MIE KANGKUNG



Ada yang suka mie kangkung? Kalau pertanyaan itu ditujukan kepadaku, pasti langsung jawab sukaa banget. Hehehehe. Mie yang kenyal disajikan dengan kuah kecoklatan yang kental, dipadukan dengan kangkung dan tauge serta tak lupa kucuran air jeruk limau. Rasanya juara banget, apalagi bila disajikan saat cuaca dingin.
Mie kangkung sebenarnya mirip dengan mie ayam biasa, yang menjadi ciri khasnya tentu saja pemakaian kangkung dalam penyajiannya. Ya iya lah...namanya juga mie kangkung, masa pakainya sawi hihihi. Mie kangkung biasanya disajikan dengan potongan ayam atau daging sapi dan juga telur puyuh. Ada juga yang menambahkan jamur, ceker atau bahkan udang. Boleh-boleh aja ya, silahkan disesuaikan dengan selera.
Kalau di resto atau gerai mie, biasanya mie kangkung disajikan di atas hot plate. Duh...kebayang kan gimana nikmatnya mie kangkung hot plate. Karena aku gak punya hot plate, jadi disajikan di mangkok aja ya hihihih. Tetap nikmat. Sebenarnya ada yang kurang pas, karena aku gak pakai jeruk limau. Tanaman di rumah mama lagi gak berbuah, cari di tukang sayur lagi gak ada, jadi terpaksa lah pakai jeruk nipis aja :D




MIE KANGKUNG


Bahan :
200 gr mie telur
2 sdt minyak wijen
2 ikat kangkung, rebus hingga agak lunak
2 genggam tauge, siangi dan rebus

Bumbu Halus :
6 siung bawang putih
2 sdm ebi sangrai

Bahan Kuah :
300 gr fillet dada ayam, potong dadu kecil
10 butir telur puyuh rebus
5 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 gula pasir
2 sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air
1500 ml air kaldu
(dari 2000 ml air dan tulang ayam yang didihkan dan disaring)
2 sdm minyak untuk menumis

Pelengkap :
daun bawang, potong-potong
bawang goreng
air perasan jeruk limau (pakai jeruk nipis)

Cara Membuat :
- Rebus mie telur hingga lunak (jangan kelamaan ya), angkat dan tiriskan kemudian tambahkan minyak wijen. Aduk rata dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan fillet dada ayam, masak hingga berubah warna.
- Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata.
- Tuang air kaldu, masak hingga mendidih dan ayam empuk. Test rasa hingga pas.
- Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga meletup-letup.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan telur puyuh. Matikan api dan angkat.

Penyajian :
- Siapkan mangkok saji atau hot plate. Tata mie telur di atasnya, beri kangkung, tauge dan irisan daun bawang.
- Siram dengan kuah beserta ayam dan telur puyuh.
- Taburi dengan bawang goreng dan beri sambal bila suka.
- Siap disajikan hangat.

Untuk sambelnya aku membuat sambel bawang, yang bahannya terdiri dari cabe keriting, cabe rawit, bawang putih, gula dan garam. Cara membuatnya tentu saja cukup mudah, cukup rebus cabe keriting, cabe rawit dan bawang putih kemudian haluskan bersama gula dan garam. Beri sedikit air sisa rebusan cabe, siap dijadikan pelengkap mie kangkung.




Alhamdulillah...terasa nikmat sekali. Buat yang suka jajan mie kangkung, yuuk dicoba bikin sendiri.
Happy cooking ^^

DARI DAPUR NAYS #8

Beberapa foto orderan non cake dekor yang sempat difoto. Kebanyakan sih jarang sempet untuk jepret-jepret, maklum aja suka repot dikejar waktu. Enjoy the picts...dan...terima kasih untuk orderannya di Dapur Nays ya..

Rombongan browkus aneka topping


Cake potong kukus pandan


Browkus potong


Rombongan kue lumpur


Mac schotel dr. Paulus


Simple browkus topping keju + meises kel. Mahfud


Simple decorated browkus dr. Sukoco

Alhamdulillah...masih diberi kesempatan oleh customer untuk terus belajar. Semoga menjadi berkah untuk kita ya. Aamiin.

