PAO DE QUEIJO (BRAZILIAN CHEESE BREAD)



Finally kesampaian juga bikin Pão de queijo atau Brazilian Cheese Bread ini. Pertama kali tau dari event NCC Bread Week dan langsung penasaran pengen nyobain. Resep Pão de queijo sendiri diposting oleh Mbak Wati yang konon dapat resepnya dari milis NCC beberapa tahun yang lalu.

Seperti yang dikutip dari blog mbak Wati, kue kecil ini adalah panganan khas Brazil, tepatnya di daerah Minas Gerais.  Pão de queijo biasa disantap sebagai camilan atau sebagai roti untuk sarapan.  Pão de queijo sendiri bisa diartikan sebagai cheese bread atau cheese buns.
 Pão de queijo mempunyai keunikan yaitu metode pembuatannya yang mirip dengan sus atau choux pastry dan juga bahannya yang menggunakan tepung tapioka. Walau cara pembuatannya mirip dengan sus, tapi teksturnya sama sekali berbeda.  Pão de queijo ini lebih mirip dengan roti walau dalamnya juga kopong seperti halnya sus. Penggunaan tepung tapioka menghasilkan tektur yang kenyal atau cheewy di dalamnya namun tetap renyah di luar. Bagi yang memiliki gluten intolerence tentunya aman memakan roti karena tidak memakai tepung terigu.



PAO DE QUEIJO (BRAZILIAN CHEESE BREAD)

Bahan :
220 gr tepung tapioka
186 gr susu cair
70 gr butter
3 gr garam
2 butir telur (aku pakai 3 butir ukuran sedang)
95 gr keju parmesan parut (aku pakai 100 gr keju cheddar parut)

Cara Membuat :
- Didihkan susu, butter dan garam.
- Matikan api dan masukkan tepung tapioka. Aduk hingga rata dan kalis.
- Pindahkan adonan ke wadah lain yang lebih besar, tunggu hingga agak dingin.
- Kocok dengan mixer (pakai kocokan spiral ya). Masukkan telur dan keju parut sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata. (adonan lebih berat dan lengket dibanding adonan sus).
- Siapkan loyang kue kering yang sudah dialas tipis margarin. Tuang adonan dengan menggunakan scoop es krim, atau bisa juga dimasukkan plastik segitiga atau dengan dibentuk menggunakan tangan yang sudah dilumuri sedikit mentega. Apabila menggunakan scoop es krim, celupkan scoop terlebih dahulu ke dalam air matang.
- Panggang dengan suhu 180'C hingga matang dan mengembang kecoklatan.
- Angkat




Waaaw...ternyata rasanya enak lho. Kenyal di dalam namun tetap renyah di luarnya. Enak sekali dinikmati hangat-hangat. Pas keluar oven pas suamiku pulang. Panas-panas langsung diicipin dan satu kata sakti keluar. Enaaak...Alhamdulillah.
Walau tidak memakai keju parmesan, rasa kejunya tetap terasa. Hmmm...bisa dibayangkan kalau pakai parmesan pastinya bisa lebih enak lagi.




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »