BLACK NASTAR



Finally kena virus Black Nastar juga nih ^_^  Pertama kali tau black nastar ketika mbakku yang cantik Yunita Amaliawati share di FB. Cantik banget deh black nastarnya, gak heran kalau bikin penasaran banyak orang. Akhirnya untuk melengkapi varian cookies di Hari Raya nanti, aku bikin juga black nastar.

Resepnya tetap memakai resep NCC yang kemudian dimodif lagi dengan menambahkan coklat bubuk yang berwarna hitam pekat. Sebenarnya bisa memakai resep andalan nastar masing-masing ya, tinggal mengurangi pemakaian terigu dan menggantinya dengan coklat bubuk. Kalau versiku, juga aku tambahkan sedikit pemakaian gulanya, karena takut kalau jadinya terlalu pahit. Menurutku rasanya sudah pas dengan seleraku, walau sebenarnya aku masih kurang puas dengan warna hitamnya yang menurutku kurang gelap.  Silahkan dimodif kembali sesuai dengan selera ya...

BLACK NASTAR
by Nina (adapted from NCC)

Bahan :
125 gr butter
125 gr margarin
60 gr gula kastor
2 kuning telur
320 gr tepung terigu
10 gr maizena
20 gr coklat bubuk pekat
2 sdm susu bubuk full cream

Isian :
selai nanas homemade

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena, sisihkan.
- Kocok butter, margarin, gula kastor dan kuning telur sebentar saja, tidak perlu sampai mengembang dan asal bahan tercampur.
- Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk, kemudian masukkan susu bubuk. Aduk hingga rata menggunakan sendok kayu.
- Pulung adonan, bulatkan kemudian isi dengan selai nanas homemade, kemudian bulatkan kembali. Lakukan hingga semua adonan habis. Tata di loyang tanpa dipoles apapun
- Oven dengan suhu 130'C hingga matang. 
- Angkat, dinginkan di cooling rack kemudian masukkan ke dalam toples kedap udara.





Cantik juga kan kalau ditata di dalam toples. Cocok untuk hidangan di Hari Raya nanti. 
Recomended to try....



Eh ya beberapa hari kemudian aku membuat lagi kali ini dalam resep aku skip maizena-nya, dan ditambahkan lagi takaran coklat bubuknya,yaitu dengan komposisi tepung terigu 325 gram, coklat bubuk pekat 25 gram dan gula 75 gram. Hasilnya warnanya lebih pekat dan rasanya juga tidak pahit lho. Nanti ya aku upload juga fotonya. Jadi silahkan divariasikan sesuai dengan selera yaaaa.



Naaah ini dia black nastar yang memakai resep yang sudah dimodif lagi. Ini juga yang aku jual ke customer-customerku ^_^



Ready to bake.....lucu ya imut-imut nastarnya heheheheh

NASTAR 3 WARNA


Ups....lupa mau upload nastar 3 warna, lupa juga mau foto-foto. Akhirnya pakai yang ada ini aja ya, sebagian besar sudah terkirim dan hanya ada sisa ini saja di rumah, jadi harap maklum kalau berantakan gitu :D Nastar 3 warna ini sebenarnya sama aja dengan nastar klasik, resep yang kupakai juga sama yaitu resep dari NCC karena itu sudah jadi resep andalanku. Resep nastar yang kupakai bisa dilihat disini. Isiannya pun sama yaitu memakai selai nanas homemade. Hanya penampilan luarnya saja yang membedakan nastar ini dengan nastar klasik biasa.

Latah dengan segala sesuatu yang berbau rainbow?? Maybe yes....tapi aku cuma membuat 2 warna tambahan saja, yaitu orange dan hijau, sedangkan warna kuning tetap memakai warna nastar klasik biasa. Yang juga membedakan adalah coretan WCC di atasnya. Mau mencoba? Just contact me for order ya...atau silahkan mencoba sendiri di rumah, anak-anak pasti sukaaaa ^_^

AYAM KREMES


Our main menu today...Alhamdulillah. Sebenarnya lagi bingung mau masak apa buat buka puasa hari ini. Buka-buka kulkas dan ingat kalau masih punya ayam kampung. Rencananya ayam kampung itu mau kuolah menjadi bothok ayam...hmm...udah lama gak makan bothok ayam yang enak. Karena teringat putriku Naira yang juga puasa dan doyan banget makan ayam kremes, jadinya putar haluan. Kuolah aja ayam kampungnya menjadi ayam kremes. Gak kalah enak kan dengan bothok ayam.

Resep ayam kremesnya aku lihat di salah satu blog favoritku yaitu Pawonomah, milik sahabatku Yunita. Pastinya gak usah diragukan lagi kelezatannya karena memang mbak Yunita ini jago banget masak. Pengen bikin ayam kremes juga? Yuuks...disimak resepnya

AYAM KREMES

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang (bisa juga pakai ayam negeri ya)
1 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang sereh

 Bumbu halus untuk ungkep ayam :
7 bawang putih
1 sdt ketumbar
1 ruas kunyit
garam secukupnya
air untuk merebus

Bahan Kremesan :
50 gr tepung beras
2 sdt tepung kanji
1 sdt tepung maizena
250 ml santan
garam secukupnya

Bumbu halus untuk kremesan :
4 siung bawang putih, goreng sebentar
3 kemiri, goreng hingga kecoklatan
2 cm kunyit, goreng sebentar
1/2 sdt ketumbar bubuk

Cara Membuat : 

Ayam :
- Ungkep ayam dengan bumbu ungkepan, daun jeruk, daun salam, serai dan air hingga empuk.
- Setelah cukup empuk, goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan (jangan terlalu garing ya)
- Sisihkan

Kremesan :
- Campurkan bumbu halus ke dalam santan, aduk rata.
- Campurkan tepung beras, tepung kanji dan maizena ke dalam santan yang sudah berbumbu. Aduk rata hingga tidak bergerindil. Adonan akan berbentuk cair, tidak kental. Apabila dirasa masih kental, bisa ditambahkan sedikit air.
- Tambahkan garam secukupnya, aduk rata.
- Panaskan minyak dengan api sedang-besar dan tunggu hingga minyak benar-benar panas.
- Ambil 1 sendok sayur kremesan, tuang sedikit demi sedikit ke atas minyak panas dengan jarak agak tinggi dari wajan.
- Tunggu hingga adonan menyebar kemudian tuang lagi dan tunggu kembali. Lakukan hingga adonan kremesan dirasa cukup banyak.
- Biarkan sebentar hingga adonan sedikit terbentuk dan kering.
- Angkat dan tiriskan.

Penyelesaian :
- Taburkan kremesan di atas ayam
- Sajikan bersama nasi hangat, lalapan dan sambal favorit



Karena aku memotong ayam dengan ukuran yang cukup besar (1 ekor dibagi menjadi 4 bagian), jadinya ayamnya tidak aku gulung di dalam kremesan, tetapi cukup ditaburkan di atas ayam. Lagian kalaupun mau nekad digulung juga kayanya bakal susah, soalnya gak punya wajan yang besar heheheheh. Next time ya bikin yang model digulung dalam kremesannya.

Alhamdulillah....nikmatnya buka puasa hari ini. Semua makan dengan lahap, entah karena lapar atau memang karena ayam kremesnya yang enak ^_^. Recomended to try ya, yakin deh anak-anak pasti suka. Thanks a ton mbak Nita for the recipe.

Sst...ini dia salah satu faktor yang bikin lahap. Sambalnya enaaak banget xixixixixi


PASTEL RENYAH


Ini dia takjil keluargaku hari ini...pastel renyah. Kenapa dinamakan pastel renyah? Karena kulit pastelnya memang tetap renyah walaupun sudah berjam-jam. Jadi ingat waktu aku kecil dulu, Mamaku juga suka buat pastel karena memang keluargaku semua hobby makan pastel :) Kami sekeluarga lebih senang dengan pastel yang isiannya bukan ragout. Mama biasa membuat isian pastel dari sayuran, bihun dan juga telur rebus. 

Karena hari ini tiba-tiba aja pengen makan pastel, jadi disempetin bikin sebentar. Padahal kalau diturutin ya sebenarnya capek juga karena seharian ada aja kerjaannya. Tapi gak apa lah demi pastel idaman, akhirnya nguprek juga di dapur. Untuk resep kulitnya aku memakai resep dari mas Budi Sutomo. Alhamdulilah hasilnya memang enak, renyah dan sesuai dengan yang aku inginkan. Isiannya bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya. Akhirnya aku bikin seperti yang biasa Mama bikin dahulu. Diisi dengan ragout tentunya gak kalah enaknya. Berikut ini resepnya ya

PASTEL RENYAH
source : Budi Sutomo
modified by Nina

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 butir telur
40 gr margarin
60-100 ml air (dikira-kira ya sampai adonan terasa kalis)
1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian :
150 gr bihun ---> siram dengan air panas, tiriskan
200 gr fillet ayam, potong dadu
3 buah wortel, potong dadu kecil
1 helai daun bawang , potong-potong
3 butir telur rebus, belah

Bumbu Halus Isian :
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
garam, merica dan gula secukupnya

Cara Membuat :
- Kulit : Campurkan terigu, margarin dan telur. Aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan diuleni sebentar saja hingga kalis. Gilas hingga tipis dan cetak bentuk round. Sisihkan.
- Isi : Panaskan 1 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel dan masak sebentar hingga layu. Masukkan bihun, bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Test rasa. Tambahkan daun bawang.
- Ambil selembar kulit yang sudah dicetak, beri isian, tambahkan telur rebus.
- Rekatkan antara sisi-sisinya dan pilin hingga rapi. Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng pastel hingga kecoklatan.
- Angkat dan siap disajikan 



Aku buat 2 ukuran, yaitu yang besar seperti halnya pastel yang banyak dijual dan ada juga yang kubuat agak kecil. Ternyata memang kulit pastel yang lebih kecil lebih mulus permukaannya ya. Tapi aku lebih senang melihat pastel yang kulitnya berlubang-lubang ^_^ Soal rasa....sama enaknya.

Alhamdulilah rasanya pas, karena memang gak bisa icip-icip kan karena di rumah semua puasa. Dan yang lebih senang lagi karena pastelnya laris manis. Alhamdulillah. Jadi pengen buat lagi deh besok >.<



SAGU KEJU PANDAN


One of my fave cookies ever. Suka banget dengan yang namanya sagu keju aka sake. Kalau dulu-dulu selalu pesen di temanku yang memang bakul kue, kalo sekarang tentunya bikin sendiri donk. Kan sekalian belajar yah. Resepnya bisa memakai resep dari NCC, yang sudah jelas enaknya. Terinspirasi membuat yang rasa pandan setelah melihat sake pandan Bunda Ricke yang super cantik.

Untuk yang ingin membuat sagu keju sendiri untuk sajian di hari Raya, berikut ini resepnya ya, sudah kumodif lagi terutama di takaran kejunya. 

SAGU KEJU PANDAN
source : Ricke - Ordinary Kitchen

Bahan :
225 gr butter (aku mix butter + margarin)
150 gr gula halus
3 kuning telur
2 sdt pasta pandan
75 gr keju tua (bisa pakai edam, parmesan atau gouda, aku pakai parmesan), haluskan.
100 gr keju cheddar parut halus, angin-anginkan hingga agak kering.
300 gr tepung sagu tani
3 lembar daun pandan
50 gr maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream

Hiasan :
Cherry merah potong-potong kecil atau bisa juga memakai chocochips

Cara Membuat :
- Sangrai tepung sagu bersama daun pandan. Aduk-aduk hingga daun pandan kering dan layu serta tepung sagu terasa lebih ringan. Dinginkan.
- Campurkan tepung sagu yang telah diayak bersama tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok butter dan margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan pasta pandan, aduk rata.
- Masukkan keju tua dan keju cheddar, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata memakai spatula.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit, kemudian semprotkan ke atas loyang yang telah dioles tipis dengan margarin.
- Bentuk sesuai selera dan beri hiasan cherry merah atau chocochips di tengahnya.
- Panggang dalam oven suhu 130-140'C selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Lama pemanggangan tergantung dengan ukuran dan juga ketebalan adonannya ya. Silahkan disesuaikan dengan oven masing-masing.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan di rak kawat kemudian simpan di wadah kedap udara.


Berikut ini tips dari Bunda Ricke :

- Tepung sagu disangrai dahulu untuk mengurangi kadar air dalam tepung sehingga hasil akhir kuenya menjadi lebih renyah dan ringan.
- Dalam proses pengocokan butter + margarin, jangan terlalu lama hingga mengembang karena nanti hasil kuenya akan melebar ketikan dipanggang. Jangan pula terlalu sebentar ketika mengocok karena nanti hasil kuenya akan kurang ngeprul.
- Untuk menghaluskan keju tua bisa memakai blender agar kejunya tidak berbongkah-bongkah ketika dispuit.
- Pastikan memanggang dengan api kecil / suhu rendah ya, agar hasil kuenya matang sempurna dan tidak gosong.





Rasanya?? Uenaaak banget...trust me. Pilihan lain bagi cheese lovers selain kastengel. Eh ya...sekedar cerita ya...aku lagi seneng-senengnya edit foto pakai model vintage nih. Begitu juga dengan foto sagu keju pandan ini, aku edit dengan vintage juga. Setelah foto asli aku hapus smua baru nyadar kok jadi kesan gosong di sagu kejunya yak >.< . Lihat deh sagu keju yang di mangkok itu ada bagian yang menghitam :D

So....sagu keju ini recomended to try ya, atau kalau malas bikinnya, bisa pesan di aku. Silahkan mengubungi via no telp yang tersedia atau melalui FB. Terima kasih sebelumnya ^_^



BROWNIES FOR YULIS


Salah satu kerjaan minggu  lalu adalah brownies yang dipesan teman lamaku Yulis. Beliau adalah temanku sewaktu kuliah di Semarang dulu dan minggu lalu pesan 5 loyang brownies kukus dan 1 loyang SFB. Requestnya diberi aneka topping dan mengenai model toppingnya semua terserah aku. Daaan....inilah hasilnya.



Maaf ya say, masih jauh dari kata rapi tapi semoga tidak mempengaruhi rasa dan teksturnya yak ^_^



Dapat BBM dari Yulis, katanya browniesnya uenaaak.... Alhamdulillah ya Rabb. Senang sekali ya, apalagi aku kan memang lagi belajar gini. Matur nuwun ordernya ya Bu...semoga berkenan ^_^

Setiap bikin browkus, selalu ada jatah untuk putriku Naira. Heran juga karena dia belum bosan-bosannya makan browkus, padahal Bundanya sering sekali bikin. Naira selalu memilih topping sendiri untuk browkusnya dan tentu saja ikut membantu :D Ini dia browkus request Naira....cantik juga kaaan



BUNGKO ROTI + PISANG (TRADITIONAL BREAD & BANANA PUDDING)


Just sharing salah satu dessert favoritku sejak kecil dulu. Namanya adalah Bungko, bisa terbuat dari roti ataupun pisang atau bisa juga gabungan keduanya, jadi Bungko roti + pisang. Makanan ini berasal dari Pekalongan, daerah asal Mama-ku. Mungkin juga ada di daerah lain dengan nama yang berbeda pula. Menurutku sekilas mirip dengan bread pudding ya, tapi yang ini versi dikukus. Membuatnya juga cukup mudah, tinggal aduk-aduk, campur, bungkus kemudian dikukus. Rasanya perpaduan manis dan gurih dengan aroma daun yang khas....hmmm so yummy. Karena cara pembuatannya yang mirip dengan bread pudding, maka aku sering menyebutnya dengan bread pudding ala Jowo hehehehee. Untuk yang mau tau resepnya, berikut aku sharing disini ya.

BUNGKO ROTI + PISANG
(TRADITIONAL BREAD & BANANA PUDDING)
by Nina

Bahan :
10 lembar roti tawar kulit, potong-potong ---> aku potong menjadi 4 bagian
4 buah pisang (aku memakai pisang kepok), potong-potong
1000 ml santan
150-200 gula pasir (tergantung selera manis ya)
2 butir telur kocok lepas
sejumput garam
50-75 gr gula merah sisir halus
daun pisang secukupnya
plastik untuk alas secukupnya (optional)
batang lidi untuk menyemat
3 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat :
- Dalam sebuah wadah besar, campurkan santan, gula pasir, telur dan garam. Aduk rata hingga gula larut.
- Masukkan potongan roti tawar dan pisang, diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit.
- Ambil selembar daun pisang, alasi dengan plastik kemudian sendokkan secukupnya roti, pisang dan kuah santannya. Beri daun pandan dan sejumput gula merah di atasnya. Bungkus dengan rapi dan sematkan batang lidi. Lakukan hingga semuanya habis.
- Panaskan kukusan, kemudian kukus bungko hingga matang selama kurang lebih 20 menit.
- Siap disajikan hangat atau dingin.



Cukup mudah kan cara membuatnya. Suka banget ama Bungko ini, lembut dan juga ada aroma daun pisang yang khas. Tidak ada salahnya dicoba untuk takjil di bulan Ramadhan ini, siapa tau bisa menjadi dessert favorit keluarga ^_^

CERITA DI BALIK APEM


Apem tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Apem adalah salah satu jenis jajanan tradisional yang sangat mudah ditemui. Dalam tradisi masyarakat Jawa, apem menjadi salah 1 jajanan yang wajib ada dalam berbagai upacara adat ataupun juga selamatan. Konon sejak jaman dahulu dalam Upacara Tinggalan Dalem yang berupa Ambengan, apem selalu ada. Ambengan sendiri terdiri dari berbagai macam makanan dan apem adalah salah 1 jajanan wajibnya.

Resep apem sendiri sangatlah beragam, yang pasti bahan utamanya adalah tepung beras, ragi, gula dan santan. Selain itu resep apem ada juga yang menggunakan tambahan telur, tape singkong dan juga air kelapa. Ada juga yang memakai paduan tepung beras dan tepung terigu. Semua kembali pada selera masing-masing ya. Kalau aku sendiri selama ini sudah cocok dengan resep ala mamaku. Dulu sudah pernah aku posting disini.

Tradisi yang ada di daerah tempat tinggalku, salah satunya adalah 'Megengan'. Tradisi ini masih tetap dipelihara hingga saat ini terutama di kawasan pedesaan. Setiap menjelang bulan Ramadhan tiba, warga mengantarkan nasi ke mushola atau langgar terdekat. Lauknya biasanya terdiri dari ayam atau tahu atau telur atau daging yang dibumbu merah (di tempatku disebut Bumbu Bali), mie goreng dan terkadang dilengkapi pula dengan sambel goreng kentang. Nah...apem menjadi jajanan wajibnya. Jadi bisa dibayangkan kalau pada saat Megengan, para penjual apem di pasar tradisional pasti laris manis, karena tidak semua keluarga sempat membuat apem sendiri. Kegiatan membuat apem sendiri disebut dengan "Ngapem".




Di keluargaku sebenarnya tidak pernah ada tradisi Megengan. Kebetulan aja aku bikin apem hari ini karena mamaku seneng banget apem. Ssst...sampai saat ini aku belum punya cetakan apem lho >.<  Jadinya kalau bikin apem sendiri dapat dipastikan bentuknya aneh-aneh euy. Tadi aku membuat apem dengan memakai cetakan kue lumpur dan fast maker anti lengket. Biarpun bentuknya jadi aneh, tapi rasanya tetap apem kok :D

So....ini tadi sekedar sharing aja ya, tidak ada maksud lainnya. Ada atau tidaknya tradisi membuat apem dalam keluarga tentunya bukan berarti kita tidak bisa menikmati jajanan yang 1 ini. Trust me....apem tuh enaaaak  ^_^



COOKIES LEBARAN - EGGLESS KASTENGEL


Salah 1 cookies yang wajib ada di rumahku saat lebaran....kastengel. Cookies ini yang paling cepat habisnya lho, secara cheesy lovers semua. Bayangkan saja gimana enaknya kalau butter dipadukan dengan keju parmesan atau keju edam dan juga diberi taburan cheddar parut...wooow...pastinya ngeju banget kan.

Untuk resepnya aku udah cocok banget dengan resep Eggless Kastengel yang dulu pernah aku posting disini ya. Kalau ingin mencicipi eggless kastengel buatan dapurku bisa hubungi aku ya. Bisa juga disesuaikan dengan selera dan budget yang tersedia ^_^  Yang pasti hanya dibuat berdasarkan pesanan ya, only made by order alias tidak ready stock. Jadi untuk yang ingin memesan diharapkan menghubungi beberapa hari sebelum hari H pengiriman :)

Eggless kastengel ini sendiri adalah orderan seorang teman nun jauh disana yaitu mbak Rhienda yang kebetulan ingin mencicipi cookies buatanku. Sengaja dipesan jauh-jauh hari sebelum lebaran datang. Semoga cookies-nya sampai di tempat tujuan dalam keadaan baik ya say, semoga cocok dengan rasanya dan terima kasih untuk orderannya. ^_^ Beberapa hari kemudian dapat BBM dari mbak Rhienda kalau katanya kastengelnya enaaak. Alhamdulillah ya Rabb...senangnya 


COOKIES LEBARAN - NASTAR COKLAT


Ramadhan belum datang, tapi udah bikin cookies hehehehe. Kebetulan ada seorang teman yang pesan nastar coklat ini. Sengaja pesannya jauh-jauh hari sebelum lebaran karena pengen test ngerasain cookies buatanku. Hmmm....semoga cocok dengan rasanya ya, jadi nanti bisa repeat order lagi hehehehehe.

Resep nastar coklat ini dulu sudah pernah aku posting ya, bisa dilihat disini. Silahkan dicoba resepnya ya, siapa tau bisa jadi cookies favorit keluarga. Ssst...anakku senang banget lho ama nastar coklat ini. 
Kalau pengen cobain nastar coklat buatan dapurku, bisa kontak aku ya. Dibuat hanya berdasarkan pesanan dengan menggunakan bahan-bahan bermutu, misalnya butter pilihan dan juga coklat kualitas baik. ^_^





Testimoni dari yang sudah nyobain nastar coklatku baik dari yang sudah order dan teman-temanku, katanya memang enak lho xixixixi. Resep NCC gitu lho...jelas enaknya :) Apalagi bahan-bahan yang dipakai memang betul-betul pilihan.

Next project tentunya adalah bikin nastar klasik ya, tapi tunggu waktunya luang dulu...hehehehe..sok sibuk bener ya. Bagiku bikin cookies itu membutuhkan mood yang baik, karena memang harus telaten. Kecuali kalau memang ada orderan ya harus segera dikerjakan ya. :D

URAP-URAP


Postingan iseng yaaa...kebetulan aja nemu foto ini diantara file-file lamaku, jadi gak ada salahnya ya aku posting resepnya disini. Urap-urap sendiri merupakan favorit keluargaku dan aku yakin memang favorit banyak orang. Menurutku ini merupakan salah satu menu penggugah selera. Dipadukan dengan ikan asin yang digoreng kering, tempe, tahu ataupun ayam bakar sudah bisa bikin nambah-nambah deh :D

Sayuran dalam urap bisa memakai sayuran apa saja yang menjadi favorit keluarga. Kalau aku lebih suka dengan memakai kacang panjang, kangkung, tauge atau bayam. Bisa juga menggunakan kenikir atau bahkan wortel. Sesuai selera aja ya...

URAP-URAP

Bahan :
Tauge secukupnya, cuci bersih
Kacang panjang secukupnya, cuci bersih, potong-potong
Kangkung secukupnya, cuci bersih dan potong-potong
Bayam secukupnya, cuci bersih dan potong-potong
200 gr kelapa, parut memanjang

Bumbu Urap :
6 butir bawang merah
4 siung  bawang putih
5 cabe merah
2 cabe rawit
2 cm kencur
1 sdt garam
2 sdt gula merah

Cara Membuat :
- Kukus atau rebus semua sayuran bahan urap hingga matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
- Haluskan bumbu urap, campurkan dengan kelapa parut hingga tercampur rata. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang ---> aku lebih suka membungkus bumbu urap dan kelapa dengan daun pisang baru kemudian dikukus.

Penyelesaian :
 - Letakkan sayuran di piring saji, kemudian urap dengan bumbunya hingga tercampur rata. Siap dihidangkan.
- Bisa juga dengan meletakkan bumbu urap di atas sayuran dan tidak diurap terlebih dahulu.

So...yummy dan pastinya cukup menyehatkan.



TOPO MAP LOVE CAKE


Yihaaa.....akhirnya terbayar sudah rasa penasaranku akan cake yang 1 ini. Pertama kali tau tentang Topo Map Love Cake ini dari blog favoritku, yaitu blog-nya Mbak Hesti Saifuddin. Langsung tertarik melihat penampilan cake-nya yang cukup unik, yaitu cake berlapis dengan garis-garis coklat yang bergelombang menyerupai peta. Unik sekali. Tambah penasaran lagi setelah Teh Ike Hermawan juga membuat cake ini. Pengen tau kalau aku membuat sendiri, motif coklatnya akan jadi seperti apa ya??

Ternyata Topo Map Love Cake ini berasal dari Malaysia ya, istilah bahasa Melayu-nya adalah Kek Alunan Kasih. Mungkin istilah alunan kasih berasal dari garis coklatnya yang bergelombang seakan sebuah alunan ya hehehehehe. Resep yang kupakai adalah modif dari resep Mbak Hesti dan Teh Ike ya. Aku memakai pasta pandan dan pasta jeruk sebagai pewarnanya, sehingga selain dapat warna yang aku mau, cake-nya juga harum aroma pandan dan aroma jeruk. Untuk yang mau tau buatan Mbak Hesti bisa dilihat disini, sedangkan untuk melihat buatan Teh Ike yang tidak kalah cantiknya bisa klik disini

TOPO MAP LOVE CAKE (KEK ALUNAN KASIH)
modified by Nina

Bahan :
250 gr butter (aku pakai 150 gr margarin + 100 gr butter)
200 gr gula kastor
3 butir telur utuh
2 butir kuning telur
250 gr tepung terigu (aku pakai protein rendah)
15 gr maizena
70 ml susu cair
1 sdt essens vanilla
coklat bubuk secukupnya
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta jeruk

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (aku memakai loyang 20x10x6 cm), oles tipis dengan margarin, sisihkan.
- Campur dan ayak terigu dan maizena, sisihkan.
- Kocok butter dan gula pasir sampai pucat dengan mikser speed rendah, tambahkan vanilla kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
- Masukkan terigu berselang-seling dengan susu cair, matikan mikser dan aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian dan beri pasta pandan serta pasta jeruk, aduk rata.
- Tuang sebagian adonan orange  ke dalam loyang, taburi seluruh permukaannya dengan coklat bubuk (dengan cara diayak langsung di atas adonan ya).
- Tuang sebagian adonan hijau di atasnya, ratakan,taburi kembali dengan coklat bubuk dengan cara diayak. Kemudian tuang sisa adonan orange di atasnya, ratakan dan beri coklat bubuk kembali.
- Terakhir tuang sisa adonan hijau diatasnya, ratakan dan tidak usah diberi coklat bubuk.
- Oven selama kurang lebih 45 menit, setelah 20 menit, turunkan suhu oven menjadi 140'C.
- Angkat, keluarkan dari loyang dan siap dipotong-potong.

Gak sabar banget pengen tau 'alunan peta'-nya, jadi panas-panas langsung kupotong deh ^_^. Seperti yang bisa dilihat kan, motifnya unik dan pasti gak akan sama setiap kita membuatnya. Sebenarnya aku pengen bikin dengan spongecake, tapi kok takut gagal ya, takut gak keluar motifnya. Jadinya percobaan pertama tetap memakai buttercake deh.



Cake-ku ini harum pandan dan jeruk pastinya....so lain kali pengen coba dengan warna lain atau dengan pasta yang lainnya. Untuk yang penasaran dengan cake yang lagi booming ini, yuuuk bikin dan nantikan kejutan yang terlihat ketika kita memotong cake-nya :)




BROWKUS ALA BLACK FOREST


Browkus yang didandani ala Black Forest ini adalah orderan Mbak Naya. Tadinya sempat bingung untuk pesan browkus atau pesan black forest ekonomis untuk hantaran kerabatnya. Kebetulan kerabat beliay adalah penggemar browkus. Aku usulkan kepada mbak Naya untuk pesan browkus ala black forest saja, jadi bukan sekedar browkus biasa yang dijadikan hantaran. Beliau setuju daaan....inilah hasilnya.

2 layer browkus dengan filling buttercream, cover full buttercream lembut dan topping red cherry serta crispy balls. Disekelilingnya memakai pagar coklat motif bunga. Karena ini adalah black forest ekonomis, jadi tidak menggunakan vla dark cherry. Crispy balls kupakai sebagai pengganti coklat serut yang biasa kupakai untuk dekor black forest.



Lagi-lagi dekornya kurang rapi ya, apalagi pagar coklatnya. Foto juga seadanya aja karena keburu diambil pagi-pagi banget. Alhamdulillah dapat BBM dari mbak Naya kalau kerabatnya suka sekali dengan kirimannya. Browniesnya lembut dan nyoklat serta buttercreamnya juga lembut dan tidak eneg. Alhamdulillah ya Rabb...

Eh ya ada juga kiriman foto dari kerabat mbak Naya....ini dia...


Terima kasih untuk orderannya mbak Naya...semoga berkenan dengan pesanannya ^_^

BROWNIES KUKUS ALA TEH UCEU

Whuaah....ketinggalan banget ya kok baru sekarang nyobain resep brownies kukus ala Teh Uceu yang terkenal itu. Selain terkenal dengan TCCC-nya Teh Uceu ternyata juga punya resep brownies kukus yang enak. Selama ini udah cocok banget ama resep dari Ny. Liem. Tapi tentunya tidak ada salahnya juga mencoba resep yang satu ini kan, karena menurut testimoni yang kutau teksurnya juga tetap lembut. Ada juga 1 hal yang bikin aku penasaran, yaitu dalam adonannya memakai air. Penasaran juga? Yuks dicobain bikin..




BROWNIES KUKUS ALA TEH UCEU

Bahan :
8 butir telur
300 gr gula pasir
1 sdm emulsifier 
200 gr tepung terigu
90 gr coklat bubuk
1/2 kaleng susu kental manis (aku pakai yang coklat)
200 ml air
250 ml minyak sayur kualitas baik
meises/dcc untuk taburan apabila ingin dibuat berlapis

Cara Membuat :
- Siapkan loyang, oles margarin dan alasi kertas roti. Oles margarin kembali, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk, sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga putih, kental dan mengembang.
- Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sambil terus dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah. Masukkan susu kental manis, aduk rata.
- Tambahkan air dan minyak ke dalam adonan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan.

Notes :
- 1 resep bisa digunakan untuk membuat 3 loyang brownies ukuran 30x10 cm atau 1 loyang 22x22 cm. Aku memakai 1 resep untuk loyang bulat ukuran 20 cm tinggi 7 cm dan loyang loaf 18x10 cm. Silahkan konversi resep sesuai kebutuhan ya.
- Apabila ingin membuat browkus dengan lapisan meises atau dcc, tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 15 menit. Taburi dengan meises atau dcc dan kukus lagi selama 5 menit, kemudian tuang sisa adonan dan kukus lagi hingga matang.

Tadinya sewaktu membuat sempat ragu juga, hmmm...kok adonan kayanya encer banget ya, bisa jadi gak nih. Tapi ternyata hasilnya bisa mulus dan cantik juga, asal kita mengaduk balik air+minyak dengan benar ya. Teksturnya juga lembut banget, tapi buat chocolovers mungkin terasa kurang nyoklat ya karena memang tidak ada pemakaian DCC di resepnya.
So....bisa dipilih sesuai selera dan budget ingin menggunakan resep yang mana. Happy steaming ^_^

PUDING LAPIS GULA MERAH



Bikin puding gula merah lagi yuk. Kali ini coba bikin yang versi lapis, pengennya sih jadinya nanti mirip lapis legit, tapi ternyata aku kurang tipis melapisnya. Jadinya malah kaya lapis beras deh >.<
Maklum aja ya, kalau bikin puding lapis kan memang harus telaten banget, kalau dibuat seperti lapis legit tentunya lapisannya harus tipis banget dan itu berarti harus dobel telatennya. Walau udah berusaha untuk sabaaar bikinnya, ternyata ada juga yang terlepas lho lapisannya. Jadi seperti foto yang kupasang disini, ada 3-4 lapis yang lepas dan tentunya haaap....langsung dimakan oleh anakku heheeheh.

Alhamdulillah keluargaku memang suka dengan puding gula merah, jadi bisa dipastikan kalau pudingnya laris manis deh. Bayangin aja siang yang terik buka lemari es dan ada potongan puding lapis ini....waaw. Untuk resepnya aku lihat di Tabloid Koki edisi jadul, yang sedikit aku modif. Aku tuliskan disini ya

PUDING LAPIS GULA MERAH
source : Tabloid Koki
modified by Nina

Bahan :
2 bungkus agar-agar plain
750 ml santan
700 ml air
200 gr gula merah, sisir halus
150 gr gula pasir
sejumput garam
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Untuk membuat lapisan coklat : masak gula merah, daun pandan dan air hingga gula larut, kemudian saring. Campurkan 1 bungkus agar-agar, beri sejumput garam kemudian masak kembali hingga mendidih. Angkat dari api.
- Untuk membuat lapisan putih : campurkan gula pasir dan 1 bungkus agar-agar, tuang santan dan beri daun pandan. Tambahkan sejumput garam dan masak hingga mendidih. Angkat dari api.
- Siapkan loyang atau cetakan agar-agar yang telah dibasahi air (aku memakai loyang ukuran 20x10x7 cm).
- Tuangkan 2 sendok sayur agar-agar coklat ke dalam loyang, diamkan hingga sedikit mengeras kemudian tuang 1 sendok sayur agar-agar putih. Diamkan hingga sedikit mengeras dan tuangkan kembali larutan agar-agar coklat. Teruskan melapis hingga habis.
- Dinginkan di dalam lemari es hingga set, keluarkan dari loyang / cetakan, siap dipotong-potong sesuai selera.



Tuh jadinya kurang tinggi ya, karena memang ada beberapa lapisan yang lepas tadi >.<
Sedikit tips, untuk mempercepat agar-agar mengeras, loyang / cetakan bisa diletakkan di dalam wadah yang sudah diisi dengan es batu. Kipas angin juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat agar-agar mengeras. Apabila larutan agar-agar di dalam panci mulai mengeras, maka bisa dipanaskan lagi dengan api kecil sebentar saja ya. 

Untuk membuat puding lapis, memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan serta harus tahu timing yang tepat untuk mulai melapis lagi. Ketika melapis tadi, sepertinya sudah yakin aja kalau timingnya tepat dan tidak akan ada lapisan yang lepas, tapi ternyata ada juga yang lepas ya. It's oke...practice make perfect kan.
Oh ya....harus hati-hati ketika mengeluarkan puding dari loyang /cetakannya ya. Kalau kurang hati-hati, bisa juga lapisan yang harusnya sudah set, jadinya malah lepas. 
Selamat mencoba ya....semoga sesuai selera keluarga.



TELUR BUMBU BALI


Kayanya lama juga ya gak posting masakan sehari-hari, suka males foto-foto kalau selesai masak dan juga belakangan ini suka masak yang simpel-simpel aja. Telur bumbu bali ini adalah request suamiku beberapa hari yang lalu. Tadinya minta dibuatin sambalado telur, tapi jadinya ya telur bumbu bali ini deh hehehehe. Dilarang protes ya Ayah, kan mirip-mirip juga :D

Actually..aku kurang tau pasti apakah memang masakan bumbu bali ini benar-benar berasal dari Bali. Yang pasti di daerahku, setiap masakan yang dibumbu merah seperti ini disebut dengan bumbu bali. Tidak hanya telur, tapi juga bisa terbuat dari ayam, tahu, tempe atau juga daging. Telur bumbu bali versiku ini memakai santan dalam pembuatannya, karena memang ada yang hanya menggunakan kemiri namun ada juga yang menggunakan santan. Cabe rawitnya juga tidak aku tambahkan di bumbu halusnya, tapi aku masukkan utuh  saja, kalau mau terasa lebih pedas memang sebaiknya ikut dihaluskan bersama bumbu. Sesuaikan dengan selera masing-masing ya. Semoga yang kutulis ini tidak melenceng jauh dari versi aslinya ..

TELUR BUMBU BALI

Bahan :
6 butir telur rebus ---> goreng sebentar hingga berkulit
1 blok tahu, potong-potong ---> goreng sebentar hingga berkulit
tempe, potong-potong
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
500 ml santan
1 sdm gula merah sisir halus
2 sdm kecap manis
garam, merica secukupnya
1 buah tomat potong-potong
5 cabe rawit utuh
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
7 cabe merah
1 ruas jahe
3 buah kemiri sangrai
1/2 sdt terasi

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata.
- Masukkan tempe, telur dan tahu, aduk rata perlahan.
- Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil sesekali diaduk.
- Masukkan gula merah dan kecap manis, bumbui dengan garam dan merica. Masak hingga santan menyusut. Test rasa.
- Masukkan tomat dan cabe rawit, masak kembali sebentar saja.
- Angkat dan siap dihidangkan.

Dinikmati bersama nasi hangat...pas sekali. Suka banget dengan bumbunya yang kaya rasanya. Apalagi kalau dibuat super pedas, pasti mantap kali ya hehehehe. 
Selamat mencoba ya, semoga cocok dengan selera keluarga.






