macam olahan mie pasti laris manis, mulai dari mie goreng, mie ayam, cwie mie, mie kangkung, mie titi dan lain sebagainya. Biasanya aku membuat mie tanpa tambahan bahan lainnya, jadi warnanya hanya kuning seperti mie pada umumnya. Kali ini aku tambahkan sawi hijau dan jadilah mie hijau homemade.





Kali ini aku mencoba resep dari Tabloid Koki yang kulihat di blog Mbak Hesti. Biasanya aku membuat mie hanya dengan bahan tepung terigu, garam dan telur. Resep ini memakai tambahan tepung sagu. Berikut ini resepnya ya

MIE HIJAU HOMEMADE

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm tepung sagu
3 butir telur ayam (bisa juga pakai telur bebek)
200 gr sawi hijau ---> blender dengan sedikit air ambil sarinya kurang lebih 100-150 ml 
(tambahkan bila kurang)

Cara Membuat :
- Dalam sebuah wadah campur terigu dan garam. Aduk hingga rata.
- Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
- Ambil sari sawi hijau (aku pakai 150 ml), masukkan telur kemudian aduk hingga rata.
- Tuang campuran sari sawi hijau sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk hingga rata. Tambahkan sari sawinya bila adonan dirasa masih kering.
- Masukkan adonan ke dalam gilingan mie. Giling dengan nomer yang besar terlebih dahulu hingga halus. Sesekali beri tepung sagu agar tidak lengket.
- Kecilkan nomer gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
- Cetak mie sesuai selera, bisa bentuk pipih ataupun bulat. 
- Adonan mie siap digunakan.



Di foto ini warnanya beda ya hehehe. Ini foto di dapurku yang remang-remang, aslii saat proses berlangsung. Jadinya gak sempet mikir lighting karena tangan berlumuran tepung hihihi.

Mie homemade bisa tahan disimpan di kulkas selama kurang lebih 1 minggu. Kemas mie dalam wadah kedap udara dalam ukuran 1x pakai, misalnya dipacking masing-masing seberat 200 gr. Sebenarnya aku belum pernah juga menyimpan mie homemade sampai 1 minggu, karena keburu habis diolah. 
Mie hijau homemade ini bisa jadi salah satu solusi buat anak-anak yang tidak suka sayuran hijau. Mie-nya tidak terasa langu sayur sama sekali. Kata kakak Naira....Bunda ini mie pandan tapi kok kurang wangi ya pandannya hihihi. Dikiranya warna hijaunya dari pandan ^_^
Apabila tidak mempunyai gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin untuk menggiling adonan. Giling berulang kali hingga halus dan ketebalannya sesuai selera kemudian potong dengan menggunakan pisau. 



Selamat mencoba ya..

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

35 komentar

komentar
Thursday, 27 February 2014 at 22:01:00 GMT+7 delete

cantik warnanya mba, ntar coba resep yg pake sagu ahh...

Reply
avatar
Thursday, 27 February 2014 at 22:16:00 GMT+7 delete

mie hijau dan mie merah buatanmu juga cantik2 warnanya mbak Isna. Disini susah buah bit, jadi belum bisa bikin mie merah ^^

Reply
avatar
Friday, 28 February 2014 at 18:47:00 GMT+7 delete

Mba boleh nanya itu untuk alasnya apa namanya ya,yg ada angka2nya skalian,anti lengket ya?kayaknya ukurannya lebar yaa..hehehhe nyari dijogja ktemunya cuting mat ukuran A4

Reply
avatar
andrianykh
Friday, 28 February 2014 at 22:29:00 GMT+7 delete

setelah sayuran diblender lalu disaring ya mbak? untuk dpt jus sawinya...

Reply
avatar
Sunday, 2 March 2014 at 04:42:00 GMT+7 delete

Aaaah, mupeng tapi belum punya alatnya, kalau garisin satu2 pakai pisau atau cutter pegeel hihihhi
aku punya majalahnya ini :D

Reply
avatar
Monday, 3 March 2014 at 21:10:00 GMT+7 delete

Ikka Wiedya..itu silicon mat, biasa dibuat mengerjakan fondant, atau membentuk roti. Bagian alasnya lengket di meja sehingga tidak mudah bergeser-geser

Reply
avatar
Monday, 3 March 2014 at 21:11:00 GMT+7 delete

Ivonie...ayooo bikin, beli alatnya kalau gak mau pegel hihihi.

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 14 July 2014 at 13:21:00 GMT+7 delete

Mba...ini mie nya klo di simpan tahan berapa hari ya?

Salam manis....tiwi

Reply
avatar
Monday, 14 July 2014 at 20:31:00 GMT+7 delete

saya kalau bikin mie telur gak pernah disimpan lama mbak Tiwi, paling lama 2 hari aja karena memang mie ini tanpa pengawet

Reply
avatar
Friday, 10 October 2014 at 22:06:00 GMT+7 delete

cantik dan segar yaa warna mie nyaa... yang alami dan buat sendiri di rumah itu memang lebih aman yaaa... :)

Reply
avatar
Sunday, 30 November 2014 at 18:14:00 GMT+7 delete

Cantiknyaaa mie hijau ini. Cara nyimpen mienya gimana ya mba? Harus masuk feeezerkah?

Reply
avatar
Wednesday, 3 December 2014 at 20:35:00 GMT+7 delete

di kulkas bawah mbak, buka di freezer, dimasukkan wadah tertutup. mie ini gak tahan lama ya mbak karena tanpa pengawet

Reply
avatar
Friday, 6 February 2015 at 03:55:00 GMT+7 delete

itu 3 telurnya gak dipake pas di bagian cara membuat?

Reply
avatar
Tuesday, 10 February 2015 at 21:11:00 GMT+7 delete

sudah tercantum di resep kok, mohon dibaca lagi yaa

Reply
avatar
Wednesday, 17 June 2015 at 13:07:00 GMT+7 delete

kak, izin ambil foto-fotonya yaa buat tugas :) makasiiih

Reply
avatar
Thursday, 20 August 2015 at 21:53:00 GMT+7 delete

Mba kalo mau warna lain tinggal Ganti sayuran warna lain ya? Mksh

Reply
avatar
Thursday, 20 August 2015 at 23:08:00 GMT+7 delete

Iya betul mbak Heni, orange bisa dari wortel, pink dari buah bit, bahkan hitam juga bisa, dari tinta cumi

Reply
avatar
Thursday, 20 August 2015 at 23:08:00 GMT+7 delete

Iya betul mbak Heni, orange bisa dari wortel, pink dari buah bit, bahkan hitam juga bisa, dari tinta cumi

Reply
avatar
Thursday, 20 August 2015 at 23:08:00 GMT+7 delete

Iya betul mbak Heni, orange bisa dari wortel, pink dari buah bit, bahkan hitam juga bisa, dari tinta cumi

Reply
avatar
Thursday, 27 August 2015 at 17:09:00 GMT+7 delete

Mbakk..maaf OOT dari resep, ampianya pake yg merk apa ya? Aku udah bbrp Kali cb tapi menyatu ga pisah2 gitu :( ..mohon Infonya Mbak..makasihh bgt..

Reply
avatar
Wednesday, 9 September 2015 at 06:03:00 GMT+7 delete

Mbak,mau nanya lebih enak yg pake tepung sagu atau resep yg pake terigu aja?

Reply
avatar
Monday, 14 September 2015 at 17:12:00 GMT+7 delete

Saya pakai merk kris chef, biar bisa pisah2 kasih taburan tepung satu mbak

Reply
avatar
Monday, 14 September 2015 at 17:14:00 GMT+7 delete

Mirip kok hasilnya tapi saya lebih suka yg pake sagu

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 11 December 2015 at 19:30:00 GMT+7 delete

Assalamu'alaikum...mau tanya bunda nina, untuk tepung sagu yg di pake kalo boleh tau mereknya apa? Terma Kasih.

Reply
avatar
Tuesday, 29 December 2015 at 01:46:00 GMT+7 delete

Untuk mie merah bisa pake jus buah naga atau strawberry Mbak. Mie hitam bisa pakai tinta cumi.

Reply
avatar
Monday, 15 February 2016 at 17:50:00 GMT+7 delete

Pakai bayam buat ganti sawi bisa gak mba ??

Reply
avatar
Tuesday, 19 April 2016 at 12:33:00 GMT+7 delete

Mba biar gak asem mi mie nya pakai apa yaah.saya sudah buat, tapi setelah 2 hari asem. Biar gak asem pakai apa yah mba...terimakasih

Reply
avatar
Tuesday, 19 April 2016 at 20:42:00 GMT+7 delete

mie basah kan memang tidak tahan lama, beda dengan mie kering. Apalagi ini adalah mie homemade yang tidak menggunakan bahan pengawet.

Reply
avatar
Wednesday, 12 October 2016 at 14:05:00 GMT+7 delete

Mba kl pakai brokoli sebaiknya brokolinya direbus dl tau dibiarkan segar sj ya mba ketika akan diblender?.

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 7 January 2017 at 11:24:00 GMT+7 delete

Mbak, aku sdh coba resepnya. Pas dipotong pakai mesin mie /pasta, adonan gak mau kepotong, alias bergaris2 aja. Kenapa ya?

Reply
avatar
Tuesday, 10 January 2017 at 07:31:00 GMT+7 delete

brarti ada masalah di alatnya ya, bisa dicek lagi alatnya ya

Reply
avatar
Monday, 5 June 2017 at 15:03:00 GMT+7 delete

kira-kira rasanya pahit ga ya mba?

Reply
avatar