SATE DAGING SAPI



Sajian hari raya Idul Adha nih....eh salah tepatnya setelah hari raya Idul Adha. Alhamdulillah bisa melalui hari raya dengan penuh kebahagiaan, berkumpul bersama keluarga dan teman. Uhuuy....asyik banget. Yang aku tunggu dari hari raya baik itu Idul Fitri ataupun Idul Adha adalah saat sholat Ied di lapangan. Dengan menggandeng tangan kedua putriku yang juga begitu bersemangat, kami sekeluarga termasuk Mama dan Papaku pergi ke lapangan. Hmmm....sebenarnya ada hal yang lain yang bikin Naira dan adeknya begitu bersemangat pergi sholat Ied. Siapa lagi kalau bukan tukang balon gas yang selalu setia menanti di bagian belakang barisan sholat wahahahah. Jadi memang kedua anakku beli balon gas setahun 2x ya...setiap lebaran :D Biasanya sesampai di lapangan sudah aku wanti-wanti kalau kita harus sholat dulu baru nanti beli balon. Alhasil begitu selesai sholat dan sedang khotbah, kedua anak itu sudah nagih janjinya...ayooo beli balon Bunda....hihihihihi. Setelah beli balon, brarti Bundanya bisa duduk manis mendengarkan khotbah dan mereka berlarian di tepi lapangan sambil menarik-narik balonnya. Indahnya dunia mereka...

Lhooo....kok malah ngelantur cerita soal balon ya >_<  Padahal niat awal kan memang cerita soal sate daging sapi yang kubuat beberapa hari setelah Idul Adha kemarin. Dulu waktu masih kuliah di Semarang, aku suka banget makan daging sapi di jalan Sriwijaya-Semarang. Ama siapa makannya....ya udah bisa ditebak lah. Kalau diceritain ntar malah kelupaan sharing resep sate sapi hihihihi.

Seperti biasa resepnya pakai jurus kira-kira dan cemplang cemplung aja. Buat yang pengen bikin...monggo resepnya ya. Aku bikin versi gak pedas biar anak-anakku yang suka balon itu bisa ikut makan juga.





SATE DAGING SAPI

Bahan :
350 gr daging sapi bagian has dalam (aku pukul-pukul biar empuk dan potong-potong)

Bahan Saus Perendam :
1 genggam kacang tanah, sangrai dan haluskan
kecap manis secukupnya (mungkin sekitar 50 ml ya, dikira-kira aja deh ^_^)
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar butiran
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jinten
2 cm lengkuas
cabe keriting (optional, sesuai selera)

Bahan Bumbu Kacang :
2 genggam kacang tanah sangrai dan haluskan
air panas secukupnya
kecap manis secukupnya
(kacang tanah halus dicampur bersama air panas, aduk rata dan tambahkan kecap, aduk rata kembali. Bisa juga dengan merebus kacang tanah halus dengan air hingga mendidih dan kental.) 

Pelengkap :
bawang merah iris
air jeruk nipis (optional)
bawang goreng
tomat potong kecil-kecil (skip)

Cara Membuat :
- Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, jinten, garam, merica, ketumbar dan gula. 
- Dalam suatu wadah yang besar, campurkan bumbu halus, kacang yang sudah dihaluskan dan kecap. Aduk rata. Masukkan potongan daging ke dalamnya, aduk dan biarkan hingga meresap (aku diamkan kurleb 1.5 jam di dalam lemari es)
- Setelah bumbu meresap, tusuk daging pada tusuk sate sambil dikepal-kepal. Lakukan hingga daging habis.
- Bakar hingga matang sambil dioles-oles sisa bumbu.
- Sajikan hangat bersama nasi putih atau lontong dan bumbu kacang.

Alhamdulillah....empuuuk dan benar-benar meresap bumbu satenya. Selain memakai bumbu kacang, sate ini enak juga dinikmati dengan bumbu kecap biasa. Cukup dengan kecap yang diaduk rata bersama irisan bawang merah dan cabe rawit buat yang suka pedas. 


Sesaat sebelum dibakar. Foto seadanya di dalam ruangan tanpa pencahayaan yang cukup, jadi difoto dengan memakai flash. Kalau tanpa flash gak keliatan satenya :P




Weits...Bundanya lagi asyik-asyik menarsiskan sate, tiba-tiba ada 2 tangan mungil yang dengan cepat ngambil satenya. Hahahaha...siapa lagi kalau bukan 2 gadis cilik yang suka beli balon di hari raya ^_^

Enjoy your day, have a fabulous day with your homemade meal. Happy cooking all...

BUBUR SUMSUM



Postingan iseng lagi ....dimaklumi yak, gini ini niy kalo pas kengangguran, bubur sumsum aja difoto wekekekeke. Maklum aja ya karna yang punya dapur memang hobby narsis. Kalau narsis foto-foto diri sendiri kan ya gak mungkin, kecentilan amat >_< Jadi ya yang narsis hasil dapurnya aja.

Bubur sumsum ini gampang banget dan pasti siapa pun bisa membuatnya. Kebetulan ada nangka matang dari kebun Mama, jadi bisa dimanfaatkan buat taburan buburnya. So yummy.... Resepnya pakai resep kira-kira aja ya.

BUBUR SUMSUM

Bahan :
200 gr tepung beras
600 ml santan
1/2 sdt garam

Bahan Saus Gula Merah :
200 gr gula merah, sisir halus
1 sdm gula pasir
1 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Larutkan tepung beras bersama sedikit santan, aduk rata.
- Masak sisa santan bersama garam hingga panas, larutan tepung beras. Aduk-aduk hingga mengental. Angkat.
- Rebus gula merah, gula pasir bersama daun pandan. Masak hingga gula larut. Angkat dan dinginkan.
- Sajikan bubur sumsum bersama saus gula merah dan nangka potong bila suka.

Disajikan hangat enak, disajikan dingin pun juga nikmat. 





