BARBIE CAKE

Finally...I made my first barbie cake ^_^ Hadeeeh....kemana aja Bund kok baru sekarang bikin barbie cake hehehehe. Emang udah ketinggalan banget ya, kok baru nyobain sekarang. Gak apa deh, emang mood dan keberanian untuk bikin barbie cake baru muncul sekarang.


Duuuh....harap maklum ya kalau  masih berantakan banget. Memang practise makes perfect kok.  Base cakenya adalah brownies kukus yang merupakan favorit keluargaku. Masih belum pada bosen makan browkus niy, walaupun sering banget ngicipin browkus orderan ^_^  Karena di rumah tidak ada yang tidak suka fondant, maka aku membuat barbie cake dengan dekor full buttercream.

Barbie cake ini adalah request putriku Naira. Karena sekarang dia lagi liburan, jadi kusempatkan untuk membuatnya, itung-itung juga sebagai hadiah untuk Naira yang nilai rapotnya kemarin cukup memuaskan. Alhamdulillah. So...dia excited sekali ketika tau Bundanya duduk manis untuk mulai menghias barbie cake-nya. Lebih senang lagi ketika sudah tau hasilnya. Sayang banget untuk dipotong katanya :)

Barbie cake with The Owner ^_^. Adeknya susah banget untuk disuruh ikutan foto, lari-lari mulu.



Berikut adalah beberapa step by step barbie cake yang sempat kuabadikan ya.


Kali ini aku memakai loyang rok barbie yang bergelombang. Setelah dikeluarkan dari loyangnya, tunggu hingga dingin kemudian siap untuk dihias.


Lepaskan kaki boneka barbie, kemudian masukkan dua tusuk sate ke dalam badannya hingga cukup kuat menyangga. Panjang tusuk sate disesuaikan dengan tinggi rok barbie.


Hups....barbie-nya sudah pakai rok niy. Insya Allah tusuk satenya bisa kuat menyangga. Siap untuk dihias ya..


Gunakan spuit bintang ukuran paling kecil ya.
Aku mulai menghias dari bagian atas dengan model sesuai selera. Ini ceritanya barbie-nya memakai gaun panjang dengan atasan model bolero. Gak  mirip bolero?? Sekali lagi harap maklum ya, yang bikin masih amatiran banget hihihihihi ^_^

Sebenarnya tidak sulit membuat barbie cake dengan dekor full buttercream ini. Kuncinya hanya satu, yaitu harus telaten, karena memang butuh kesabaran untuk memenuhi rok barbie-nya dengan spuit yang kecil-kecil ini. Untuk dekornya, karena rush hour, aku hanya menambahkan sedikit spuit rumput di sekelilingnya. Maksa banget deh pokoknya :D

Cocok untuk hadiah ulang tahun putri tercinta. Jadi untuk yang ada di wilayah Kediri dan berminat untuk memesan, bisa kontak aku ya *wink*

SIOMAY

Mendadak ngidam siomay gara-gara lihat Nadhifa, putri Bunda Ricke lagi bantuin Bundanya bikin siomay sendiri hihihihi. Liat foto-fotonya di display picture BBM kok kelihatannya enaaak banget. Langsung deh kontak Bunda Ricke, eh....langsung dikasih resepnya. Alhamdulillah. 
Besoknya langsung deh bikin siomay sendiri dan inilah hasilnya


Masih berantakan banget ya siomaynya xixixixi, tapi rasanya gak berantakan kok ^_^. Kalau Bunda Ricke bikin siomay dengan kulit dimsum, aku cukup pakai kulit pangsit aja deh, karena memang yang ada hanya itu. Yang menentukan enak atau tidaknya siomay memang dari isiannya dan juga saus kacangnya. Karena hanya untuk cemilan aja, aku tidak membuat saus kacang dan cukup menikmati siomay dengan saus sambal aja. Emang malas ya aku ini :D

Untuk yang mau tau resepnya, boleh disimak ya...

SIOMAY
source : Ricke Indriani
modified by Nina

Bahan :
250 gr udang giling
100 gr daging ayam giling
1 sdm tepung sagu / kanji (munjung ya)
1 butir telur
1 batang daun bawang iris tipis
1 buah wortel serut halus
kulit pangsit secukupnya

Bumbu :
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm kecap asin
1/2 sdm kecap ikan
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
- Campur semua bahan menjadi satu dan aduk hingga rata.
- Isikan secukupnya ke kulit pangsit dan bentuk sesuai selera.
- Kukus selama kurang lebih 20-25 menit.
- Angkat dan siap disajikan hangat bersama bumbu kacang atau saus sambal favorit.

Cukup mudah bukan cara membuatnya. Untuk isiannya bisa dikreasikan sesuai dengan selera keluarga, misalnya dengan ikan, jamur tiram, full ayam, full udang atau dikombinasikan. Siomay homemade tentu saja sangat terjamin bahan-bahannya dan juga non MSG ya. Kalau kita membeli siomay dengan bahan-bahan pilihan, harganya cukup mahal juga lho, kurang puas juga maemnya hehehehe. Jadi mending bikin sendiri deh.


LAPIS SURABAYA


Membayangkan sarapan dengan lapis surabaya dan secangkir kopi? Itu yang kualami beberapa hari yang lalu ^_^ Akhirnya malam-malam buka 'kotak ajaib' tempat menyimpan bahan kue dan mulai menyiapkan bahan yang diperlukan. Pengennya maem lapis surabaya yang terbuat dari banyak kuning telur dan butter . Karena persediaan telur yang cuma 10 butir, maka aku hanya membuat 1/3 resep saja. 

Resep asli lapis surabaya yang kubuat ini memakai 30 kuning telur untuk loyang ukuran 24x24 cm. Aku memakai resep Mbak R, hanya resep tersebut aku intip dari blog milik Bunda Ricke. Metodenya pembuatannya pun aku memakai spongecake method seperti halnya Bunda Ricke. Resep berikut untuk takaran 1 resep ya. Aku membuat 1/3 resep dan memakai loyang sekat ukuran 24x24 cm.

LAPIS SURABAYA
source : Mbak R & Ricke

Bahan :
30 butir kuning telur
6 butir putih telur
300 gr gula pasir
20 gr emulsifier
160 gr tepung terigu protein sedang
30 gr susu bubuk full cream
25 gr tepung maizena
300 gr butter ---> lelehkan
1 sdm pasta coklat atau 20 gr coklat bubuk
1 sdt vanilla essense
selai atau buttercream untuk fillingnya

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C, siapkan 3 buah loyang ukuran 24x24 cm. Oles mentega dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. Sisihkan.
- Kocok dengan mixer kecepatan tinggi, telur bersama gula pasir dan emulsifier hingga mengembang, kental dan berwarna putih. Masukkan vanilla essense.Kocok hingga ter campur rata.
- Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata. Matikan mixer
- Masukkan butter yang telah dilelehkan. Aduk balik hingga tercampur rata dengan adonan. Pastikan tidak ada endapan butter yang belum tercampur.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian, dan beri 1 bagian dengan pasta coklat atau coklat bubuk.Aduk rata. Tuang masing-masing bagian ke dalam loyang.
- Oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dan permukaannya kecoklatan.
- Jika sudah matang, angkat dan segera balikkan dari loyang.
- Setelah dingin, olesi dengan selai dan tumpuk ketiga lapisan cake. Tekan sedikit hingga menempel.

Note :
- Selain dengan cara tersebut di atas bisa juga menggunakan 'all in one method' yaitu semua bahan kecuali butter leleh dikocok secara bersamaan. Awali dengan mixer kecepatan rendah dan setelah mulai tercampur, teruskan mengocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan berwarna putih. Kemudian masukkan butter leleh dan aduk balik hingga tercampur rata.
- Untuk menghasilkan lapis surabaya dengan rasa yang enak, gunakan butter kualitas baik ya. 



Lembuuuut banget deh. Alhamdulillah nikmatnya sarapan dengan lapis surabaya ^_^
Anak-anak juga suka lho. 

Selain resep lapis surabaya di atas, ada juga resep lain dari NCC. Resep tersebut sama-sama menggunakan 30 kuning telur, bedanya resep NCC, butternya tidak dilelehkan tapi dikocok dahulu hingga lembut. Kapan-kapan aku posting juga ya. Sama enaknya kok.



Foto yang ini over lighting ya >.< Harap maklum, amatir banget euy

AYAM LODHO


Ayam lodho adalah salah 1 masakan tradisional yang berasal dari Tulungagung, ada juga yang menyebutnya sebagai khas Trenggalek. Ayam lodho ini mirip dengan opor ayam, tapi cita rasanya pedas. Kalau gak pedas berarti bukan ayam lodho ^_^. Ayam lodho biasa diolah dengan menggunakan ayam kampung, karena rasanya akan lebih gurih dan enak. Dalam penyajiannya biasanya ayam lodho didampingi dengan urap-urap. Kebayang kan gimana enaknya.

Kebetulan hari ini pengen banget makan ayam lodho, tapi gak punya ayam kampung, di kulkas cuma ada ayam negeri. Gak apa deh, tetap nekad aja pakai ayam negeri, namanya juga lagi kepengen. Sayangnya lodho yang kubuat ini terlalu kuning warnanya, tapi kalau soal rasa sudah sesuai dengan selera. Pedasnya mantaaap. Yuk coba bikin sendiri...

AYAM LODHO

Bahan :
1 ekor ayam kampung, belah atau potong menjadi 4 bagian (aku pakai ayam  negeri)
1 butir kelapa, parut dan ambil santannya menjadi 300 ml santan kental dan 500 ml santan encer
3 cm lengkuas, iris kasar
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
15 cabe rawit
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
10 siung bawang putih
4 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm kencur
2 cabe keriting rebus
1-2 sdt garam
1 sdm merica butiran

Cara Membuat :
- Lumuri ayam dengan garam, kemudian bakar di atas bara api hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Aduk rata hingga matang dan  harum.
- Tuang santan encer ke dalam tumisan. Aduk sesekali dan masak hingga mendidih.
- Masukkan ayam bakar,  teruskan memasak dengan api kecil.
- Tuang santan kental, terus masak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi kental dan bumbu meresap. Masukkan cabe rawit. Test rasa.
- Angkat

Ayam lodho ini konon lebih enak bila disimpan semalaman dan dipanaskan lagi keesokan harinya. Tapi kalau langsung dinikmati juga sah-sah aja ya. Lebih nikmat bila dinikmati dengan nasi uduk dan tentu saja dengan urap-urap. Kali ini aku cukup menikmati dengan nasi putih biasa. Tetap enaaak.



Pelengkapnya tempe goreng tepung ya, itu lauk wajib yang ada di meja makanku karena semua suka ^_^.




BROWNIES KUKUS PANDAN


Selain brownis kukus coklat, juga tersedia brownis kukus pandan dengan aneka topping yang bisa disesuaikan dengan selera. Lembut dan harum pandan sangat cocok dipadukan dengan beragam topping, misalnya keju, coklat atau juga meises. 

Resep dulu sudah pernah diposting disini ya. Pembuatannya cukup mudah dan cepat serta banyak disukai. Kalau lagi malas buat bisa hubungi aku ya *wink* ^_^ 
Insya Allah dibuat dari bahan-bahan berkualitas, halal dan selalu fresh karena hanya dibuat made by order.



SATE LILIT


Udah lama banget pengen coba bikin sate lilit, Alhamdulillah kesampaian juga. Gara-gara liat postingan Teh Daniar, akhirnya nekad juga bikin sate lilit sendiri. Sate lilit adalah salah satu makanan khas dari Bali. Sependek pengetahuanku sate lilit ini bisa terbuat dari ikan, udang, ayam ataupun daging sapi. Aroma rempah-rempahnya sangat terasa dan tentunya menambah cita rasanya. Kali ini aku membuat sate lilit dari ikan tuna. Selain tuna, ikan kakap juga bisa dipakai lho. Maaf banget kalo penampilan sate lilitnya masih jeleeek banget >.<  Harap maklum ya. Kalau soal rasa....boleh lah dibilang enak hihihihi. Pengen coba bikin juga? Yuuk berikut resepnya ya

SATE LILIT
source : Dapur Daniar
modified by Nina

Bahan :
300 gr daging tuna giling
75 gr kelapa parut kasar
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk buang tulangnya dan iris halus
1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1/2 sdt asam jawa
1/2 sdt merica 
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula merah
minyak untuk menumis
batang serai untuk tusuk sate

Bumbu Halus :
2 cabe merah besar, buang bijinya
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 cm kunyit bakar
1 buah tomat
1 cm jahe
3 butir kemiri sangrai
1/2 sdt terasi bakar

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan asam jawa. Masak kembali. Angkat dan dinginkan.
- Aduk rata daging tuna giling, kelapa parut, merica, gula merah dan bumbu tumis. Aduk hingga semua tercampur rata.
- Ambil sedikit adonan, rekatkan pada batang serai dan bentuk seperti pentul. Lakukan hingga habis.
- Bakar sambil dibolak-balik hingga matang dan harum.
- Hidangkan hangat

Aku sengaja bikin yang versi tidak pedas ya agar anak-anakku juga ikut makan. Kalau ingin  membuat versi pedas bisa menambahkan cabe rawit atau cabe keriting. Hmmm...pastinya lebih mantap. Alhamdulillah....keluargaku cocok aja dengan menu yang baru pertama kali aku buat ini.



Sate lilit siap untuk dibakar

BROWKUS COKLAT ANEKA TOPPING


Varian andalan dari dapur mungilku diantaranya adalah brownis kukus coklat aneka topping. Browkus-nya nyoklat banget dan lembut dengan topping yang bisa dipilih sesuai selera. 

Browkus coklat dengan topping coklat serut aneka warna dan crispy balls.

 Kalau yang ini topping meises di mix dengan keju serut yang melimpah. Suka...deh ama yang ini ^_^

Favorit anakku, browkus yang dicoret-coret coklat leleh dengan taburan crispy balls.

Topping full keju juga enak lho....taburan kejunya melimpah.

Topping bisa divariasikan sesuai selera ya, misalkan keju parut + coklat serut, full keju atau juga full meises. Semuanya enak. Browkus juga bisa dijadikan base untuk decorated cake, baik itu BDCK, Black Forest ataupun cake hias lainnya. Teksturnya jelas lembut, nyoklat dan enak pastinya. Yuks dicobain....

Tuh kan kelihatan nyoklatnya. Yang pasti karena made by order, jadinya selalu fresh ya :)

IKAN SALE MASAK SANTAN


Jangan bosan ya kalau lagi-lagi postingan tentang ikan yang dimasak santan. Ini favorit suamiku sih ^_^ Kali ini aku memakai ikan sale kiriman dari sahabat di Sumatra sana. Ikan sale sendiri adalah ikan yang diasap, namun berbeda dengan ikan asap yang ada di daerahku. Ikan sale atau ikan asap ala Pekanbaru ini tekturnya lebih kering, jadi mirip dengan ikan asin tapi rasanya tidak asin sama sekali serta aroma asapnya kuat sekali. Hmmm....looks so yummy kan.

Untuk yang belum tau ikan sale, niy...seperti ini bentuknya

Yang atas dan berwarna hitam itu ikan sale patin, sedangkan yang bawah berwarna coklat adalah ikan sale lele. Kebalik gak yah? xixixixixi. Mohon maaf kalo kebalik ya, hampir mirip-mirip sih >.<

Ikan sale masak santan sendiri, memakai jurus ilmu kira-kira aja. Alhamdulillah cocok dengan selera suamiku, soalnya minta dibuatkan lagi lho. Sebenarnya bumbu-bumbu dan pelengkapnya mirip dengan Mangut Ikan Tongkol yang sudah kuposting beberapa waktu yang lalu. Tapi tentu saja tetap ada perbedaannya. Berikut ini adalah resepnya ya...

IKAN SALE MASAK SANTAN
by Nina

Bahan :
10 ekor ikan sale (bisa pakai sale lele atau sale patin ya) ---> versiku direndam air sebentar saja
1 kotak tahu, potong-potong dan goreng sebentar hingga berkulit
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, geprek
4 cabe hijau, iris serong
10 cabe rawit utuh
800 ml santan
2 sdt garam (atau sesuai selera)
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk
1 buah tomat, potong-potong
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri bakar
2 cm kencur
3 cabe merah 
3 cabe rawit

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan cabe hijau kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan.
- Masukkan tahu, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
- Masukkan ikan sale, aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Test rasa
- Masukkan cabe rawit dan tomat, masak kembali sebentar.
- Angkat dan siap disajikan.

Note :
setelah ikan dimasukkan jangan dimasak terlalu lama ya, karena ikan akan hancur

Dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk...nikmat sangat. Alhamdulillah. Untuk sayurnya kemarin aku bikin sayur asem, gak nyambung ya? Soalnya anak-anak suka sayur asem  ^_^
Menurut sahabatku, ikan sale ini cocok juga lho bila dimasukkan ke dalam gulai daun singkong. Jadi pengen nyobain juga, karena aku suka banget gulai daun singkong.


OMBRE CAKE (STEAMED)


My first Ombre Cake yang berantakan >.<  Penasaran banget pengen bisa cake yang satu ini, percaya gak sampai kebawa mimpi lho bikin ombre cake sendiri xixixixi. Sampai segitunya ya. Ombre Cake sendiri adalah cake yang sedang booming belakangan ini. Seperti halnya Rainbow, Ombre juga berlayer-layer. Dalam bahasa Prancis, Ombre artinya adalah gradasi. Jadi Ombre Cake adalah cake dengan gradasi warna mulai dari warna muda hingga warna yang tua. Berbagai pilihan warna bisa dipilih untuk menghasilkan Ombre Cake yang cantik. Untuk proses pewarnaannya menurutku memang lebih sulit dibandingkan dengan Rainbow Cake, karena memang butuh kejelian untuk menghasilkan gradasi warna yang cantik.

Seperti halnya Rainbow Cake, untuk membuat Ombre kita bisa memakai resep cake sesuai selera kita, baik itu yang oven / bake ataupun kukus / steam. Untuk yang oven, kita bisa memakai cake dengan buttercake method ataupun cake dengan resepe spongecake method. Sependek pengetahuanku, untuk buttercake  maka adonannya bisa menunggu untuk bergiliran masuk oven. Sedangkan untuk spongecake juga masih bisa menunggu asalkan jangan terlalu lama ya. CMIIW. 
Karena Ombre Cake ini adalah proyek dadakan, maka udah gak sempat cari-cari resep lagi deh. Tadinya mau bikin dengan base buttercake, tapi malas untuk googling lagi. Untuk spongecake aku hanya hafal resep NCC, tapi karena udah malam takut kelamaan kalau bikin yang versi oven. Ya udah lah pakai resep steamed rainbow cake yang dulu pernah kuposting disini ya. Karena udah kemalaman pula aku hanya membuat 4 layer saja. Semakin banyak layer tentunya akan semakin cantik lho.

Resep kutuliskan lagi disini ya...

OMBRE CAKE (STEAMED) 
adapted from RC Ani Lizzarni & Wanti

Bahan :
8 butir telur suhu ruang
325 gr gula pasir (bisa ditambahkan hingga 350 gr kalau suka manis)
1 sdm emulsifier (optional)
280 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt vanilla
300 ml minyak sayur kualitas baik
pewarna makanan

Filling :
Buttercream, keju cheddar parut

Cara Membuat :
- Timbang bowl lalu dicatat, siapkan 4 loyang (aku memakai loyang bulat diameter 20 cm). Oles tipis  margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
- Kocok telur dan gula dalam bowl yang sudah ditimbang. Kocok hingga mengembang dan kental
- Masukkan terigu dan vanilla susu yang sudah diayak. Aduk rata.
- Masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit dan aduk balik hingga rata. Jangan sampai ada sisa minyak yang masih mengendap di dasar bowl.
- Timbang bowl beserta adonannya kemudian kurangi berat bowl untuk mendapatkan berat adonannya. Bagi 4 adonan sama rata (berat adonan dibagi4), lalu masing-masing diberi warna dengan menggunakan takaran tetes untuk mendapatkan gradasi warna yang diinginkan.
- Kukus  masing-masing warna selama kurang lebih 15 menit hingga matang dengan api kecil, angkat lalu dinginkan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar cake (bisa dimulai dengan warna yang lebih tua atau yang lebih muda dahulu). Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut.
- Tumpuk dengan cake dengan warna setingkat diatasnya, oles buttercream kembali dan taburi keju cheddar parut.
- Lakukan hingga cake terakhir dan hias sesuai selera.

Untuk Ombre Cake pertamaku ini, bisa dibilang aku gagal lho membuat gradasi warnanya. Gak cantik sama sekali warnanya T_T. It's oke ya...semoga ntar bisa lebih cantik lagi warna cake-nya. Nih lihat deh gradasi warna yang kubuat >.<


Hfff....menurutku memang susah deh bikin Ombre Cake ini, tapi justru itu yang bikin penasaran untuk coba bikin lagi dengan warna-warna lain xixixixixi. Jadi harus tetap semangat ya kalau apa yang kita buat belum sesuai dengan yang kita harapkan ^_^.

Untuk dekornya aku memakai buttercream lembut yang dibuat gradasi juga dan dispuit bentuk swirl. Selain buttercream bisa menggunakan cream cheese frosting atau whipcream kocok untuk covernya ya. Walau dekornya masih berantakan banget, tapi aku suka deh bikin gradasi warna buttercreamnya. Apalagi sambil dekor bisa sesekali ngicipin buttercream yang lembuuut dan enak ini xixixixi. Ngicipin tapi kok bolak balik ya. Untuk dekor yang full buttercream seperti buatanku ini, tentunya harus bikin buttercream yang enak donk. Nah...kalau aku sendiri sudah cocok banget dengan resep buttercream ITaRa. Rasanya seperti es krim lho, lembut walau tanpa penggunaan soft cream. Kebetulan di kotaku gak ada yang jual soft cream, jadi resep buttercream ini benar-benar jadi andalanku deh. Resepnya buttercream ala ITaRa sendiri dulu sudah pernah kuposting disini, tapi kali ini aku tulis kembali yang tanpa penggunaan soft cream ya...

BUTTERCREAM
source : Dapur Dida

Bahan :
500 gr shortening / mentega putih kualitas baik (bisa pakai yang lokal atau import atau boleh juga dimix keduanya)
1 kaleng susu kental manis (aku pakai Frisian Flag Gold)
100 gr whipcream bubuk + 150 ml air matang suhu ruang ---> aduk rata
(atau bisa juga pakai 250 gr whipcream cair)
1 sdt vanilla susu (aku pakai L'Arome)

Cara Membuat :
- Mixer mentega putih dengan kecepatan sedang sampai agak lembut (kurleb 10-15 menit).
- Masukkan campuran whipcream sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata.
- Kocok terus hingga lembut dan tidak terasa ngendal di lidah. Masukkan vanilla susu. Kocok rata.
- Turunkan kecepatan mixer menjadi speed 1 lalu kocok lagi selama kurang lebih 5 menit. Matikan mixer.
- Aduk buttercream yang sudah jadi dengan sendok kayu sampai rata dan tidak ada gelembung udara agar buttercream mulus dan cantik saat digunakan.

Note :
Apabila dirasa kurang manis, bisa ditambahkan simple sirup atau SKM sedikit lagi hingga tingkat kemanisan yang diinginkan.
Apabila ingin buttercream yang lebih creamy bisa ditambahkan 2 sdm susu bubuk full cream.

Untuk dekor pada Ombre Cake yang full buttercream ini, aku tidak menambahkan lagi susu kental manis, karena kurasa sudah pas rasa manisnya. Jadi sesuai selera aja ya.

Masih kurang puas dengan Ombre Cake pertamaku ini, next time better ya. Pengen bikin yang versi oven dengan cream cheese frosting...aduuuh pasti enak banget deh. 



SIMPLE BDCK FOR PAK YUNIZAR


Simple BDCK ini dipesan oleh mbak Raysa dan rekan-rekannya sebagai surpraise untuk Pak Yunizar beberapa hari lalu. Request-nya cake keju dengan simple dekor aja. Akhirnya kubuatkan 2 layer bolu hongkong keju yang lembut. Fillingnya memakai buttercream ala ITaRa dan diberi keju cheddar parut.
Covernya tetap memakai buttercream dan diberi parutan keju cheddar yang banyak dan ditutup dengan pagar coklat. Fresh strawberry dan red cherry kering sebagai pemanis agar ada warna yang cerah. Sayangnya udah gak sempat lagi poles-poles strawberry-nya agar mengkilat..sayang banget ya.

Alhamdulilah surpraise-nya berhasil. Senang banget ketika dikirim foto Pak Yunizar yang tersenyum melihat surpraise cake untuknya.
Selamat Ulang Tahun Pak Yunizar, semoga kesuksesan senantiasa diperoleh, tambah Barokah serta diberikan kesehatan selalu. Amiin.

Terima kasih untuk ordernya Mbak Raysa...semoga berkenan dengan cake-nya ya ^_^





NASI BAKAR JAMBAL ROTI


Nge-nasbak lagi yuuuk, secara ini favorit banget. Bikinnya memang ribet, tapi sesuai dengan rasanya lho. Kebetulan beberapa hari yang lalu dapat kiriman lagi dari seorang adikku di Sumatera sana. Isinya benar-benar menggiurkan untuk penggemar ikan asin seperti aku xixixixixi. Teri medan, jambal roti atau jambal kakap, ikan sale lele, ikan sale patin dan juga coklat buat anak-anakku. Makasih Uncu sayang....hugs...hugs.

Back to nasbak, dulu pernah baca artikel di salah 1 tabloid tentang salah 1 resto di Jakarta yang salah 1 menunya adalah nasi pepes jambal roti. Sekilas kubaca resepnya...lho kok pakai bumbu opor ya walaupun kurang lengkap, trus kenapa juga  namanya nasi pepes jambal roti, kan gak pakai bumbu pepes? Haaa...protes aja si Bunda ini. Tapi jujur menu ini benar-benar menggugah seleraku, penggemar ikan asin jambal kan ^_^.  Jadi ketika untuk yang kesekian kalinya dapat kiriman jambal roti, menu pertama yang terlintas ya nasbak jambal roti.

Untuk resepnya,  juga memakai bumbu dasar opor, tapi tentu saja ala dapurku ya. Untuk yang berminat ingin membuat juga, monggo disimak resepnya...

NASI BAKAR JAMBAL ROTI

Bahan :
500 gr beras, cuci bersih dan tiriskan
150 gr fillet ayam potong dadu kecil
250 gr jambal roti potong dadu kecil
(untuk mengurangi rasa asinnya bisa dibungkus koran dan direndam air dahulu sebelum diolah)
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai memarkan
750 ml santan dari 1 butir kelapa
5 cabe merah, iris tipis
5 cabe rawit iris halus
1 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
minyak untuk menumis
daun pisang secukupnya + lidi untuk menyemat

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
4 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
1cm lengkuas
1/2 sdt jinten
1 sdt ketumbar
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk hingga matang
- Masukkan fillet ayam dan jambal roti, aduk hingga berubah warna.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian bumbui dengan gula dan merica bubuk.
- Masak hingga matang. Test rasa.
- Tiriskan ayam dan jambal roti dari kuahnya, sisihkan.
- Didihkan kembali kuah santan, masukkan beras. Aduk hingga kuah menyusut (bila dirasa perlu bisa ditambahkan air atau santan kembali).
- Angkat dari api, kemudian pindahkan ke dalam kukusan. Kukus hingga matang kurleb selama 20 menit, angkat.
- Campurkan cabe merah, cabe rawit, campuran ayam dan jambal roti ke dalam nasi. Aduk hingga rata.
- Bungkus dengan daun pisang sambil dipadatkan, sematkan dengan lidi. Lakukan hingga nasi habis.
- Bakar sejenak hingga daunnya agak kering 
- Angkat dan siap disajikan dengan lalapan dan sambal favorit keluarga

