PUDING SUTRA JERUK



Yang seger....yang seger....yuk kita bikin yang seger-seger. Bikin yang gampang-gampang aja ya. Cuaca lagi gak menentu nih, terkadang seharian mendung, tapi besoknya matahari bisa terik banget. Belakangan ini kondisi badan juga mulai kurang fit, kayanya mau kena flu. Mungkin juga karena kecapekan dan ditambah lagi karena cuacanya yang kurang bersahabat (cieee...). 
Biasanya ya kalau siang-siang mau pulang ke rumah, suka liat tukang es berjejer di pinggir jalan. Kalau nurutin pengen ya pasti udah dibeli aja tuh es, dicobain satu-satu. Untungnya gak gampang deh nurutin pengen, mending bikin es aja di rumah atau bikin yang seger-seger, jadi gak perlu beli es di pinggir jalan. Salah satunya yang bisa jadi "alternatif seger-seger" adalah puding sutra jeruk. Selain jeruk bisa dipadukan dengan buah lain, misalnya aja cocktail kalengan, lechy, strawberry atau juga kiwi. Sesuaikan aja dengan selera ya. Memakai buah segar tentunya akan lebih baik dibanding bila kita memakai buah kalengan. Karena di rumah masih ada beberapa stok buah jeruk mandarin kaleng, jadi aku bikin aja puding sutra jeruk. 

Seperti namanya, tentu saja puding sutra ini teksturnya sangat lembut. Pemakaian airnya yang lebih banyak membuat teksturnya jadi lebih lembut. Jadi puding sutra ini gak cocok digunakan sebagai puding potong ya, karena untuk menikmatinya harus dengan cara disendokin hehehehe. Semakin banyak jumlah air yang dipakai tentu teksturnya akan semakin lembut. Kali ini aku memakai 3,5 kaleng air. Bisa ditambahkan menjadi 4 sampai 4,5 kaleng air bila tekturnya ingin lebih lembut lagi.




Untuk pudingnya aku memakai essence jeruk dan setetes pasta jeruk. Benar-benar hanya setetes lho, jadi pudingnya gak berubah jadi orange hehehehe. Kalau ingin pudingnya berwarna orange, bisa ditambahkan pasta jeruknya ya. Alhamdulillah terasa nikmat sekali. Dinikmati dingin-dingin di siang hari, segeeer banget. 
Selamat mencoba semoga bisa menginspirasi ya ^_^




BUBUR MUTIARA



Semoga ini bisa masuk dalam PR Dapur Aisyah bulan ini ^_^  Tema bulan ini adalah bubur. Sebenarnya banyak banget ide untuk bikin bubur yang pengen kubuat. Apalagi banyak pengetahuan tentang bubur setelah event IDFB #9 kemarin ya. Tapi ide masih sebatas ide, apa daya belum kesampaian untuk membuatnya...hiiks. Akhirnya gini deh menjelang akhir bulan baru ingat kalau belum setoran.
Karena kebetulan masih ada 2 bungkus mutiara di rumah, jadinya diolah aja yuk. Kebetulan kami sekeluarga suka banget dengan bubur mutiara. Semoga bisa masuk dalam kategori PR Dapur Aisyah ya.

Gak ada resep yang spesial, tinggal baca aja di kemasannya, hanya aku sesuaikan dengan selera keluargaku. Penggunaan airnya aku kurangi dan gulanya juga tidak terlalu manis. Untuk siramannya aku hanya memakai kuah santan. Jadi manisnya bubur mutiara dipadukan dengan santan yang gurih...yummy...

Bubur Mutiara

Bahan :
2 bungkus (@100 gr) mutiara
1,5 liter air (di kemasan 1,5 liter untuk 1 bungkus)
8 sdm gula pasir (bisa ditambah sesuai selera)
1 helai daun pandan, simpulkan

Bahan Kuah Santan :
400 ml santan
1/2 sdt vanilli
sejumput garam
1 helai daun pandan
(campur semua bahan dan masak)

Cara Membuat :
- Didihkan air, baru kemudian dimasukkan mutiara dan daun pandan.
- Masak sambil sesekali diaduk hingga air menyusut dan mutiara lunak.
- Masukkan gula pasir, aduk hingga rata. 
- Biarkan dingin dan baru kemudian hidangkan dengan kuah santan.