APPLE & BANANA CLAFOUTIS



Clafoutis (klafuti) merupakan salah satu dessert yang berasal dari Prancis. Dessert ini disajikan hangat dan aslinya memakai dark cherry sebagai salah satu bahannya. Pada perkembangannya terdapat berbagai variasi clafoutis, dimana dark cherry bisa diganti dengan berbagai macam buah sesuai selera. Cara pembuatannya sangat mudah dan memakai bahan-bahan yang cukup simpel, yaitu terigu, susu, krim kental, telur dan buah-buahan. Tekstur clafoutis yang lembut dengan cita rasa manis memang sangat cocok dijadikan sebagai menu dessert. Kalau kita di Indonesia mungkin mirip teksturnya dengan puding bakar.

Ini bukan clafoutis pertama yang kubuat. Pertama kali membuat memakai resep dari Martha Stewart dan sukses ludes tak tersisa sebelum sempat difoto (nasiib deh). Resep yang kugunakan kali ini adalah resep dari Dapur Daniar. Sengaja aku hunting resep yang memakai whipcream cair dalam jumlah sedikit, karena kebetulan ada whipcream cair sisa yang harus segera digunakan hihihi. Buahnya juga memakai yang ada di rumah aja. Kebetulan punya apel dan pisang, jadi diberdayakan aja. Berikut ini resepnya...



APPLE & BANANA CLAFOUTIS

Bahan :
1 buah (175 gr) apel
2 buah (200 gr) pisang
100 gr tepung terigu serbaguna, ayak
2 butir telur
75 gr gula pasir (kalau suka lebih manis bisa pakai 100 gr)
250 ml susu cair
3 sdm krim kental (whipcream cair)
50 gr margarin leleh
kismis secukupnya
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
- Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis margarin. Panaskan oven 170'C
- Potong-potong apel dan pisang dengan ketebalan sedang kemudian tata di dasar pinggan. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah, letakkan tepung terigu yang sudah diayak, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur. Aduk hingga halus memakai balon whisk.
- Tuang susu, gula pasir, whipcream cair. Aduk hingga rata dan licin.
- Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
- Tuang ke dalam pinggan yang sudah berisi apel dan pisang sedikit demi sedikit. Beri taburan kismis.
- Panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Ketika sudah mulai set, bisa diberi taburan kayu manis bubuk dan lanjutkan memanggang hingga matang.
- Angkat dan siap disajikan hangat.




Teksturnya lembuuut banget, manisnya pas menurutku. Cocok sekali dijadikan teman minum teh di sore hari atau bahkan sebagai takjil saat berbuka puasa. Buah yang digunakan bisa diganti dengan pear, blueberry, strawberry atau sesuai selera ya. Bila sulit mencari krim kental atau whipcream cair, bisa memakai full susu cair. Puding bakar ala Indonesia juga pakai susu cair aja kan ya hehehehe.
Walaupun aslinya disajikan dalam keadaan hangat dan masuk dalam kategori 'hot dessert', tapi ternyata clafoutis enak juga disajikan dingin lho. Mau mencoba??
Happy Baking ^^













EDIBLE PINATA CAKE



Edible pinata cake ini kubuat spesial untuk customerku yang paling setia, yaitu kedua putriku ^_^  Pinata cake adalah gabungan dari cake dan permen. Cakenya bisa dihias dan dibentuk sesuai selera serta menggunakan permen sebagai bahan isiannya. Biasanya pinata cake bentuknya menyerupai mangkok atau bola. Karena aku gak punya loyang bola, jadi pakai loyang bulat biasa aja hehehe.

Di western, pinata lazimnya ada di pesta ulang tahun. Pinata biasanya berupa wadah tertutup dengan berbagai bentuk yang digantungkan dan isinya adalah permen atau coklat. Pinata ini kemudian akan dipukul oleh yang berulang tahun sehingga isiannya akan berhamburan dan anak-anak akan berebutan untuk mengambilnya. Karena aku bukan bule dan memang belum pernah mengadakan pesta ulang tahun buat anak-anak, jadi pinata-nya diwujudkan dalam bentuk cake aja ya.

