AYAM SUWIR BUMBU RUJAK



Bismillahirrohmanirrohim....our menu today ^^
Hari ini tetep masak yang gampang dan praktis...ya seperti biasanya ya. Menu hari ini antara lain adalah tumis sawi tahu dan ayam suwir bumbu rujak. Buat anak-anak ada udang saus tiram dan bening bayam yang dimasak dadakan sesaat sebelum mereka makan siang. Kali ini postingan tentang ayam suwir bumbu rujak aja ya. 
Ayam bumbu rujak bukan berarti ayam yang diberi bumbu sambal rujak ya hehehe. Ayam bumbu rujak adalah salah satu sajian dari Jawa Timur. Biasanya ayam bumbu rujak adalah berupa ayam panggang yang disajikan dengan kuah kental berwarna merah. Mungkin sekilas mirip dengan ayam bumbu bali atau bumbu merah lainnya. Resepnya juga mirip-mirip ya, namanya aja yang lain di masing-masing daerah.
Karena kali ini aku ingin membuat ayam suwir, jadinya gak perlu repot-repot memanggang ayamnya. Bumbu yang digunakan sebenarnya sama aja dengan kalau membuat ayam panggang bumbu rujak. Menurutku memakan ayam suwir tentunya beda sensasinya jika dibandingkan memakan ayam potongan hehehe. Masak yuuk




AYAM SUWIR BUMBU RUJAK

Bahan :
500 gr fillet ayam (boleh fillet dada atau paha ya)
1 sdm air jeruk nipis
1 ruas lengkuas, memarkan
2 bantang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
2 helai daun salam
2 helai daun jeruk
2 sdt garam
1 sdm gula merah, sisir halus
1 sdt gula pasir
300 ml santan
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah
2 cabe rawit (sesuaikan selera)
3 butir kemiri sangrai
1 cm jahe

Cara Membuat :
- Lumuri fillet ayam dengan air jeruk nipis. Biarkan sebentar.
- Rebus ayam hingga matang dan empuk, suwir-suwir. Sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk hingga rata.
- Masukkan ayam, aduk hingga bumbu rata.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, bumbui dengan garam, gula pasir dan gula merah. 
- Kecilkan api, tutup wajan dan masak hingga santan menyusut.
- Angkat dan siap disajikan.

Dinikmati bersama nasi hangat...Alhamdulillah nikmat sekali. Lebih mantap kalau rasanya super pedas ya. Kalau aku gak bisa masak super pedas, karena anak-anak biasanya juga ikut ngicipin tuh hehehe. Kasian kalau terlalu pedas, mereka jadi gak bisa makannya.
Selain ayam suwir bumbu rujak, bisa juga kita mengolah ayam suwir cabe hijau, ayam suwir masak habang, ayam suwir rica, ayam suwir bumbu opor, ayam suwir bumbu kare, ayam suwir bumbu bali atau yang lebih simple ayam suwir saus tiram.  Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga. 






Selamat mencoba ya..

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »