STEAK TEMPE + AYAM

I love tempe very much. Selain rasanya yang enak, tempe mudah dikreasikan menjadi berbagai macam hidangan. Tempe yang terbuat dari kedelai fermentasi diketahui kaya akan serat, kalsium, vitamin B dan zat besi. Menurut oom Wikipedia, berbagai macam kandungan zat-zat dalam tempe dipercaya mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan untuk mencegah penyakit degeneratif. Tempe sendiri terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan menggunakan berbagai jenis kapang Rhizopus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai ragi tempe.

Tempe yang merupakan makanan khas Indonesia, sekarang telah mendunia. Tempe banyak dimanfaatkan sebagai pangganti daging bagi kaum vegetarian. Tidak heran jika tempe bisa dijumpai di berbagai negara seperti Jepang, Amerika Serikat dan Jepang.

Kalau aku paling suka dengan tempe goreng tepung buatan Mamaku. Rasanya gurih dan renyah, karena memakai tepung beras dan tepung terigu dalam adonan kulitnya. Gak ada bosennya deh makan tempe goreng tepung. Beberapa hari yang lalu, my best friend Dessy Melvinasari bikin steak tempe. Hmmm...jadi pengen juga deh bikin steak tempe. Dessy thanks inspirasinya yaaa. Kali ini aku bikin steak tempe + ayam ala dan blackpepper sauce ala aku ya. 


Aku bikinnya memang tidak full dari tempe, tapi kutambahkan daging ayam giling. Tetap kerasa tempenya karena pemakaian tempe yang lebih banyak. Berikut ini resep steak ayam + tempe ala dapurku ya

STEAK AYAM + TEMPE

Bahan: 
150 gr tempe, haluskan
75 gr daging ayam giling
4 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam
1/2 sdt lada putih
1/2 sdt gula pasir
1 butir telur
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
Campurkan tempe yang telah dihaluskan dengan daging ayam giling, garam, lada dan gula. Uleni hingga rata.
Masukkan telur, aduk rata kembali.
Bentuk pipih menyerupai steak, lalu diamkan di kulkas agar bumbu meresap.
Campur bahan pelapis hingga rata, masukkan steak ke dalam bumbu pelapis hingga permukaannya rata tertutup pelapis. Tekan-tekan perlahan agar tepung menempel sempurna.
Panaskan minyak, goreng hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Versiku sebelum dihidangkan dengan saus, bakar sebentar untuk menimbulkan efek bakar khas steak. Sesuai selera aja yaaa

Steak bisa disiram dengan saus sesuai selera. Kali ini aku membuat saus lada hitam atau blackpepper sauce. Berikut ini resepnya ya

BLACKPEPPER SAUCE

Bahan:
1/2 bawang bombay iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
400 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tomat / saus cabe
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt lada hitam
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
margarin untuk menumis

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
Tuang air kaldu, aduk-aduk. Masukkan kecap manis, kecap inggris, saus tomat, kecap asin, garam, gula dan lada hitam. Test rasa hingga rasanya pas. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Didihkan kembali.
Angkat dan panas-panas, siramkan di atas steak 
Siap dihidangkan

Rasanya enak juga lho, tetap kerasa aroma tempenya dan nikmat karena ada campuran daging ayamnya. Untuk pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya. Kebetulan keluargaku kurang suka buncis, jadi ku skip pemakaian buncis. Pelengkapnya hanya memakai wortel, jagung manis dan kentang goreng. Bagi yang suka bisa menambahkan mayonaise atau mustard di atas bahan pelengkap tersebut. 


Yuks coba bikin homemade steak. Bahannya bisa disesuaikan aja dengan yang ada di rumah ya. Happy cooking

ORAK ARIK JAMBAL ROTI


 Kalau beberapa waktu yang lalu ada demam orak arik peda, kali ini aku pakai yang ada di rumah aja yaitu orak arik jambal roti. Resepnya gampang banget, tinggal iris-iris aja. Untuk yang suka pete, bisa ditambahkan sebagai pelengkap ya. Karena aku gak suka pete, jadi bagiku gini aja udah nikmat banget.

ORAK ARIK JAMBAL ROTI

Bahan:
100 gr ikan asin jambal roti (bungkus koran dan rendam dalam air selama beberapa waktu untuk mengurangi rasa asinnya)
4 butir telur kocok lepas (beri garam sedikit aja)
3 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih iris tipis
3 cabe merah besar, iris serong
3 cabe rawit, iris tipis
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
Goreng jambal roti, suwir-suwir atau iris tipis, sisihkan
Panaskan minyak goreng, buat orak arik dari telur kocok lepas, sisihkan.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum,  masukkan cabe merah dan cabe rawit, aduk rata.
Masukkan jambal roti dan telur orak arik, bumbui dengan gula pasir dan merica (kalau aku tanpa pemakaian garam lagi, karena jambal roti sudah ada rasa asinnya)
Masukkan daun bawang, aduk rata.
Angkat dan siap dihidangkan

So easy ya resepnya. Walau simpel dan cepat, tapi jangan tanya rasanya...enaak banget. Adek aja sampai nambah 2x lho, padahal rasanya pedas. Dinikmati bersama nasi hangat...mantap banget.
Selamat mencoba...Happy Cooking ya

ROTI JALA


Akhirnya ada kesempatan untuk nyobain cetakan roti jala. Cetakannya kudapatkan dari seorang sahabat di Medan sana. Roti jala tentunya sangat populer sebagai salah satu hidangan bagi masyarakat Melayu. Konon roti jala ini sebenarnya berasal dari India. Masyarakat Melayu biasa menyantap roti jala dengan kare. Untuk yang belum tau cetakan roti jala, seperti ini ya


Lucu ya cetakannya hehehehe. Kalau tidak punya cetakan ini, kita bisa tetap membuat roti jala, dengan cara memasukkan adonan ke dalam piping bag, kemudian gunting sedikit ujungnya baru kemudian dituang dengan cara diputar-putar di wajan datar.

Resep roti jala tentu saja kudapatkan dari sahabatku Uncu Vitry yang udah susah payah kirimin aku cetakan roti jala ini. Menyesuaikan dengan selera keluarga, aku tidak membuat roti jala untuk kemudian dinikmati dengan kare. Roti jala-nya aku isi dengan pisang, diberi coklat dan topping coklat leleh. Rasanya...enaaak deh. Check the recipe ya

ROTI JALA
source : Vitry Yanti
modified by Nina

Bahan:
120 gr tepung terigu all purpouse
350 ml susu atau santan yang tidak terlalu kental
1 butir telur ukuran besar
1/2 sdt garam
1,5 sdm minyak goreng
1/2 sdt vanilli bubuk

Isian:
Pisang, belah menjadi 2 bagian, goreng dengan mentega
meises secukupnya

Topping :
DCC leleh

Cara Membuat:
Kocok lepas telur, masukkan susu, aduk rata.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan tidak berbulir-bulir (saring bila perlu)
Masukkan vanilli bubuk, garam dan minyak goreng, aduk hingga rata kembali.
Panaskan wajan datar, oles tipis dengan mentega, tuang adonan ke dalam cetakan roti jala dan putar-putar di atas wajan.
Gunakan api yang sangat kecil agar tidak gosong, setelah matang, angkat dan lakukan hingga adonan habis.
Panas-panas, letakkan pisang dan meises di tengah roti, lalu lipat roti jala.
Hiasi denga DCC leleh, siap disajikan

Berikut roti jala yang baru diangkat dari wajan, lucu ya. Kriuk banget lho kalau masih hangat-hangat.


Kalau yang ini roti jalanya udah diisi pisang dan dilipat. Aku melipat jadi bentuk segitiga, ada juga yang melipat bentuk segiempat atau bahkan digulung. Sama cantiknya



Alhamdulillah roti jalanya laris manis. Padahal asli bikinnya lumayan lama juga loh, kan pake api super keciiil, belum lagi ribet harus bolak balik gendong adek yang penasaran pengen liat bunda-nya bikin apa ya ^_^



SATE AYAM ASAM PEDAS


Sate adalah salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Banyak sekali ragam sate yang ada di Indonesia, mulai dari sate Madura, sate Ponorogo, sate Padang atau juga sate lilit. Seperti yang telah kita ketahui, sate adalah bahan makanan yang ditusuk dengan tusuk sate, dibumbui kemudian dibakar. Dengan demikian, bumbu perendam dan saus sate sangat berperan dalam cita rasa sate yang dihasilkan.

Beberapa hari yang lalu saat sedang jalan berdua kakak Naira, kami melewati tukang sate. Hmmm...aroma sate tentu saja menyebar kemana-mana, sampai akhirnya Naira bilang minta dibuatin sate. Oke lah...apa sih yang nggak buat anak, apalagi kalau itu menyangkut hal-hal yang baik buatnya. Sebenarnya kalau mau praktis, ya tinggal beli aja di tukang sate, tapi request Naira tadi membuatku semangat untuk bikin sate sendiri. 

Akhirnya pagi tadi, aku siap mengolah sate. Untuk anak-anak, kubuatkan sate ayam bumbu kacang yang tidak pedas. Belum seenak buatan tukang sate Madura atau Ponorogo, tapi menurut Naira...enaaak deh Nda, makasih ya. Alhamdulillah...senangnya.
Untuk aku dan suamiku, khusus kubuat sate dengan bumbu yang pedas, yaitu sate ayam asam pedas. Resepnya aku modif dari Majalah Sedap. Untuk yang mau tau resepnya, kutuliskan disini ya. Yang pasti resepnya so simple ^_^

SATE AYAM ASAM PEDAS

Bahan:
500 gr daging ayam (bisa juga dicampur kulit bila suka)
5 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
3 sdm kecap manis
tusuk sate secukupnya

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih goreng
3 cabai merah goreng 
4 cabe rawit goreng
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Potong-potong ayam, tusukkan pada tusuk sate. Lakukan hingga semua habis, sisihkan.
Aduk rata saus tomat, saus cabai, kecap manis dan bumbu halus. Bagi menjadi 2 bagian.
Masukkan sate ayam ke dalam salah satu bagian bumbu, poles-poles hingga rata tertutup bumbu dan diamkan sejenak agar bumbu meresap.
Bakar sambil dioles sisa bumbu hingga matang dan harum. Angkat
Sajikan hangat bersama bumbu yang telah disisihkan.

Gampang kan cara membuatnya. Hmmmm....enak lho rasanya. Pedas bercampur asam, bikin nambah-nambah deh makannya. Disajikan bersama nasi hangat enak, atau bersama lontong juga cocok kok.


Dan ini adalah sate ayam bumbu kacang yang kubuat untuk anak-anakku. Minimalis banget ya penampilannya heheheeh...


Masih banyak variasi sate lainnya yang ingin kucoba. Smoga next project, sate lilit bisa cepat terlaksana ya  ^_^

ORANGE PIE


Ini dia Orange Pie yang kubuat untuk keluargaku. Kenapa bikin Orange Pie? Karena stok buah-buahan di kulkas yang menipis, yang tersisa tinggal jeruk mandarin dan sedikit lechy heheheh. Sebagai pemanis warna merah, aku memakai cery merah kering yang dipotong-potong. Pokoknya memanfaatkan bahan yang ada di kulkas ya.

Resep kulit pie-nya sama dengan resep yang kupakai saat membuat Fruit Pie sebelumnya. Bisa juga klik  disini ya. Aku membuat 1/2 dari resep yang sudah diposting sebelumnya. Perbedaannya pada vla-nya, aku membuat vla jeruk. Seger deh vla-nya karena ada irisan jeruk mandarinnya. So...kutuliskan resep vla jeruk-nya ya yang cukup digunakan untuk 1 buah pie diameter 22 cm.

