JUS TOMAT


Hayooo coba tengok di kulkas, ada buah tomat gak di dalamnya? Buah tomat ini selalu tersedia di kulkasku. Selain digunakan untuk keperluan memasak, tomat juga enak untuk dibuat jus atau dinikmati langsung. Sejak masih kecil dulu, aku suka sekali menikmati tomat potong dengan gula pasir atau tomatnya sedikit dihancurkan dan ditambahkan air serta gula pasir. Blender masih barang langka ya dulu hehehehe.

Sekarang ini tentunya bisa dengan mudah membuat jus tomat sendiri di rumah. Selain rasanya yang menyegarkan, tomat memiliki banyak khasiat yang berguna bagi tubuh. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral dan zat fitonutrient. Pigmen buah tomat yang berwarna merah mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Selain itu lycopene diketahui dapat mencegah kerusakan sel. Buah tomat juga mengandung antipiretik yang dapat menurunkan deman. Serat dalam buah tomat juga baik untuk pencernaan. Tomat juga berguna untuk kecantikan, karena dapat menyembuhkan jerawat, mengangkat kotoran pada kulit, mengurangi lemak pada wajah dan berperan dalam pembentukan kolagen.

Berikut ini adalah 10 manfaat dari buah tomat yang diambil dari Magforwomen
1. Kaya antioksidan.
 Tomat mengandung lycopene, yang dianggap sebagai salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Zat ini melindungi kulit dari bahaya sinar ultra-violet, serta sel-sel tubuh dan organ.
2. Efektif melawan kanker.
 Likopen juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, yang berarti bahwa itu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan, dengan demikian, membantu tubuh dalam memerangi kanker.
3. Membantu untuk mengimbangi miokardium infark.
 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jus tomat mengandung likopen dan bisa mencegah serangan jantung.
4. Membantu penyembuhan penyakit paru-paru
 Jus tomat sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita berbagai penyakit paru-paru seperti TBC, bronkitis dan asma. Jus tomat dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.
5. Baik untuk penderita diabetes.
 Menurut hasil penelitian diketahui bahwa jus tomat dapat menghambat pembentukan bekuan darah, yang menurut para peneliti, adalah indikasi dari minuman yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.
6. Baik untuk janin.
 Vitamin C dan kalium dalam jus tomat sangat baik bagi wanita hamil karena minuman ini menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk janin.
7. Mencegah sembelit.
 Jus tomat, bila dikombinasikan dengan jus bayam, tidak hanya mengaktifkan fungsi hati, tetapi bekerja seperti pencahar dan mencegah sembelit.
8. Sumber energi,
 Berkat kandungan kalium yang tinggi, jus tomat dapat membantu mengatasi kelelahan
9. Memperlancar proses pencernaan.
 Jus tomat dapat berfungsi sebagai pembuka yang efektif dalam membantu proses pencernaan.
10. Menjaga kesehatan.
 Buah tomat kaya akan vitamin A dan C yang dapat menghancurkan virus penyakit dalam aliran darah, sehingga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. 




Nah....banyak banget kan manfaat yang bisa diambil dari buah tomat. Selain itu kita bisa dapat 'bonus' rasanya yang enak dan segar. Bikinnya tentu aja gampang banget. Tinggal menyiapkan blender, masukkan buah tomat yang sudah dipotong-potong, gula pasir sesuai selera, air es atau bisa juga memakai es serut. Blender hingga halus dan saring....siap dinikmati. Takarannya suka-suka aja ya. Misalnya saja tadi aku membuat jus dari 4 buah tomat, 2 gelas air es dan 1 sdm gula pasir. Alhamdulillah seger banget ^_^




RISOLES RAGOUT AYAM



Alhamdulillah bisa menjalani minggu-minggu yang sibuk dengan berbagai pekerjaan. Belum bisa menghasilkan yang paling baik, but I'll do my best. Biasanya kalau lagi sibuk kaya gini memang pengaruh juga ke aktivitas di dapur. Pagi-pagi masak super simpel dan gampang untuk menu makan siang. Setelah makan siang meneruskan pekerjaan dan kalau sempat sambil nguprek di dapur juga bikin cemilan untuk sore harinya. Di sela-sela kesibukan tersebut, Alhamdulillah masih bisa mengerjakan beberapa orderan dari customer. Eh ya...ternyata aktivitas yang agak padat akhir-akhir ini berpengaruh juga sama kegiatan foto-foto. Kok ya jadinya suka maleees pegang kamera. Nah..kalau udah kaya gini, gimana bisa belajar untuk jadi lebih baik ya. Jadi harap maklum kalau foto-foto berikut ini seadanya aja.

Kepanjangaaan curcol-nya euy >.<  Kali ini mau sharing resep risoles ragout ayam aja ya. Sebenarnya kalau anak-anak lebih suka amris, tapi gak ada salahnya donk divariasi dengan risol ragout ayam. Alhamdulillah ternyata doyan juga lho. Kakak Naira langsung habis 2 risoles hangat :)
Risoles ragout mudah divariasikan dengan selera keluarga dan bahan-bahan yang ada. Misalnya dibuat ragout udang, ragout jamur, ragout sayur dan lain sebagainya. Untuk resep kulitnya aku tetap memakai resep kulit dari amris NCC.

RISOLES RAGOUT AYAM

Bahan Kulit :
100 gr tepung terigu serbaguna, ayak
1 sdt garam
3 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm margarin, lelehkan

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campur terigu dan garam hingga rata.
- Buat lubang di tengahnya, masukkan telur sambil diaduk menggunakan whisker.
- Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisker hingga adonan licin dan halus.
- Masukkan margarin leleh, aduk rata.
- Diamkan adonan sebentar (15-30 menit), sambil ditutup dengan serbet bersih.
- Siapkan wajan dadar, buat dadar hingga adonan habis.
- Siap digunakan.

Bahan Ragout Ayam
2 sdm margarin
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
3 sdm tepung terigu serbaguna
200 gr fillet ayam, potong dadu kecil
2-3 buah wortel, potong dadu kecil
1 buah jagung manis, pipil
350 ml air kaldu
garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya
1 batang daun bawang, iris-iris

Cara Membuat :
- Rebus wortel dan jagung manis menggunakan sedikit air kaldu. Rebus sebentar saja hingga empuk
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga licin.
- Tambahkan ayam, wortel dan jagung manis. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir hingga rasanya pas.
- Masak hingga mengental, air menyusut dan meletup-letup. Masukkan daun bawang, aduk rata.
- Siap digunakan.

Bahan Pencelup dan Pelapis :
putih telur secukupnya
tepung panir secukupnya

Penyelesaian :
- Ambil selembar kulit risoles, beri isian ragout ayam secukupnya, lipat rapi seperti amplop dan rekatkan ujungnya memakai campuran terigu dan sedikit air.
- Lakukan hingga habis.
- Celupkan ke dalam putih telur kemudian gulingkan ke tepung panir hingga tertutup rata. Ulangi proses ini hingga 2x bila ingin lapisan panir yang tebal.
- Panaskan minyak, goreng risoles dengan menggunakan api sedang hingga coklat keemasan.
- Angkat dan tiriskan.




Tuh kaaan fotonya gak ada yang bener >.< Diantara belasan jepretan, cuma 2 foto ini yang paling mendingan, yang lainnya kacau balau hiiks.

TUMPENG UNTUK TASYAKURAN

Alhamdulillah...ada acara keluarga yaitu tasyakuran yang diadakan minggu lalu. Tasyakuran dalam rangka pembukaan kantor baru adikku di daerah Pandaan. Tasyakurannya berupa pengajian kecil dengan mengundang keluarga dekat dan tetangga-tetangga dekat aja. Karena pernah membuat tumpeng, walau hasilnya masih berantakan, maka aku kebagian tugas untuk bikin tumpeng deh. Weeew....kebayang aja kalau persiapannya bakal lebih ribet karena harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam untuk sampai di lokasi. Kalau untuk snack box-nya sih gak masalah ya, karena aku samain aja dengan pesanan snack yang kukerjakan hihihihi. Gak mau ribet ini mah ceritanya.

Tumpengnya sendiri aku susun di lokasi acara. Gak kebayang kan kalau aku harus pegangin tumpeng yang sudah rapi tertata dan menempuh perjalanan jauh. Apalagi aku juga masih harus ngurusin anak-anak selama di mobil. Jadinya dari rumah aku sudah persiapkan tampah, lauk pauk, pernik-pernik hiasan tumpeng dan tentu saja tumpengnya. Nasi-nya panas-panas sudah aku isikan ke cetakan tumpeng dan aku masukkan wadah plastik besar tempat krupuk dengan diberi beras didalamnya sebagai pemberat. Ribeeet ya. 
Sampai di lokasi langsung menyusun tumpeng. Buru-buru juga karena harus cepat-cepat selesai. Dan seperti biasa, hasilnya jauuuh dari kata rapi :(

Berikut foto-foto seadanya ya. Difoto di dalam ruangan menjelang Isya, jadi yaa...begini ini lah hasilnya. Burem semua hahahaha. Harap maklum yaa







Lauknya terdiri dari ayam bakar, sambel goreng ati, mie goreng, telur rebus, telur puyuh bumbu kecap, tempe tahu bumbu kuning, urap-urap dan entho-entho. Duuh...bahasa Indonesianya entho-entho apaan ya? hihihi..yang jelas terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan sedikit singkong parut, dibumbui dan digoreng deh. Enak deh...rasanya gurih. Kalau di tempatku, ada beberapa penjual nasi pecel yang menambahkan entho-entho ini sebagai pelengkapnya.




Alhamdulillah tumpeng dan juga nasi plus lauk pauk lain yang disajikan di meja ludees tak tersisa. Hilang sudah segala rasa capek ketika menyiapkan tumpeng hingga perjalanan ke Pandaan. 

For my lovely brother...all my best wishes for you..Barakallahu.

DARI DAPUR NAYS #4

Beberapa orderan dari customer yang sempat terdokumentasi. Seringnya sih suka terlewat aja deh tanpa difoto, kebanyakan pesennya brownies dan kue lumpur sih hihihihi. Terima kasih untuk orderannya ya...semoga bisa jadi barokah untuk kita semua. Aamiin



2 Loyang homemade pizza. Kali ini chicken lover pizza.



Super Fudgy Brownies yang super nyoklaat.



60 pcs sus vla custard.



100 pcs sus vla vanilla.



60 pcs browkus potong topping coklat



60 pcs browkus pandan potong topping keju.



50 pcs amris dengan isian smoked beef, telur rebus, keju cheddar parut dan mayonaise.



55 pcs amris ekonomis dengan isian sosis, telur rebus, keju parut dan mayonaise.



100 pcs risoles ragout ayam orderan dari beberapa teman.



Gurame asam manis ^_^ 

Terima kasih semuanyaaa....semoga berkenan dan semoga ke depannya Dapur Nays bisa lebih baik lagi. 

GULAI DAUN SINGKONG



Lagi pengen banget gulai daun singkong, eh...ada yang ngasih seplastik daun singkong. Pas banget ya. Alhamdulillah. Sekedari cerita...dulu waktu hamil anak kedua, aku suka banget makan gulai daun singkong ini. Sering makan tapi kok ya gak bosen-bosen. Sampai ada yang ngingetin untuk gak terlalu banyak makan daun singkong, tapi aku tetap nekad aja hihihihi. 

Waktu bikin gulai ini entah sambil ngelamun atau entah puyeng mikir kerjaan lain, eh...lupa gak masukin teri medan. Padahal baru aja dapat kiriman seabreg teri medan dari seorang sahabat. Hadeeeh. Trus lupa lagi masukin cabe rawit utuh. Kalau ini sih namanya bukan lupa ya, tapi memang udah bener-bener ngelantur.
Gulai daun singkong ini menurut versi sendiri ya, membuatnya cukup mudah dengan bumbu-bumbu yang simpel. Mohon maaf kalau ternyata melenceng dari aturan gulai daun singkong yang baik dan benar. Hanya berusaha menyesuaikan dengan selera aja ^_^

GULAI DAUN SINGKONG

Bahan : 
2 ikat daun singkong
(rebus, peras dan diiris. Rebusnya jangan terlalu lama ya)
50 gr teri nasi, goreng (lupa gak pakai)
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan bagian putihnya
1 liter santan (atau sesuai selera)
garam, gula dan merica secukupnya
(sesuaikan dengan selera saat test rasa ya)
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
3 cabe merah besar
2 cm kunyit bakar
1 ruas lengkuas

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk rata hingga matang
- Masukkan daun singkong dan tambahkan santan sedikit demi sedikit.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
- Bila memakai teri, masukkan teri-nya bersama cabe rawit utuh. Aduk rata.
- Angkat dan siap disajikan.

Saat merebus daun singkong, jangan terlalu matang hingga benar-benar lunak ya. Kan selanjutnya akan direbus lagi bersama bumbu-bumbunya. Dinikmati bersama nasi hangat, ikan goreng dan sambel ijo....heavenly for me. Alhamdulillah...



PURPLE BDCK FOR VIO



Purple BDCK ini dipesan oleh tamu jauh dari Bandung yang kebetulan lagi mudik ke Kediri. Ordernya BDCK ukuran 30 cm dengan base cake spongecake dan warnanya unguuuu. Sesuai banget ya request warnanya dengan nama si cantik yang ultah.
Jadilah 3 layer spongecake Yongky dengan filling buttercream. Diberi dekor sedikit fondant dan white crispy balls. Sengaja diberi space kosong di atas cake karena Vio punya topper Barney dan akan diletakkan di atasnya. Tuh...ungu lagi kan heheheh.




Selain purple BDCK....Mama Vio juga pesan opera cake imut. Jadilah simple opera cake berikut. 



Terima kasih untuk orderannya ya. Selamat ulang tahun Vio sayang...semoga panjang umur, sehat dan selalu jadi kebanggaan keluarga. Aamiin Ya Rabb...

BOLU KUKUS BLUEBERRY (BMS #1)


Postingan tentang bolu kukus lagi ya ^_^  Kebetulan ada grup baru di FB, yaitu Bakul Kue Rumahan (BKR) dan Alhamdulillah ada yang invite untuk bergabung dengan grup tersebut. Senangnya....bertambah lagi 1 grup untuk tempat sharing ya. BKR sendiri didirikan oleh mbak Nenis owner Yasmine Cake. Beliau adalah salah satu home baker yang sudah cukup mumpuni dan bisa jadi inspirasi buat kami para bakul kue pemula.

Grup BKR juga punya event lho, yang pertama adalah event Berani Membuat Sendiri (BMS). Sebagai tantangan pertama temanya adalah Bolu Kukus Mekrok dengan memakai resep yang sudah diposting host. Cihuyyy....punya resep baru donk jadinya dan pastinya harus segera dicoba. Resep asli adalah Bolu Kukus Pecah Merekah milik Lisa Basuki. Resep ini aku modif lagi dengan menambahkan perasa blueberry dan memakai filling blueberry paletta. Aku belum pernah bikin bolu kukus dengan filling, jadinya niat banget kalau resep baru ini harus pakai filling xixixixi. Alhamdulillah bisa mekrok semua.






Sedikit tips...ketika mengisikan filling blueberry jangan terlalu banyak ya. Blueberry paletta agak berat, jadi kalau kebanyakan bisa bantat bolu kukusnya. Emang kayanya kurang puas sih ya, kok cuma dikit fillingnya heheheh, tapi gak apa deh daripada ntar jadinya bantat :) 



SUS GORENG



Sejak aku kecil dulu, Mamaku sering banget bikinin jajanan yang satu ini. Sebenarnya kami sekeluarga suka dengan sus, tapi karena proses pembuatannya yang relatif lama, Mama jadinya suka bikin adonan sus yang digoreng. Kami sekeluarga tetap suka dan sampai sekarang jadi salah satu cemilan favorit.

Biasanya di saat lagi repot dan gak punya banyak waktu untuk bikin cemilan, sus goreng ini yang jadi andalanku. Anak-anakku juga suka banget dan selalu gak sabar menunggu sus selesai digoreng. Alhasil begitu selesai digoreng langsung diserbu langsung ludes padahal gorengan selanjutnya belum matang hihihihi.
Sus goreng ini enak dinikmati langsung karena rasanya yang gurih, enak juga dinikmati dengan taburan gula halus atau bahkan dengan saus coklat seperti yang dulu pernah kuposting disini.
Untuk rasa yang lebih enak dan 'ngeju' bisa memakai keju parmesan atau keju edam sebagai bahan campurannya ya. Kalau gak ada bisa pakai keju cheddar biasa seperti yang kupakai kali ini. Kalau gak punya keju?? It's oke...tetap enak-enak aja kok, karena rasa gurihnya didapat dari margarin.

Sus goreng ini sekaligus untuk PR Dapur Aisyah bulan April dengan tema "Yang unyu-unyu untuk buah hatiku". Tapi kalau ini sih yang bikin juga doyan banget euy.




Kalau ingin bentuk lain, adonan bisa dimasukkan ke dalam piping bag dan dispuitkan langsung ke penggorengan ya. Dulu pernah bikin juga, monggo bisa dilihat disini. Karena lagi males, jadi udah gak kepikiran buat bikin bentuk macem-macem, cukup dibulatkan dengan bantuan 2 buah sendok ^_^
Sedikit tips...gunakan api sedang saja ya, kalau terlalu besar bisa cepat gosong deh. Adonan ini juga cukup mengembang, jadi kalau mau bentuk kecil-kecil yang easy bite buat anak-anak, bulatinnya juga kecil-kecil juga yaaa. Sus goreng ini memang paling enak dinikmati selagi hangat karena masih terasa renyah. Kalau sudah dingin hilang deh renyahnya, tapi tetap enak sih kalau menurutku. Bila dipanaskan kembali, maka rasanya akan lebih enak.






Anyone?? Yuuk bikin untuk keluarga di rumah. Gampang dan praktis untuk cemilan keluarga.

HOMEMADE FLOUR TORTILLA (LBT#24)



Tema LBT#24 kali ini adalah Homemade Flour Tortilla. Belum pernah bikin tortilla sendiri sebelumnya, jadi ini benar-benar pengalaman pertama buatku. Ternyata bikin tortilla itu cukup simple ya, bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan tentunya bisa divariasikan dengan isian sesuai selera keluarga.

Tortilla dikenal sebagai roti pipih tanpa ragi yang bisa terbuat dari jagung giling, gandum ataupun tepung terigu. Tortilla dalam bahasa Spanyol berarti "torta kecil", atau "kue kecil. Tortilla merupakan salah satu makanan pelengkap masakan khas dari dataran Texas-Mexico ( TexMex ), khususnya untuk masakan khas tradisional Mexico.Di Texas – Mexico, Tortilla biasanya disiapkan dengan daging untuk membuat hidangan seperti Taco, burrito (hidangan yang berasal di Meksiko utara), dan Enchilada. Selain itu dapat di buat Tortilla Soup, Tortilla Wrap, Fajitas dan masih banyak lagi macamnya. Tortilla mirip dengan roti chapati dari Asia Selatan, roti tak beragi populer di Arab, Mediterania timur, Cina dan Eropa. Tentunya dengan sebutan yang berbeda dari setiap negara tersebut. (source : doc. LBT)

Untuk membuat homemade flour tortilla kali ini, aku memakai resep dari The Pioneer Woman. Berikut ini adalah resep yang sudah dikonversi dalam ukuran gram dan dengan sedikit modifikasi dariku.

HOMEMADE FLOUR TORTILLA

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
2 sdt baking powder
1 sdt garam
140 gr shortening / mentega putih (bisa juga pakai margarin)
240 ml air panas

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan shortening.
- Aduk dengan menggunakan pisau pastry (bisa juga dengan garpu) hingga adonan berbulir-bulir.
- Buat lubang di tengah adonan, tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk.
- Uleni adonan sebentar (kurleb 5 menit) hingga adonan halus dan istirahatkan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup lap bersih.
- Setelah 30 menit, bagi adonan (aku timbang @ 50gr) kemudian dibulatkan dan istirahatkan kembali selama 15 menit.
- Gilas adonan dengan rolling pin hingga tipis kemudian masak di atas wajan datar anti lengket yang sudah dipanaskan. 
- Bolak balik tortilla hingga matang.
- Angkat dan siap digunakan.

Note :
- Setelah dingin, tortilla akan menjadi lentur sehingga bisa dilipat atau digulung
- Apabila saat menggilas terlalu tebal / kurang tipis, maka tortilla tidak akan menggelembung ketika dimasak.
- Jangan memasak terlalu lama karena tortilla akan menjadi terlalu crispy.
- Apabila shortening diganti dengan margarin, maka akan ada perbedaan warna tortilla ya. Selain dengan shortening atau margarin, bisa juga memakai minyak sayur.

Berikut ini beberapa foto step by step pembuatan tortilla yang sempat difoto ya. Maaf kalau fotonya kurang jelas, karena bikinnya tengah malem lho ini (niaaat banget)



Tortilla mudah dikreasikan dengan berbagai macam isian. Tadinya sih niat banget pengen bikin tortilla dengan isian fruit salad. Hmmm...kebayang segarnya. Ternyata...oh ternyata...udah gak sempat lagi keluar untuk beli buah, karena hujan sepanjang sore. Karena di rumah masih punya fettuccini dan saus bolognese homemade jadi diperdayakan aja ya. Jadinya...hasil mengarang indah ini Homemade Flour Tortilla vs Fettuccine Bolognese. Hihihii...dilarang protes yaaa...namanya juga jurus kepepet nih.



Bikinnya tentu aja simple banget, soalnya kalau gak simple aku gak bisa >.<  Cukup siapkan fetticcini yang sudah direbus, saus bolognese homemade (beli jadi juga boleh), keju cheddar parut dan selada. Tinggal susun aja di kulit tortilla, lipat dan jadi deh. Alhamdulilah...tortilla-nya ludes tak tersisa, bahkan ada yang langsung dimakan tanpa isian. 

Thanks for the challenge LBT ^_^





KUE LUMPUR DUO



Mohon maaf kalau lagi-lagi postingan tentang kue lumpur ya. Sudah sering banget bikin postingan tentang kue lumpur dan kebetulan memang akhir-akhir ini kue lumpur lagi laris manis di dapurku. Alhamdulillah.
Sebenarnya ini kue lumpur biasa aja, resep yang kupakai juga masih sama yaitu resep kue lumpur NCC yang pernah aku posting disini. Yang membuatnya beda hanya penampilannya aja ya yaitu dalam 1 kue lumpur terdapat 2 warna, jadi dinamakan kue lumpur duo.

Ini sekedar variasi aja ya, karena cukup sering membuat kue lumpur, jadi bosan juga dengan penampilannya yang gitu-gitu aja. Mau diubah bentuknya juga gak bisa, ntar malah jadinya pukis donk xixixixi. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan membagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak dan diberi pasta sesuai selera. Kalau yang aku buat ini adalah dengan pasta pandan dan yang lainnya aku biarkan plain. Adonan tersebut dimasukkan ke dalam 2 buah piping bag / plastik segitiga. Setelah cetakan panas, gunting ujung piping bag dan tuang ke dalam cetakan secara bersamaan. Jadi harap maklum kalau gak ada foto pembuatannya, karena tangan kanan dan kiri sama-sama nuang adonan dan aku gak ada yang bantu untuk fotoin. Selanjutnya kue lumpur dimasak seperti biasa. Mudah kaaan.
Bisa divariasikan dengan berbagai rasa ya, misalnya pandan dan strawberry, pandan dan coklat, plain dan coklat atau sesuai selera aja.




OPERA CAKE (WITHOUT JACONDE)



Mencoba melawan baking blue dengan bikin cake favorit? Itu aku bangeet deh. Dan yang jadi sasaran adalah opera cake karena aku dan suamiku memang suka sekali dengan cake dengan aroma kopi ini. Dulu sudah beberapa kali bikin opera cake dan semuanya tanpa jaconde yaitu cake dengan bubuk almond. Aku menggantinya dengan spongecake biasa. Pernah mencoba real opera cake dengan jaconde buatan salah satu bakery terkenal di Surabaya dan...kok aku lebih senang yang tanpa jaconde yah. Kayanya yang salah memang lidahku kali, terlalu ndeso hihihi.

Opera cake yang kubuat kali ini memakai basecake Lapis Surabaya Ekonomis resep Ambarini yang pernah kulihat di blog-nya Nien Ing dan sedikiiit aku modif.  Untuk coffee buttercream, coffee syrup dan ganache siram aku pakai resep yang pernah diposting Bunda Ricke. Thanks for sharing yaa...
Karena untuk dikonsumsi sendiri, aku membuat di loyang 20x20 cm dan tentunya setelah ditrim hasilnya akan lebih kecil ^_^

OPERA CAKE (WITHOUT JACONDE)

Cake (Lapis Surabaya Ekonomis)
Bahan :
6 butir telur
165 gr tepung terigu protein rendah
10 gr maizena
20 gr susu bubuk full cream
125 gr gula pasir
75 ml susu cair
1/2 sdt vanilla susu L'arome
150 gr mentega, lelehkan

Cara Membuat :
- Siapkan 4 loyang ukuran 20x20x3 cm. Oles margarin, alas kertas roti dan oles kembali.
- Panaskan oven 200'C.
- Kocok semua bahan kecuali mentega leleh. Kocok hingga mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan mentega leleh sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata.
- Tuang ke 4 loyang dan oven selama 15 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan.