Gampang banget kan bikinnya. Bila suka bisa ditambahkan gula merah di kuah santannya. Bubur mutiara ini juga enak disajikan dengan berbagai bubur lain lho, misalnya bubur ketan hitam ataupun bubur sumsum. Kalau aku suka selain karena rasanya, juga karena bikinnya anti ribet hehehe.



ANNIVERSARY CAKE PAK KADEK - MBAK ENOK



Orderan beberapa hari yang lalu adalah repeat order dari tetangga kompleks, yaitu anniversary cake yang dipesan oleh Mbak Enok. Requestnya adalah cake yang simpel dengan warna putih dan merah. Mbak Enok sempat menunjukkan beberapa contoh cake yang beliau suka dan aku mencoba membuat anniversary cake ini dari contoh yang beliau kasih. Daaan...seperti ini lah hasilnya.

3 layer spongecake vanilla dengan filling blueberry palleta dan dicover seluruhnya oleh buttercream special. Dekornya benar-benar simpel ya ^_^  Seperti biasa, tulisanku masih berantakan banget :(  Masih harus banyak berlatih untuk menulis dengan coklat. Sengaja tulisannya tidak ditulis langsung di atas cakenya, karena kalau berantakan bingung deh merapikannya lagi hehehehe.
Alhamdulillah mbak Enok berkenan dengan cake-nya. Cantik dan manis katanya. Matur nuwun atas orderannya ya Mbak.




Happy anniversary for Pak Kadek and Mbak Enok. Happily ever after for both of you ^_^

BITTERBALEN NASI



Salah satu alternatif olahan nasi yang mudah dibuat dan bisa dijadikan bekal sekolah si kecil. Biasanya kalau ada sisa nasi, kita mengolahnya menjadi nasi goreng untuk sarapan. Selain cepat dan praktis, nasi goreng juga cukup mengenyangkan serta banyak disukai oleh anak-anak. Kalau bosen bikin nasi goreng, bisa dicoba mengolahnya menjadi bitterbalen nasi. Bikinnya juga mudah kok.

Biasanya bitterbalen diolah dari margarin, susu dan terigu yang kemudian dicampurkan dengan bahan pelengkap lainnya, misalnya daging giling, sosis, wortel ataupun jamur. Camilan gurih ini banyak disukai karena rasanya yang enak dan gurih. Sedangkan bitterbalen yang kubuat ini bahan utamanya adalah nasi yang kemudian dicampur dengan terigu, air kaldu dan bahan pelengkap lain. Bisa ditebak kalau bahan pelengkap yang kupakai adalah ayam, jamur kancing dan wortel hihihihi. Harap maklum ya, memang itu yang selalu tersedia di kulkas. Alternatif lainnya bisa juga memakai udang, cumi, daging giling atau korned. Untuk sayurannya selain memakai wortel, bisa juga menambahkan buncis atau jagung manis. Hmmm....yummeh.




Untuk pecinta keju, bisa memakai keju parmesan ataupun keju edam yang diparut halus ya. Pasti rasanya lebih mantap dan ngeju. Karena aku cuma punya keju cheddar, jadi ya pakai itu aja deh. Untuk tepung panirnya bisa memakai yang halus atau yang kasar seperti yang kupakai. Sama enaknya.





Selamat mencoba, semoga bisa menjadi inspirasi ^_^

CA SAWI PUTIH

Hanya sebuah postingan sederhana tentang salah satu menu. Semua pasti bisa membuatnya ^_^


Kalau mau masak super simpel, menyehatkan dan mudah divariasikan, ca adalah pilihannya. Tapi terkadang kita suka bosen ya mau bikin ca apa. Keseringan sih paling ca kangkung yang divariasikan jadi ca kangkung terasi, ca kangkung tauco, ca kangkung masak saus tiram atau sambal ca kangkung. Apalagi hayo?
Selain ca kangkung, aku sering juga bikin ca memakai pokcoy atau sawi hijau yang divariasikan memakai tahu, ebi, udang atau bahkan teri. Alternatif lainnya adalah ca wortel + buncis yang dicampur dengan fillet ayam atau orak arik telur. Ca brokoli juga banyak disukai, biasanya aku memasaknya hanya dengan fillet ayam. Simpel tapi enaak. Ada juga ca tauge yang biasanya diberi campuran teri medan, haduuh enak banget menurutku.

Kali ini aku bikin ca sawi putih. Pelengkapnya monggo disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas atau sesuai dengan selera aja. Aku memakai pelengkap wortel, tauge, sosis dan tahu. Kalau diberi pelengkap fillet ayam, jamur kancing atau juga kekian pasti tambah enak deh.

CA SAWI PUTIH 

Bahan :
1 bonggol sawi putih, potong-potong
2 buah wortel, potong korek api
1 genggam tauge
1 blok tahu putih, potong sesuai selera dan goreng sebentar hingga berkulit
2 buah sosis, iris-iris
2 cabe merah, iris serong
2 cabe rawit iris halus (bila suka)
1 buah bawang bombay, potong memanjang (bisa juga dicincang)
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1,5 sdt merica bubuk
1 sdm minyak wijen
1-2 gelas air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan cabe merah dan cabe rawit, aduk rata.
- Masukkan wortel, sosis dan tahu aduk rata. 
- Tuang air, bumbui dengan saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Masukkan sawi putih. Masak hingga matang (jangan kelamaan ya).
- Menjelang diangkat, masukkan minyak wijen. Aduk rata.
- Angkat dan siap disajikan hangat.


Kalau aku lebih suka ca yang sayurannya masih terasa 'renyah' (kripik kali ya). Jadi ketika digigit masih terasa kres-kres. Tapi tentunya sudah matang lho ya. Kalau terlalu lama, sayurannya akan terlihat sangat layu dan tidak segara. Monggo disesuaikan dengan selera ya ^_^
Semoga postingan sederhana ini bisa menjadi inspirasi menu sehari-hari .






FIRST TRIAL DADAR GULUNG MAWAR



Akhirnyaaa...virus dadar gulung (darlung) mawar sampai juga di dapurku. Kalau biasanya kita jumpai darlung dengan bentuk lipatan memanjang, kali ini ada variasi baru yang sangat menarik. Kebetulan di grup BKR lagi rame nih tentang darlung mawar dan pengen ikutan bikin juga. Padahal asli deh...sebenarnya aku sama sekali gak telaten untuk bikin kue yang dibentuk-bentuk seperti ini. Kebanyakan hancurnya kalau aku yang bikin...hiiiks. Dan bener aja ya, gara-gara liat foto yang sekilas, darlung mawarku ini gak karuan bentuknya. Harusnya adonan warna hijau lebih turun ke bawah lagi, tapi ini malah menutupi bagian yang berwarna merah yang 'maksudnya' adalah bunga mawar. Haduuuh >.<

Tapi gak apa deh, namanya juga percobaan pertama. Pastinya nanti masih ada percobaan kedua deh, soalnya aku masih punya inti kelapanya hehehehe. Smoga next time better ya...Biarpun hasilnya masih jauh dari kata cantik, tapi tetap aku sharing langkah pembuatan darlung mawar ini ya. Mumpung tadi masih sempat jepret-jepret beberapa foto step by step-nya. Ntar kalau bikin lagi, belum tentu sempet heheheh. 
Resep darlung mawar ini hasil nanya Mamaku dan untuk inti kelapanya, aku pakai kira-kira aja.




DADAR GULUNG MAWAR

Bahan Dadar :
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
600 ml air (bisa ditambahkan bila kurang encer)
1 sdm minyak goreng
1 sdt pasta pandan
1 sdt pasta strawberry

Cara Membuat Dadar :
- Campur tepung terigu dan garam, buat lubang di tengahnya, kemudian tuang telur. Aduk dengan menggunakan whisker.
- Tuang air sedikit demi sedikit, hentikan pemberian air bila dirasa sudah pas kekentalannya dan tambah air sedikit demi sedikit bila dirasa kurang encer.
- Saring adonan, kemudian masukkan minyak goreng. Aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian, kemudian beri pewarna atau pasta. Aduk rata
- Panaskan wajan dadar anti lengket, tuang 1 sendok sayur ke dalamnya. Masak hingga matang. Lakukan hingga habis.

Bahan Inti Kelapa :
1/2 butir kelapa parut memanjang
2 gelas air
150 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Inti Kelapa :
- Masak air bersama gula merah, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula larut.
- Masukkan kelapa parut. Aduk terus hingga air habis (teksur kelapa tetap basah dan tidak kering).
- Siap digunakan.

Penyelesaian :


- Kerat 4 bagian dadar (jangan sampai terputus). Letakkan inti kelapa di tengahnya.


- Lipat salah satu sisi ke bagian tengah hingga membalut inti kelapa. Sebelumnya bagian tepi dadar bisa sedikit dilipat ke arah luar agar hasilnya lebih cantik.


- Lipat sisi yang berhadapan ke arah tengah.


- Lakukan hal yang sama pada 2 sisi lainnya.


- Siapkan dadar berwarna hijau, kerat 4 bagian namun tidak terputus. Letakkan dadar berwarna merah di tengahnya.


- Lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya. Naaah...pada langkah ini aku salah banget. Harusnya saat melipat dadar berwarna hijau ini lebih ke bawah, sehingga warna hijaunya tidak menutupi bagian merahnya. hiiiiks...


- Taraaa....seperti inilah jadinya ^_^





Takaran gula pada inti kelapa bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Kadang kala gula merah yang dipakai juga tidak sama kadar manisnya. Kebetulan tadi waktu bikin aku sudah cukup pas dengan takaran yang kupakai pada resep tersebut.
Naaah...ternyata darlung juga bisa tampil menarik ya. Kalau dijadikan isian snack box atau sebagai kudapan di piring, tentu bentuk mawar ini bisa lebih menarik perhatian. Bikinnya sebenarnya tidak sulit hanya membutuhkan ketelatenan. Semangaaat...semoga darlung mawar kedua-ku bisa lebih oke. ^_^





ANGRY BIRDS BDCK FOR VANIA



Angry birds BDCK ini adalah cake yang kemarin sukses bikin Adek kesenangan dan ngira kalau Bundanya bikin cake ini buat dia heheheh. Setelah tau kalau cake ini adalah cake pesanan, akhirnya Adek dengan lirih bilang kalau minta dibuatin cake yang seperti ini. Maaf ya Dek, nanti kalau sudah senggang pasti dibikinin lagi angry bird cake. 

Cake ini dipesan oleh Mbak Oliev, tetangga kompleks untuk ultah putrinya Vania yang ke-4. Sempat bingung mau pesan cake apa, akhirnya setelah kuperlihatkan gambar Adek bersama cake ultahnya taun lalu, langsung deh Mbak Oliev pesen cake yang sama. Padahal waktu pertama kali bikin angry bird cake sama sekali gak mirip ya >.<  Yang ini belum mirip juga sih dan masih berantakan, tapi udah lebih mendingan dibandingkan yang dulu hihihihi.

2 layer spongecake vanilla dan 2 layer spongecake coklat yang lembut, menggunakan filling blueberry palleta dan dicover seluruhnya dengan buttercream special. Sengaja tidak memakai filling buttercream lagi, karena cover buttercreamnya sudah cukup tebal.




Sempat jumpalitan juga ngerjain cake ini, karena diburu waktu yang mepet dan juga disambi mengerjakan pesanan masakan (cieee....). Alhamdulillah semua selesai tepat waktu.
Selamat ulang tahun Vania cantik, smoga diberi kesehatan, panjang umur dan bisa menjadi anak sholehah kebanggaan keluarga. Aamiin. Terima kasih orderannya ya Mbak Oliev ^_^



SUS VLA GREEN TEA



Green tea lovers.....yuk cobain sus ini yuk. Sebenarnya sus-nya biasa aja sih, masih memakai resep sus yang biasa kupakai, hanya kali ini vla-nya memakai vla green tea. Recomended untuk pecinta aroma green tea ya, soalnya kalau awalnya gak suka dengan green tea pasti ngerasa aneh heheheh. Anak-anakku gak suka maem sus dengan vla ini, maunya pakai vla biasa aja. Jadinya cuma bikin vla green tea 1/2 resep aja.

Base resep vla-nya memakai resep vla custard, hanya ditambahkan bubuk green tea yang dicampur dengan sedikit air di dalamnya. Berikut aku tuliskan resep vla-nya aja, kalau resep sus udah keseringan ditulis dan bisa memakai resep sus andalan masing-masing ya.



VLA GREEN TEA


Bahan :
500 ml susu cair
100 gr gula pasir (bisa ditambah sesuai selera)
50 gr tepung custard
 1 sdt green tea powder
2 sdt air panas
2 butir kuning telur, kocok lepas
1/2 sdt vanilli
1 sdm butter

Cara Membuat :
- Larutkan green tea powder dengan air panas. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Dinginkan.
- Larutkan tepung custard dengan sedikit susu, aduk rata hingga halus.
- Campur sisa susu dengan gula pasir, kemudian tambahkan larutan susu dan tepung custard. Masak sambil terus diaduk.
- Masukkan kuning telur, aduk rata dan masak hingga meletup-letup.
- Masukkan vanilli dan pasta green tea, aduk cepat hingga rata. Angkat dari api.
- Tambahkan butter, aduk rata hingga licin.
- Siap digunakan.

Aromanya....green tea bangeeet. Kalau aku paling suka menikmati vla ini dalam keadaan dingin. Setelah keluar dari kulkas, aduk-aduk sebentar baru diisikan ke dalam sus-nya. Yuuuum.....



MARMER CAKE JADUL (BMS #2)



Event BKR yang kedua, temanya adalah Marmer Cake Jadul dengan memakai resep Pak Sahak Pribadi. Asyiiiik....udah beberapa kali bikin marmer cake memakai resep ini dan selalu cocok dengan rasanya. Teksturnya padat namun lembut dan tidak seret. Mau lebih enak, tentunya bisa memakai butter. Kalau aku tetap memakai kombinasi antara margarin dan butter. Wanginya saat keluar dari oven...hmmmm.
Sesuai dengan namanya yaitu marmer cake jadul, tiap kali bikin ini selalu ingat jaman masih kecil dulu. Mama juga suka bikin cake ini dengan memakai baking pan yang guedee. Tapi sampai sekarang, aku malah belum pernah bikin marmer cake memakai resep yang biasa dipakai Mama dulu .

Resepnya dulu juga sudah pernah aku posting ya. Tapi mumpung lagi rajin, jadi resep aku tulis ulang ya. Resep asli memakai 10 telur untuk loyang tulban diameter 28 cm, sedangnkan aku hanya membuat 1/2 resep untuk loyang tulban 20 cm.



MARMER CAKE JADUL

Bahan :
5 butir telur
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
130 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
100 gr margarin + butter, lelehkan
50 gr minyak sayur
1 sdm pasta coklat / pasta black forest

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, olesi loyang tulban dengan margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
- Kocok bersamaan campuran tepung bersama telur, emulsifier dan gula hingga mengembang (kurang lebih 10 menit, adonan akan mengental tapi tidak sampai kental berjejak seperti halnya membuat spongecake).
- Tuang campuran margarin + butter dan minyak sayur, aduk balik hingga tercampur rata.
- Ambil 5 sdm adonan, beri pasta coklat, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, tuang adonan coklat di atasnya dan buat motif marmer dengan menggunakan garpu atau sumpit atau tusuk sate.
- Panggang selama kurang lebih 30-45 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Angkat dan langsung keluarkan cake dari loyang agar cake tidak menciut.

Kalau ingin warna coklatnya lebih pekat lagi, bisa memakai coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air hangat kemudian diaduk hingga menyerupai pasta. Rasanya juga lebih enak dibanding memakai pasta. Kalau aku mah karena cari praktisnya aja dan malas ngeluarin coklat bubuk (teteeuup malesnya >.<) hihihi.
Selamat mencoba....happy baking.






KUE PEPE PANGGANG (IDFB #10)


IDFB Challenge #10 adalah kue berlapis (layered cake). Kue berlapis bisa dengan cita rasa manis ataupun asin. Di Indonesia sendiri sangat banyak jenis kue lapis tradisional,  misalnya kue lapis beras, kue pepe, lapis legit, jongkong dan juga lapis surabaya.

Kue pepe merupakan salah satu jajanan tradisional asal Betawi yang biasanya dibuat dengan cara dikukus. Kue ini dibuat selapis demi selapi dengan warna memikat. Rasanya yang kenyal, manis dan penampilannya yang cantik membuat kue ini banyak digemari. Kali ini saya membuat kue pepe versi panggang. Saat ini kue lapis pepe panggang sudah cukup banyak digemari dan bahkan di beberapa daerah mulai dijadikan sebagai salah satu komoditi oleh-oleh.


Kue lapis pepe panggang (Indonesian white eggs cake), dibuat dari bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan. Apabila kue pepe yang dikukus memakai sagu sebagai bahan utamanya, maka kue pepe panggang ini memakai putih telur, terigu, gula dan maizena sebagai bahannya. Pembuatannya pun tidak sulit, namun dibutuhkan ketelatenan dalam proses melapis. Teksturnya mirip dengan cake, namun lebih kenyal dibandingkan cake pada umumnya. Variasi rasa bisa disesuaikan dengan selera keluarga, demikian juga dengan jumlah lapisannya. Semakin banyak atau tipis lapisannya, tentunya akan semakin cantik penampilannya. Resep yang saya gunakan adalah resep dari Buku 52 Resep Kue Berlapis dari Sedap. Berikut ini resepnya

KUE PEPE PANGGANG

Bahan :
350 ml putih telur
1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
160 gr gula pasir (bisa ditambahkan hingga 175 gr)
150 ml santan
1/2 sdt vanilli
90 gr tepung terigu protein sedang
20 gr maizena
1 sdt pasta pandan (bisa memakai air daun suji)
1 sdt pasta strawbery
1 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
- Siapkan loyang 24x10x7 cm, oles margarin, alasi kertas dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Kocok putih telur bersama air jeruk nipis dan garam hingga setengah mengembang.
- Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok perlaha. Masukkan vanilli. 
- Tuang terigu dan maizena dengan cara diayak, aduk rata memakai spatula.
- Bagi adonan menjadi 4 bagian sama banyak, masing-masing adonan diberi pasta pandan, pasta strawbery, pasta coklat dan 1 bagian dibiarkan putih.
- Tuang 2 sendok sayur adonan putih, panggang dengan api atas selama 5 menit, angkat dan tekan-tekan perlahan menggunakan alat yang digunakan untuk membuat lapis legit. Tuang adonan hijau dan panggang kembali dengan api atas selama 5 menit. Keluarkan dan tekan-tekan kembali.
- Tuang adonan merah di atasnya, panggang api atas selama 5 menit, angkat dan tekan-tekan. Tuang adonan coklat dan panggang kembali selama 5 menit. Ulangi proses ini hingga adonan habis.
- Setelah adona terakhir bisa dioven kembali selama 5 menit menggunakan api atas dan bawah (saya hanya memakai api atas).
- Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Pengocokan putih telur akan menentukan tekstur kue. Jika diinginkan tekstur yang lembut sebaiknya kocok putih telur hingga mengembang saja. Apabila putih telur dikocok hingga kaku akan menghasilkan tekstur kue yang berpori dan bervolume lebih besar.
- Selama proses pelapisan, adonan sebaiknya ditutup agar tidak berair.
- Apabila tidak mempunyai alat penekan, bisa menggunakan punggung sendok atau loyang kecil.




Lapisannya masih jauh dari kata rapi, masih berantakan. Tidak mudah bagi saya yang memang baru pertama kali membuat kue dengan banyak lapisan seperti ini. Practise make perfect, semoga ke depannya bisa lebih telaten dalam melapis dan hasilnya bisa lebih bagus ^_^  Alhamdulillah...satu lagi jajanan tradisional dikenalkan kepada keluarga dan bisa diterima dengan baik. Mama yang memang pecinta jajanan tradisional juga suka dengan kue ini.
Semoga dari IDFB #10 kali ini, semakin bertambah pengetahuan kita tentang aneka ragam kue lapis di Indonesia. Maju terus kuliner Indonesia :)



KACANG MEDE MANIS


Masih ada punya kacang mede sekitar 500 gr di lemari. Biasanya sih cuma digoreng aja jadi rasanya gurih, namun kali ini pengennya dibuat kacang mede madu yang manis. Karena lagi gak ada persediaan madu di rumah, jadinya harus putar haluan dulu ya. Dibikin aja kacang mede manis tapi tetap dengan tambahan daun jeruk. Haruuum aromanya.

