BUAH NAGA

Suka makan buah? Apa buah favorit anda? Kalau buah favoritku salah satunya adalah buah naga (siapa juga yang nanya ya xixixi). Karena kebetulan lagi iseng, jadilah buah yang sehari-hari sering kumakan ini dapat giliran dijepret juga. Hasil jepretannya tentu aja masih begini-begini aja hehehehe...kapan naik kelasnya ya. Tapi setidaknya masih punya kemauan untuk berlatih. Kalau ini mah namanya membela diri ahaaay.
Karena punya foto buah naga, jadinya pengen juga cerita-cerita tentang buah naga dan manfaatnya. Ini juga hasil berguru dengan oom Google, oom Wikipedia dan teman-temannya heheheh.



Buah naga atau Dragon fruit merupakan buah dari tanaman sejenis kaktus yang konon berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga terdiri dari 4 jenis yaitu Hylocereus undatus (buahnya berwarna merah dengan daging putih), Hylocereus polyrhizuz (buahnya berwarna merah dengan daging buah merah), Hylocereus costaricensis (buah dengan warna yang sangat merah) dan Selenicereus megalanthus (buahnya berwarna kuning dengan daging buah putih). Di Indonesia sendiri yang cukup populer adalah buah naga dengan warna merah dan daging putih serta merah. 

Konon dulu buah naga ini dibawa oleh orang Prancis dari Guyana menuju Vietnam sebagai tanaman hias. Buahnya yang unik menjadikan tanaman ini dianggap sebagai tanaman yang membawa berkah sehingga buahnya selalu diletakkan di atas meja altar, diantara 2 patung naga berwarna hijau. Warna kulitnya yang merah cantik ini tentu saja terlihat mencolok diantara patung-patung naga yang berwarna hijau. Hal tersebut membuat buah ini disebut sebagai thang loy yang dalam bahasa Cina berarti  buah naga. Sehingga hingga saat ini dikenal sebagai dragon fruit. 

Buah naga dikenal memiliki banyak manfaat diantaranya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah naga juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh dan dapat memacu nafsu makan. Sedangkan vitamin B3 bisa untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan penyakit asma.  Selain itu buah naga dipercaya menjadi sumber antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas. Manfaat lainnya antara lain adalah dapat menurunkan kolesterol, sebagai penyeimbang gula darah.  

source :


Melihat manfaatnya yang begitu banyak, buah naga sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin. Rasanya juga enak dan segar lho. Bisa dinikmati dengan cara dijus ataupun dijadikan buah potong. Penampilan daging buah naga yang unik dan cantik, menjadikan buah ini sering dijadikan sebagai topping cake ataupun fruit pie.

Buah naga sekarang cukup mudah untuk dijumpai. Harganya pun semakin terjangkau apalagi bila dibandingkan dulu ketika pertama kali booming yang harganya mahaal banget. Kata mas-mas penjual buah dekat rumahku, buah naga dengan daging merah yang dia jual adalah buah lokal, sedangkan buah naga dengan daging putih adalah buah impor. Benar atau gak nya aku juga gak tau. Harga buah naga merah di tempatku sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang dagingnya putih.
Sebenarnya di rumah mama dan di kebun juga ada lho tanaman buah naga. Yang di rumah mama entah kenapa gak pernah jadi buahnya. Sedangkan yang di kebun, karena tanamannya menjalar-jalar sampai ke tembok luar, jadi bisa dipastikan setiap ada buahnya kita gak pernah makan alias udah amblas duluan >.<


Buah naga dengan daging yang berwarna merah



Fresh and healthy :)

Jadi...yuk kita konsumsi buah naga ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »