Tuesday, June 18, 2013

MARTABAK BOLU MINI



Martabak bolu ini pernah populer beberapa tahun yang lalu. Bunda Ricke yang mempopulerkan martabak bolu ini, waktu itu beliau membuat martabak bolu pandan. Walaupun resep beliau sudah lama sekali populer, tapi aku belum pernah mencobanya sekalipun hihihihi. Jadi ini adalah martabak bolu pertamaku ^_^

Biasanya aku membuat martabak manis baik yang memakai ragi ataupun tanpa ragi. Karena belum punya loyang martabak manis, jadi aku memakai wajan anti lengket untuk membuatnya. Jadi walaupun gak punya loyang martabak manis, bisa juga memakai yang lain ya. Lumayan sering juga membuat martabak manis, karena anak-anak suka sekali. Mereka juga bisa memilih topping sesuai selera dan menaburkannya sendiri. Kali ini aku membuat martabak bolu tidak memakai wajan anti lengket tapi memakai cetakan kue lumpur, jadi hasilnya memang mini-mini deh.

Tekstur martabak bolu ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan martabak manis biasa. Kalau martabak manis bertekstur kenyal dan legit, sedangkan martabak bolu teksturnya seperti bolu / cake. Ada pula yang mengatakan teksturnya mirip dengan pukis. Penasaran pengen mencoba? Yuuk kita bikin martabak bolu.
Resep asli dari Ricke bisa dilihat disini ya.




MARTABAK BOLU MINI

Bahan A :
100 gr tepung terigu serbaguna
25 gr gula pasir halus
150 ml santan, rebus dan biarkan hangat
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :
1 butir telur utuh
1 kuning telur
25 ml air 
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt pasta (optional)
1 sdm gula pasir  untuk taburan

Topping :
meises, keju cheddar parut atau sesuai selera

Cara Membuat :
- Campur tepung terigu dan gula pasir halus, aduk rata.
- Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai whisker hingga adonan licin dan lembut. Masukkan ragi instan, aduk rata.
- Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit.
- Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. Apabila memakai pasta, tuang ke dalam adonan sambil diaduk rata.
- Masukkan baking powder, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.
- Panaskan loyang martabak (aku memakai cetakan kue lumpur), tuang soda kue dan aduk rata. Segera tuang ke dalam cetakan. (Bila membuat versi mini, setelah adonan dituang, tekan perlahan bagian tengahnya dengan punggung sendok sayur agar tepiannya berkulit).
- Kecilkan api, tunggu hingga muncul gelembung-gelembung atau lubang-lubang yang cukup banyak.Tutup loyang / cetakan.
- Setelah permukaannya agak kering, taburi dengan gula pasir. Tutup lagi dan masak sebentar hingga gula agak mencair. Angkat.
- Panas-panas olesi dengan margarin dan beri topping sesuai selera.

Pasta yang digunakan sesuai selera ya, bisa memakai pasta pandan, pasta coklat atau pasta mocca. Atau bisa juga diskip penggunaan pasta, jadi rasanya plain aja. Tetap enak kok. Aku tadi hanya menambahkan pasta pandan pada 1/2 adonan terakhir.




Lembuuut, manisnya juga pas menurutku. Dimakan langsung tanpa topping juga udah enak kok (melas sih kalau ini hehehehe). Bikin pagi, sengaja disisakan 1 sampai malam, tetap lembut. Tau gini kenapa gak dari dulu-dulu ya nyobain bikin martabak bolu. 


4 comments:

arfi binsted said...

Waaaaa aku coba ya...thanks resepnya :)

Bunda Nina said...

mbak Arfi....senangnya kalau mbak Arfi berkenan mencobanya ^_^

Anonymous said...

Kalo pake happycall bs mbaa?

Bunda Nina said...

kalau pakai happy call ntar ada garis-garisnya ya mbak. Pakai teflon aja mbak