CAKE POPS (LBT#16)


Alhamdulillah, sudah sampai di PR LBT#16, gak terasa ya berarti sudah 15x aku menyelesaikan tantangan PR LBT (aku bergabung mulai PR LBT#2). Semakin banyak pelajaran dan manfaat yang sudah aku peroleh dari LBT. Dari yang dulu hanya bisa bikin makutel, sekarang udah berani bikin lapsur. Yang pasti harus terus belajar dan belajar karena masih banyak lagi yang bisa dipelajari :)

PR kali ini temanya adalah Cake Pops dengan host mbakyuku yang cantik dan baik hati Dida Rachmadiah. Seneng banget ketika tau temanya adalah Cake Pops karena memang sudah ada planning untuk buatin anak-anak. Bahkan sudah belajar di youtube untuk melihat cara pembuatannya. Tapi walaupun udah lama banget pengen buat, kenyataannya lagi-lagi PR kali ini dibuat last minute xixixixi. Itu juga sengaja menyisihkan Orange Butter Cake yang kubuat kemarin. Untuk resep cake-nya bisa dilihat disini ya.
Sebagai frosting, aku memakai cream cheese homemade, karena cakenya sudah cukup manis dan nantinya juga akan dicover oleh coklat leleh dan buttercream yang tentunya juga manis.

Berikut ini adalah sedikit foto step by step pembuatan cake pops ya. Maaf kalau fotonya benar-benar seadanya, hanya mengandalkan kamera hape dan fotonya juga dalam keadaan riweuh :D

CAKE POPS

Bahan :
Cake (baik yang kukus atau oven) atau cookies  yang dihancurkan (aku memakai orange butter cake)

Frosting :
Cream cheese homemade
(bisa juga memakai ganache, susu kental manis, selai atau buttercream)

Pelengkap :
Stik lolly (kalau tidak ada bisa memakai stik es krim atau tusuk sate)
Coklat leleh warna warni
Sprinkle warna-warni
Buttercream
Fondant

Cara Membuat :
- Letakkan cake atau cookies yang telah dihancurkan dalam suatu wadah



- Beri frosting sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk



- Bentuk adonan sesuai selera, letakkan di loyang kemudian masukkan ke dalam kulkas agar set bentuknya (kurang lebih 30-60 menit)



- Lelehkan coklat kemudian celupkan salah satu ujung stik ke dalam coklat leleh. Gunanya adalah sebagai perekat antara cake dan stik. Kemudian letakkan kembali di loyang dengan posisi stik mengadap ke atas.



- Cake pops siap dihias sesuai selera. Apabila dihias dengan menggunakan coklat leleh, celupkan ke dalam coklat lalu lakukan gerakan memutar hingga seluruh permukaannya tertutup coklat. Biarkan sebentar baru kemudian ditaburi dengan sprinkle. Apabila setelah dicelupkan coklat leleh langsung ditaburi sprinkle maka sprinkle-nya akan tenggelam, kurang cantik deh jadinya.

- Setelah selesai dihias, letakkan / tancapkan cake pops di styrofoam, kemudian masukkan ke dalam kulkas hingga set.


Hmmmm....wanginya orange cake, berpadu dengan cream cheese dan manisnya coklat. Unik rasanya. Yang paling penting, anak-anakku excited melihat cake pops buatan bundanya. Walau masih berantakan disana sini, tapi bagi mereka itu bukan masalah sama sekali. Thanks my dear <3


Alhamdulillah 1 tugas terselesaikan, can't hardly wait for another project from LBT. Thanks LBT....

ORANGE BUTTER CAKE


Lagi pengen maem cake, tapi malas banget berlama-lama ngadepin mixer dan oven. Nah lhoo...kumat lagi deh penyakit malasnya >.<  Akhirnya aku putuskan untuk membuat cake dengan buttercake method aja, karena bikinnya juga lebih cepat dan gampang bila kita membuat cake dengan spongecake method. Kebetulan juga aku belum bikin PR LBT, jadi ada niat terselubung kalau nanti aku sisihkan sedikit cake-nya untuk dipakai sebagai bahan cake pops xixixixi.

Biasanya kalau buttercake memang memiliki tekstur yang lebih beremah apabila dibandingkan dengan spongecake yang lebih lembut. Tapi biarpun yang kubuat ini adalah buttercake, tapi ternyata bisa lembut juga kok. Wangi aroma jeruknya udah menggoda banget ketika cake-nya masih dioven. Berikut ini resepnya ya

ORANGE BUTTER CAKE

Bahan : 
120 gr unsalted butter
175 gr gula kastor
2 butir telur
1/2 sdt vanila
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu serbaguna
30 gr maizena
20 gr susu bubuk
2 sachet nutrisari (aku pakai american sweet orange)
1 sdt baking powder
100 ml buttermilk (dari 100 ml susu + 1/2 sdt air jeruk nipis, diamkan sebentar)
50 ml orange concentrate (aku pakai pulpy orange)
1/2 sdt pasta jeruk

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pakai loyang 18x18 cm), oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk, baking powder dan nutrisari bubuk. Sisihkan.
- Kocok butter hingga lembut, masukkan gula, garam dan vanilla. Kocok lagi hingga gula larut dan tercampur rata.
- Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
- Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran tepung berselang seling dengan buttermilk yang sudah dicampur orange consentrate. Diawali dan diakhiri dengan tepung. Matikan mixer, aduk sebentar dengan spatula hingga rata.
- Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan dinginkan.

Weew...cake masih panas aja udah berebut minta dipotongin, mungkin karena tergoda oleh aromanya ketika dioven ya. Untungnya bisa aku sisihkan sedikit untuk dijadikan cake pops. Yuk dicobain bikin sendiri di rumah, gampang kok dan anti gagal niy. Semoga cocok dengan selera keluarga ya..



Kali ini gak usah pake hias menghias ya, cukup diberi jeruk mandarin kaleng aja ^_^