BOLU KUKUS GULA MERAH



Bolu kukus adalah salah satu jajanan favoritku, namun dibandingkan dengan bolu kukus biasa aku lebih memilih bolu kukus gula merah. Suka banget dengan aroma gula merahnya yang harum dan teksturnya yang empuk ini. Dulu suka takut kalau bikin bolu kukus, takutnya kalau gagal bolkusnya gak mau ketawa merekah dan malah mingkem hihihihi. Dulu pernah kuposting juga lho waktu bikin bolu kukus yang cuma mau senyum malu-malu :D Bisa diintip disini ya.

Beberapa hari yang lalu bikin bolu kukus gula merah dan tetap memakai resep Mamaku yang sudah pernah kuposting sebelumnya. Hanya kali ini aku konversi lagi memakai 500 gr tepung terigu dan sedikit dimodif. Untuk caranya juga aku memakai cara all in one yaitu semua bahan kecuali minyak goreng dikocok hingga mengembang dan kental.  Alhamdulillah hasilnya bisa merekah semua ^_^

BOLU KUKUS GULA MERAH

Bahan :
500 gr tepung terigu serbaguna
3 butir kuning telur
500 gr gula merah sisir halus
2 sdm gula pasir (atau tergantung selera manis)
2 gelas (400 ml) air
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1/2 sdt vanilli
1 gelas (200 ml) minyak goreng kualitas baik.

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
- Campurkan gula merah, gula pasir dan air. Didihkan hingga gula larut. Biarkan dingin dan saring.
- Campur dan ayak tepung terigu, soda kue dan baking powder.
- Kocok telur, campuran terigu dan larutan gula merah hingga mengembang dan kental.
- Tuang minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata dan tidak ada endapan minyak yang tertinggal.
- Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi paper case hingga penuh.
- Kukus selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan api besar.
- Angkat dari kukusan dan siap dinikmati.




Kunci pembuatan bolu kukus agar bisa merekah adalah, isi adonan hingga penuh dan masukkan adonan ketika kukusan dalam keadaan benar-benar panas. Gunakan api besar dan kukusan jangan diisi terlalu penuh ya. Insya Allah hasilnya bisa merekah cantik ^_^
Dari resep tersebut di atas, bisa jadi 33 pcs bolu kukus, tapi tergantung juga dengan ukuran cupcase yang dipakai ya.



Tuuh...bisa merekah semua kan. Maap banget fotonya terang banget hihihihi. Langsung maen jepret ajah >.<

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Anonymous
Monday, 18 May 2015 at 14:09:00 GMT+7 delete

Kalo minyak bisa diganti sama mentega cair apa tidak...
kalo bisa kira2 berapa ya takarannya
terimakasih

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:47:00 GMT+7 delete

bisa sih tapi untuk cake kukus, saya rekomen pakai minyak karena hasilnya lebih moist pakai minyak

Reply
avatar
Sunday, 27 November 2016 at 12:34:00 GMT+7 delete

mbak mau tanya itu waktu ngocok telurnya dicampur sm tepung atau telurnya dulu dikocok smp mengembang br tepung dll dimasukkan...

Reply
avatar