PENYET IKAN PEDA



Menu penyetan lagiii. Ketauan banget kalau memang gak iso masak, andalannya menu penyetan hihihi. Menu penyetan memang jadi andalan banget terutama di saat keburu-buru waktu, di saat gak punya ide buat masak juga disaat lagi gak nafsu makan. Hmmm....dengan kata lain memang sering dibikin xixixixi. 

Kalau biasanya bikin tempe penyet, lele penyet ataupun ayam penyet, kali ini yang giliran kena penyet adalah ikan peda. Kebetulan tadi liat ikan peda di tukang sayur langganan, lansung aja dibeli. Sempat terpikir untuk dimasak mangut, tapi kok santan lagi santan lagi. Karena pengen masak sayur asem, jadi ikan pedanya dipenyet aja. Pokoknya menunya dicocok-cocokin aja deh. Untuk sambelnya, aku memakai sambel terasi dan ditambahkan lalapan seadanya. 




PENYET IKAN PEDA

Bahan :
200 gr ikan peda, potong sesuai selera
2 siung bawang putih yang dihaluskan
1/2 sdt garam
sedikit air
minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal Terasi :
3 butir bawang merah
3 cabe merah
5 cabe rawit (atau sesuai selera)
1 buah tomat
1/2 terasi goreng
garam dan gula pasir secukupnya
2 sdm minyak goreng

Pelengkap :
lalapan seadanya (kubis, daun kemangi, kacang panjang, timun dan tomat)

Cara Membuat :
- Campur bawang putih, sedikit air dan garam. Rendam ikan peda di dalamnya selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap.
- Panaskan minyak, goreng ikan peda hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bahan sambal kecuali garam dan gula. Tumis hingga layu. Angkat.
- Dalam cobek, haluskan bahan sambal yang telah ditumis, tambahkan garam dan gula.
- Letakkan ikan peda di atas sambal dan tekan / penyet perlahan.
- Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan.



Daaan....ini dia menuku. Nasi hangat, penyet ikan peda dan sayur asem. Eh ya kelupaan sebenarnya masih ada tahu goreng tapi kelupaan difoto xixixixi. 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »