MINI ROLL CAKE WITH GREEN TEA



Masih fresh from my kitchen, masih ada juga tuh cake-nya di kulkas. Hihihi..tumbeen. Biasanya juga file numpuk-numpuk di kamera baru dipindah. >.<
Hari ini sebetulnya ngerasa kurang sehat, kena flu jadi bawaannya pengen merem aja. Nah....yang bikin heran biar kurang fit, tapi kok ya sempat-sempatnya pengen maem roll cake yang enak dan lembut. Sebenarnya sih beli juga bisa, tapi melihat telur yang duduk manis di kulkas kok rasanya risih juga euy, bawaannya pengen ngolah nih. Langsung deh pagi-pagi ngeluarin telur dari kulkas biar siangnya siap tempur di dapur.

Sengaja aku pakein green tea karena udah lama pengen banget bikin cake yang pake green tea. Aku pakai resep salah satu master baking di Surabaya, yaitu Mbak R. Yakin deh kalau resep-resep beliau selalu enaaak.

MINI ROLL CAKE WITH GREEN TEA

Bahan :
10 butir kuning telur
5 putih telur
185 gr gula kastor (aku pakai 170 gr)
1 sdm cake emulsifier
120 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
160 gr butter (aku mix butter dan margarin), lelehkan.
1 sdm matcha powder (green tea powder), larutkan dengan 2 sdm air matang

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu dan susu bubuk, sisihkan.
- Siapkan loyang (aku pakai 30x30x3 cm), oles margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Kocok telur dan gula hingga setengah mengembang.
- Masukkan cake emulsifier dan campuran terigu. Kocok hingga mengembang dan kental berjejak.
- Matikan mixer, tuang butter leleh perlahan-lahan. Aduk balik hingga rata.
- Ambil 1/3 bagian adonan, campur dengan green tea powder. Aduk rata.
- Tuang sebagian adonan putih di sisi loyang sebelah kiri sambil sedikit dimiringkan. Kemudian tuang adonan green tea dan tuang kembali sisa adonan putih di sebelahnya. (dalam satu loyang berselang-seling warna putih-hijau-putih).
- Sesaat sebelum dioven, hentakkan loyang di lantai atau meja, untuk mengeluarkan udara di dalam adonan. Oven selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
- Keluarkan dari dalam loyang dan dinginkan.
- Bagi roll cake menjadi 2 bagian (dipotong pada bagian tengah yang berwarna hijau). Oles dengan selai atau buttercream, kemudian gulung sambil dipadatkan.
- Masukkan ke dalam kulkas, kemudian potong-potong sesuai selera.




Ada roll cake-nya yang cuil sedikit tuh...gara-gara kejatuhan reflektor abal-abal. Hiiks... Tapi soal rasa gak ngaruh kan ^_^
Karna menggunakan kuning telur yang banyak, gak heran kalau roll cake ini lembuuut banget. Mau lebih enak bisa pakai full butter. Kalau menurutku sih memakai mix butter dan margarin berkualitas sudah cukup enak kok. Aroma matcha atau green tea powder-nya sudah cukup terasa, tapi tidak terlalu pengaruh di rasa ya, cukup aroma aja. Mungkin juga kalah dengan selai yang aku pakai sebagai isian.



Kalau mau bikin yang versi besarnya, roll cake gak perlu dibagi 2 ya. Adonan hijau cukup dituang di sisi sebelah kanan loyang, jadi ketika digulung bisa tetap ada dibagian dalam. Untuk cara pengocokannya biasanya aku memakai cara all in one, kali ini pengen ngikut cara di resep asli. Hasilnya sama aja kok.



Happy Baking   ^_^




PISBAK...



Postingan iseng lagi....dulu udah pernah posting juga sih tentang pisbak alias pisang bakar. Siapa aja bisa bikinnya ya. Karena gampang banget dan gak pakai resep hihihii. Topping juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga.
Ini juga dalam rangka malas, jadi bikin cemilan yang gampang aja. Kebetulan ada pisang yang pas matangnya, jadi langsung dieksekusi jadi pisang bakar. Kali ini aku memakai topping keju, coklat serut dan SKM coklat. Yummyy....



Jangan lupa waktu bakar pisangnya dioles-oles dengan margarin ya...biar tambah gurih . Pilih juga pisang yang pas matangnya, jangan terlalu matang dan jangan terlalu muda.
So...bikin cemilan buat keluarga gak harus ribet kan *wink*

SUP MERAH SUKA-SUKA



Kesampaian juga bikin sup merah lagi setelah lamaaa banget gak bikin. Seperti biasanya kalau masak  ya pakai bahan-bahan yang ada di kulkas dan pakai resep kiki alias kira-kira hihihihi. Jadi mohon maaf kalau sup merah ini jadinya berjudul sup merah suka-suka karena melenceng dari sup merah yang baik dan benar...beeegh.

Karena cuma punya wortel, kacang polong, bakso ayam, sosis, jamur champignon, fillet ayam dan kekian, jadi isiannya ya cuma itu aja. Sebenarnya punya juga bunga kol, tapi ternyata kelupaan masukin...hadeeuh. Jadi sekali lagi harap makluuum ya :)

SUP MERAH SUKA-SUKA

Bahan :
250 fillet ayam, potong dadu
4 buah wortel, potong korek api
1 bunga kol, potong per kuntum (skip, lupaa)
4 buah sosis, potong korek api
2 buah kekian, goreng sebentar dan potong memanjang
10 buah bakso ayam, iris sesuai selera
1/2 kaleng jamur champignon, belah menjadi 3 bagian
1/2 kaleng kacang polong
1 kaleng pasta tomat
5 sdm saus tomat (atau sesuai selera ya)
garam, merica dan gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 buah bawang bombay, cincang halus (aku potong memanjang)
3 siung bawang putih, cincang halus
7 buah bawang merah, iris tipis, goreng dan haluskan.
1/2 butir pala, haluskan (atau geprek aja ya)
1500 ml air kaldu
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Kukus wortel, bunga kol dan kacang polong hingga agak lunak. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna kemudian tuang air kaldu.
- Masukkan bawang goreng yang dihaluskan, masukkan pasta tomat dan saus tomat.
- Masukkan sosis, kekian, bakso ayam dan jamur. Masak hingga mendidih.
- Masukkan wortel, bunga kol dan kacang polong rebus.
- Bumbui dengan garam, merica, pala dan gula pasir hingga rasanya pas sesuai selera.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
- Angkat dan siap disajikan hangat.


Untuk wortel, kacang polong dan kol sebenarnya bisa langsung dimasak bersama  kuah ya, tapi aku lebih suka mengukus terlebih dahulu. Silahkan sesuai selera aja.
Aslinya kalau sup merah pasti ada pelengkapnya berupa cakwe udang kecil-kecil, tapi aku gak pakai ya. Gak punya udang dan kelamaan kalau bikin cakwe-nya hihihi. Kalau ini sih dasarnya emang pemalas ya.
Sup merah yang hangat, pas banget disajikan di saat musim hujan gini. Kalau aku suka makan pakai nasi trus digadoin lagi heheheh. Alhamdulillah adek suka banget, tapi kalau kakak Naira dari dulu kurang suka ama kuahnya, jadi diambilin aja isiannya ^_^




Bukan iklan yaaa...tapi ini saus tomat dan pasta tomat yang kupakai, yaitu Del Monte.

RUJAK KANGKUNG (IDFB #8)


Entry kedua-ku untuk event Indonesian Food Blogger (IDFB). Challenge yang ke-8 ini temanya adalah rujak. Uhuuy...siapa sih yang suka ama rujak. "Salad" asli Indonesia ini banyak sekali macamnya. Mulai dari yang memakai aneka buah-buahan segar, sayur mayur bahkan aneka bahan hewani, misalnya cingur dan juhi. Bumbu atau saus rujak juga beragam macamnya, mulai dari yang berbentuk kental sampai yang berkuah. Cita rasanya yang pedas dan segar banyak disukai.

Untuk IDFB challenge, saya membuat rujak kangkung. Konon rujak kangkung ini adalah khas dari daerah Kuningan di Jawa Barat. Bagi saya yang tinggal di Jawa Timur tentunya sudah familier sekali menyantap kangkung sebagai bahan rujak yang biasa ditemui di rujak cingur. Bedanya kalau rujak cingur memakai bumbu kacang dan petis, sedangkan rujak kangkung ini memakai bumbu gula merah, air asam jawa dan terasi. Seperti apa ya rasanya? Aiih....daripada penasaran maka saya niatkan membuat rujak kangkung sendiri.




Untuk resepnya saya adaptasi dari Femina dan saya tambahkan tauge rebus, irisan mentimun serta tahu goreng. Sensasi unik saya dapatkan ketika menyantapnya. Berikut ini resepnya


RUJAK KANGKUNG

Bahan :
2 ikat kangkung (pilih yang muda)
1 blok tahu putih yang sudah digoreng
1 mentimun iris tipis
2 genggam tauge
50 ml asam jawa
100 ml air hangat
5 cabe rawit
1 sdt terasi bakar
150 gr gula merah
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
- Petik daun kangkung, cuci bersih di bawah air yang mengalir. Rebus sebentar saja, asal kangkung menjadi lunak (jangan terlalu lama ya, bisa juga dengan cara dikukus). Sisihkan.
- Cuci bersih tauge dan rebus sebentar. Sisihkan
- Rendam asam jawa dengan air hangat, tekan-tekan menggunakan sendok agar sarinya keluar. Saring dan sisihkan,
- Haluskan cabe rawit dan garam, tambahkan terasi bakar dan gula merah. Uleg hingga halus.
- Tuangi air asam jawa, aduk rata. Tambahkan garam dan gula pasir bila perlu hingga didapatkan rasa yang pas.
- Tata kangkung, tauge, irisan mentimun dan tahu goreng di atas piring saji. Tuangi dengan bumbu di atasnya dan segera sajikan.


Rujak kangkung ini cenderung mudah berair, apalagi bila ditambahkan mentimun, jadi tuang bumbu sesaat sebelum disajikan ya. Pastikan juga jangan merebus kangkung terlalu lama, karena apabila kangkung terlalu matang dan lunak, rasanya akan cenderung eneg apabila disajikan menjadi rujak.




Monggo yang penasaran pengen tau sensasi unik rasa rujak kangkung, bisa dicoba di rumah. Sangat mudah membuatnya dan siapa tau menjadi salah satu rujak favorit ^_^


ups...terasi dan timunnya gak keliatan ya. Air asam jawanya malah lupa gak kefoto. Hadeeuh >.<

CREAM CHEESE MARBLE POUND CAKE (with COLD OVEN METHOD)


Tertarik dengan resep ini karena dalam pembuatannya memakai "cold oven method". Weew....I never heard of this method.  Apakah itu? Cold oven method berarti dalam proses pemanggangan, oven tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu. Penasaran juga pengen tau apa perbedaan membuat pound cake dengan cara pemanggangan seperti biasa (oven dipanaskan dahulu) dibanding dengan metode ini.
Resep asli pound cake ini kudapatkan dari Alice. Thanks ya Alice...akhirnya aku cobain juga resep ini.

CREAM CHEESE MARBLE POUND CAKE
source : Cake Keeper Cakes by Lauren Chattman

Bahan :
125 gr tepung terigu protein rendah
1 sdm coklat bubuk, ayak
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam (skip)
114 mentega tawar (aku pakai yang salted)
170 gr gula kastor (aku pakai 160 gr)
114 gr cream cheese suhu ruang (aku pakai 120 gr)
3 butir telur ukuran besar
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 22x10cm), oles dengan margarin dan taburi terigu. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder. Sisihkan
 - Kocok butter, cream cheese dan gula hingga lembut serta mengembang.
- Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok. Pastikan telur tercampur rata sebelum memasukkan telur selanjutnya, kemudian masukkan vanilla.
- Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer dengan speed rendah.
- Ambil 1/3 bagian adonan dan campur dengan coklat bubuk yang telah diayak. Aduk rata.
- Tuang adonan putih ke dalam loyang kemudian beri adonan coklat di atasnya.
- Buat motif marble dengan bantuan tusuk sate atau garpu.
- Masukkan loyang ke dalam oven dingin dan nyalakan ovennya. Panggang dengan suhu 170'C hingga matang (ovenku kurleb 35 menit, tergantung masing-masing oven ya).
- Angkat dari oven, biarkan hangat dan keluarkan dari loyang.





Cakenya memang padat seperti halnya pound cake, tapi ternyata lembuut dan tidak terlalu beremah lho. Ternyata dari hasil googling tentang metode ini, memang menghasilkan pound cake yang lebih lembut. Salah satu hasil testimoni, perbandingan dengan metode oven dipanaskan dan resep cold oven pound cake bisa dilihat disini. Sayangnya cake-ku berongga ya, hmmm...kayanya karena lupa menghentakkan loyang sesaat sebelum masuk oven deh.
Sekarang yang menjadi pertanyaanku, apakah semua resep pound cake cocok dengan menggunakan metode ini? Harus latihan lagii kalau gitu hihihihi ^_^

Denser and had less of crumbs :)

BLACK FOREST FOR CHEE



Black forest ini adalah orderan teman lamaku Mira Ming yang kebetulan lagi pulkam dan putrinya merayakan ulang tahun. Sedikit cerita ya mengenai Mira Ming hehehe...bukan gosip lho. Sebenarnya aku kenal Ming sejak SD lho...tuh jadul banget kan. Kami pertama ketemu saat porseni tingkat kecamatan. Kebetulan kami jadi wakil sekolah untuk olahraga bulutangkis dan Ming adalah lawanku di final. Hasilnya...Ming yang jadi juaranya dan maju ke tingkat kabupaten hihihihi. Ternyata kami satu SMP, tetangga kelas juga lho. Sering ketemuan lagi-lagi di eskul bulutangkis dan Ming tetaplah lawan yang sangat tangguh bagiku. Sekarang Ming tinggal di Singapura bersama keluarga kecilnya dan kami dipertemukan kembali oleh FB daan...sampai akhirnya dia pesen black forest ini untuk ulang tahun putrinya. Makasiih ya Ming...

Back to the cake ya. 3 Layer spongecake coklat ala Yongky yang lembut dengan filling blueberry dan buttercream spesial, serta tidak lupa diberi percikan simple syrup biar tetap lembuut. Dicover full buttercream dengan dekor coklat, red cherry dan sedikit bunga fondant. 
Agak melenceng dari classic black forest yang memakai vla dark cherry dan whipcream. Tadinya mau pakai whipcream, tapi takut meleleh karena kurang tahan di suhu ruang ya. Akhirnya tetap memakai buttercream. Request Ming, minta diberi tulisan happy birthday dengan nama anaknya yang lumayan panjang. Kupikir kalau ditulis memakai papan coklat, kayanya harus besar deh papannya dan bisa menutupi seluruh cake, secara aku juga gak bisa kalau nulis coklat dengan huruf yang imut :D Akhirnya dapat ide dimodel seperti ini aja tulisannya. Malah jadinya jelaas banget kan hihihi. Lha ya...tulisannya gede-gede amat.

Dapat kabar dari Ming kalau dia suka ama cake-nya yang cantik dan berkenan dengan rasanya. Langsung ludes dalam sekejab katanya. Alhamdulillah....senangnya.
Happy Birthday ya Chee...smoga tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar dan bisa menjadi kebanggaan keluarga. Aamiin. Thanks for ordering ya Ming ^_^



SUS FETTUCCINI


Haiii...lagi-lagi postingan telat (biasa deeh). Ini bikinnya juga udah minggu lalu dan teteup aja diposting seminggu sesudahnya hihihihi. Masih tentang sus, kali ini membuat sus dengan isian fettuccini. Sebenarnya ini asli pakai jurus ngawur tapi ternyata justru laris manis lho. Keluargaku bilang unik dan tetep yummy.

Biasanya kalau ada acara wedding reception, salah satu dessert yang bisa dijumpai adalah souffle. Tapi...yang biasa kutau, souffle-nya tidak seperti yang biasa kubuat atau yang ada di resep-resep. Souffle-nya diletakkan di pinggan tahan panas, yang sebagian besar sudah dipotong-potong daaan...kok adonannya seperti adonan sus ya. Biasanya berisi potongan daging atau ayam yang diolah sedemikian rupa. Enaak deh.

Berawal dari kesukaanku pada souffle "ala wedding reception" itu maka aku membuat sus yang coba kuberi isian. Untuk isiannya lagi-lagi menyesuaikan dengan yang ada di rumah hihihih. Gak punya ayam atau daging, adanya saus bolognese yang masih kusimpan di kulkas dan juga fettuccini. Ya wis diisi itu aja dan segera mengeksekusi.

SUS FETTUCCINI

Bahan :
125 gr margarin
200 ml air
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu (aku mix protein tinggi dan protein rendah)
4 butir telur ukuran sedang

Bahan isian :
100 gr fettuccini (rebus hingga al dente)
saus bolognese secukupnya ---> resep bisa dilihat disini ya
keju cheddar parut secukupnya 
(capur semua bahan menjadi satu)

Cara Membuat :
- Didihkan margarin, gula dan air, kemudian masukkan tepung terigu. Aduk-aduk hingga kalis.
Matikan api dan biarkan hangat.
- Masukkan telur satu per satu dan kocok hingga merata.
- Siapkan pinggan tahan panas atau bisa juga memakai loyang atau alufoil, olesi dengan margarin.
-Masukkan adonan ke dalam piping bag dan semprotkan di dasar pinggan.
- Panggang dalam oven hingga matang (gak perlu sampai kecoklatan ya), cukup hingga kokoh aja.
- Keluarkan dari oven, kemudian beri bahan isian, ratakan.
- Semprotkan lagi adonan sus hingga merata menutupi bahan isian.
- Panggang kembali suhu 190'C hingga matang dan berwarna kecoklatan.


Adonan di dasar pinggan.


fettuccini sebagai isiannya. Yummyy...


ditutup adonan dan diberi hiasan yang ngasaaal. whahahaha

Setelah sorenya dipotong dan dimakan rame-rame, Kakak Naira bilang kalau besok pagi mau sarapan dengan sus fettuccini. Waduuh padahal tinggal sedikit dan bundanya males kalau disuruh uprek di dapur lagi. Hahahah...lagu lamaa. Langsung deh diumpetin sus-nya dan besok paginya tinggal dihangatkan di microwave. Siap disantap deh. 



Enak juga disantap dengan saus sambal favorit. Kalau aku dimaem gini aja udah sukaa ^_^

BLACK FOREST IN MINI JAR



Taraaaa....black forest edisi imut niy. Judulnya maksa banget dan gaya hihihih, soalnya mau dikasih judul black forest imut kok ya gak pas. Mau dikasih judul black forest in jar, lhoo mana jar-nya kok cilik banget. Jadi dengan sedikit maksa , judulnya jadi black forest in mini jar hahahaha.

Ini kubuat beberapa hari yang lalu untuk cemilan anak-anakku dan juga teman-teman mainnya. Kebetulan masih ada sisa whipcream kocok, jadi harus segera diberdayakan. Untuk resep black forest-nya bisa memakai resep apa saja sesuai selera. Kali ini aku memakai resep black forest NCC yang dulu sudah pernah kuposting disini ya. Sengaja bikin yang versi kecil-kecil seperti ini, biar anak-anak gampang maemnya. Tinggal disendokin aja, beres deh, gak usah ribet potong-potong kue. Karena aku cuma punya mika kecil yang biasa dipakai untuk tiramisu, yaaa...dipake aja deh.



Adonan ini kutuang ke dalam loyang ukuran 30x30x3 cm dan dipotong bulat memakai bantuan fondant cutter. Maaf gak ada foto-fotonya ya, maklum ribeet ama anak-anak yang berebut pengen bantuin ^_^
Masing-masing mini jar terdiri dari 3 layer black forest cake, dengan filling selai blueberry dan whipcream kocok. Untuk topping dan dekornya suka-suka aja ya. Aku memakai dusting cherry kering, chocolate roll stick, coklat serut dan dusting coklat bubuk. Minimaliiis banget, benar-benar memakai yang ada di rumah .

Alhamdulillah anak-anak suka. Begitu juga dengan teman-teman mainnya. Anteng deh menikmati black forest imut ini. Sst...yang bikin juga suka lho. Yummy...



AMRIS....AMRIS....



Yakin deh kalau cemilan yang satu ini punya banyak banget penggemar. Yup...amris alias american risoles. Namanya gaya banget ya, pakai kata amerika segala xixixixi. Padahal ya...di Amrik sono gak ada lho cemilan yang namanya risoles, kecuali emang ada orang Indonesia yang bikin ya. Trus kenapa namanya jadi amris? Ya...karena isian risoles ini biasanya terdiri dari smoked beef, sosis, keju atau mayonaise yang notabene adalah makanan orang bule. Hehehehe. 

Duluuu banget pernah posting amris ekonomis, sekarang karena kebetulan punya smoked beef jadi aku bikin yang real amris ya. Untuk resep kulitnya tetap memakai resep andalan NCC, udah cocok banget ama resep  ini jadi terus dipakai sampai sekarang.

