Tuesday, January 29, 2013

MINI ROLL CAKE WITH GREEN TEA



Masih fresh from my kitchen, masih ada juga tuh cake-nya di kulkas. Hihihi..tumbeen. Biasanya juga file numpuk-numpuk di kamera baru dipindah. >.<
Hari ini sebetulnya ngerasa kurang sehat, kena flu jadi bawaannya pengen merem aja. Nah....yang bikin heran biar kurang fit, tapi kok ya sempat-sempatnya pengen maem roll cake yang enak dan lembut. Sebenarnya sih beli juga bisa, tapi melihat telur yang duduk manis di kulkas kok rasanya risih juga euy, bawaannya pengen ngolah nih. Langsung deh pagi-pagi ngeluarin telur dari kulkas biar siangnya siap tempur di dapur.

Sengaja aku pakein green tea karena udah lama pengen banget bikin cake yang pake green tea. Aku pakai resep salah satu master baking di Surabaya, yaitu Mbak R. Yakin deh kalau resep-resep beliau selalu enaaak.

MINI ROLL CAKE WITH GREEN TEA

Bahan :
10 butir kuning telur
5 putih telur
185 gr gula kastor (aku pakai 170 gr)
1 sdm cake emulsifier
120 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
160 gr butter (aku mix butter dan margarin), lelehkan.
1 sdm matcha powder (green tea powder), larutkan dengan 2 sdm air matang

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu dan susu bubuk, sisihkan.
- Siapkan loyang (aku pakai 30x30x3 cm), oles margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Kocok telur dan gula hingga setengah mengembang.
- Masukkan cake emulsifier dan campuran terigu. Kocok hingga mengembang dan kental berjejak.
- Matikan mixer, tuang butter leleh perlahan-lahan. Aduk balik hingga rata.
- Ambil 1/3 bagian adonan, campur dengan green tea powder. Aduk rata.
- Tuang sebagian adonan putih di sisi loyang sebelah kiri sambil sedikit dimiringkan. Kemudian tuang adonan green tea dan tuang kembali sisa adonan putih di sebelahnya. (dalam satu loyang berselang-seling warna putih-hijau-putih).
- Sesaat sebelum dioven, hentakkan loyang di lantai atau meja, untuk mengeluarkan udara di dalam adonan. Oven selama kurang lebih 20 menit hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
- Keluarkan dari dalam loyang dan dinginkan.
- Bagi roll cake menjadi 2 bagian (dipotong pada bagian tengah yang berwarna hijau). Oles dengan selai atau buttercream, kemudian gulung sambil dipadatkan.
- Masukkan ke dalam kulkas, kemudian potong-potong sesuai selera.




Ada roll cake-nya yang cuil sedikit tuh...gara-gara kejatuhan reflektor abal-abal. Hiiks... Tapi soal rasa gak ngaruh kan ^_^
Karna menggunakan kuning telur yang banyak, gak heran kalau roll cake ini lembuuut banget. Mau lebih enak bisa pakai full butter. Kalau menurutku sih memakai mix butter dan margarin berkualitas sudah cukup enak kok. Aroma matcha atau green tea powder-nya sudah cukup terasa, tapi tidak terlalu pengaruh di rasa ya, cukup aroma aja. Mungkin juga kalah dengan selai yang aku pakai sebagai isian.



Kalau mau bikin yang versi besarnya, roll cake gak perlu dibagi 2 ya. Adonan hijau cukup dituang di sisi sebelah kanan loyang, jadi ketika digulung bisa tetap ada dibagian dalam. Untuk cara pengocokannya biasanya aku memakai cara all in one, kali ini pengen ngikut cara di resep asli. Hasilnya sama aja kok.



Happy Baking   ^_^




2 comments:

JUICY CAFE said...

As-salam dan salam kenal sis..
sungguh cantik ya kue ini..

Bunda Nina said...

Waalaikumsalam. Salam kenal ya dan terima kasih ^_^