CHEESE CHIFFON CAKE


Lamaa banget gak bikin chiffon cake, padahal ini adalah salah 1 cake favoritku. Suka dengan teksturnya yang lembut dan ringan, jadi walau makan berpotong-potong ya ayoo aja. Hmmm...kalau ini sih emang namanya doyan makan euy. Sebenarnya paling suka dengan pandan chiffon cake, tapi gara-gara melihat sisa keju di kulkas jadinya putar haluan bikin cheese chiffon cake. Tetap yummy kaan...

Untuk resepnya, aku memakai resep yang sudah cukup populer yaitu dari Seri Masak Femina - Primarasa. Aku modif sedikit di jumlah telur yang dipakai karena ukuran telur yang ada di rumah relatif lebih kecil..

CHEESE CHIFFON CAKE

Ingredients :
150 gr tepung terigu protein rendah, ayak
100 gr keju cheddar parut halus
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 gr gula kastor
100 ml minyak goreng kualitas baik
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @70 gr) ---> pakai 6 kuning telur
7 putih telur (dari telur @70 gr) ---> pakai 8 putih telur
1/2 sdt cream of tartar ---> pakai 1 sdt air jeruk nipis

Direction :
- Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm, bila ada gunakan loyang chiffon yang berkaki. Jangan olesi bagian dalam loyang dengan minyak atau margarin.
- Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan selama kurang lebih 10 menit, agar adonan tidak meluber keluar ketika dituang (karena dasar loyang yang kurang rapat).
- Campur tepung terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam dan 2 sdm gula kastor. Aduk rata. Buat lubang di tengah adonan dan tuang minyak goreng, susu serta kuning telur. Aduk dengan whisker hingga licin. Sisihkan.
- Kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang hingga berbusa, masukkan air jeruk nipis dan sisa gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga putih telur SOFT PEAK (apabila batang mixer diangkat akan membentuk ujung tumpul).
- Masukkan putih telur dalam beberapa tahap ke dalam adonan tepung, aduk balik perlahan hingga rata.
- Perciki bagian dalam loyang dengan air masak dan tuang adonan ke dalam loyang.
- Oven hingga matang (kurleb 50-75 menit tergantung oven masing-masing ya). Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Keluarkan dari oven, segera balikkan loyang hingga cake benar-benar dingin. (apabila tidak mempunyai loyang chiffon yang berkaki, bisa menyangga loyang dengan botol syrup).
- Setelah benar-benar dingin, keluarkan cake dari loyang dengan bantuan spatula atau pisau panjang.
- Potong-potong dan siap dihidangkan.




Rasanya memang tidak terlalu ngeju, tapi tetap yumeh bin nikmat. Teksturnya yang lembut, bikin nambah-nambah deh hahahaha..
Sebenarnya masih kurang puas karena permukaan cake masih ada yang retak, jadi....next time harus bikin lagi. Gak boleh kapok ya :D





Adonan terigu yang diaduk dengan whisker hingga licin.



Fresh from the oven, langsung balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang atau dengan menggunakan botol syrup ya.

HAVING FUN WITH POPCORN

Postingan iseng dan gak penting banget deh >.< 
Ceritanya waktu belanja ke supermarket, suamiku mengambil sebungkus jagung untuk popcorn. Pengennya bikin popcorn sendiri di rumah. Karena suka dengan popcorn yang gurih, maka untuk membuatnya cukup dengan memakai margarin saja. Hmmm....harum dan gurih banget..



Popcorn sendiri merupakan salah satu cemilan yang cukup populer di seluruh dunia. Pertama kali dibuat oleh penduduk asli benua Amerika berabad-abad yang lalu. Di Indonesia, popcorn dikenal juga dengan nama berondong jagung. Popcorn dibuat dari butiran jagung jenis khusus yang dipanaskan hingga meletup dan mengembang. Butiran jagung yang digunakan untuk membuat popcorn mempunyai bijian yang relatif kecil dengan bagian bertepung (floury) sepenuhnya tertutup oleh bagian keras. Dalam kelas klasifikasi tumbuhan dikenal sebagai Zea mays kelompok Saccharata. 
source : Wikipedia 

Ini dia penampakan jagung yang digunakan untuk membuat popcorn



Aku membuat popcorn dengan memakai multi pan. Praktis banget, tinggal panaskan pan, beri margarin dan biarkan meleleh kemudian masukkan jagungnya dan tutup. Begitu dibuka, taraaaa.....popcorn renyah sudah melambai-lambai...^_^


VANILLA ROLL CAKE



Roll cake ini memakai resep andalan Mamaku yang sudah berumur hampir 30 tahun. Aku ambil langsung dari buku resep milik Mama yang semuanya ditulis tangan. Banyak resep-resep oke di dalam buku itu, jadi walaupun bukunya sudah berwarna kecoklatan bahkan sebagian sudah ada yang rusak dimakan rayap, buku itu tetap aku simpan baik-baik. Kata Mama, resep roll cake ini sudah dipraktekkan Mama sejak kami masih tinggal di Semarang dahulu. Hmmm...sejak umur 5 tahun kami sudah pindah dari Semarang, jadi memang resep roll cake ini sudah berumur hampir 30 tahun kan hehehehe.

Seperti halnya cake yang memakai lebih banyak kuning telur, memakai sedikit terigu dalam resepnya, maka tekstur roll cake ini lembuut sekali. Walau hanya memakai margarin, rasanya tetap enak. Silahkan dimodifikasi sendiri menjadi roll cake pandan, mocca ataupun coklat. Tetap enak dan lembut. Kalau Mama biasa membuatnya dengan spongecake method, maka aku lebih suka membuat roll cake ini dengan all in one method. Lebih praktis dan hasilnya juga tetap lembut.

VANILLA ROLL CAKE

Bahan :
9 kuning telur
3 putih telur
90 gr gula kastor
30 gr tepung terigu protein rendah (atau bisa pakai protein sedang)
20 gr maizena
1 sdt cake emulsifier
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu L'Arome)
80 gr mentega, lelehkan

Filling :
selai, buttercream atau ganache

Cara Membuat :
- Siapkan loyang 30x30x4 cm, oles margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarine kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak terigu dan maizena.
- Dalam suatu wadah, campurkan kuning telur, putih telur, gula kastor, campuran terigu + maizena dan emulsifier. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata. Lanjutkan mengocok dengan mixer speed tinggi hingga adonan mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan vanilla, kocok rata. Matikan mixer.
- Masukkan mentega leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan dan hentakkan perlahan loyang ke lantai / meja untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di adonan.
- Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurleb 15 menit hingga permukaannya berkulit. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dan balikkan di atas kertas roti atau serbet bersih. Balikkan lagi di atas cooling rack hingga dingin (permukaan yang berkulit ada di atas).
- Setelah dingin, balikkan lagi di atas kertas roti, oles dengan selai atau filling sesuai selera. Gulung dan padatkan beserta kertas rotinya. Biarkan terbungkus kertas roti selama beberapa saat agar set (bisa dimasukkan kulkas)
- Buka perlahan kertas roti agar permukaan roll cake tetap mulus dan cantik. Potong-potong sesuai selera.


Note :
- Pengovenan roll cake (bolgul) hendaknya jangan lebih dari 20 menit, karena cake yang terlalu kering akan sulit digulung dan menjadi retak atau pecah.
- Kenali karakteristik oven karena pengovenan roll cake memang sedikit 'tricky' dibanding cake biasa. 
- Penambahan maizena dimaksudkan agar cake lebih lentur dan memudahkan untuk digulung.

Lembut dan moist banget. Mamaku senang sekali waktu aku bawakan roll cake ini. Alhamdulillah. Karena lembutnya, makan 2-3 potong serasa masih kurang lho. Ini sih memang karna lapar kali ya :D





Whuaaa...foto-fotonya gak ada yang bener ya kali ini, jelek semua T_T 
Memang sih selama ini juga belum bisa bikin foto yang oke, tapi kali ini lebih parah dari biasanya. Mungkin memang lagi gak mood pegang kamera ya. Udah malas juga mau jepret-jepret lagi, keburu habis juga roll cake-nya hahahaha. So...harap maklum ya...tukang jepret amatir yang masih belajaran niy ^_^

ZEBRA CAKE PUTIH TELUR



Edisi membongkar 'harta karun' di kulkas, akhirnya aku keluarkan sebagian stok putih telur yang masih duduk manis di freezer. Yup...putih telur yang disimpan di wadah tertutup rapat dan diletakkan di freezer konon bisa awet hingga setahun. Aku sendiri belum pernah sih menyimpan putih telur sampai sedemikian lamanya. Apabila putih telur disimpan dalam freezer pastikan untuk men-thawing terlebih dahulu sebelum diolah ya. 

Sebenarnya aku pengen banget bikin pavlova, tapi kok ya kebetulan gak ada stok buah sama sekali di rumah. Batal deh..dan kuputuskan untuk membuat cake kukus saja hihihi...jauh banget ya melencengnya :D Original recipe dari Tuti Fruity-nya Ny. Liem yang dimodif menjadi motif zebra dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang aku punya. Kali ini aku hanya memakai 300 ml putih telur dan memakai loyang bulat diameter 18 cm. 

ZEBRA CAKE PUTIH TELUR 

Bahan A :
300 ml putih telur
130 gr gula kastor (bisa ditambah bila ingin lebih manis)
1/4 sdt garam
1 sdt cake emulsifier
1/2 sdt vanilla

Bahan B :
150 gr tepung terigu serbaguna 
1/2 sdt baking powder

Bahan C :
40 gr margarin, lelehkan
1 sdt essens coffenoir (aslinya pakai almond essence)

Bahan D :
Pasta black forest / pasta coklat secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan, siapkan loyang bulat 18 cm, oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles margarin  kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, sisihkan.
- Bahan A : kocok putih telur hingga mengembang, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dimixer. Masukkan garam, emulsifier dan vanilla bubuk. Kocok hingga mengembang dan kental.
- Masukkan bahan B sedikit demi sedikit, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata (bisa juga dengan mixer speed rendah)
- Tuang bahan C, aduk balik perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, beri salah satu bagian pasta black forest / pasta coklat, aduk rata.
- Dengan menggunakan sendok sayur, tuang adonan di tengah loyang. Tuang adonan putih berselang seling dengan adonan coklat. Lakukan hingga adonan habis.
- Kukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang (tutup kukusan dibungkus serbet bersih ya).
- Angkat dan dinginkan.




Menurutku rasa manisnya sudah pas dengan selera keluargaku yang memang kurang suka cake yang terlalu manis. Apabila suka dengan cake yang manis, takaran gula bisa ditambahi sendiri ya. 
Naira suka sekali melihat cake ini, suka juga makannya dan tak lupa request..."Bunda besok bikin zebra pink ya" ^_^
Yang lebih aneh ya Adek, ketika cake ini dibuat dia sedang tidur siang. Ketika makan sore dengan menu soto daging, baru dia tau kalau ada cake ini di meja. Akhirnya....adek makan nasi soto daging berselang seling dengan makan cake zebra. Alamaaak >.<



Finally....PINEAPPLE UPSIDE DOWN CAKE



Akhirnya kesampaian juga bikin pineapple upside down cake. Bulan lalu cake ini jadi cake yang paling banyak dibuat di LBT challenge #17. Aku kebetulan membuat Triple Upside Down Cake yang memakai strawberry dan oreo sebagai toppingnya serta butter cheese cake sebagai base cake-nya. Yang pasti penasaran donk dengan pineapple upside down cake ini, karena memang ini yang paling populer. Beli nanas kalengan sih udah lama banget, tapi memang karena suka kumat malesnya jadinya gak bikin-bikin deh (lagu lama euy). Karena kemarin nanas kalengan dibuka untuk membuat wingko nanas, jadi gak ada alasan lagi untuk menunda bikin cake yang bikin penasaran ini hihihih.

Untuk base cake-nya aku memakai resep buttercake dasar 8 telur NCC. Aku hanya membuat 1/2 resep untuk loyang 20 cm dan sedikit aku modif bahan-bahannya. 

PINEAPPLE UPSIDE DOWN CAKE

Bahan :
4 kuning telur
3 putih telur
120 gr gula kastor
125 gr margarin (aku mix butter dan margarin)
100 gr tepung terigu serbaguna
10 gr maizena
15 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt vanilla
75 gr nanas kaleng, potong dadu kecil

Topping :
nanas kaleng secukupnya (bisa pakai nanas segar yang dipotong sesuai selera)
red cherry secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan loyang bulat 20cm, oles margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti dan oles margarin.
- Tata nanas dan red cherry di dasar loyang, sisihkan.
-  Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan.
- Kocok margarin dan gula kastor hingga berwarna pucat dan lembut. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan campuran tepung sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah, hingga tercampur rata. (bisa juga diaduk memakai spatula). Masukkan nanas yang dipotong dadu, aduk rata.
- Di wadah lain, kocok putih telur hingga kaku. Ambil 1/3 adonan kuning telur, masukkan ke dalam kocokan putih telur, aduk balik hingga rata (teknik pancing), kemudian masukkan lagi ke dalam adonan kuning telur. Aduk balik hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang dan oven 180'C hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dari oven, dinginkan sebentar dan balikkan.

Taraaa...akhirnya jadi juga pineapple upside down cake-nya. Walaupun padat seperti buttercake pada umumnya, tapi lembuuut. Pada dasarnya aku memang kurang menyukai buttercake yang biasanya padat dan beremah. Jadi bila membuat buttercake, aku lebih menyukai yang pengocokan putih dan kuning telurnya dipisah. Lebih lembut jadinya.

Pada beberapa resep pineapple upside down cake, biasanya juga memakai karamel yang dicampurkan pada nanas-nya. Ada juga yang mencampur nanas dengan margarin dan gula palem. Karena kurang menyukai cake yang terlalu manis, maka aku hanya memakai nanas saja dan itu sudah cukup merubah rasa dari buttercake ini. Harum aroma nanas-nya cukup terasa. Apabila nanas yang dipakai memakai karamel, maka penampilan cake-nya akan menjadi lebih eksotis loh. Warnanya nanasnya menjadi kecoklatan. Cantik deh. 

Seperti halnya upside down cake yang lainnya, cake ini jangan dibuat terlalu tinggi ya. Adonan yang tinggi akan membutuhkan waktu pemanggangan yang lebih lama. Apabila pemanggangan terlalu lama, bisa mengakibatkan topping yang ada di bawah menjadi tidak cantik lagi. CMIIW.




Sekarang....saatnya untuk memotong cake-nya. Anyone?? ^_^


PUDING TAPE KETAN HITAM



Gak ada angin gak ada hujan...tiba-tiba pengen banget makan puding tape ketan. Yaa iya lah..puding tape ketan kan enak banget dinikmati dingin-dingin di siang hari yang terik :D Akhirnya dibelain deh pergi ke supermarket untuk beli tape ketan. Akhirnya aku beli tape ketan hitam aja. Untuk resep pudingnya aku tetap memakai resep yang sama dengan puding tape ketan hijau. Soalnya memang itu resep yang paling praktis dan gampang sih heheheh (ketauan banget kalau malas bikin yang ribet).

Resepnya aku tuliskan lagi disini ya. Kali-kali aja ada yang pengen bikin juga ^_^

PUDING TAPE KETAN HITAM

Bahan :
1 bungkus agar-agar plain
5-6 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
200 gr tape ketan hitam
750 ml santan + 50 ml air tape ketan
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Campur agar-agar bubuk dengan gula, aduk rata. Tuang santan dan masukkan daun pandan.
- Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih. 
- Masukkan tape ketan hitam, aduk hingga rata sebentar saja. Matikan api.
- Tuang larutan agar-agar ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air.
- Dinginkan hingga set, potong-potong sesuai selera.

Testimoninya cuma 1 kata aja....segeeer....Penampilannya memang kalah menarik dibanding puding tape ketan hijau (apalagi ama puding pelangi), tapi rasanya enaaak. 
Untuk yang senang dengan tape ketan, monggo dicobain ya. Gampang dan yang pasti anti gagal :)





WINGKO NANAS (LBT#18)



LBT#18 challenge....temanya adalah Wingko. Uhuuy...seneng banget deh. Alasan pertama karena memang suka banget makan wingko dan lumayan sering juga bikin wingko sendiri. Alasan kedua...dengan adanya challenge ini jadi bisa berkreasi dengan wingko. Selama ini selalu memakai resep andalan yang kudapatkan dari Mamaku. Resep wingko ala Mama dulu sudah pernah kuposting disini ya.

Selama ini kalau membuat wingko sendiri, selalu memakai santan. Jadi untuk LBT#18 ini aku ingin membuat wingko yang tanpa penggunaan santan namun memakai margarin yang dilelehkan. Dari hasil BBM dengan Mbakku yang baik hati dan rajin menabung yaitu Mbak Fifi Fitriyanto, akhirnya dapat resep kuno wingko milik Umi-nya mbak Fifi. Kebetulan masih ada sisa nanas kalengan, jadi aku campurkan ke dalam adonan wingko. Dan...jadilah Wingko Nanas *wink*

WINGKO NANAS

Bahan :

200 gr tepung ketan
1 butir kelapa ---> kupas dan parut (kurleb 400 gr)
180 gr gula pasir (bisa ditambah hingga 200 gr bila suka manis)
1/4 sdt garam
1 butir telur kocok lepas
50 gr margarin ---> lelehkan
100 gr nanas, potong dadu kecil

Olesan :
1 kuning telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Campurkan tepung ketan, gula pasir, kelapa parut dan garam. Aduk rata.
- Masukkan telur kocok dan margarin leleh, aduk rata.
- Masukkan nanas potong, aduk rata.
- Siapkan loyang 22x22 cm, oles margarin dan alasi dengan daun pisang, tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
- Oven dengan suhu 170'C hingga matang. Oles kuning telur dan oven lagi hingga coklat keemasan (kurleb 5-10 menit)
- Angkat dan dinginkan
- Jika memakai teflon, panaskan teflon, oles tipis margarin dan tuang adonan, ratakan. Masak hingga kecoklatan dan balik. Masak hingga matang.





Tepung ketan, kelapa parut, garam dan gula yang dicampur rata.



Telur, margarin leleh dan nanas yang dipotong dadu, dicampur hingga rata.


Ternyata enak banget lho...trust me it's recomended to try, terutama buat penggemar wingko ya. Thanks LBT utk tantangan bulan ini. Luv it..^_^

LUKY'S BLACK FOREST CAKE



Actually...aku lebih sreg menyebut cake ini sebagai spongecake coklat yang didekor ala black forest ^_^ Mengapa demikian? Karena bagiku black forest seharusnya memang memakai filling dark cherry dan whipcream. Covernya juga memakai whipcream dengan topping khas memakai red cherry dan coklat serut. CMIIW yaaa...

Cake ini adalah orderan teman lamaku Ernik untuk milad suaminya yang kebetulan juga teman lamaku heheheh. Dekornya dipilih sendiri oleh Ernik dengan melihat contoh gambar black forest yang pernah kubuat. Tadinya aku sempat protes juga sih, kan yang ultah suaminya kenapa juga minta ada pagar coklat warna pink hihihihi. Tapi karena tetap request ada pagar coklat warna pink, ya harus tetap dibuat sesuai permintaan customer. Selain itu beliau juga minta kalau fillingnya diganti dengan coklat dan bukan dengan dark cherry plus whipcream.

So this is it...3 layers soft and moist chocolate spongecake, filling chocolate ganache, all covered with whipcream, topping red cherries dan chocolate.




Cake ini aku antar pagi-pagi karena akan dijadikan surpraise untuk ulang tahun Luky suaminya. Alhamdulillah dapat kabar dari Ernik kalau dia suka dengan black forest-nya dan berniat pesan lagi untuk ultah putrinya ^_^  Senangnyaaa....
Matur nuwun orderannya ya bu. Eid Milad untuk Pak Luky...Barakallahu..semoga senantiasa diberikan kebahagiaan dan kesehatan. Aamiin..



SAPO TAHU


Masih ada sisa egg tofu di kulkas, maka yang langsung terbersit adalah mengolahnya menjadi sapo tahu. Kebetulan pula menu ini cukup simpel dan cepat pengolahannya. Gak perlu uleg menguleng, cukup dengan iris-iris saja. So...tunggu apa lagi, mari kita 'perang dapur' ^_^
Resepnya aku adaptasi dari Tabloid Saji, tentu saja dimodifikasi lagi agar sesuai dengan selera keluarga dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. 

SAPO TAHU

Bahan :
100 gr fillet dada ayam, potong kotak
1/2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1 blok tahu putih, potong kotak 
1 buah egg tofu, dipotong kurleb 1 cm, goreng hingga berkulit
2 buah wortel, iris tipis
1 ikat brokoli, potong per kuntum dan belah
1 genggam jamur kuping, siram dengan air panas (bisa juga pakai jamur kancing)
10 buah telur puyuh rebus
100 gr udang, buang kulit, kepala dan kakinya
1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica hitam
1/2 sdt minyak wijen
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, potong-potong
300 ml air
1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam, sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ayam dan udang. Aduk hingga berubah warna.
- Masukkan wortel, masak hingga setengah matang. Masukkan jamur kuping dan telur puyuh, aduk rata.
- Masukkan brokoli, tahu dan egg tofu, aduk perlahan hingga rata.
- Tambahkan saus tiram, kecap ikan, garam, merica hitam dan gula pasir. Aduk rata.
- Tuang air, masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Test rasa.
- Masukkan minyak wijen dan daun bawang, aduk rata.
- Angkat dan siap disajikan.



Happy cooking and enjoy your homemade meal ^_^





BOLU GULUNG PANDAN



Nge-roll lagi?? Yuuk ah, anggap aja latihan biar lebih rapi kalau bikin roll cake. Masih memakai resep yang sama yaitu resep bolu gulung ekonomis, cuma kali ini memakai pasta pandan. Untuk fillingnya juga beda, kali ini memakai buttercream dan taburan keju cheddar parut. Sukaa banget dengan harumnya aroma pandan. Sengaja bikin yang pandan untuk Mamaku karena beliau memang suka dengan cake pandan. 

Resepnya aku tulis ulang disini yaaa...

BOLU GULUNG PANDAN
source : Ricke Indriani

Bahan :
6 butir telur utuh (gunakan telur yang masih fresh)
90 gr gula kastor
1 sdm emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
70 gr tepung terigu protein sedang
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla essence (aku pakai vanilla susu L'Arome)
1-2 sdm pasta pandan
125 gr mentega, lelehkan dan dinginkan (aku mix Wisjman dan Blueband)

Filling :
Buttercream + keju cheddar parut
(mau pakai selai juga oke)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (30x30x4 cm atau 2 buah 22x22x4 cm). Olesi dasarnya dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
- Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair dan kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (all in one method)
- Masukkan mentega cair dan pasta pandan, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga merata dan homogen. Pastikan tidak ada lagi endapan mentega cair yang tertinggal.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api besar (190-200'C) selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven) sampai matang dan permukaannya berkulit kecoklatan serta cukup kering bila disentuh.
- Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
- Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.




Alhamdulillah....saat pengovenan dan menggulung tidak ada halangan, sehingga hasilnya sudah lumayan menurutku, walau masih jauh dari kata rapi dan cantik. Practice makes perfect, right? Dapat masukan dari Bunda Ricke, kalau gulungan terakhir hendaknya diletakkan disamping sehingga hasil gulungannya bisa lebih rapi. I'll do my best Bund ^_^

Sebenarnya pengen banget sharing step by step penggulungannya, tapi apa daya gak ada yang jepretin hihihi. Jadi...sementara bisa lihat di youtube aja dulu ya, salah satunya silahkan bisa klik disini
Happy Baking...




SALAD BUAH



Nge-salad buah siang-siang kayanya asyik yak, apalagi kalau saladnya udah ngadem di kulkas...whuiih segeer. Tinggal memberdayakan buah-buahan yang ada, potong-potong, siram mayonaise dan kasih serutan cheddar cheese yang banyak. So heavenly for me.

Buahnya bisa memakai buah favorit apa aja ya, asal jangan pakai durian yak. Byuuh masa durian dibuat salad hihihihi. Kali ini aku memakai semangka, apel fuji, dragon fruit alias buah naga, anggur dan jagung manis pipil yang direbus dulu. Sebagai pelengkap aku tambahkan jelly yang dipotong kotak-kotak kecil (aku pakai nutrijell) dan juga selada. Buah lain yang juga enak dijadikan salad antara lain adalah melon, belimbing, kiwi atau apapun sesuai selera. Kalau suka bisa ditambahkan juga kentang kukus. Tambah yummy...




Untuk dressingnya aku hanya memakai mayonaise siap pakai yang bisa dengan mudah dijumpai di supermarket. Mayonaise ini aku mix dengan susu kental manis. Komposisinya lagi-lagi sesuai selera ajah ya. Kalau aku suka memakai perbandingan mayonaise : SKM 2:1. Kalau suamiku malah lebih suka full mayonaise aja. Lebih mantap lagi kalau atasnya diberi taburan keju cheddar yang melimpah...hmmmm...



IKAN BAKAR



Aku suka banget segala macam olahan ikan, mulai dari digoreng, dibakar, dimasak santan ataupun juga dimasak bening. Asalkan ikannya tidak mempunyai duri-duri halus yang menyusahkan, pasti lahap deh makan pakai ikan *emang pemakan segala ceritanya*.

Hari ini putriku request minta dimasakin sayur asem (again and again and again). Untuk lauknya bosan juga ya kalau lagi-lagi olahan ayam, jadi kuputuskan untuk membuat ikan bakar aja. Ikan bakar yang kubuat ini, simpel banget bumbu-bumbunya, tapi cukup sedap dan bisa merasuk ke dalam daging ikannya. Sengaja kubuat bumbu kecap yang tidak terlalu pedas biar Naira juga bisa ikut makan. Ntar pedas yang heboh bisa didapat dari sambel kecapnya. Bisa memakai jenis ikan apa aja, yang berdaging banyak dan tidak memiliki duri-duri halus (biar gak ribet kan makannya). Misalnya bisa memakai ikan gurame, dorang, bawal atau mujaer. 

IKAN BAKAR (BUMBU KECAP)

Bahan :
1 ekor ikan ukuran sedang (aku pakai gurame)
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
3-4 sdm kecap manis
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cabe merah besar 
1 sdm ketumbar
2 cm jahe
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
- Kucuri ikan dengan air jeruk nipis, beri garam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat dan tambahkan kecap manis. Aduk rata.
- Oleskan ikan dengan bumbu hingga merata. Diamkan lagi kurleb 30 menit (aku tadi sampai 60 menit ^_^) di dalam kulkas.
- Bakar ikan sambil dioles sisa bumbu hingga matang merata.
- Angkat dan siap disajikan.

Untuk sambal kecapnya juga cukup simpel, aku memakai bahan-bahan sebagai berikut :
- kecap manis
- tomat, dibuang biji dan dipotong dadu kecil
- cabe merah, iris-iris
- cabe rawit, iris-iris
- bawang merah, iris tipis
- kecap manis

Takarannya disesuaikan aja dengan kebutuhan ya. Bagiku sudah cukup pedas dengan memakai 4 cabe rawit dan 1 cabe merah. Monggo ditambahi lagi buat pecinta pedas. Dinikmati dengan nasi hangat....mantap beneran deh.




BROWNIES CAPPUCINO



Finally bikin juga brownies cappucino yang sebenarnya udah lama jadi waiting list resep yang harus dicobain (haiyaaa kok ya pake waiting list segala >,<).  Sebenarnya aku adalah penggemar kopi terutama cappucino, dan tentunya suka dengan segala sesuatu yang berbau cappucino. Karena alasan kesehatan, maka sekarang sudah mulai mengurangi konsumsi kopi. Bukan berarti stop sama sekali, baru bisa sampai taraf mengurangi ^_^

Beberapa waktu yang lalu Mbak Hesti posting brownies cappucino, haaa...langsung deh kenangan lama bangkit kembali.  Ingat kalau resep ini belum dicobain karena selama ini selalu saja SFB yang aku buat. Dibelain malam-malam bikin browniesnya biar bisa dinikmati saat sarapan. Paling suka dengan brownies yang sudah menginap semalaman, karena menurutku rasanya akan lebih enak . Resep tetap aku lihat dari blog Mbak Hesti dan aku modif sedikit aja. Thanks for sharing ya Mbak :)




BROWNIES CAPPUCINO

Bahan :
200 gr butter (aku mix unsalted butter dan margarin)
200 gr dark cooking chocolate
2 bungkus cappucino instan (resep asli 1 1/2 bungkus)
4 butir telur
230 gr gula kastor (aslinya 250 gr gula pasir)
1/2 sdt vanila bubuk
170 gr tepung terigu serbaguna
30 gr coklat bubuk
50 gr almond sangrai

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku memakai uk 22x22x4 cm), oles dengan margarin, alasi kertas roti dengan melebihkan kertas roti pada ke-4 sisi loyang, oles margarin. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Lelehkan butter bersama dark cooking chocolate dengan api kecil. Aduk rata hingga meleleh seluruhnya, tambahkan cappucino, aduk rata. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan vanilla bubuk, tidak usah sampai mengembang, asalkan gula larut saja.
- Masukkan campuran butter dan coklat leleh, aduk rata.
- Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang, taburi seluruh permukaannya dengan almond sangrai.
- Panggang dalam oven 180'C selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
- Angkat dan dinginkan. Keluarkan dari loyang dengan cara menarik kertas rotinya kemudian dinginkan di cooling rack.

Almond atau kenari sangrai bisa dimasukkan ke dalam adonan, tapi karena anak-anakku tidak terlalu suka dengan almond maka aku jadikan taburan aja. Tekstur brownies cappucino ini moist dan lembab tapi kering di bagian luarnya.  Mirip dengan Super Fudgy Brownies.
Walaupun sudah memakai 2 bungkus cappucino, tapi kok bagiku masih kurang kerasa ya aroma cappucino-nya. Kalah dengan coklatnya. Tapi ada juga teman yang juga ikut makan, dia bilang sudah kerasa aroma cappucinonya.


Permukaan 'shiny crust' khas brownies panggang.

Coffee lovers...just try this recipe in your kitchen, right. Happy baking ^_^






UDANG CRISPY



My simple menu today....salah satunya adalah udang crispy. Cukup mudah dan cepat pembuatannya, jadi sesuai lah denganku yang selalu sok sibuk ini *wink*. Dulu sering banget mencoba berbagai resep udang crispy, mulai dari resep yang memakai tepung beras, tepung terigu atau bahkan dicampur dengan maizena dan baking powder. Macam-macam lah. Sampai akhirnya aku mencoba resep yang satu ini, dimodif lagi hingga sesuai selera keluarga dan akhirnya dipakai terus sampai sekarang. Mohon maaf karena udah lama banget, jadi lupa sumbernya darimana. 

Resep ini selalu aku pakai bila membuat udang atau cumi goreng tepung. Suka banget dengan hasilnya yang crispy dan juga gurih. Bagiku tetap berlaku rumus say No to MSG dan juga kaldu bubuk siap pakai. Tetap enak kok, tinggal kita sesuaikan dengan selera keluarga aja. Untuk yang ingin mencoba, check the recipe ya...

UDANG CRISPY

Bahan :
500 gr udang kupas (bila suka bisa diikutkan kulit dan kepalanya)
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak goreng

Bahan Pelapis :
 2 putih telur, tambahkan sedikit air ---> kocok lepas
3 sdm munjung tepung terigu + 1/2 sdt garam + 1/4 sdt lada bubuk ---> aduk rata
tepung roti secukupnya

Cara Membuat :
- Bersihkan udang, beri air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Aduk rata dan simpan kurleb 30 menit dalam lemari es.
- Siapkan 3 buah wadah, masing-masing untuk tepung terigu, putih telur dan tepung roti.
- Keluarkan udang dari dalam lemari es, gulingkan ke dalam tepung terigu hingga tertutup rata, celupkan ke dalam putih telur dan terakhir gulingkan ke dalam tepung panir hingga tertutup rata. Bila menginginkan lapisan tepung yang lebih tebal, proses ini bisa diulang hingga 2x.
- Panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak, goreng udang dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan, siap dihidangkan hangat.


Sukaaa banget dinikmati hangat, fresh dari wajan trus dicocol saus sambal favorit dan saus mayonaise. Digadoin enak...dimakan pakai nasi juga cocok-cocok ajah, yang jelas tetap kriuk-kriuk ^_^



COLENAK



Ini dia colenak ala dapurku, gak mirip ya dengan versi aslinya? Maafkan ya teman-teman yang berasal dari Bandung kalo gak mirip ^_^  Tapi beneran deh, aku sukaa banget ama colenak ini. Colenak adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Bandung. Terbuat dari tape singkong (peuyeum) yang dibakar dan disajikan bersama saus gula merah dan parutan kelapa. Aroma bakar dari tape singkong ini enak sekali, apalagi kalau yang dibakar agak-agak gosong gitu. Konon makanan khas ini mulai langka lho penjualnya. Kalau di daerahku sih emang gak ada yang jual :D

Cara bikinnya gampang banget dan menurutku tambah enak kalau disajikan dengan potongan nangka atau kelapa muda. Karena gak punya nangka, jadi kali ini bikinnya cuma ditambahkan kelapa muda aja yaa...

COLENAK 

Bahan :
500 gr tape singkong 
margarine secukupnya
kelapa parut secukupnya
1 lembar daun pandan, simpulkan

Bahan Saus Gula Merah :
200 ml santan
150 gr gula merah, disisir halus
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir kelapa muda ---> dikerok

Cara Membuat :
- Pipihkan tape singkong, bakar sambil dioles margarin hingga kecoklatan (aku pakai teflon). Angkat dan sisihkan.
- Rebus santan, gula merah, gula pasir dan garam bersama daun pandan, sambil diaduk hingga larut.
- Tambahkan kelapa muda, aduk rata hingga kental. Angkat dan dinginkan.
- Tata tape singkong di atas piring / mangkok saji, beri taburan kelapa parut di atasnya dan siram dengan saus gula merah.


Uhuuuy....suamiku doyan banget deh, saus masih panas juga langsung aja disiram ke tape bakarnya. Alhamdulillah. Kalau anakku maunya dimasukin kulkas dulu dan kalau yang bikin suka semuanya :D Ini sih emang dasarnya doyan semua hehehehe. Next time kalau punya nangka, pasti deh diniatin bikin colenak lagi. 








FRUITY BLACK FOREST FOR US :)



Sudah lamaaa banget gak makan black forest buatan sendiri. Seingatku terakhir kali adalah saat membuat black forest untuk ultah adek yang ke-2. Hampir setahun hahahaha. Saat membuat orderan black forest minggu kemarin, ingat akan kata-kata suamiku yang bilang kalau harum aroma black forest yang baru matang bikin pengen aja. Duuh...melas banget ya, selama ini hanya mencium aroma cake orderan :D

Karena ingat di kulkas masih ada dark cherry, maka niat banget deh hari ini mau bikin black forest buat keluargaku. Bikinnya kecil aja, memakai loyang bulat ukuran 18 cm. Base cake-nya memakai spongecake coklat ala Yongky Gunawan yang sudah terkenal enak dan lembut. Untuk resep yang lebih ekonomis tapi tidak kalah enak bisa memakai resep NCC seperti yang dulu pernah kuposting disini.

Sayangnya....setelah cake jadi dan siap untuk mengocok whipcream, aku baru sadar kalau whipcream bubuknya tinggal sedikit aja dan gak akan cukup untuk dijadikan filling..whuaaa. Padahal filling whipcream dan dark cherry itu yang paling aku suka dari black forest. Mau keluar ke TBK juga gak mungkin karena anakku lagi tidur dan gak ada orang lagi di rumah. Mau dilanjutin nanti juga udah tanggung banget karena siangnya juga ada janji untuk nganterin Mama. Jadi...mohon dimaklumi ya kalau akhirnya fillingnya hanya vla dark cherry saja. Olesan whipcream di sekeliling cake juga tipis-tipis saja karena takut tidak cukup untuk border cake-nya.

Sengaja aku beri topping buah, karena memang keluargaku pecinta buah. Lagian seger yak...dimakan di siang hari yang panas, sesaat setelah cake dikeluarkan dari kulkas...hmmm.  Untuk Bunda Ricke Indriani owner Ordinary Kitchen, makasiih ya sharingnya, udah sukses bikin aku pengen makan black forest hihihih ^_^
Udah kepanjangan ceritanya, so check the recipe ya. Untuk 3 loyang bulat ukuran 18 cm, aku hanya membuat 1/2 dari resep di bawah ini.


FRUITY BLACK FOREST

Bahan Spongecake Coklat ala Yongky Gunawan :
8 kuning telur
7 butir telur utuh
200 gr gula kastor
15 gr emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
1 sdt vanilla
100 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga pakai protein sedang)
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
15 gr susu bubuk full cream
150 gr butter, lelehkan
2 sdm pasta black forest (optional)

Filling :
Simple syrup
Whipcream kocok (skip)
Vla dark cherry

Topping :
Whipcream kocok
Buah sesuai selera

Cara Membuat Spongecake Coklat :
- Siapkan 3 buah loyang ukuran 22-24 cm, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
- Campur dan ayak, tepung terigu, maizena, coklat bubuk, vanilla dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok kuning telur, telur utuh, gula kastor dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak (apabila batang mixer diangkat, adonan akan turun secara perlahan).
- Masukkan campuran terigu, aduk balik dengan menggunakan spatula atau dengan mixer kecepatan rendah, hingga tercampur rata.
- Masukkan butter leleh dan pasta black forest. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen.
- Tuang ke dalam 3 buah loyang dan panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180'C selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Keluarkan dari oven, segera balikkan dari loyang dan dinginkan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar cake, percikii dengan simple sirup, beri whipcream kocok (skip) dan vla dark cherry.
- Tutup dengan selembar cake dan lakukan hal yang sama.
- Tutup dengan cake ketiga, perciki simple syrup, oles seluruh permukaan cake dengan whipcream kocok.
- Hias sesuai selera dan dinginkan di dalam kulkas.


SIMPLE SYRUP

Bahan :
50 gr gula pasir
150 ml air

Cara Membuat :
- Campur gula pasir dan air, panaskan dengan api kecil TANPA DIADUK hingga seluruh gula larut.
- Matikan api, aduk-aduk dan dinginkan.

VLA DARK CHERRY

Bahan :
1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dan airnya
250 ml air dark cherry (air dark cherry kalengan ditambah air hingga250 ml)
50 - 75 gr gula pasir (tergantung selera manis)
3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air dark cherry

Cara Membuat :
- Potong dadu kecil dark cherry. Sisihkan.
- Masak air dark cherry dan gula hingga mendidih, masukkan potongan dark cherry. Aduk rata.
- Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga mengental dan meletup-letup.
- Matikan api dan dinginkan.


Didekor ala kadarnya karena sudah diburu waktu untuk mengantar Mama. Pulang dari mengantar Mama, keluarin cake dari kulkas, jepret-jepret seadanya dan langsung dipotong deh. Alhamdulillah....akhirnya kesampaian juga makan black forest homemade.
Sewaktu aku memotong 1 slice besar untuk suamiku, dia sempat protes. Kegedean, ntar gak habis lho, gitu katanya. Kubilang..."coba dulu deh, lupa ya lama gak makan black forest, ini cake-nya lembut dan ringan, bukan cake yang berat dan cepat mengenyangkan". Setelah beliau menikmati black forestnya dengan waktu yang singkat, keluar juga kalimat sakti untukku...Enaak. Ternyata benar cake-nya ringan dan lembut. ^_^
 Kalau anak-anakku sudah sibuk aja dengan pagar coklatnya. Gak kuatir anak-anak batuk karena makan coklat ya, asalkan selalu memakai coklat yang berkualitas baik.





The slice....*tutup muka malu gak bisa motong rapi*. Besok deh coba potong lagi yang rapi jadi bisa gantiin foto yang ini hahahahah  :D