AMERICAN RISOLES (AMRIS)

Bahan Kulit :
100 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt garam
3 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega leleh
margarin untuk olesan

Bahan Isian :
smoked beef, belah 2
sosis, potong jadi 2
telur rebus, potong jadi 6 bagian
keju cheddar parut secukupnya
mayonaise secukupnya 
(pakai jagung manis enak juga lho)

Bahan Pelapis :
 3 telur kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
- Ayak tepung terigu dan taruh di dalam bowl bersama garam. Buat lubang di tengahnya dan pecahkan telur. Aduk satu arah hingga rata.
- Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan menjadi licin dan halus.
- Masukkan mentega leleh, aduk rata kembali.
- Tutup adonan dengan plastik atau serbet bersih dan diamkan selama 30 menit.
- Siapkan wajan dadar (aku pakai teflon aja), oles dengan margarin dan dadar tipis hingga adonan habis. 
- Ambil selembar kulit, tata bahan isian dan gulung dengan rapi. Lakukan hingga habis.
- Gulingkan amris ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kembali. Lakukan hingga habis.
- Masukkan amris yang sudah dipanir ke dalam chiller selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel sempurna (kalau mau langsung digoreng juga gak apa sih).
- Goreng amris dalam minyak yang panas dan banyak (deep frying) hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
- Siap dihidangkan dengan saus sambal favorit.




Untuk yang baru belajaran seperti aku, salah satu hal yang 'tricky' dalam pembuatan amris adalah proses penggorengan. Rontokan tepung panir yang tertinggal di dasar wajan bisa membuat amris yang akan digoreng di kloter selanjutnya menjadi jelek. Jadi usahakan membuang endapan tepung panir yang tertinggal di wajan ya. Atau bisa juga memakai 2 buah wajan. Jadi apabila sudah mulai terlihat endapan rontokan tepung panir, segera matikan api kemudian tuang minyak ke dalam wajan kedua dan buang endapan tepung panir. Selanjutnya mulai menggoreng dengan wajan yang kedua. Demikian seterusnya secara bergantian.

 Berikut ini aku kutipkan tips dan trik membuat risoles yang kuambil dari NCC ya. Dan tentunya tips dan trik ini tidak hanya berlaku untuk pembuatan amris aja ya, tapi untuk segala macam varian risoles

 Ada kalanya membuat risoles mengalami kejadian pecah ketika digoreng. Hal tersebut bisa disebabkan karena
1. Risoles terlalu lama digoreng
2. Risoles yang dingin (baru keluar dari kulkas), langsung bertemu suhu tinggi (langsung digoreng)

Untuk mengatasi hal tersebut, maka beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan adalah...
1. Pastikan isian risoles padat dan rapat. Demikian juga dengan proses penggulungannya harus rapat. Kalau aku memakai campuran terigu dan air sebagai perekatnya.
2. Setelah dipanir, masukkan chiller kurleb 1 jam
3. Jika risoles terlihat menggelembung saat digoreng, tusuk perlahan dengan tusuk sate untuk memberi ruang udara keluar. Maka risoles akan mengempis lagi.
4. Menggoreng risoles tidak perlu sampai berwarna coklat tua, cukup hingga kuning keemasan saja karena pada dasarnya risoles sudah ready to eat. Jadi menggoreng untuk mendapatkan tekstur crispy dan warna yang cantik. So...setelah terlihat kuning keemasan segera angkat ya.
5. Apabila risoles baru dikeluarkan dari freezer (risoles frozen), jangan langsung digoreng ya tapi dithawing dulu beberapa saat.






Mari...marii...bikin amris sendiri di rumah, siapa tau cocok dengan selera keluarga. Cocok juga dijadikan sebagai isian snack box. Amris ini baik yang sudah digoreng ataupun yang frozen sudah banyak menjadi andalan jualan bakul kue rumahan lho. Jadi kalau minat...just contact me yaaa *wink*. Pesan sponsor ceritanya...^_^



CARROT CAKE



Bayangkan....di sore hari yang mendung menikmati sepotong carrot cake dan secangkir teh camomile, apa yang terjadi? Kalau aku....sepotong cake gak akan cukup xixixixixi. Emang dasarnya lagi laper kali ya atau memang cuacanya mendukung untuk ngemil. 
Pengen banget bikin carrot cake dari jaman baheula, tapi baru kesampaian juga. Itu pun dibela-belain banget dengan semangat 45 (ngelantuur). Resep carrot cake-nya aku intip di Cake fever tapi aku hanya bikin 1/2 dari resep asli dan dimodif lagi sesuai seleraku. Here's the recipe yaaa

CARROT CAKE

Bahan :
3 butir telur
150 gr gula kastor (aku pakai 115gr gula kastor dan 35 gr gula palem)
1/4 sdt garam
130 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt soda kue
250 gr wortel parut halus (jangan diperas airnya ya)
1 sdt kayu manis bubuk
75 gr minyak sayur
segenggam kismis

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pakai loyang loaf), oles tipis margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
- Campur dan ayak bahan kering. Sisihkan.
- Kocok telur, garam dan gula hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan campuran bahan kering sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan mixer speed rendah.
- Matikan mixer, masukkan wortel parut dan kismis. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
- Masukkan minyak sayur, aduk balik perlahan hingga tercampur rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang suhu 180'C selama 30-45 menit. Lakukan tes tusuk ya.
- Angkat dari oven, biarkan hangat sebentar dan keluarkan dari loyang.