Base cake-nya bisa memakai resep favorit keluarga. Seperti biasanya aku memakai resep spongecake coklat andalan yang lembut. Untuk isiannya memakai permen coklat warna-warni. Sayangnya pinata cake pertamaku ini masih belum bagus deh. Menurutku cekungan yang aku buat terlalu sempit, andai lebih lebar hingga ke tepian cake dan isi permennya lebih banyak, pasti lebih asyik hihihih. Next time better ya.
Karena untuk dinikmati sendiri bersama keluarga, jadi aku bikin cake yang mungil aja yaitu memakai 2 loyang bulat ukuran 18cm. Cake kemudian dibuat cekungan di tengahnya, kemudian diisi dengan coklat. Bisa dilihat di gambar berikut, kalau aku kurang lebar membuat cekungannya.




Cake kemudian dilapis dengan buttercream atau bisa juga cream cheese frosting, ganache, whipcream atau bahkan selai. Fungsinya selain sebagai filling juga sebagai perekat antara cake. Setelah itu bisa dihias sesuai selera. Karena lagi males ribet urusan dekor dan memang alasan utamanya bingung mau didekor model gimana, akhirnya aku pakai aja edible printing gambar Oggy and The Cockroaches. Kebetulan adek memang lagi seneng dengan kartun ini. Bundanya sampe puyeng karena Oggy mulu yang ditontonnya >.<




Surpraise sekali buat anak-anak, karena mereka mengira ini adalah cake biasa dan tidak menyangka ada coklat warna warni sebagai isiannya hihihi. Begitu diiris dan tau ada coklatnya, langsung coklatnya duluan yang diserbu. Mohon maaf fotonya seadanya, difoto malem-malem saat Kakak dan Adek heboh dengan cakenya, tanpa style dan terpaksa pakai flash. Yang penting bisa tau dalamnya ya.

Sebenarnya cake ini kubuat dalam rangka Milad adek yang ke-4. Tidak ada acara spesial, tidak ada tiup lilin, hanya kumpul bersama keluarga. Alhamdulillah itu sudah suatu nikmat yang luar biasa. Eid Milad Azmah Zulfa Mufida, semoga kelak bisa menjadi anak sholehah, cahaya bagi keluarga dan agama. Aamiin.
Btw...kenapa ada gambar kakak Naira juga di cake-nya? hmmm....lebih baik gitu kan ya, daripada kakaknya iri dan minta dibuatkan cake yang sama. Sapa donk yang mau makan hihihih.



Untuk yang penasaran dengan pinata cake, yuuk bikin sendiri. Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga. Untuk yang mau order....just contact me ya ^_^

SAUSAGE ECLAIR


Proyek iseng, lagi bikin sus vanilla trus bikin 2 bentuk ala eclair ini. Bener-bener cuma bikin 2, gak ada yang lainnya hihihi. Tentang sus vanilla, kayae gak usah diposting ya karena udah keseringan bikinnya.  Tadinya bentuk eclair ini mau diisi dengan vla vanilla juga trus dicelupkan ke coklat biar jadi eclair beneran. Masih ada stok sosis kalengan di kulkas, masih punya selada yang hampir layu, langsung deh berubah pikiran. Dibuat eclair isian sosis aja yuuk. Jadi jangan heran ya kalau bentuknya jadi kurang menarik. Udah gak ada pilihan lagi, cuma ada 2 ini, seladanya juga keliatan banget udah kurang segar hehehehe. 

Resepnya tetap memakai resep andalan, aku share lagi disini ya...

SAUSAGE ECLAIR

Bahan Kulit :
150 tepung terigu (aku mix protein tinggi dan sedang)
200 ml air
125 gr margarin
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder (optional)
4 butir telur (tadi pakai 3 telur ukuran besar)

Isian (sesuaikan dengan kebutuhan) :
sosis kalengan, tumis sebentar
daun selada
saus tomat / saus sambal
mayonaise
keju cheddar parut (bisa juga pakai cheese spread)
bawang bombay iris tipis (tadi gak pakai)
tomat, iris tipis (tadi gak pakai)

Cara Membuat Kulit :
- Masak air, margarin dan garam hingga mendidih. Matikan api.
- Masukkan terigu dan baking powder, aduk memakai sendok kayu hingga setengah kalis. Nyalakan api kecil dan aduk hingga kalis (adonan menjauh dari pinggir panci).
- Diamkan adonan hingga hangat.
- Masukkant telur satu persatu sambil dikocok hingga tercampur rata.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag dan semprotkan memanjang di atas loyang yang sudah dioles margarin. Beri jarak satu sama lain karena adonan akan mengembang.
- Panggang dalam oven 200'C selama kurang lebih 20-30 menit (tergantung masing-masing oven).
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

Penyeselesaian :
- Belah eclair di bagian tengahnya, jangan sampai terputus  hingga dasar ya.
- Beri isisan selada, sosis, bawang bombay dan tomat.
- Beri saus tomat atau saus sambal serta mayonaise kemudian taburi keju cheddar parut.
- Siap disajikan.




Eh ya...ada bendera kecil, bukan ada maksud apa-apa lho ya. Itu memang mainan anakku dan dia minta untuk dipasang juga hihihi. Baiklaaah...
Semoga bisa menjadi inspirasi. Selamat mencoba..

PASTEL...



Baru inget kalau punya foto ini, padahal pastel ini dibuat kira-kira 2 bulan yang lalu >.<  Ampuun deh ya hihihihi. Kebetulan saat itu memang gak ada rencana untuk foto-foto, jadi jepret-jepret seadanya aja pakai kamera pocket jadul. Makanya tuh sampai lupa kalau pernah punya foto ini. No style, no props...yang penting jepret soalnya pastelnya keburu mau dianterin ke rumah Mama. Daan...seperti ini lah hasilnya hehehe

Masih memakai resep pastel yang biasa kupakai, bisa dilihat disini ya. Isiannya juga disesuaikan dengan selera keluarga, yaitu memakai tumisan bihun, ayam dan wortel serta tentunya telur rebus. Kebetulan Mamaku kurang suka dengan isian ragout, jadinya aku ngikut deh kalau bikin isian pastel ya dengan versi tumisan seperti ini. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja yaa.




Karena bikinnya udah 2 bulanan yang lalu, jadi monggo dinikmati aja foto-foto sederhana ini ya ^_^
Happy cooking 



RICH CHOCOLATE PUDDING



Biar sudah masuk musim penghujan, gak ada salahnya kan kalo bikin puding? Kan kalo siang panas juga tuh, hujannya pagi atau sore atau yang paling sering malem hihihi. Ngeles deh ya. Aslinya sih karena lagi males aja bikin yang ribet, maunya bikin yang enak, gampang dan cepat. Kalau bisa sih maunya dibikinin, tapi siapa juga yang mau bikinin wkwkwkwk. Karena lagi pengen yang nyoklat-nyoklat jadi dibuatlah puding coklat. Jadi gak ada cake coklat, yaa puding coklat pun jadilah hihihi.

Kali ini aku membuat rich chocolate pudding. Sesuai dengan namanya, puding ini intens sekali rasa coklatnya sehingga cocok buat choco lovers. Disajikan lengkap dengan vla vanilla...Alhamdulillah terasa nikmat sekali. Resepnya diadaptasi dari Sedap dan dimodifikasi agar sesuai dengan selera keluarga.

RICH CHOCOLATE PUDDING

Bahan :
1,5 bungkus agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk
180 gr gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi)
30 gr coklat bubuk, ayak (aku pakai yang pekat)
1/4 sdt garam
1200 ml susu cair
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
2 kuning telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Campurkan agar-agar bubuk, jelly bubuk, gula pasir, coklat bubuk, garam dan susu cair. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
- Masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut kemudian matikan api.
- Ambil 1 sendok sayur adonan, campurkan dengan kocokan telur dan aduk rata. Masukkan kembali campuran ini ke dalam rebusan puding. Aduk cepat agar tidak berserabut.
- Nyalakan api kembali dan masak hingga mendidih.
- Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahin dengan air matang.
- Dinginkan hingga bisa dikeluarkan dari cetakan.

VLA VANILLA

Bahan :
600 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
10 gr maizena, larutkan dengan sedikit air
2 kuning telur, kocok lepas
1 sdt vanilla

Cara Membuat :
- Campurkan susu, gula dan garam. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup.
- Masukkan larutan maizena, masak kembali hingga mendidih. Matikan api.
- Ambil 1 sendok sayur kemudian campurkan dengan kuning telur. Aduk rata.
- Masukkan lagi ke dalam rebusan susu, aduk cepat agar tidak berserabut. Nyalakan api dan masak sampai mendidih. Matikan api.
- Angkat dan masukkan vanilla. Aduk rata.
- Biarkan dingin dan siap disajikan bersama puding.





Menurutku pas manisnya. Rasanya tidak melulu manis, ada sedikit rasa pahit dari coklatnya. Tapi bukan berarti rasanya pahit lho ya, anakku aja suka kok. Dalam sekejap 2 potong puding beserta vla ludes dimakannya hihihi. Untuk pelengkapnya aku memakai whipcream dan wafer roll. Tambah yummy.
Buat yang ngerasa choco lovers, rich chocolate pudding ini bisa dicoba ya ^_^



SOSIS GULUNG



Bismillahirrohmanirrohim
Postingan sederhana tentang olahan telur dan sosis yang cukup simpel tapi disukai anak-anak. Terinspirasi dari sosis gulung buatan Mbak Rachmah. Sosis gulung ini sangat mudah dibuat dan bisa jadi salah satu pelengkap hidangan yang cantik. Bisa disajikan bersama nasi goreng, mie goreng ataupun pelengkap dalam tumpeng atau bento. Cara Pembuatannya juga cukup mudah, cukup membuat dadar tipis-tipis dan menggulungnya bersama sosis. Matur nuwun inspirasinya Mbak R ^_^




SOSIS GULUNG

Bahan :
2 buah sosis, goreng atau tumis sebentar. Tiriskan.
5 butir telur 
 2 sdm air
garam, merica secukupnya
1/2 sdt oregano (optional)

Cara Membuat :
- Kocok lepas telur, tambahkan air dan bumbui dengan garam, merica dan oregano.
- Siapkan wajar dadar kecil (aku pakai teflon diameter atas 15 cm), buat dadar tipis. Lakukan hingga telur habis.
- Letakkan sosis di atas selembar dadar dan gulung sambil dipadatkan. Lakukan hingga beberapa kali, hingga dirasa cukup ketebalannya.
- Diamkan sejenak baru kemudian dipotong-potong dengan ketebalan sesuai selera.
- Siap disajikan.


Mau yang lebih istimewa? Bisa ditambahkan parutan keju ke dalam kocokan telurnya. Pasti tambah yummy. Anak-anak pasti suka deh. Kakak dan Adek jangan ditanya deh, mereka yang ribut saat Bundanya masih asyik foto-foto hihihihi. Udah gak sabar untuk menikmati sosis gulung ini. Cukup dinikmati dengan saus sambal, ternyata enak juga.
Selamat mencoba




JAPANESE CHEESE CAKE FOR FIRDA



Orderan mendadak beberapa hari yang lalu yang sempat bikin puyeng hihihihi. Sebenarnya cake ini sudah dipesan sejak bulan lalu, tapi gak jelas mau pesan cake apa, cuma pesan tanggalnya aja. Kebetulan yang pesan adalah teman baik suamiku untuk istrinya yang sedang milad. Karena gak ada konfirmasi ulang, kupikir ya gak jadi pesan, ternyata H-1 beliau bilang ke suamiku kalau jadi pesan. Mau ditolak gak enak, apalagi Mama minta aku supaya tetap bikin kuenya. Maklum, keluarga kami memang kenal dekat hehehe. Langsung deh kalang kabut, karena kondisiku saat itu masih harus mondar mandir ke rumah sakit. Untungnya bahan-bahan tersedia, tinggal mencuri waktu sejenak dari rumah sakit untuk mengerjakan cake ini. Curcol ya ini ceritanya ^_^

Orderan dari Ricky untuk Milad Firda, yaitu Japanese Cheese Cake. Request-nya ditopping fresh strawberry. Jadilah 2 layer JCC, dengan filling selai strawberry homemade dan whipcream. Dicover seluruhnya dengan whipcream dan tentunya topping strawberry. Lembutnya cheese cake dipadukan dengan whipcream dan segarnya strawberry. Kebayang kan gimana yummy-nya JCC...




Sayangnya karena keterbatasan cream cheese dan whipcream cair, jadinya gak ada jatah buat keluarga deh heheheh. Next time ya...Bunda bikinin JCC lagi. Eh ya resep JCC dulu sudah pernah diposting, silahkan bisa dilihat disini ya. 
Selamat hari lahir Firda...in sha Allah semakin solehah dan semoga cepat dapat momongan ya ^_^  Aamiin..



LBT #27 OAT & DATE BISCOTTI


Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah bisa tetap meramaikan mounthly even LBT #27 yang temanya adalah Biscotti. Awalnya sempat pesimis bisa mengikuti event bulan ini dikarenakan ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal. Apalagi sementara ini masih harus menemani Mama Papa dan sejenak melupakan dapur hehehehe. Ternyata ketika menyempatkan diri untuk pulang ke rumah sebentar, bisa mencuri waktu untuk membuatnya. Mohon maaf kalau telat setornya ya bu host ^_^

Biscotti adalah sejenis cookies yang berasal dari Italia. Biscotti sendiri artinya adalah 2 kali dipanggang. Proses pembuatannya memang melalui 2x proses pemanggangan. Adonan biscotti dipanggang hingga matang dan setelah didinginkan baru dipotong-potong tipis kemudian dipanggang kembali hingga didapatkan tekstur yang kering dan renyah. Walau berasal dari Italia, biscotti kemudian diadaptasi di banyak negara dengan nama yang berbeda. Di Inggris dikenal dengan nama Rusk, di Prancis disebut croquets de Carcassone, di Jerman dikenal dengan Zwieback. Selain itu warga Yunani menyebutnya dengan Biskota dan Paxemadia, di Israel disebut Mandebrot dan di Rusia dinamakan Sukhanki.

Biscotti versi original adalah cookies almond yang dibuat tanpa penambahan butter ataupun minyak, sehingga teksturnya keras. Tak heran kalau awalnya dulu biscotti ini juga dijadikan ransum bagi tentara dan perbekalan perang. Tekstur yang keras ini membuat biscotti sangat pas apabila dicelupkan ke dalam kopi, susu ataupun coklat. Hmmm....yummy ya. Pada perkembangannya banyak resep biscotti yang memakai butter atau minyak dalam pengolahannya. Hal ini bertujuan agar teksturnya lebih renyah dan rasanya juga lebih enak. Selain itu apabila sebelumnya biscotti identik dengan almond, maka sekarang biscotti juga semakin variatif. Berbagai jenis kacang-kacangan bisa dipakai misalnya hazelnut, walnut, pistachio, mede dan lain sebagainya. Selain itu banyak digunakan juga penambahan coklat dan buah-buahan kering di dalamnya. Untuk penggunaann tepung juga tidak selalu memakai terigu namun bisa diganti atau dimix dengan oatmeal, whole wheat, corn meal dan lain sebagainya.  (doc. LBT)
And...this is my first biscotti....


 Back to my biscotti. Karena awalnya tidak ada rencana sama sekali untuk membuatnya, jadi aku memakai bahan-bahan yang ada di rumah aja. Kebetulan masih ada mede, oatmeal dan kurma. Maklum ya...masih belum ada kesempatan untuk belanja di TBK heheheh. Karena waktu yang terbatas, aku sengaja mencari resep yang memakai satuan cup, jadi praktis gak perlu ngeluarin timbangan euy. Resepnya diadaptasi dari Martha Stewart, bisa dilihat disini. Aku hanya membuat 1/2 dari resep aslinya. Berikut adalah resep yang sudah kumodifikasi sesuai bahan-bahan yang ada di rumah dan sudah dikonversikan dalam satuan gram 




OAT & DATE BISCOTTI

Bahan :

100 gr tepung terigu serbaguna
75 gr oatmeal instan
1/2 sdt baking powder
60 gr gula palem
50 gr butter
2 butir telur ukuran sedang
75 gr kurma, buang bijinya cincang kasar
75 gr mede, sangrai dan cincang kasar