Coffee Syrup
Bahan :
100 ml air
2 sdm gula pasir
1 sdm kopi instant

Cara Membuat :
- Panaskan air dan gula pasir hingga mendidih.
- Masukkan kopi instant, aduk hingga rata. Dinginkan.


Coffee Buttercream
(French Coffee Buttercream)
Bahan :
10 gr kopi instant
15 gr air panas
1 telur utuh
1 kuning telur
100 gr gula pasir
60 gr air
1 sdt vanilla
200 gr unsalted butter dingin (potong dadu, biarkan suhu ruang)

Cara Membuat :
- Aduk rata kopi instant dan air panas. Dinginkan.
- Kocok telur dan kuning telur hingga pucat dan berbusa.
- Pada saat yang bersamaan, panaskan gula pasir dan air hingga mendidih dan mengental.
- Tuang perlahan gula cair panas ke dalam kocokan telur sambil dikocok dengan kecepatan rendah.
- Setelah gula cair masuk seluruhnya, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan mengkilap.
- Masukkan vanilla, kocok terus hingga dingin suhu ruang.
- Turunkan kecepatan mixer, masukkan unsalted butter secara bertahap. Setelah butter masuk seluruhnya, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan ringan.
- Masukkan larutan kopi, kocok rata.
- Masukkan ke wadah tertutup dan simpan di kulkas hingga akan digunakan.


Chocolate Ganache
Bahan :
300 ml air
150 gr whipcream bubuk
300 gr DCC cincang

Cara Membuat :
- Campur whipcream bubuk dan air, aduk rata.
- Panaskan dengan cara ditim hingga timbul gelembung kecil di bagian pinggir (jangan sampai mendidih ya).
- Matikan api, masukkan DCC cincang. Diamkan selama 5 menit hingga coklat meleleh.
- Aduk-aduk dengan whisker hingga rata dan licin.
- Dinginkan di suhu ruang kemudian masukkan ke dalam kulkas hingga mengental.


Penyusunan :
- Ambil selembar cake, basahi dengan coffee syrup hingga rata. Oleskan dengan setengah bagian coffee buttercream hingga rata.
- Tumpuk lagi dengan selembar cake, basahi dengan coffee syrup. Oleskan setengah bagian ganache hingga rata.
- Tumpuk lagi dengan selembar cake dan lakukan hal yang sama hingga selesai (4 lapis cake, 2 lapis coffee buttercream dan 2 lapis ganache).
- Dinginkan di dalam kulkas hingga cake dan fillingnya set dan kokoh.


Ganache Siram (Chocolate Glaze)
Bahan :
80 gr whipcream cair
120 gr DCC cincang
3 sdm madu
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
- Panaskan whipcream cair, jaga jangan sampai mendidih ya, cukup hingga bagian pinggir mulai bergelembung kecil. Matikan api.
- Masukkan DCC cincang, diamkan 5 menit hingga coklat meleleh. Aduk-aduk dengan whisker hingga licin dan rata.
- Masukkan madu dan minyak goreng. Aduk rata.


Penyelesaian :
- Keluarkan cake dari kulkas.
- Siramkan ganache siram ke atas permukaan cake hingga merata.
- Masukkan kembali ke dalam kulkas hingga glaze agak set.
- Rapikan bagian sisi cake (trim) dengan pisau bergerigi hingga rapi.
- Simpan kembali ke dalam kulkas hingga saat akan disajikan.




Alhamdulillah ganache siramnya bisa muluuus. Jadi sayang banget kalau mau dicoretin ^_^. Setelah puas memandang permukaan opera cake yang licin ini (lebaay), aku coba coretin dengan white cooking chocolate dan malah gak karuan karena disenggolin anakku yang katanya pengen ngaca di cake bundanya....hadeeeuh >.<  It's oke untungnya tadi udah puas memandang waktu permukaannya masih licin hahaha.

Sedikit catatan kecil dari pembuatan opera cake kali ini antara lain adalah :
- Lapis surabaya ekonomis ini teksturnya lembut, kokoh dan tidak berpori.
- Coffee buttercream pada resep tersebut merupakan resep French Coffee Buttercream. Rasanya istimewa karena menggunakan unsalted butter. Bila menginginkan coffee buttercream yang lebih ekonomis bisa dibuat dengan cara menambahkan larutan kopi ke dalam resep buttercream yang biasa kita pakai. Karena ditambahkan larutan kopi, maka kadar manis dari buttercream tersebut kita tambahkan agar rasa cream-nya tidak terlalu pahit.
- Pada resep coffee buttercream terdapat pemakaian telur yang kemudian dituang dengan air gula mendidih. Hal tersebut akan membuat telur menjadi matang sehingga aman untuk disimpan dan tentu saja dikonsumsi ^_^
- Agar filling rapi dan sama tebal, masukkan filling (coffee buttercream dan ganache) ke dalam piping bag (piping bag). Semprotkan ke atas cake hingga tertutup semua baru kemudian diratakan dengan spatula.
- Untuk mendapatkan hasil cake yang rapi, trim cake dengan pisau panjang bergerigi yang sudah dicelup ke dalam air panas. Keringkan pisau dengan lap bersih dan mulai memotong bagian tepi cake. Celupkan kembali pisau ke dalam air panas dan keringkan dengan lap kembali sebelum memotong sisi lainnya. Lakukan hingga keempat sisi cake rapi.

Alhamdulillah....terbayar sudah proses panjang membuat opera cake ini dengan rasanya yang enaak. Sangat nikmat disajikan dingin. Perpaduan cake yang lembut, ganache yang nyoklat dan coffee cream yang harum aroma kopinya. Untuk yang kurang suka dengan rasa pahit kopi, takaran kopi instant dalam resep coffee buttercream bisa dikurangi ya. Kalau menurutku sih di resep tersebut sudah pas takarannya.

Jadi kalau gak ada bakery besar yang jual opera cake di kota tempat tinggal kita....kesempatan nih buat bikin sendiri. Lebih puas maemnya kan ^_^



CHICKEN KUNG PAO



Akhirnyaaa....bisa kembali update blog. Minggu kemarin dilanda baking blue akut, males juga pegang-pegang kamera dan ditambah juga blogging blue. Kompliiit. Padahal kalau masak ya tentu aja tetap masak, tapi langsung santap aja gak pakai acara poto-poto. 
Kali ini mencoba mengumpulkan kembali semangat untuk update blog. Daan...inilah chicken kung pao ala dapurku ^_^

Chicken kung pao merupakan salah satu menu masakan Cina populer yang bisa dengan mudah kita jumpai di resto-resto Chinese Food. Konon chicken kung pao ini berasal dari daerah Szechuan. Cita rasanya perpaduan gurih dan semburat pedas. Sekarang ini chicken kung pao sudah banyak dimodifikasi agar lebih sesuai dengan selera. Salah satu yang khas dari menu ini adalah penggunaan kacang mede, namun ada pula yang menggantinya dengan kacang tanah goreng. Silahkan dikreasikan menurut selera keluarga ya. Kalau sudah dijual di resto, tentunya harganya sudah selangit ya, kalau bikin sendiri bisa lebih puas maemnya.

Resep chicken kung pao yang kupakai ini diadaptasi dari Majalah Sedap dan dimodif lagi menyesuaikan bahan-bahan yang aku punya. Misalnya aja untuk bahan rendaman ayam di resep asli memakai kecap jamur, naah karena aku gak punya, jadi aku pakai kecap manis biasa hehehe. Di beberapa resep ada pula yang memakai paprika, jadi warnanya bisa cantik deh. Ada juga yang memakai cabe merah kering sehingga rasa pedasnya lebih mantap. Karna aku gak punya bahan-bahan tersebut, jadi ya skip aja dan diganti bahan yang ada. Yuuk cheki-cheki resepnya

CHICKEN KUNG PAO

Bahan :
400 gr fillet ayam, potong kotak besar
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt minyak wijen
1 sdt saus tiram

Bahan Saus :
1 bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
2 buah cabe merah, iris serong (bisa juga pakai cabe keriting ya)
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt air jeruk nipis
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
100 ml air
1 sdt maizena, dilarutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak goreng

Pelengkap :
50 gr kacang mede goreng

Cara Membuat :
- Campur fillet ayam dengan bawang putih, kecap manis, merica bubuk, garam, minyak wijen dan saus tiram.
Aduk hingga tercampur rata dan biarkan selama 30-60 menit agar meresap.
- Goreng fillet ayam hingga matang sebentar saja, jangan sampai terlalu kering ya.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum. Masukkan cabe merah, aduk rata.
- Masukkan fillet ayam, aduk rata.
- Masukkan saus tomat, saus tiram, kecap manis, gula pasir dan minyak wijen. Aduk rata.
- Tuang air, masak hingga mendidih.
- Tambahkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan, kemudian masukkan air jeruk nipis. Aduk rata dan test rasa.
- Angkat dan sajikan dengan taburan kacang mede goreng (kalau aku sesaat sebelum diangkat, masukkan kacang mede agar tercampur dengan sausnya).
- Sajikan hangat.


Alhamdulillah...rasanya gak mengecewakan, gak beda jauhlah ama yang di resto-resto itu, kalau menurut juru masaknya lho ya heuheuheu. Kalau menurut orang lain belum tentu. Jadi daripada penasaran, yuuuk bikin sendiri di rumah yaaa.
Happy cooking...




BOLU KUKUS ZEBRA



Kalau ditanya kue apa yang selalu bikin deg-degan waktu bikinnya, dengan mantap aku pasti jawab bolu kukus.  Walaupun sudah lumayan sering bikin bolu kukus, tetap aja ada rasa gak pede waktu bikinnya, takutnya gak mekar atau bolu kukusnya cuma senyum malu-malu atau jangan-jangan mekarnya aneh. Hal itu masih juga kualami saat membuat bolu kukus zebra ini. Padahal segala tips dan trik tentang pembuatan bolu kukus mekar sudah hafal banget, tapi tetap aja masih takut-takut ketika membuka kukusan >.<

Kebetulan masih harus berpisah sementara dengan oven tersayang, karena kebetulan beberapa hari belakangan ini aku full di rumah Mamaku. Bosen juga bikin cemilan gorengan, mana batuk kok rasanya gak ilang-ilang ya :(  Asliii...pengennya baking cake atau roti gitu, tapi di rumah Mamaku adanya otang kecil, itupun pintunya sudah gak bisa ketutup dengan rapat. Akhirnya bikin cemilan yang dikukus aja deh dan pilihanku jatuh pada bolu kukus zebra. 

Sebenarnya ini bolu kukus biasa aja, resepnya memakai resep Bolu Kukus 10 Menit dari NCC. Yang membedakan hanya teknik saat menuang adonan aja, sehingga bisa terbentuk motif zebra wannabe hihihi. 




Bisa dilihat di resep di atas motif zebra wannabe di dapat dari adonan putih dan coklat yang dituang secara berselang-seling ya. Kalau mau divariasikan dengan warna lain bahkan aneka warna juga boleh. Pasti cantik juga bolu kukusnya. Rasa bolu kukus zebra ini juga sama aja kok dengan bolu kukus biasa. Hanya berbeda di motif aja. Aku sendiri memang sudah cocok dengan resep dari NCC ini. Teksturnya lembut dan tidak seret serta manisnya pas sesuai seleraku.






Jangan lupa ya....tips dan trik membuat bolu kukus mekar antara lain adalah
- Adonan harus benar-benar kental.
- Tuang adonan hingga penuh di paper cup.
- Pastikan kukusan sudah dalam keadaan benar-benar panas ketika adonan dimasukkan.
- Jangan mengisi kukusan dengan terlalu banyak adonan bolu kukus ya.
- Gunakan api besar.

In sha Allah, bolu kukus bisa mekar. Kalaupun ada yang belum mekar, hayuuuk dicoba lagi, karena aku juga dulu harus mencoba berulang kali sampai  ^_^

LASAGNA



Cihuuy...it's time for homemade lasagna. Udah pernah makan lasagna kan? Biasanya lasagna bisa kita jumpai dengan mudah di salah satu resto waralaba terkenal. Disajikan di pinggan tahan panas fresh from the oven. Hmm...enaak deh.

Lasagna merupakan salah satu hidangan Italia yang sudah cukup terkenal. Bahan dasarnya berupa pasta tipis berbentuk lembaran untuk kemudian disajikan berlapis-lapis dengan isian saus daging diantara lapisan tersebut. Sebagai penutup lapisan terakhir diberikan saus bechamel atau saus putih yang berlimpah keju. Untuk penggemar pasta bisa dicoba membuat lasagna sendiri di rumah. Kita bisa berkreasi dengan isiannya dan tentunya bisa lebih puas menikmatinya. Pasta lasagna bisa kita jumpai di supermarket besar dan biasanya sudah ready to bake yang berarti kita bisa langsung menyusunnya tanpa merebusnya terlebih dahulu. Kalau aku sih lebih sreg merebusnya sebentar hingga al dente sehingga lembaran lasagna-nya akan lebih lembut. Naaah...ini nih lembaran lasagna yang kupakai..






Resep lasagna ini diadaptasi dari Sedap dan sudah disesuaikan lagi menurut kebutuhan dan bahan-bahan yang kupunya ya.

LASAGNA

Bahan :
200 gr pasta lasagna
1 liter air
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng 
(didihkan air bersama garam dan minyak goreng, rebus lasagna hingga al dente)

Bahan Saus Daging :
200 gr daging giling
1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
4 sdm pasta tomat
2 sdm saus tomat
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
400 ml air (bisa juga pakai kaldu)
1/2 sdt merica bubuk
1-2 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Putih (Bechamel) :
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
25 gr margarin
25 gr tepung terigu serbaguna
500 ml susu cair
1/4 sdt merica
50 gr keju cheddar parut 

Topping :
keju mozarella secukupnya

Cara Membuat Saus Daging :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
- Masukkan pasta tomat dan saus tomat, bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk rata.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga mendidih.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit, masak hingga mengental.
- Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
- Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Saus Putih :
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin, bumbui dengan merica.
- Masukkan keju parut dan masak hingga mengental dan meletup-letup.
- Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
- Siapkan pinggan tahan panas (bisa juga pakai alufoil cup), oles dengan margarin.
- Ambil  pasta lasagna letakkan di pinggan hingga menutup dasarnya, tuang  saus daging secukupnya, tutup dengan pasta lasagna lainnya, tuang kembali saus daging. Lakukan hingga beberapa lapis.
- Pada bagian atas, tutup dengan pasta lasagna, tuang saus putih dan ratakan. 
- Taburi dengan keju mozarella parut.
- Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25 menit.
- Angkat dan sajikan hangat.




Wuiih...lihat tuh lelehan keju mozarella-nya, itu yang bikin enaak. Kalau gak ada bisa diganti dengan keju quick melt ya. Lasagna paling enak disajikan hangat-hangat. Kalaupun sudah dingin, tinggal dipanaskan sebentar saja di microwave atau dioven bentar ya. Yummy...