TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE

Ini bisa dibilang proyek nekad yang dibuat tanpa persiapan yang matang. Ngebet banget pengen buat karena emang udah lama pengen bikin mousse cake gara-gara liat punyanya Teh Ricke Indriani yang cantiiik banget. Kebetulan udah punya gelatin bubuk, jadi kupikir tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep ini.
Weits....ada lagi yang belum punya, yaitu springform loyang atau loyang bongkar pasang atau loyang ring bulat. Tapi kupikir itu bisa diganti dengan mika yang kubeli di tukang fotokopi xixixixi. Daaan....karena nekad dan bikin mika-nya asal aja, hampir aja terjadi tragedi mousse cake >.< (halaaah bosonya tuh).

Dan inilah my first mousse cake


Whuaaa.....berantakan banget yak, layernya gak sama tebalnya. Awalnya aja udah salah ambil loyang untuk membuat cake-nya, harusnya loyang 20-22 cm, aku malah pakenya loyang 18 cm...hadeeeh. Makanya jadi tinggi banget yak. Udah kebayang aja waktu itu bakal gagal buatnya, karena memang aku asal-asalan aja bikin mika-nya. Kupikir udah cukup kuat ternyata sewaktu menuang mousse yang coklat malah meleber kemana-mana. Paniiik, untungnya cepat-cepat aku pindahkan lagi ke bowl dan akhirnya memang ada yang kebuang mousse coklatnya. Minta tolong ke suamiku untuk bikinin mika yang lebih kokoh lagi. Maklum aja ya aku hanya memakai mika fotokopi-an jadi harus disambung-sambung supaya membentuk bulat dan kokoh. Hiiiks....satu pelajaran penting kudapat lagi, gak boleh asal aja kalau mau ngebaking, harus benar-benar dipersiapkan dengan matang, baik itu bahan baku ataupun alat-alatnya.

Ada kejadian lagi, saat sabuk coklat yang aku pasang mengelilingi cake belum set benar dan masih tersimpan di kulkas, ternyata isolasinya kebuka. Hiiiks....sabuknya ada yang terlepas di beberapa bagian karena memang kurang lama di kulkasnya. Akhirnya aku pasrah aja deh cake-nya langsung dipotong-potong padahal belum difoto secara utuh. Kalau cake-nya sih udah siap untuk dinikmati karena sudah semalaman aku simpan di kulkas. Baru ingat kalau belum ada fotonya ketika cake tinggal separuh aja hahahahah...^_^

Back to the cake, rasanya seperti yang sudah kuduga....enaaak dan lembut. Terdiri dari 4 layer, yaitu 2 layer dark chocolate cake, 1 layer dark chocolate mousse dan 1 layer white chocolate mousse. Untuk yang mau tau resep asli dan TCMC Bunda Ricke yang super cantik bisa klik disini ya.
Untuk cake dan mousse-nya aku memakai resep yang sama dengan Bunda Ricke. Hanya untuk chocolate glaze-nya aku memakai yang lebih sederhana, hanya memakai dark cooking chocolate + unsalted butter aja.
So...check the recipe ya

TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE
source : Ordinary Kitchen
modified by Nina

Dark Chocolate Cake
Bahan :
5 butir telur
75 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier (skip)
1/2 sdt vanilla
70 gr tepung terigu protein sedang
30 gr coklat bubuk
10 gr maizena
50 gr butter (aku pakai margarin)
40 gr dark chocolate (DCC) cincang
1 sdt pasta coklat (skip)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang bulat ukuran 20-22 cm, alasi dengan kertas roti, oles mentega, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena. Sisihkan.
- Lelehkan DCC bersama margarin/butter, dinginkan.
- Kocok telur bersama gula dan emulsifier hingga mengembang, masukkan vanilla. Kocok terus hingga mengembang, kental dan membentuk jambul petruk.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata.
- Masukkan campuran butter/margarin dan DCC. Aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan di adonan.
- Tuang ke dalam loyang dan oven 180'C selama 30-35 menit hingga matang (tergantung masing-masing oven ya).

Atau bisa juga dengan metode all in one, yaitu campur semua bahan menjadi satu, kecuali campuran margarin-DCC. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak (sekitar 20 menit). Masukkan campuran margarin-DCC dan aduk balik hingga tercampur rata, tuang ke dalam loyang dan siap dipanggang hingga matang.

Dark Chocolate Mousse
Bahan :
110 gr susu cair (ditimbang ya)
5 gr gelatin bubuk
2 sdm air dingin
175 gr dark chocolate (DCC)  cincang
300 gr non dairy whipcream dingin (aku pakai  100 gr whip cream bubuk + 200 ml air dingin sekali)

White Chocolate Mousse
Bahan :
110 gr susu cair (ditimbang)
5 gr gelatin bubuk
2 sdm air dingin
175 gr white chocolate (WCC) cincang 
300 gr non dairy whipcream dingin (aku pakai  100 gr whip cream bubuk + 200 ml air dingin sekali)

Cara Membuat :
Dark Chocolate Mousse
- Larutkan gelatin dengan 2 sdm air dingin, aduk rata dan diamkan sekitar 5 menit. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
- Panaskan susu cair dengan api kecil cukup sampai terlihat bagian pinggirnya mulai mendidih. Matikan api.
- Masukkan gelatin, aduk rata dengan menggunakan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
- Letakkan DCC dalam wadah dan tuangkan susu panas tadi. Diamkan hingga coklat mulai meleleh dan aduk hingga tercampur rata. Sisihkan dan jaga agar tetap hangat kuku.
- Kocok whip cream hingga setengah kaku / soft peak, masukkan secara bertahap campuran coklat. Aduk rata

Penyelesaian :
- Belah cake menjadi 2 bagian sama besar, trim sedikit bagian atas cake yang berkulit.
- Letakkan selembar cake pada ring bulat / springform loyang (aku memakai mika). Basahi seluruh permukaannya dengan simple sirup.
- Tuangi dark chocolate mousse, ratakan dan simpan di freezer supaya set.
- Buat white chocolate mousse dengan cara yang sama dengan dark chocolate mousse
- Setelah dark chocolate mousse set, keluarkan dari freezer dan tuang atasnya dengan white chocolate mousse. Ratakan
- Tutup dengan selembar cake lainnya dan simpan kembali di dalam freezer supaya set.
- Setelah cukup set, siram permukaan atasnya dengan chocolate glaze dan simpan kembai di freezer.Bekukan 3-4 jam baru dikeluarkan dari ring atau dilepas mikanya.
- Siap disajikan dingin

Chocolate Glaze 
Bahan :
75 gr DCC cincang
50 gr unsalted butter

Cara Membuat
Campur DCC cincang dan unsalted butter dan lelehkan dengan cara ditim.
Siap disiramkan di atas cake.


Tetap aja potongannya berantakan sana sini dan belum bisa rapi :( Kurang telaten sih ya. Tuh keliatan banget kan kalo tebal layernya gak sama. Belah cake-nya juga gak sama, dark chocolate mousse-nya ada yang kebuang, lengkaplah sudah ketidaksamaan ini xixixixi >.<
Tapi jangan tanya rasanya ya....enaaak banget, lembut dan pas. Kalau aku paling suka dengan lapisan white mousse-nya, berasa makan es krim deh pokoknya. Siang-siang makan cake ini.....heavenly  ^_^

Masih tetap penasaran, pengen buat yang lebih bagus lagi, tentunya harus dengan persiapan yang matang ya. Dan itu berlaku untuk semua yang akan kita buat ya, gak cuma cake ini aja. Hasil baking dan cooking kita akan jauh lebih bagus kalau kita persiapkan bahan dan alat-alatnya dengan matang. 


Tuh kan..waktu difoto, cake-nya tinggal separo aja, itupun sabuk coklatnya udah dicuwilin ama anak-anak ^_^





BOLU HONGKONG KEJU

Sampai kelupaan ya untuk posting bolu hongkong keju aka bolhong keju yang kujanjikan dulu. Emang ada yang nanyain? xixixixi. Bolhong keju ini yang aku jadikan basecake elephant cake beberapa waktu yang lalu. Agak-agak males posting karena fotonya jelek nian tapi tetap perlu diposting karena memang belum pernah aku tulis di blog. Dulu pernah posting bolhong coklat dan bisa dilihat disini

Bolhong adalah cake yang pembuatannya dengan metode pengocokan putih dan kuning telur terpisah, sehingga teksturnya menjadi lembut dan ringan. Menurutku lebih ringan dibandingkan spongecake. Cake lain yang cara pembuatannya dengan metode pengocokan telur terpisah antara lain adalah Japanese Cheese Cake, Cheddar Cheese Cake, Chiffon Cake, Tres Leches Cake dan masih banyak lainnya. Hampir semuanya bertekstur lembut dan ringan. Nah....smoga foto yang di bawah ini bisa menggambarkan tekstur yang kumaksud tadi.


Maafkan fotonya seadanya dan burem banget. Kebetulan ada sisa adonan dan kutuang di loyang loaf kecil dan ketika matang langsung dipotong-potong. Berhasil menyelamatkan 1 potong dan kufoto-foto deh ^_^
Resepnya aku lihat di Ordinary Kitchen-nya teh Ricke Indriani. Here's the recipe ya

BOLU HONGKONG KEJU
source : Ricke Indriani, adapted from Saji

Bahan :
4 kuning telur
30 gr gula kastor
1 sdt emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
1/2 sdt essens vanilla
1 sdm susu cair
1/2 sdt perasan air jeruk nipis (aslinya pakai cream of tartar)
50 gr gula kastor
60 gr tepung terigu protein rendah (misalnya merk Kunci Biru)
15 gr maizena
1/2 sdt baking powder
50 gr keju cheddar parut (aslinya 30 gr)
50 gr margarin, lelehkan
30 gr keju cheddar parut untuk taburan (aku gak pakai)

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan baking powder, sisihkan
- Kocok kuning telur, 30 gr gula kastor dan emulsifier hingga mengembang, kental dan pucat. Masukkan susu cair dan essens vanilla. Kocok hingga rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis hingga setengah mengembang. Masukkan 50 gr gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan SOFT PEAK
- Masukkan kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok perlahan sampai rata.
- Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
- Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik perlahan dan merata. Pastikan tidak ada endapan margarin yang belum tercampur dengan adonan.
- Tuang ke dalam loyang yang dialas kertas roti

- Panggang selama kurang lebih 30-35 menit hingga matang.

Bagiku yang masih pemula ini, memang pembuatannya agak tricky terutama dalam pengocokan putih telur dan saat mencampur dengan margarin leleh. Tapi kalau banyak praktek dan telaten pasti bisa juga kok.



Yang ini fotonya juga gak kalah jelek dan juga keliatan kalau potongannya seadanya banget xixixixix. Yang pasti keliatan kan teksturnya yang lembut itu. Selain bolhong keju dan coklat, pernah buat juga yang pandan. Nggak kalah enaknya lho, ntar ya kapan-kapan diposting resepnya juga.




KUE LUMPUR GURIH



Kue lumpur lagi?? Jangan bosen ya, karena memang ini kue favoritku. Kali ini aku membuat versi lain, yaitu yang rasanya gurih dengan taburan ayam cincang di atasnya. Kebetulan kemarin ada acara rapat di rumah, jadilah kue lumpur gurih ini sebagai salah satu snack-nya.

Resepnya aku lihat di Tabloid Lezat edisi Wirausaha yang ada bunda Ricke-nya hihihihi. Banyak sekali resep menarik disana, dan kue lumpur gurih ini yang pertama kali aku cobain.Yang belum beli tabloidnya dan pengen tau resepnya bisa disimak disini ya

KUE LUMPUR GURIH
source : Lezat edisi Wirausaha

Bahan I (kue lumpur) :
250 gr tepung terigu serbaguna
3 butir telur
1 liter santan
25 gr gr gula pasir
1 sdt garam

Bahan II (tumisan ayam):
200 gr dada ayam suwir-suwir
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus untuk tumisan ayam :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt jinten
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
Tumisan ayam : panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan suwiran ayam, aduk hingga rata, berubah warna dan matang. Angkat dan sisihkan.
Kue lumpur : Campur semua bahan I hingga tercampur rata.
Panaskan cetakan kue lumpur hingga benar-benar panas, beri alas di kompor agar tidak mudah hangus.
Tuang adonan kue lumpur hingga hampir penuh, tutup cetakannya.
Masak hingga bagian atas sedikit mengeras kemudian beri taburan ayam suwir dan cabe merah.
Masak hingga matang.
Angkat dan siap dihidangkan.

Mudah bukan cara membuatnya, bahan-bahannya juga simpel dan mudah didapat. Suka banget dengan rasanya yang gurih dan teksturnya yang tetap lembut walau tidak memakai kentang. Toppingnya bisa diganti sesuai selera ya, bisa juga memakai daging sapi cincang, seafood atau bahkan abon...hmmm....kebayang enaknya.



Fotonya yang ini burem dan blur ya >.<

ELEPHANT CAKE FOR KAYLA




Salah satu orderan minggu lalu yang baru sempat diposting sekarang. Elephant cake ini dipesan oleh mbak Raysa untuk ultah pertama putrinya yang cantik Kayla. Karena baby Kayla suka ama gajah, jadi request minta dibuatkan elephant cake. Awalnya kukira ingin cake yang dicarving membentuk gajah, tapi ternyata minta dibuatkan figurine gajah ^_^

Ini pertama kalinya aku buat figurine dari fondant, jadi sebenarnya modal nekat ya heheheheh. Kenapa aku berani mengiyakan request mama Kayla kalau aku sendiri belum pernah membuatnya? Karena aku anggap untuk proses belajar dan kesempatan terkadang tidak datang untuk yang ke-2 kalinya. So...bermodalkan googling sana sini dan juga semangat dari suami serta sahabat, kuberanikan diri menerima order ini.

Dan inilah pink baby elephant for Kayla

Tentunya masih belum rapi ya elephant-nya, masih belum mirip yak >.< Tapi setidaknya belalai dan telinganya yang lebar udah menunjukkan kalau itu gajah hahahaha :D

Base cake-nya adalah 2 layer bolu hongkong keju yang lembut dengan filling buttercream dan diberi parutan keju cheddar. Cake dicover dengan buttercream dan diberi pagar WCC. Untuk tambahan dekor, aku membuat sedikit bunga-bunga mungil biar gajahnya gak sendirian ^_^  Sempat khawatir juga dengan cake-nya, kira-kira kuat gak ya menopang gajah yang ndut ini . Untungnya smua baik-baik aja.
Untuk resep bolu hongkong keju, aku posting besok aja yaaa.

Alhamdulillah dapat BBM dari mama Kayla kalau suka dengan elephant cake-nya, suka juga dengan cake-nya yang lembut..Alhamdulillah. Terima kasih untuk ordernya ya mbak Raysa.
Eid Milad Kayla cantik, semoga kelak menjadi anak sholehah dan pintar serta dapat menjadi cahaya bagi keluarga. Amiin


SUS GORENG SALJU




Cemilan favorit anak-anakdi rumah. Bundanya juga suka bikinnya karena cepat, mudah dan anti gagal pastinya. Resepnya sama dengan resep sus, cuma bedanya yang ini digoreng. Dimakan langsung enak karena sudah terasa gurih, dimakan dengan memakai saus coklat juga enak seperti yang dulu aku posting Sudah beberapa kali juga aku posting di blog, bisa dilihat disini. Bisa juga dinikmati dengan taburan gula halus.

Resepnya bisa pakai resep sus andalan ya dan tinggal dikreasikan dengan topping favorit keluarga. Seperti yang kali ini kubuat, cukup didusting dengan gula halus aja udah laris manis dan besoknya pada nagih minta dibuatin lagi hihihihihi.


PROLL TAPE




Sebenarnya sudah cukup sering juga bikin proll tape ini, tapi ternyata belum pernah tayang di blog ya. Proll tape ini kubuat siang tadi untuk bekal ke Surabaya. Sempat bingung antara bikin brownies, cake pandan atau proll tape ini, akirnya aku tanyakan ke suamiku mau pilih yang mana dan jawabnya adalah proll tape. Siaaap...meluncur ke dapur ^_^

Resep yang kupakai adalah Proll Tape Surabaya tanpa obat-obatan yang dijadikan Tantangan Mbak R yang ke-2 beberapa bulan yang lalu. Tanpa obat-obatan maksudnya adalah tanpa pengembang kue, emulsifier dan sejenisnya. Dulu sudah niat banget pengen ikut Tantangan Mbak R ini, malahan sempat 2x buat lho tapi akhirnya gagal ikut juga. Yang pertama file-nya rusak jadi fotonya gak bisa dibuka dan yang kedua proll tape-nya gak karuan bentuknya karena dipotong anak-anak padahal belum sempat difoto haahahah. It's oke yang penting udah tau rasanya. Jadi kali ini tetap pakai resep dari mbak R, udah cocok banget deh.

PROLL TAPE
source : Mbak R

Bahan :
150-175 gr tape singkong buang seratnya, haluskan (aku pakai 160 gr)
1 sachet susu kental manis (sekitar 42-45 gr)
4 butir telur antero
75 gr gula pasir
75 gr tepung terigu all purpouse
10 gr maizena
15 gr susu bubuk
75 gr butter low calorie (aku pakai margarin)
25 gr minyak zaitun (aku pakai minyak sayur kualitas baik)
keju cheddar parut secukupnya
kismis secukupnya

Cara Membuat :
Siapkan loyang 18x18 cm (aku pakai loyang loaf), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali. Sisihkan
Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis. Campur hingga rata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat. Sisihkan
Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan.
Lelehkan butter dan minyak, dinginkan.
Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak. 
Bagi tape menjadi 2 bagian dan masukkan ke adonan telur secara bertahap. Masukkan bagian pertama, mixer dengan kecepatan rendah hingga merata. Masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama ya, asal sudah tercampur rata aja). Matikan mixer.
Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk merata memakai spatula (jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak turun terlalu banyak). ---> aku masukkan kismis yang sudah dibalur sedikit tepung.
Tuang campuran butter leleh dan minyak ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata.
Taburi dengan keju cheddar parut.
Tuang ke dalam loyang, panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang.
Angkat dan keluarkan dari loyang.

Ssst...sebenarnya ada tragedi juga, gara-gara ditinggal ngobrol dengan suami dan teman yang datang, proll tape ini nyaris gosong lho...hadeeeeh >.<
Untungnya ada yang ngingetin dan hasilnya pinggirannya udah coklat banget, jadi kurang cantik deh. Untung aja bawahnya masih kecoklatan dan belum hitam :D. Akhirnya ditrim sedikit dan jadilah seperti foto-foto ini hehehehe. Hasil potongannya aja tetap laris. Enak kata keluargaku.



Lembut teksturnya, manisnya pas dan tetap terasa banget tapenya. Gunakan tape dengan kualitas yang baik ya karena akan sangat berpengaruh pada rasanya, namanya juga proll tape yak ^_^



CLASSIC BLACK FOREST FOR PAK PUGUH


Alhamdulillah ini adalah order dari Mbak Dewi untuk Pak Puguh suaminya yang kebetulan pada hari ini berulang tahun. Mbak Dewi sendiri adalah teman dari mbak Enno rekan sesama LBT'ers, jadi mbak Enno yang merekomendasikan mbak Dewi untuk pesan Black Forest di dapurku. Makasih mbak Enno.

