Wednesday, May 15, 2013

KACANG MEDE MANIS


Masih ada punya kacang mede sekitar 500 gr di lemari. Biasanya sih cuma digoreng aja jadi rasanya gurih, namun kali ini pengennya dibuat kacang mede madu yang manis. Karena lagi gak ada persediaan madu di rumah, jadinya harus putar haluan dulu ya. Dibikin aja kacang mede manis tapi tetap dengan tambahan daun jeruk. Haruuum aromanya.

Resep aslinya sebenarnya adalah kacang mede pedas manis yang pernah dibuat oleh Mbak Yulyan Parwati. Karena adek pasti gak doyan kalau pedas, jadi cabenya diskip aja ya. Kalau mau bikin yang pedas manis, cukup tambahkan cabe keriting di bumbu halusnya ya. Berikut resep Mbak Yulyan yang sudah dimodif sesuai selera. Thanks for sharing mbak Yulyan :)

KACANG MEDE MANIS

Bahan :
500 gr kacang mede goreng
125 gr gula pasir
100 ml air
100 gr bawang putih goreng
20 gr daun jeruk, buang tulang daunnya dan sobek-sobek
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
 - Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
- Tuang gula pasir dan air. Aduk-aduk hingga mengental dan berambut.
- Tambahkan kacang mede goreng, aduk rata hingga mulai mengering.
- Masukkan bawang putih goreng dan daun jeruk. Aduk terus hingga kering.
- Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Gunakan api kecil selama proses pemasakan.
- Sebelum kacang dimasukkan, pastikan bumbu sudah dalam keadaan berambut. Cirinya adalah di dalam bumbu yang dimasak keluar busa kecil yang cukup banyak dan bumbunya sudah cukup kental konsistensinya.
- Pastikan bumbu sudah kering betul sebelum dimasukkan toples. Kalau aku setelah api dimatikan, kacang mede diletakkan di loyang tipis yang sudah dialasi kertas roti.




Enak juga lho ternyata, rasanya tidak terlalu manis, karena jumlah gulanya sudah aku kurangi dari resep asal. Legitnya bercampur dengan aroma daun jeruk yang wangi. Bisa jadi salah satu alternatif pengolahan kacang mede ya, jadi nanti bisa digoreng dengan versi gurih dan manis.
Selamat mencoba ^_^

No comments: