KLEPON



Bismillahirrohmanirrohim....
Mulai posting di blog lagi setelah kurang lebih 1 minggu off. Kali ini adalah postingan tentang salah satu jajanan tradisional. Yups....jajanan tradisional memang gak pernah ngebosenin ya. Jenisnya beragam, kaya rasa dan biasanya dibuat dari bahan-bahan yang cukup simpel dan terjangkau. Kali ini aku membuat klepon.
Sebenarnya sudah cukup sering juga aku posting tentang klepon, tapi ternyata kebanyakan klepon ubi ya. Keluargaku sangat suka dengan klepon, tapi kalau Kakak dan Adek yang makan, mereka gak mau pakai kelapa heheheh. Jadi selalu aku sisihkan untuk mereka yang tidak ditaburi kelapa.

Biasanya kalau membuat klepon, aku gak pernah timbang-timbang lagi sih, karena memang klepon ini cukup mudah dibuat dan bisa dikira-kira takarannya. Tapi kali ini aku timbangin deh ya dengan base resep klepon NCC. Untuk takaran air, jangan berpatokan dengan takaran air di resep ya. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dirasa adonan bisa dipulung / dibentuk. Untuk isiannya juga jangan mengisi terlalu penuh, agar klepon tidak pecah ketika dibentuk. Yuuuk...bikin klepon yuk




K L E P O N

Bahan :
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
200 ml air daun suji hangat (bisa ditambah atau dikurangi)
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah, sisir
1/2 butir kelapa, parut memanjang
1/2 sdt garam
air untuk merebus

Cara Membuat :
- Campur tepung ketan dan tepung beras. Aduk hingga rata.
- Campurkan air daun suji dan air kapur sirih. Aduk rata.
- Tuang sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata hingga bisa dipulung atau dibentuk. Bila adonan dirasa masih kering, tambahkan lagi air daun suji sedikit lagi.
- Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan gula merah. Bulatkan dan lakukan hingga habis.
- Didihkan air dan rebus klepon hingga mengapung.
- Angkat klepon yang sudah mengapung dan pindahkan ke wadah yang berisi air matang suhu ruang. Diamkan sejenak kemudian angkat dan tiriskan.
- Kukus kelapa parut dengan garam sebentar saja.
- Gulingkan klepon ke kelapa parut. 
- Siap dihidangkan.

Kalau males bikin air daun suji, bisa aja pakai pasta pandan biasa ya. Campurkan pasta pandan ke dalam air hangat dan aduk hingga rata. Siap dipakai deeh.




Alhamdulillah...nikmat untuk cemilan di sore hari. Untuk resep klepon ubi bisa dilihat disini ya. Klepon ubi ungu yang cantik bisa dilihat 'penampakannya' disini ya hehehe.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Tuesday, 22 April 2014 at 12:32:00 GMT+7 delete

mba aku udah coba resep kleponnya...dan enakkk,oiya saya posting jg diblog saya resepnya ya mba...makasih

Reply
avatar
Wednesday, 23 April 2014 at 00:10:00 GMT+7 delete

terima kasih reviewnya mbak. Monggo silahkan resepnya disharing ya mbak. Terima kasih

Reply
avatar
Wednesday, 18 February 2015 at 15:06:00 GMT+7 delete

Sepertinya menarik untuk dicoba, apalagi pas musim ujan begini ditemani teh pahit...

Reply
avatar