Back to the cake, mbak Dewi pesan Black Forest dan minta diantarkan ke KPP Brawijaya Kediri sebagai surpraise untuk Pak Puguh. Aku membuat 2 layer black forest cake denga filling dark cherry yang menjadi ciri khas classic black forest. Dark cherry-nya kubuat vla seperti yang pernah aku posting di resep Melon Pan beberapa waktu yang lalu. Untuk toppingnya aku memakai buttercream, coklat serut, crispy balls dan red cherry. Resep yang kupakai adalah resep dari NCC. Untuk cake bulat diameter 24 cm, aku membuat 1,5 kali dari resep berikut. Here's the recipe ya

CLASSIC BLACK FOREST
source : NCC

Bahan :
8 butir telur antero ukuran sedang
60 gr coklat bubuk
40 gr tepung maizena
100 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga pakai all purpouse)
1 sdm emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
1/2 sdt vanilla
100 gr butter, lelehkan
200 gr gula
1 sdm pasta black forest

Filling :
Simple sirup
Vla dark cherry

Topping :
Buttercream (bisa juga pakai whipcream kocok)
Coklat serut
Crispy Balls
Red Cherry

Cara Membuat :
Siapkan 2 atau 3 loyang ukuran 20-22 cm, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali, sisihkan.
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena, sisihkan.
Kocok telur, emulsifier dan gula hingga setengah mengembang,masukkan vanilla. Teruskan mengocok hingga mengembang dan kental berjejak. 
Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Aduk rata hingga ke pinggir wadah dengan memakai spatula.
Masukkan pasta black forest, aduk rata.
Masukkan butter leleh, aduk balik dengan memakai spatula hingga benar-benar tercampur rata.
Tuang dalam loyang dan oven dengan suhu 180'C hingga matang.

Penyelesaian :
Ambil selembar cake, basahi permukaannya dengan simple sirup dan oles dengan vla dark cherry hingga rata. 
Tumpuk dengan selembar cake lainnya, basahi dengan simple sirup dan oles dengan buttercream atau whiped cream kocok.
Siap dihias sesuai selera.

Untuk pertama kalinya aku mencoba membuat sabuk coklat. Duuuh....deg-degan takut gagal atau hasilnya tidak memuaskan. Alhamdulillah sabuk coklatnya berhasil, walau ada yang kurang rata di beberapa bagian >.<. Maafkan ya mbak Dewi kalau kurang rapi.

Ini salah 1 bagian yang kurang rapi ya, terlihat kurang rata sapuan coklatnya. It's oke, next time better yaaa.

Crispy balls-nya gak keliatan ya, karena punyanya juga yang warna dark coklat, gak punya yang warna putih.

Alhamdulillah dapat sms dari mbak Dewi kalau kata Pak Puguh, cake-nya enak dan langsung habis diserbu teman-temannya. Terima kasih ordernya ya mbak ^_^. Selamat Ulang Tahun untuk Pak Puguh, semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan serta dimudahkan segala urusannya. Amin..


MACARONIE SCHOTEL WITH SMOKED BEEF

Udah lama gak bikin macaronie schotel aka makutel, jadi pengen  banget. Intip-intip isi kulkas ada mozarella, smoked beef, sosis, jamur champignon...bisa banget tuh dijadikan makutel. Umek sebentar di dapur dan jadilah makutel smoked beef yang langsung jadi rebutan ^_^. Laper atau doyan sih?

Resepnya sebenarnya asal cemplung aja, sudah beberapa kali juga kuposting resep makutel. Resepnya semua mirip-mirip dan tinggal disesuaikan dengan selera dan persediaan bahan saja. Kalau ingin makutel yang lebih creamy bisa ditambahkan takaran susunya. Kalau mau yang ngeju, bisa ditambahkan keju parmesan dan keju cheddar dalam adonannya. Makutel dengan keju mozarella seperti yang kubuat saat ini, menurut keluargaku lebih enak dibandingkan dengan yang hanya memakai keju cheddar sebagai topping-nya. Kai ini aku memakai saus bechamel sebagai pelengkapnya. Kalau penasaran....yuk dicoba bikin

MACARONIE SCHOTEL WITH SMOKED BEEF
by Nina

Bahan :
150 gr macaronie ---> rebus dengan sedikit olive oil /minyak sayur hingga al dente
6 lembar smoked beef, potong kotak
3 sosis, iris tipis
1 kaleng kecil jamur kancing, iris tipis
1 bawang bombay, cincang halus
250 ml susu cair (kalau mau lebih creamy bisa ditambah ya)
3 butir telur
75 gr keju cheddar parut
sedikit garam (jgn tll banyak karna sudah full keju)
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
2 sdm margarin
 keju mozarella secukupnya untuk topping

Cara Membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu dan harum.
Masukkan smoked beef, sosis dan jamur, aduk rata.
Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk kemudian masukkan macaronie yang sudah direbus.
Bumbui dengan garam, merica dan gula, aduk perlahan.
Masukkan keju cheddar parut,aduk rata perlahan dan matikan api.
Masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga tercampur rata. Sisihkan
Bahan Saus Bechamel :
1 sdm margarin (munjung ya)
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
garam, merica secukupnya
75 gr keju cheddar parut

Cara Membuat :
Cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar rata.
Masukkan keju cheddar parut, aduk hingga rata
Tambahkan garam dan merica. Aduk hingga kental

Penyelesaian :
Tuang adonan macaronie ke dalam pinggan tahan panas atau loyang alufoil hingga 3/4 penuh.
Beri saus bechamel, ratakan hingga menutup seluruh permukaan.
Panggang selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang.
Angkat dari oven dan taburi seluruh permukaannya dengan keju mozarella.
Panggang kembali sebentar saja hingga keju mozarella meleleh.
Angkat dan siap disajikan hangat.

Duuuh...sayangnya foto bagian dalam makutel ini hilang gara-gara memory card yang rusak T_T. Jadi gak kelihatan deh isiannya. Recomended to try untuk penggemar makutel ya.
Alhamdulillah laris manis dan keluargaku bilang enak ^_^







OPERA CAKE EKONOMIS (AGAIN)


Kembali membuat opera cake, walau masih tetap opera cake versi ekonomis. Beberapa waktu yang lalu juga sudah pernah membuat opera cake ekonomis yang bisa dilihat disini. Masih tetap memakai spongecake sebagai pengganti jaconde, tapi kali ini aku memakai resep spongecake dari NCC. Kalau dahulu aku memakai filling coklat dan ganache sebagai fillingnya, kali ini aku memakai filling coklat dan buttercream yang diberi pasta kopi. Spongecake-nya aku membuat 4 layer dengan layer teratas tetap dicover ganache dan terakhir disiram dengan chocolate glaze.