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder kemudian campurkan dengan oatmeal. Aduk rata, sisihkan.
- Kocok butter dan gula palem hingga lembut sebentar saja, kurang lebih selama 2 menit.
- Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Matikan mixer.
- Campurkan kurma dan mede dengan sebagian campuran terigu, aduk rata dan campurkan kembali dengan sisa terigu.
- Masukkan bahan kering tersebut ke dalam kocokan butter. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu.
- Pindahkan adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, bentuk memanjang.
- Bagi adonan menjadi 2 atau 4 bagian, bentuk memanjang dan letakkan di atas loyang yang sudah dialas kertas roti.
- Panggang oven suhu 170'C selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Putar loyang agar matang merata.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan.
- Iris tipis-tipis dan tata di loyang. Panggang kembali selama kurang lebih 10 menit di tiap sisinya.
- Angkat dan dinginkan kemudian simpan di wadah kedap udara.





Hmmm...ternyata biscotti memang enaak. Dicelupin secangkir cappuccino atau coklat panas...pas sekali. Dinikmati langsung juga tetap enak lho. Suka banget dengan aroma gula palemnya yang harum. Next time pengen juga bikin biscotti versi original yang tanpa butter atau minyak.



Thanks for the challenge LBT. Happy Baking ^_^

MARMER CAKE DUO



Marmer cake ini juga foto lama, dibuat beberapa waktu yang lalu berbarengan dengan orderan angry bird BDCK buat Danis. Kebetulan lagi pengen marmer cake jadul, sekalian bisa dipotong sedikit untuk membuat jambulnya si angry bird hihihi.
Biasanya aku membuat marmer cake jadul memakai resep Pak Sahak, tapi kali ini ingin mencoba resepnya Mbak Dida. Thanks resepnya ya mbakyu.
Untuk variasi, aku membuat 2 rasa dalam 1 loyang, yaitu vanilla dan pandan. Sedangkan untuk motif marmernya tetap memakai rasa coklat.




MARMER CAKE DUO

Bahan :

4 telur utuh
4 kuning telur
250 gr tepung terigu protein rendah
200 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis putih
1 sdt vanilla
1 sdt emulsifier
250 gr margarin leleh (aku mix butter dan margarin)
pasta coklat dan pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan loyang tulban, oles dengan margarin dan taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
- Panaskan oven 170'C
- Kocok telur, tepung yang sudah diayak, gula pasir, vanilla dan emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata dan mengental, kurang lebih selama 10 menit.
- Masukkan susu kental manis, aduk rata.
- Tuang margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata.
- Ambil sedikit adonan (kurang lebih 4 sdm), beri pasta coklat, aduk rata. Sisihkan.
- Bagi sisa adonan menjadi 2 bagian sama banyak, beri salah satu bagian dengan pasta pandan. Aduk rata. Sisa adonan biarkan tanpa warna
- Tuang adonan pandan dan adonan kuning secara bersamaan ke dalam loyang. Tuang dengan menggunakan tangan kiri dan tangan kanan ya, agar adonan tidak tercampur.
- Dengan menggunakan sendok, tuang adonan coklat di atasnya. Buat motif marmer dengan menggunakan sumpit atau tusuk sate.
- Panggang hingga matang.
- Setelah matang, segera keluarkan dari loyang dan dinginkan.




Alhamdulillah....lumayan sekali untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Sekalian nostalgia ya, karena dulu waktu masih kecil, Mama sering membuat cake marmer ini. 
Happy Baking ^^

ANGRY BIRD BDCK FOR DANIS



Bismillahirrohmanirohim
Alhamdulillah bisa update blog lagi. Ini adalah orderan beberapa waktu yang lalu yang lagi-lagi bertema red angry bird. Ternyata angry bird masih jadi idola ya. Request-nya sama persis dengan foto angry bird BDCK yang pernah kuposting dulu. Siaaap laksanakan ^^

Angry bird BDCK ini untuk Milad Danis yang pertama, masih imut-imut ya. Basecake-nya spongecake vanilla yang lembut dan dicover full buttercream spesial. Semoga berkenan dengan kuenya ya Mbak Shety, terima kasih atas kepercayaannya di Dapur Nays.
Selamat ulang tahun Danis...semoga tumbuh menjadi anak sholeh kebanggaan keluarga. Aamiin.