Resep aslinya sebenarnya adalah kacang mede pedas manis yang pernah dibuat oleh Mbak Yulyan Parwati. Karena adek pasti gak doyan kalau pedas, jadi cabenya diskip aja ya. Kalau mau bikin yang pedas manis, cukup tambahkan cabe keriting di bumbu halusnya ya. Berikut resep Mbak Yulyan yang sudah dimodif sesuai selera. Thanks for sharing mbak Yulyan :)

KACANG MEDE MANIS

Bahan :
500 gr kacang mede goreng
125 gr gula pasir
100 ml air
100 gr bawang putih goreng
20 gr daun jeruk, buang tulang daunnya dan sobek-sobek
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
 - Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
- Tuang gula pasir dan air. Aduk-aduk hingga mengental dan berambut.
- Tambahkan kacang mede goreng, aduk rata hingga mulai mengering.
- Masukkan bawang putih goreng dan daun jeruk. Aduk terus hingga kering.
- Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Gunakan api kecil selama proses pemasakan.
- Sebelum kacang dimasukkan, pastikan bumbu sudah dalam keadaan berambut. Cirinya adalah di dalam bumbu yang dimasak keluar busa kecil yang cukup banyak dan bumbunya sudah cukup kental konsistensinya.
- Pastikan bumbu sudah kering betul sebelum dimasukkan toples. Kalau aku setelah api dimatikan, kacang mede diletakkan di loyang tipis yang sudah dialasi kertas roti.




Enak juga lho ternyata, rasanya tidak terlalu manis, karena jumlah gulanya sudah aku kurangi dari resep asal. Legitnya bercampur dengan aroma daun jeruk yang wangi. Bisa jadi salah satu alternatif pengolahan kacang mede ya, jadi nanti bisa digoreng dengan versi gurih dan manis.
Selamat mencoba ^_^

PURPLE HELLO KITTY BDCK FOR ICHA



Kembali bikin yang ungu-ungu ^_^ Kali ini adalah orderan dari tetangga kompleks untuk ulang tahun putrinya Icha yang ke-8. Icha juga sebaya Naira dan kebetulan 1 sekolah, namun beda kelas. Karena Icha suka sekali dengan Hello Kitty dan warna ungu, jadi dipesankan Hello Kitty BDCK dengan warna ungu :)

Basecakenya lapis surabaya, dengan filling selai blueberry dan dicover dengan buttercream spesial yangl lembut. Dekornya simpel aja tentu saja dengan nuansa warna ungu. Alhamdulillah, dapat kabar kalau Icha seneeeng banget dengan BDCK-nya kali ini. Kalau udah dapat kabar seperti ini, hilang rasanya ya smua rasa capek hihihi. 

Selamat ulang tahun Made Chandra Paramarta (Icha), semoga panjang umur, bisa tumbuh sehat dan pintar serta menjadi kebanggaan keluarga. Thanks for ordering ya ^_^



PISANG GORENG CRISPY (PISGOR PASIR)



Bikin cemilan yang super gampang yuuk. Dinikmati sore-sore bersama teh hangat, nikmat banget lho. Kali ini aku buat pisang goreng crispy atau ada juga yang menyebutnya sebagai pisgor pasir. Bukan berarti pakai pasir lho, tapi pisang gorengnya dilapisi dengan tepung panir hihihihi.

Bikinnya asli gampang banget. Pilih pisang yang manis dan tidak matang sekali, karena kalau terlalu matang apabila digoreng akan semakin lembek. Tepung panir yang digunakan bisa memakai tepung panir halus ataupun yang kasar seperti yang aku pakai ya. Tetap enak dan crispy kok. Bisa juga memakai isian lho, misalnya keju ataupun coklat. Caranya mudah, yaitu dengan dengan membelah pisang tanpa terputus dan meletakkan isian di antara belahan pisang tersebut. Yang kubuat kali ini tanpa isian, namun aku memakai coklat leleh sebagai toppingnya. Yummyyy

PISANG GORENG CRISPY (PISGOR PASIR)

Bahan :
5 buah pisang raja, potong jadi 2 bagian atau sesuai selera
minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup
5 sdm tepung terigu
3 sdm tepung beras
200 ml air (tambahkan bila kurang encer)
2 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam halus

Bahan Pelapis :
tepung panir secukupnya

Topping :
DCC leleh atau sesuai selera

Cara Membuat :
- Campur semua bahan pencelup, aduk rata hingga halus dan licin.
- Celupkan pisang ke dalam bahan pencelup, kemudian gulingkan di tepung panir. Tekan-tekan perlahan agar panir menempel. Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
- Setelah hangat, beri DCC leleh, siap disajikan.  



Gampang banget kan bikinnya. Kalau lagi males melelehkan coklat, bisa juga dicocol nutella. Whuaaah...mantap euy. Anak-anak pasti suka dengan crispy-nya...kriuuuk.. ^_^



PINK HELLO KITTY CAKE FOR NARSYA




Pink Hello Kitty Cake ini dipesan oleh ibu Agus untuk putrinya Narsya. Sebenarnya gak ada hari special atau perayaan apapun, hanya untuk dinikmati bersama keluarga aja. Kebetulan Narsya suka banget dengan Hello Kitty dan juga warna pink, jadinya cakenya dipesan sesuai kesukaan Narsya.

2 Layer vanilla cake dengan filling blueberry paleta dan dicover dengan buttercream special yang lembut. Dekornya simpel aja tanpa tulisan sama sekali, demikian juga dengan cupcake-nya. Hanya memakai swirl pink dan hiasan bunga kecil dari fondant.
Alhamdulillah keluarga bu Agus berkenan dengan kuenya. Terima kasih ya bu. 



VANILLA ROLL CAKE (YANG TIDAK BULAT) WITH COFFEE BUTTERCREAM



Mau curcol aaah... Ceritanya sih sebenarnya lagi capek banget, ya capek badan juga capek pikiran jadinya males buat baking. Tapi entah kenapa ya kok malah pengen maem roll cake. Duuh...kalo ini mah kayanya emang waktunya gak tepat. Berusaha gak pengen roll cake diganti dengan makan bakwan, eh kok masih tetep pengen roll cake (gantinya melenceng jauh sih xixixixi). Akhirnya liat stok telur yang tinggal 6 butir, cukup lah buat bikin roll cake. Liat masih ada juga sedikit coffee buttercream sisa orderan, naaah bisa dipakai juga. Jadilah uprek-uprek sebentar di dapur.

Sama sekali gak konsen waktu baking, niatnya pengen pakai butter, eh malah yang dilelehin full margarin. Pengen pakai tepung protein rendah, yang diambil tetep tepung terigu serbaguna hihihihi. Niat awal pengen pakai all in one method eh...terigunya lupa gak dikocok sekalian .....hiiiks >.<  Lebih komplit lagi harusnya terigu diaduk rata sambil di ayak langsung di atas adonan, ini udah kuayak sebelumnya. The show must go on...tetap lanjut baking. Eh..ya resepnya aku pakai bolu gulung ekonomis yang dulu pernah aku posting disini. Untuk coffee buttercream aku memakai resep buttercream yang biasa aku pakai, dengan menambahkan kopi yang dilarutkan dengan sedikit air sehingga menjadi pasta. Tentu saja kadar manis buttercreamnya ditambah ya, biar gak pahiiit.




Alhamdulillah roll cake tetap jadi alias gak bantat, kulitnya juga tetap mulus dan gak nempel di kertas roti...yipiiiie. Teksturnya tidak seperti yang kuinginkan sih, tapi gak apa-apa lah yang penting tetep jadi roll cake. Eits...belum digulung, belum tentu jadi roll cake yang baik dan benar kan. Dan akhirnya menggulung tanpa memperhatikan lekukan awal, langsung main dorong aja dengan kertas roti. Hasilnya gak bisa bulat, walau sudah coba dipadatkan....hiiiks lagi. Biar deh, udah males juga kalau harus ngulang gulung lagi, takutnya malah gak karuan bentuknya. Jadi just enjoy my roll cake yaaa...
Rasanya tetap enak, walau masih kurang lembut bagiku. Next time better, smoga lain kali bisa dapat mood yang lebih baik waktu bikin roll cake ^_^ 
Sekian ya curcol gak penting ini...yang penting tetep bisa makan roll cake kan.