Resep spongecake-nya bisa memakai resep mana aja ya. Karena memang hafal dengan resep spongecake NCC, jadi ya kemarin pakai itu aja. Duuuh...tetap gak rapi ya waktu trim cake-nya, kok susah banget ya *garuk-garuk*. Waktu selesai menyiram chocolate glaze tampak cantik banget, bisa mengkilat. Karena udah sore, jadi cake aku masukkan kulkas dulu dan kutinggal mandi. Ternyata...di kulkas malah ketetesa air...whuaaaa. Tuh kan kelihatan ada bekas putih-putih di bagian atasnya :(
Untung aja untuk konsumsi sendiri, jadi it's oke lah.

OPERA CAKE EKONOMIS (AGAIN)

Bahan Spongecake :
8 telur antero ukuran sedang
200 gr gula pasir
200 gr tepung terigu serbaguna
100 gr butter ---> lelehkan
1 sdt esens vanilla

Cara Membuat :
Siapkan 4 buah loyang (aku pakai ukuran 20x20 cm), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali.
Ayak tepung terigu, sisihkan
Kocok telur bersama gula hingga setengah mengembang, masukkan esens vanilla. Teruskan mengocok hingga mengembang, pucat dan kental.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah.
Masukkan butter leleh, aduk balik dengan memakai spatula hingga tercampur rata.
Oven dengan suhu 170'C hingga matang (kurleb selama 15 menit).
Angkat dan dinginkan

Filling :
Filling coklat siap pakai
Buttercream yang ditambahkan dengan esens kopi
Simple sirup yang ditambah dengan 1 sdt kopi bubuk (25 gr gula pasir + 75 ml air---> panaskan hingga gula larut, tambahkan kopi bubuk instan)
Ganache (50 gr whipcream bubuk, campur dengan 100 ml air dan 125gr DCC ---> lelehkan hingga larut dan merata)

Siraman :
Chocolate Glaze (75 gr dark cooking coklat potong-potong, lelekan bersama 50 gr unsalted butter ---> segera siramkan pada permukaan cake)
Untuk siraman bisa juga memakai ganache siram

Penyelesaian :
Ambil selembar spongecake, basahi dengan simple sirup kemudian oles dengan filling coklat siap pakai.
Ambil selembar spongecake ke-2, tumpuk di atas spongecake yang pertama, basahi simple sirup dan oles dengan buttercream.
Ambil spongecake ke-3, tumpuk di atasnya, basahi dengan simple sirup dan oles kembali dengan filling coklat.
Ambil spongecake ke-4, tumpuk di atasnya, basahi dengan simple sirup dan oles dengan ganache.
Terakhir siram dengan chocolate glaze.
Setelah didinginkan dan set, trim bagian tepi cake agar rapi.



 Sukaaa banget ama cake yang satu ini, benar-benar jadi favorit keluarga. Aku lebih suka menikmati dengan cara dipotong kecil-kecil dan makannya pelan-pelan, serasa menikmati banget deh hihihii. Sst...dinikmati bersama ice cream ternyata enak banget lho. Masih penasaran dengan real opera cake, smoga next time bisa bikin juga ya ^_^




KUE LUMPUR PANDAN



Kesampaian juga untuk bikin kue lumpur, setelah pengeeen banget gara-gara lihat postingan Mbak Maya di FB-nya. Kue lumpur ini adalah kue favorit keluargaku lho, apalagi kue lumpur lapindo yang bisa dibeli di Sidoarjo...enaaak banget. Kali ini aku bikin kue lumpur kentang yang diberi pasta pandan, jadilah kue lumpur pandan. Semoga lain kali bisa nyobain bikin ala kue lumpur lapindo ya.

Kue lumpur pandan ini enak banget, ada kelapa muda sebagai isiannya. Lembut dan manisnya pas menurutku. Untuk yang pengen buat resepnya, berikut ini aku tuliskan ya. Resepnya hasil modifikasi dari berbagai sumber.

KUE LUMPUR PANDAN

Bahan :
500 kg kentang ---> kukus dan haluskan
10 butir kuning telur
4 putih telur
475 gr gula pasir (untuk yg suka manis bisa ditambah hingga 500 gr ya)
800 ml santan
100 gr margarin, lelehkan
1/2 sdt garam
400 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm pasta pandan
2 lembar daun pandan, simpulkan
1-2 butir kelapa muda, keruk dagingnya
kismis secukupnya
minyak goreng secukupnya untuk olesan cetakan (kalau pakai cetakan teflon, gak usah ya)

Cara Membuat :
Masukkan daun pandan ke dalam santan, sisihkan.
Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir dengan menggunakan mixer hingga mengembang dan gula larut.
Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan memakai spatula.
Tuang margarine leleh dan garam, aduk rata memakai spatula.
Masukkan kentang dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Apabila masih bergerindil, bisa disaring ya.
Tuang pasta pandan, aduk rata hingga warna hijau yang diinginkan.
Panaskan cetakan kue lumpur di atas api sedang. Tuang adonan hingga 3/4 penuh.
Tutup cetakan dan masak hingga 1/2 matang.
Buka tutup cetakan dan beri kismis. Tutup kembali dan masak hingga matang.
Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Tips :
Agar cetakan tidak terlalu panas dan dasar lumpur cepat hangus, cetakan kue lumpur bisa dialasi dengan seng. Kalau aku memakai tutup panci besar yang tidak terpakai lagi.

Saking buru-burunya foto-foto sampai lupa kue lumpurnya gak dialasi dengan cupcase >.<  Mau diulang lagi lagi udah keburu masuk kotak kue lumpurnya. Ya udahlah gapapa yaaa :D
Untuk resep diatas jadinya cukup banyak lho, kurang lebih 35-40 pcs. Kalau mau cobain sedikit, bisa bikin 1/2 resep aja ya.
Yang pasti lembut banget dan untuk penggemar kue lumpur sepertiku...it's recomended to try  ^_^

BISTIK DAGING KERATON





Kebetulan masih punya sedikit daging giling di kulkas...diolah jadi apa ya? Cari-cari ide akirnya nemu resep bistik daging. Yuk kita bikin bistik daging aja, dijamin cepat dan mudah pengolahannya.
Bistik sendiri diyakini sebagai steak-nya Indonesia karena bahan, cara pembuatan dan penyajiannya yang mirip dengan steak ala Western. Steak ala Indonesia antara lain adalah Selat Solo yang sudah sangat populer. Bistik sendiri bisa diolah dari berbagai macam bahan, misalnya daging, ayam, tahu ataupun tempe. Kali ini aku mencoba membuat bistik daging keraton. Mengapa namanya demikian? Konon menu ini merupakan salah satu menu favorit bangsawan keraton. Benar atau tidaknya, wallahualam ya  ^_^

BISTIK DAGING KERATON
source : Koki
modified by Nina

Bahan :
250 gr daging sapi giling
1 butir telur ayam
2 sdm tepung panir
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
1/2 sdt merica bubuk
1-1,5 sdt garam
minyak goreng secukupnya

Bahan Saus :
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
4 sdm kecap manis
3 sdm saus tomat (bisa dimix dengan saus sambal bila suka)
1 sdm saus tiram
1sdt pala bubuk
1sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
garam secukupnya
1 sdm margarin
150 ml air
1 sdm tepung terigu / maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Pelengkap :
wortel, buncis --> rebus 1/2 matang dalam air dan sedikit garam
kentang goreng
atau bisa juga memakai mix vegetable siap pakai

Cara Membuat :
Bistik : Campur daging giling, telur, tepung panir dan bawang bombay. Bumbui dengan merica bubuk dan garam. Aduk rata.
Bentuk adonan daging menjadi bulatan pipih.
Panaskan minyak dan goreng daging hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Saus :  Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
Masukkan kecap manis, saus tomat dan saus tiram, aduk rata.
Bumbui dengan pala bubuk, merica bubuk, gula pasir dan garam.Tuangkan air.
Masak hingga mendidih dan test rasa hingga pas.
Masukkan larutan terigu sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga matang dan kental.
Angkat dan siap disajikan.

Penyelesaian :
Tata bistik daging dan pelengkap di piring saji.
Tuang saus di atas bistik dan sajikan sisa saus di tempat terpisah.
Siap disajikan.

Alhamdulillah ready for lunch, enak juga disajikan saat makan malam. Lebih baik diolah sesaat sebelum dihidangkan ya karena nikmat dinikmati ketika hangat. Yang jelas mudah dan cepat kan.
Selamat mencoba semoga cocok dengan selera keluarga ya




MY LOVELY CUSTOMER


My lovely customer is my adorable kids (bersama Ayahnya tentunya :D). Berawal dari keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga, maka aku belajar untuk memasak, membuat snack atau camilan dan juga cake buat mereka. Bagaimanapun apa yang kita buat sendiri dengan penuh kasih akan lebih baik untuk mereka karena selain bahan bakunya benar-benar kita tau kualitasnya, tentunya juga bebas pengawet dan MSG.

Putri sulungku Naira (7 tahun) sebenarnya adalah salah satu picky eater, tapi kalau sudah menikmati apa yang menjadi favoritnya, dia bisa makan dengan lahap. Tidak mengherankan bila setiap hari sebelum berangkat sekolah, aku pasti menanyakan apa yang Naira inginkan untuk makan siang dan makan malamnya. Beruntung sekali kalau Naira masih suka sayuran....ssst...dia penggemar berat sayur asem lho ^_^. Naira juga suka ikan, ayam dan daging, asalkan dagingnya benar-benar empuk ya. Kalau kurang empuk, dia pasti protes. Selain itu Naira juga penggemar buah-buahan. Segala macam buah dia doyan, Alhamdulillah. Naira juga masih minum 2 gelas susu setiap harinya. Itu yang membuat aku tidak kuatir walau badannya terlihat kecil dan tinggi. Insya Allah apa yang dia makan mencukupi kebutuhan tubuhnya.
Naira sendiri sangat suka sus dan macaroni schotel. Sama banget deh dengan Bundanya.

Naira with Rainbow Cake^_^

Putri keduaku Azmah atau Fida (2,5 tahun) atau yang akrab disapa Adek sejak kecil memang suka makan dan ngemil. Dahulu waktu bayi suka sekali dengan bubur wortel, brokoli dan apel buatan bundanya. Saat bayi, Adek bisa dikatakan nyaris tidak pernah mengkonsumsi bubur buatan pabrik, semua dari dapur Bunda. Sampai saat ini Adek tetap suka makan, walau nafsu makannya berkurang dibandingkan dulu ketika masih bayi. Dia sudah asyik bermain dan mengeksplorasi lingkuangan sekitarnya. Bisa dikatakan Adek doyan hampir semua masakan bundanya asalkan tidak pedas. Adek juga paling hobby  makan tempe buatan Yangti-nya, sekali makan bisa 4 potong tempe dia habiskan :D


Adek with Classic Cheese Cake


Naira yang suka banget bergaya di depan kamera dan adek yang cuek dengan kamera ^_^

Alhamdulillah mereka adalah karunia terbesar yang aku punya. Mewarnai hari-hariku, mengobati rasa capekku dengan celoteh dan tawa mereka. Mereke berdua juga suka banget "membantu" Bundanya kalau lagi repot di dapur hihihihi. Kalau tau Bundanya pegang spuit dan piping bag, pastinya mereka berebut juga pengen dekor kue hahahahah. Kalau Bunda lagi bikin roti atau cookies bisa dipastikan 1/4 adonan adalah jatah buat mereka berdua. Tak heran kalau aku lebih suka coba-coba resep waktu mereka berdua sudah terlelap tidur :)



Cupcake spesial untuk anak-anak yang kubuat bersamaan dengan cupcake Annisa minggu lalu

MELON PAN WITH DARK CHERRY (LBT#14)


Alhamdulillah berkesempatan mengikuti PR LBT#14 ini dengan tema Melon Pan. Pertama kali mendengar PR ini terasa sangat asing namun setelah googling...hmmm...ternyata cukup sering melihat Melon Pan ini tapi hanya mengenalnya sebagai roti saja hehehehe.  Melon Pan sendiri adalah roti yang berasal dari Jepang. Tidak ada bahan baku berupa melon dalam pembuatannya, disebut sebagai melon pan karena toppingnya sering dibuat menyerupai melon :) 
Niat awalnya ingin membuat Melon Pan dengan rasa blackforest, tentunya dengan penambahan pasta blackforest yang cukup khas aromanya dan pemakaian dark cherry. Tapi ternyata pasta blackforest yang kutambahkan pada topping cookies kurang pekat ya warnanya, gak jadi deh pakai nama melon pan blackforest >.<. Untuk isiannya memakai dark cherry yang dibuat vla.
Untuk rotinya, aku memakai resep roti dengan adonan Thangzhong yang empuk dan untuk resep topping cookies-nya memakai resep dari Youtube yang direkomendasikan teh Diah Raki. 
MELON PAN WITH DARKCHERRY

Roti dengan Metode Tangzhong
source : Koki 00214

Bahan Adonan Tangzhong:
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Cara Membuat Adonan Tangzhong
Campur terigu dan air hingga rata dan tidak menggumpal.
Masak di atas api sedang (suhu kurleb 65'C), aduk hingga rata, mengental dan matang. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Apabila masih terihat gelembung-gelembung kecil yang terbentuk di atas adonan, maka aduk terus hingga gelembung tersebut hilang. Apabila sudah terbentuk garis-garis bekas mengaduk di atas permukaan adonan, hentikan mengaduk dan angkat dari adonan.

Bahan Adonan Roti :

350 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr gula kastor
10 gr susu bubuk
7 gr ragi instan
1 butir telur ayam
125 ml susu cair
30 gr mentega lelehkan
sejumput garam

Cara Membuat Adonan Roti:
Dalam sebuah wadah, campur terigu, gula kastor, susu bubuk dan ragi instan, aduk hingga rata. Masukkan telur, aduk kembali.
Masukkan adonan tangzhong sambil diaduk hingga rata, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis.
Bulatkan adonan, letakkan di dalam wadah dan tutup dengan serbet lembab, diamkan selama kurang lebih 1 jam hinga adonan mengembang 2x lipat.
Setelah mengembang, kempiskan adonan dan adonan siap digunakan.
Timbang adonan dan bagi menjadi berat kurang lebih 50-52 gr. Bulatkan adonan dan simpan di loyang.

Topping Cookies
source : Youtube

Bahan :
25 gr butter
35 gr gula kastor
25 gr telur kocok
80 gr cake flour (tepung terigu protein rendah)
1/4 sdt baking powder
1 sdm pasta BF

Cara Membuat :
Campur dan ayak tepung terigu bersama baking powder, sisihkan.
Dalam sebuah wadah, kocok butter hingga lembut dengan menggunakan whisker.
Masukkan gula kastor, kocok kembali hingga gula larut.
Masukkan telur sedikit demi sedikit, kocok whisker hingga rata.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. Masukkan pasta BF, aduk rata.
Padatkan adonan, tutup dengan plastik wrap dan simpan di kulkas selama kurang lebih 1 jam.
Keluarkan dari kulkas dan bagi adonan menjadi masing-masing berat 30-32 gr. Bulatkan adonan kemudian dipipihkan .

Vla Dark Cherry

Bahan :

200 gr dark cherry + airnya
2 sdm gula pasir
1 sdm tepung custard / maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
Potong-potong dark cherry, kemudian rebus bersama airnya dan gula pasir.
Setelah mendidih dan gula larut, masukkan larutan tepung custrad sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Aduk cepat
Angkat dan dinginkan

Penyelesaian :
Ambil adonan roti, beri isian dengan vla dark cherry, bulatkan kembali hingga menutup sempurna.
Ambil topping cookies dan letakkan di adonan roti hingga merekat sempurna dan menutup seluruh bagian roti.
Beri taburan gula pasir dan kerat-kerat bagian atas roti.
Letakkan di atas loyang yang ditutup serbet lembab dan bersih, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
Oven hingga matang dan siap disajikan hangat.





Rasanya enak, lembut dan empuknya roti berpadu dengan renyahnya topping cookies. Serasa makan roti dan cookies dalam waktu bersamaan. Filling vla dark cherry terasa asam manis, memberikan rasa yang berbeda karena toppingnya sudah terasa manis. Melon Pan ini enak sekali disajikan hangat. Tetap empuk walaupun sudah seharian lho.



Melon Pan for tea time or breakfast...so yummy...

Terima kasih LBT, bertambah lagi 1 ilmu bakingku. Sukses terus buat host dan LBT'ers ^_^


Dark cherry kalengan yang siap dibuat vla. Asam-asam segar rasanya. Biasanya digunakan untuk filling blackforest dan ternyata enak juga digunakan untuk filling melon pan.


RAINBOW CAKE





Finally I did it, walaupun gak karuan bentuknya tapi sudah bisa menuntaskan rasa penasaranku yang pengen banget bikin rainbow cake. Seperti yang kita ketahuin, sekarang ini rainbow cake sedang booming banget. Sudah banyak rekan-rekan yang membuatnya dengan hasil yang sangat menakjubkan. Sebenarnya rainbow cake atau cake yang berlapis-lapis ini sudah lama ya ada, cuma dahulu lapisannya tidak sebanyak yang sedang booming sekarang ini. Kita bisa lihat di resep-resep NCC, misalnya di resep cake kukus mambo. Mirip kaaan, hanya saja lapisannya lebih sedikit dengan warna yang lebih soft.

Base cake rainbow cake bisa memakai cake apa saja, baik yang dikukus ataupun dipanggang. Kali ini aku memilih base cake spongecake NCC, karena memang aku lebih menyukai tekstur spongecake dibandingkan buttercake yang lebih beremah. Niatnya sih tadi bikin ukuran kecil aja, karena memang persediaan telur juga terbatas. Tapi....loyang yang kupunya cuma 20x20 cm, pasti kebesaran deh. Gak apa deh, walau udah kebayang kalo jadinya tipis. Menurutku ukuran 1 resep di bawah ini bisa dipakai untuk  loyang bulat ukuran 15-16 cm. Untuk loyang kotak ukuran 20x20 cm seperti yang kupakai akan lebih pas bila membuat 2 resep.
Berikut ini resepnya ya

RAINBOW CAKE
source : Spongecake NCC
modified by Nina

Bahan :
8 butir telur antero suhu ruang
200 gr tepung terigu serbaguna / protein rendah
1 sdm emulsifier
200 gr gula kastor 
100 gr butter lelehkan
1/2 sdt vanilla
pewarna merah, kuning, hijau, orange, biru dan ungu

Filling :
bisa memakai buttercream, whipcream kocok atau ganache

Cara Membuat :
Siapkan 6 buah loyang (aku pakai ukuran 20x20cm dan kebesaran), poles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan poles kembali.
Ayak tepung terigu, sisihkan
Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang. Masukkan vanilla, kocok telur hingga mengembang, putih dan kental.
Turunkan speed mixer, masukkan tepung terigu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
Matikan mixer, masukkan butter leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
Timbang adonan dan bagi menjadi 6 bagian sama banyak (dgn cara ditimbang lagi ya). Beri warna masing-masing bagian dan tuang ke dalam loyang.
Oven dengan suhu 180'C hingga matang.

Penyelesaian :
Balikkan cake yang telah matang dimulai dari warna ungu, olesi dengan filling dan tumpuk dengan cake lainnya. Lakukan hingga lengkap 6 lapis.

Rasanya enak, teksturnya juga lembut karena memang merupakan jenis spongecake. Karena memakai filling white ganache, aku merasa jadinya terlalu manis deh. Padahal aku juga tipis-tipis aja waktu mengoles fillingnya. Next time kalau buat lagi dan memakai filling ganache, takaran gulanya sedikit dikurangi deh.
Yang pasti anak-anak senang banget begitu tau di kulkas ada cake warna-warni. Bahkan Adek langsung nyanyi lagu Pelangi lho :D
Next time better ya....smoga ada kesempatan untuk bikin steam rainbow cake ^_^





CHICKEN STEAK


Kakak Naira sukaaa sekali menu yang satu ini. Tidak cuma kakak Naira aja, tapi  seluruh keluarga suka dengan chicken steak. Tentunya akan lebih sehat dan terjamin kalau bikin chicken steak homemade ya, selain kita bisa memilih bahan yang berkualitas dan tentunya tanpa penambahan MSG.
Resepnya simple dan gampang aja, siapapun pasti bisa membuat chicken steak homemade. Yuk dilihat resepnya yaaa....

CHICKEN STEAK
by Nina

Bahan :
3-4 lembar fillet dada ayam (kurleb 500 gr)
garam dan merica secukupnya
1 butir telur kocok lepas
75 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
minyak goreng
1 sdm margarin

Pelengkap :
saus teriyaki
wortel, buncis atau brokoli yang direbus 1/2 matang dengan sedikit garam
kentang goreng

Cara Membuat :
Pukul-pukul sebentar fillet ayam hingga agak pipih, tambahkan garam dan merica hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
Campurkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan garam. Aduk rata dan sisihkan.
Celupkan fillet ayam ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke campuran tepung. Tekan-tekan perlahan hingga seluruhnya tertutup tepung.
Panaskan minyak dan margarin,goreng fillet ayam hingga matang dan kecoklatan.
Angkat dan tiriskan.

Untuk sausnya bisa memakai saus sesuai selera keluarga ya. Bisa memakai saus lada hitam yang dulu pernah kuposting disini atau bisa juga memakai saus BBQ yang dulu pernah kuposting disini. Kali ini aku membuat saus teriyaki hasil mengarang indah dan jurus cemplang cemplung untuk siraman chicken steak. Here's the recipe ya

TERIYAKI SAUCE

Bahan :
 1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 sdm tepung terigu
400 ml air
2 sdm saus teriyaki
1 sdm saus tiram
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
1 sdt maizena yang dilarutkan dengan sedikit air (bila dirasa kurang kental)
1 sdm margarin

Cara Membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum. Matikan api.
Masukkan tepung terigu,aduk cepat hingga berbulir-bulir, nyalakan api kembali.
Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
Masukkan saus teriyaki dan saus tiram, aduk hingga rata.
Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Test rasa.
Bila dirasa kurang kental, tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
Angkat.

Penyelesaian :
Tata chicken steak di piring saji bersama sayuran dan kentang goreng.
Tuang saus teriyaki di atas steak.
Siap dihidangkan dan dinikmati hangat.

Kata anakku....enaaak Nda. Alhamdulillah...senangnya melihat mereka makan dengan lahapnya. Untuk penggemar chicken steak, yuk dicoba bikin sendiri. Semoga cocok dengan selera keluarga ya.
Happy cooking ^_^

CUPCAKES FOR ANNISA

Salah satu kerjaan minggu lalu adalah buatin cupcake buat Annisa (Icha) yang cantik dan beberapa waktu lalu merayakan ultah yang ke-4. Aku buatkan 2 macam cupcake, yaitu cupcake coklat dan keju. Dekornya juga 2 macam yaitu menggunakan fondant dan buttercream, serta memakai edible. Ini dia hasilnya...





Seperti biasa fotonya bureeeem banget, apalagi udah bener-bener riweuh karena cupcake-nya mau dijemput pagi-pagi heheheehe. Dan ini yang didekor dengan memakai fondant



Asli masih belum rapi dekornya, masih belepotan disana-sini. Moga-moga aja Mama Icha maklum ya kalau yang bikin lagi belajaran hihihihi...


Cupcake sudah dikemas dan siap dijemput. Alhamdulillah semua selesai tepat waktu. Semoga berkenan ya.
Untuk Princess Annisa...Selamat Ulang Tahun ya sayang, semoga menjadi anak sholehah, sehat dan pintar serta bisa jadi cahaya bagi keluarga. Amin...

Deretan cupcake yang antri  ^_^

MARTABAK TELUR




Martabak telur pertamaku hihihihi ^_^. Sebenarnya iseng banget ya bikin, soalnya kan gampang aja beli. Tapi pengen aja bisa bikin martabak telur sendiri, selain lebih puas makannya, juga terjamin bahan-bahannya. Isiannya juga bisa disesuaikan dengan selera kita. Walau martabak telur-nya masih berantakan bentuknya, tapi enak lho rasanya, gurihnya pas, apalagi isian daging gilingnya melimpah. Gak heran deh kalau martabaknya jadi gendut-gendut >.<

Resep martabak telurnya aku modif dari Tabloid Koki. Gampang aja kok ternyata bikinnya, tapi untuk menipiskan adonan, aku gak bisa pakai cara dilempar-lempar kaya abang penjual martabak itu ya hehehehe. Cukup digiling dengan menggunakan roling pin, beres deh. Yang mau mencoba...berikut ini resepnya ya

MARTABAK TELUR
source : Tabloid Koki
modified by Nina

Bahan :
200 gr tepung terigu all purpouse
1/4 sdt garam
1 butir telur ayam
air secukupnya (kurang lebih 100 ml)
minyak goreng secukupnya

Bahan Isi :
150 gr daging giling, tumis hingga matang
3 batang daun prei iris tipis
3 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Pelengkap :
Acar
Saus sambal / saus tomat

Cara Membuat :
Adonan kulit : campur tepung terigu, garam dan telur hingga rata.
Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan kalis.
Timbang adonan 25-30 gram, bulat-bulatkan adonan dan rendam dalam minyak goreng hingga seluruhnya tenggelam, kurang lebih selama 1 jam. Sisihkan.
Adonan isi : campur rata semua bahan isi, aduk hingga rata
Ambil 1 buah adonan kulit, tipiskan, beri isian secukupnya dan lipat.
Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Lakukan hingga semua adonan habis.

Mudah bukan membuatnya. Sebenarnya kalau seperti abang-abang penjual martabak, adonan yang sudah ditipiskan langsung diletakkan di atas pan dan diberi isian kemudian dilipat. Tapi karena aku merasa kesulitan dengan cara tersebut, maka adonan yang sudah ditipiskan, aku beri isian terlebih dahulu, dilipat kemudian baru digoreng di atas pan. Hasilnya sama aja kok. Kulitnya renyah dan isiannya gurih banget.
Akan lebih enak lagi kalau memakai telur bebek untuk isiannya, tapi karena aku gak punya, ya pakai telur ayam aja deh hehehehe. Isian bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya, bisa memakai daging giling, tuna, daging kepiting, jamur ataupun kornet.


Tuh kan gendut-gendut martabaknya, isiannya banyak banget, jadi puas maemnya ^_^
Selamat mencoba ya, semoga cocok dengan selera keluarga.