Cake-nya moist dan lembut. Aroma kayu manisnya yang harum bisa menutupi aroma langu wortelnya. Sayangnya aku kurang puas ya dengan warnanya. Terlalu coklat dan gak keliatan seperti carrot cake. Mungkin karena aku terlalu banyak menambahkan gula palem di dalamnya. Kalau soal rasa menurutku sudah pas dengan seleraku. Next time bikin lagi ya...



DECORATED VANILLA CAKE FOR BU TIN



Decorated vanilla cake ini dipesan oleh salah satu customer setiaku, jeung Ernik di hari milad ibundanya. Terhitung ini sudah 4 BDCK yang dipesan beliau untuk meramaikan ulang tahun keluarganya. Makasih ya jeung. Dekornya sesuai request Ernik sendiri, setelah melihat-lihat beberapa foto BDCK yang pernah kubuat. Seperti biasa dekornya tetap menggunakan pagar coklat dan dekorasi coklat lainnya karena anak-anaknya seneeng banget hihihihi.

Terdiri dari 3 layer vanilla cake ala Yongky yang lembut, dengan filling dan cover buttercream special. Tidak lupa di setiap layer diberi percikan simple syrup biar cakenya lebih lembuut lagi. Sst....niatnya mau nyobain spuit baru, tapi gagal karena customernya maunya memakai buttercream swirl hehehehe. Ya manut aja apa kata customer.





Eid Milad untuk bu Tin, Barakallahu. Semoga berkah karunia Allah selalu menyertai, diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin.
Jeung Ernik makasih orderannya ya...semoga barokah buat semuanya...

Special thanks untuk ayah yang rela nganterin kue ini malam-malam, setelah pulang futsal ^_^. Thank you dear...

DARI DAPUR NAYS #2

Beberapa foto orderan non cake dekor yang sempat terdokumentasi. Banyakan gak sempatnya sih hihihihi. Lagian kebanyakan masih seputaran browkus, masa harus foto browkus lagi..browkus lagi :D
Jazakillah sudah menjadi pelanggan Dapur Nays...semoga barokah buat semuanya. Terima kasih atas kepercayaannya, semoga kerjasama bisa berlanjut di lain hari.

So...just enjoy the pict yaa

Klappertaart coklat. Yummy...


Lemper ayam.


Macaroni schotel tuna.


Beef macaronie schotel. Eh...ini jualannya gak termasuk pyrex-nya ya hihihihi. Kalau gak mau pakai alufoil, bisa bawa pyrex sendiri atau dipinjemin deeh :P


Fruit pie. Buahnya bisa disesuaikan dengan budget ya :)


Puding coklat vla ala KFC.


Homemade pizza lagi. Anyone??


Selain orderan cake dan snack box, akhir tahun kemarin ada proyek super nekad yaitu pesanan masakan. Whuaaa....asli gak pede, karena selama ini ngerasa gak bisa masak T_T. Tapi karena terbujuk rayuan maut dan niat untuk belajar, Bismillah...dilakoni juga.
Berikut beberapa menu yang sempat difoto. Kebanyakan gak sempatnya juga, karena begitu matang seringnya langsung diantar. Maklum aja ya belum pengalaman bikin pesanan masakan, jadi belum bisa manage waktu dengan baik jadinya selalu selesai mepet-mepet waktu deh. Hihihihi. Harap makluuum


Ayam rica-rica


Rica Rodo

Pesmol mujaer


Semur telur ceplok.


Cap cay.

Selain masakan tersebut masih ada juga sambalado patin, ikan asap masak santan, ayam kremes, ikan goreng crispy. Sedangkan sayurnya ada gulai daun singkong, sayur asam, sayur bening bayam, tumis kangkung saus tiram dan juga urap-urap. Semuanya gak sempat difoto yaaa...hiiks.

Terima kasih ya untuk semua yang sudah berkenan order di dapurku. Apapun ordernya ini merupakan proses untuk belajar dan terus belajar yang masih kujalani. Semoga barokah untuk semua ya... Aamiin..

SIOMAY AYAM JAMUR



Postingan yang lagi-lagi telat dan kadaluarsa hehehehe. Karena sebenarnya siomay ini sudah dibikin minggu lalu, karena males edit-edit foto jadinya baru sekarang tayang di blog. Proses jepret-jepret siomay ayam jamur ini pernuh perjuangan lho. Gimana gak karena saat pegang kamera, saat kepala terasa pusing banget. Kayanya tensinya lagi turun deh ditambah masuk angin juga. Sebenarnya udah mau nyerah dan gak mau foto-foto, tapi karena melihat senyum adek yang setia menemani jadinya lanjuuut.....hihihihi. Setelah foto-foto, akhirnya nyerah dan langsung rebahan di kamar. Setelah istirahat baru inget kalau belum fotoin bumbu kacangnya dan juga penampilan siomay di piring. Keluar kamar....dan ternyata siomay-nya udah ludes. Hahahah....Alhamdulillah. Berarti laris manis kan walau gagal fotoin siomay di piring ^_^

Back to the siomay (kepanjangan curcol-nya euy >.<). Inspirasinya datang dari siomay jamur Pawonomah. Kumodif lagi sesuai selera dan tentu saja sesuai judulnya kutambahkan ayam. Mari di cheki-cheki resepnya yaaa...

SIOMAY AYAM JAMUR

Bahan :
250 gr jamur tiram, cuci di bawah air mengalir, peras satu persatu dan tiriskan.
100 gr fillet ayam
75 gr tepung terigu
175-200 gr tepung sagu tani
2 butir telur
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
2 batang daun bawang, iris tipis
merica, garam halus dan gula secukupnya
15 lembar kulit pangsit

Pelengkap :
kentang rebus
telur rebus
tahu putih yang diisi adonan siomay

Cara Membuat :
- Iris tipis jamur tiram. Haluskan dengan menggunakan chopper bersama dengan fillet ayam, bawang putih, bawang merah, merica, garam, gula dan 1 butir telur. Chopper hingga halus.
- Setelah halus pindahkan ke dalam bowl, tambahkan 1 butir telur kocok lepas. Aduk rata.
- Tambahkan tepung sagu tani dan tepung terigu secara bertahap. Aduk rata. (dikira-kira aja ya...kalau adonan sudah terlihat tidak encer, hentikan penambahan tepung)
- Tambahkan daun bawang, aduk rata.
- Siapkan selembar kulit pangsit, letakkan di wadah kecil (aku pakai cetakan cupcake, bisa juga pakai cetakan bolu kukus), oles tipis minyak. Masukkan adonan siomay ke dalam kulit pangsit. Lakukan hingga adonan habis.
- Kukus selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang.
- Angkat dan sisihkan.

Untuk membuat tahunya, siapkan tahu putih dan potong sesuai selera. Buat lubang kecil dan isi dengan adonan siomay. Kukus hingga matang dan siap dinikmati.


Naah...ini resep saus kacangnya ya. Hasil modif dari Pawonomah juga...thengkyuu mbak Nyit.

SAUS KACANG

Bahan :
200 gr kacang tanah, sangrai
7 siung bawang putih
2 buah cabe merah besar (bisa ditambah rawit kalau suka)
6 butir kemiri
2 sdm gula jawa
garam dan gula pasir secukupnya
2-3 gelas air matang (bisa ditambahkan kalau suka yang encer)
kecap manis dan jeruk limau sesuai selera

Cara Membuat :
- Goreng bawang putih, cabe besar dan kemiri hingga setengah matang, kemudian haluskan bersama kacang tanah.
- Tumis kacang dan bumbu yang sudah halus tersebut hingga harum.
- Tambahkan gula jawa, gula pasir, garam dan 1 gelas air matang. Aduk-aduk hingga adonan tersebut keluar minyaknya.
- Tambahkan sisa air, aduk terus hingga meletup-letup. Test rasa.
- Tambahkan kecap manis sesuai selera dan air jeruk limau jika suka.
- Siap disiramkan di atas siomay.






So...just enjoy the picts yaa. Yuk...bikin siomay homemade. Bahan-bahannya pasti berkualitas dan lebih puas maemnya ^_^