Hati-hati dengan penggunaan garam ya, karena walau sudah direndam dan berkurang rasa asinnya, tentu saja jambal roti ini tetap asin (namanya juga ikan asin). Aku tidak menambahkan garam lagi di kuah santannya dan segera tiriskan ayam beserta jambal roti dari kuahnya. Kalau terlalu lama dibiarkan di dalam kuahnya, maka kuah akan menjadi lebih asin. CMIIW ya


Harum aroma bakarnya benar-benar bikin laper, jadi sambil menyelesaikan membakar semua bungkusan, aku udah habis 1 bungkus nasbak :D Sayangnya lupa untuk beli lalapan yang lengkap, sementara di rumah cuma ada tomat aja, gak apa deh ya. Tambahkan daun kemangi dan tak lupa krupuk....yuuk makan.
Yang bikin tambah senang, ternyata Naira-ku suka banget. Pulang sekolah dia langsung minta makan dengan nasi bakar dan Alhamdulillah ludes tak tersisa. Kukira memang dia lagi lapar ya karena udah capek di sekolah, ternyata sorenya dia juga semangat minta nasi bakar lagi. Enaaaak....gitu katanya. Alhamdulillah....senangnya.

Sst....properti piringku baru lhoo (pamer ya). Itu juga kiriman dari Uncu Fitri...senangnyaaa. Udah cukup lama aku pengen banget punya piring, mangkok dan gelas jadul ini. Alhamdulillah kesampaian juga. Thanks again Uncu...^_^

Lucu yaaa....suka banget liat gelas-gelasnya itu. Sekarang tiap hari dipakai unt

FLOWER EDIBLE BDCK FOR ARA


Ini BDCK yang melengkapi pesanan cupcake untuk ultahnya baby Ara yang cantik. Request-nya cake vanilla ukuran 30x30 cm dengan edible dan dekor bunga-bunga serta diberi 3 figurin binatang plus 1angry bird merah xixixixi. Panjang banget request-nya ya jeng Ernik :D

Anyway....seneng banget bisa ngerjain BDCK ini, walaupun ngerjainnya juga sambil deg-degan karena ini adalah cake besar pertama yang kubuat. Selama ini bikinnya yang mungil-mungil aja hehehehe. Basecake-nya bolu hongkong vanilla yang lembut dengan filling buttercream. Cake dicover dengan buttercream lembut dan dihias dengan fondant serta pagar coklat mengelilingi cake. 


Sempat blank sama sekali gak ada ide mau didekor gimana BDCK ini, akhirnya sambil begadang dekor, keluar sendiri idenya. Karena requestnya banyak dekor bunganya ya tentu saja dibuat bunga-bunga kecil aneka warna. Tadinya Mama Ara pengen BC pink yang dipadukan dengan ungu, tapi setelah kubuat kok jadinya kurang cantik ya. Hmmm....kayanya memang pewarna ungu yang kupunya deh yang kurang bagus warnanya. Akhirnya dengan persetujuan Mama Ara, kuganti deh dengan warna pink yang dipadukan dengan putih. Jadi lebih cantik menurutku.

Untuk figurin-figurin binatangnya...whuaaa....asli nggak pede, maklum belum bisa bikin figurin. Akhirnya bikin yang gampang-gampang aja, yaitu gajah, bebek dan gajah. Mirip gak ya? heheeeeh


Request-nya angry bird merah tapi kok jadinya malah maroon ya xixixixi. Maklum di kotaku gak ada fondant jadi yang warna  merah, mau warnain sendiri pasti jadinya malah pinky pinky. Untungnya bisa nitip ke Mbak Yunita yang baik hati. Jadi walaupun maroon, tapi tetap lucu kan :D


Blue baby elephant yang imut dan genit karena pakai bunga kecil di kepalanya ^_^


Little bee yang montok denga sayap kecilnya. Duuuh....gak banget deh bentuknya, gak proporsional hahahahaa..ini dibuat last minute sebelum diambil. Jadinya bawaannya udah panik aja.Next time better ya...


Cute little duck yang sedirian di pojokan cake, seakan-akan mau makan bunga-bunganya tuh xixixixixi.
Maaf semua foto-fotonya burem ya, cuma difoto pakai hape, cuaca mendung dan udah keburu waktu banget. Jadi ya cuma begini aja deh foto-fotonya.

Terima kasih ordernya ya Jeng Ernik, semoga berkenan dengan BDCK-nya. Untuk Adek Ara...selamat ulang tahun ya sayang, semoga menjadi anak sholehah yang bisa menjadi kebanggaan keluarga. Amiin.


EDIBLE CUPCAKE FOR ARA


Alhamdulillah ini adalah salah 1 orderan minggu lalu, yaitu edible cupcake untuk Fatimah Az-Zahra atau Ara yang merayakan ulang tahun yang pertama. Request-nya cupcake dengan buttercream warna warni yang diberi edible print Ara yang cantik. So...enjoy the colourful cupcake ya






Base-nya adalah cupcake vanilla, dengan buttercream yang lembut dan tidak eneg. Hiasannya cukup dengan diberi swirl aja karena sebagian besar juga akan tertutup edible. Nahh...gini nih yang belum ditutup dengan edible. Cantik kaaaan...



BRANDY SNAPS WITH FRUITY COCKTAIL (LBT#15)


Alhamdulillah...akhirnya bisa ikutan juga PR LBT#15 ini, secara bikinnya baru tadi siang euy >.< Dulu udah pernah nyobain juga, tapi gak sempat difoto-foto. Kupikir karena bikinnya cepat ntar bisa segera bikin lagi, ternyataaaa.....kesibukan dan rasa malas mengalahkan segalanya dan baru sempat bikin tadi xixixixi. 

Aku sendiri awalnya masih asing dengan nama Brandy Snaps ini dan karena LBT jadi bertambah lagi pengetahuan di dunia baking. Thanks LBT. Berikut ini aku copy-kan deskripsi Brandy Snaps yang ada di dokumen grup ya
Brandy Snaps adalah salah satu dessert dari negara Inggris, Irlandia, Australia dan New Zealand. Di Prancis disebut juga sebagai Gateaux Croquant a la Creme. Brandy Snaps terbuat dari gula, butter,golden syrup, tepung, jahe bubuk dan cream. Walau namanya adalah Brandy Snaps namun tentu saja tidak harus menggunakan brandy yang merupakan salah 1  minuman beralkohol dalam pembuatannya. (source : dokumen grup LBT). Bahan-bahannya mudah didapat dan relatif  mudah cara pembuatannya walau sedikit tricky ya. Brandy snaps dapat dikreasikan sesuai selera, bisa digulung, dibentuk menyerupai cone, dilipat atau dibentuk seperti mangkok. Isian atau fillingnya juga bisa disesuaikan dengan selera, bisa berupa whipcream kocok, es krim,  cream cheese frosting, atau juga buttercream. Karena terbuat dari gula dan tentu saja rasanya manis,maka lebih disarankan untuk memilih fillling yang ringan ya. Kali ini aku memilih filling whipcream kocok yang dipadukan dengan fruit cocktail yang segar untuk mengimbangi rasanya yang manis.

BRANDY SNAPS WITH FRUITY COCKTAIL
source : Mary Berry
modified by Nina

Bahan :
50 gr butter
50 gr gula (aku pakai 35 gr gula pasir + 15 gr gula palem)
50 gr golden syrup
50 gr tepung terigu serba guna
1/2 sdt jahe bubuk (aku memakai kayu manis bubuk)

Filling / topping :
whipcream kocok, fruit cocktail atau buah segar sesuai selera

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C. Alasi loyang dengan baking parchemnt (kertas roti).
- Masukkan butter, gula dan golden syrup ke dalam panci. Masak di api sangat kecil sambil diaduk secara perlahan sampai meleleh dan tercampur rata. Angkat dan diamkan sebentar.
- Ayak tepung terigu dan kayu manis bubuk, masukkan ke dalam panci dan aduk sebentar hingga tercampur rata.
- Sendokkan secukupnya adonan ke atas loyang, oven 6-8 menit hingga adonan berwarna kecoklatan.
 Angkat dari oven dan diamkan sebentar hingga hangat, angkat menggunakan pisau tipis balikkan dan gulung di pegangan wisker atau cetak dengan menggunakan bantuan gelas yang sudah dioles tipis mentega atau minyak. Diamkan hingga adonan dingin dan set.
- Siap diberi filling atau topping sesuai selera


Sst...sebenarnya selain bikin yang bentuk mangkok, aku juga bikin yang bentuk cone lho, sempat kefoto juga kok. Nah...sewaktu akan mengubah posisi foto, yang bentuk cone malah kesenggol dan jatuuuh ke lantai..wuaaa. Ya wis lah yang disetorin yang bentuk mangkok aja ^_^


Tuh kan keliatan sedikit yang bentuk cone, belum juga dizoom udah keburu jatuh dan berantakan smua heuheuheu....
Thanks LBT....bertambah lagi ilmu bakingku. Sukses selalu buat host dan LBT'ers...huuugs