VLA JERUK

Bahan:
250 ml
50 ml gula pasir
3 kuning telur
20 gr tepung custard
1 sdt pasta jeruk
jeruk mandarin kaleng secukupnya, potong-potong

Cara Membuat:
Campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk hingga rata. Tambahkan kuning telur, aduk hingga tercampur rata.
Didihkan susu dan gula pasir, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat, didihkan kembali.
Masukkan potongan jeruk mandarin, aduk hingga rata.
Masukkan pasta jeruk, aduk hingga rata.
Matikan api, angkat dan dinginkan.

Seger deh, vla-nya juga harum dengan aroma jeruk. Kebetulan jeruk mandarin kaleng yang kupakai agak asam, jadi rasa vla-nya terasa pas dan tidak terlalu manis. Step by step lainnya sama dengan yang pernah kutulis di postingan sebelum ini ya ^_^


Tuh keliatan ya jeruk di vla-nya, ini yang bikin seger  ^_^
Masih tetap belum bisa rapi dan mulus bikin kulit pie-nya, harus banyak-banyak latihan lagi ya. Tetap semangat dan Happy Baking ya



FRUIT PIE FOR MY BEST FRIEND

Hari ini aku ada acara makan siang bersama 2 sahabatku, yaitu Momy Wiwik Sulistyo dan Mbak Sari "Dapur Sheryl". Akhirnya kami bertiga menyempatkan diri untuk ketemuan lagi setelah terakhir kali kumpul bersama pada saat Latbar LBT di rumahku bulan lalu. Karena acara hari ini adalah makan siang di rumah Momy, pengen donk untuk sekedar membawa hasil dapurku. Bingung juga sih, karena mereka berdua kan jago banget baking and cooking, sedangkan aku masih belum ada apa-apanya. Sempat ngerasa gak PD, karena kemampuanku yang masih pas-pasan ini, bisa gak ya kasih sesuatu yang enak buat mereka. Tapi..cuek aja lah, yang penting kan niatnya ya. Dan akhirnya aku memutuskan untuk membuat fruit pie...ini dia penampakannya


Pie sendiri adalah jenis kudapan yang cukup populer di seluruh penjuru dunia. Di Inggris, pie dikenal sebagai Tart, sedangkan orang Prancis menyebutnya dengan Flan. Adonan dasar Pie dikenal dengan istilah Shortcrust Pastry atau adonan berpasir, karena memang kita akan mendapatkan bulir-bulir terigu yang menyatu dengan margarin/butter menyerupai pasir. Membuatnya relatif mudah, tidak perlu diaduk terlalu lama, cukup hingga adonan tercampur rata. Terdapat 2 jenis pie, yaitu pie asin dan pie manis. Pie asin misalnya Quiche Lorraine atau Macaronie Pie seperti yang dulu pernah kuposting disini. Sedangkan pie manis, misalnya fruit pie, pie coklat, pie susu atau juga pie brownies.

Back to my fruit pie, semoga aja Momy dan Mbak Sari berkenan ya dengan fruit pie-ku ini. Secara amatiran banget niy yang bikin xixixixi. Kalau biasanya aku bikin kulit pie memakai resep NCC, seperti yang dulu pernah kuposting disini, kali ini aku memakai resep kulit pie seperti yang pernah diposting mbak Yenni's Cake dan mbak Yunita. Perbedaan dengan resep NCC adalah penggunaan kuning telur dan gula kastor dalam kulit pie-nya. Penasaran ingin mencoba...here's the recipe ya. 1 resep crust ini bisa jadi 2 pie ukuran 22 cm, jadi kalau mau bikin 1 loyang, cukup bikin 1/2 resep aja ya..

FRUIT PIE

Bahan:
500 gr terigu serbaguna
300 gr butter / margarin
100 gr gula kastor
3 kuning telur
1/2 sdt vanilli

Topping :
Aneka buah sesuai selera

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 ml air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara Membuat:
Campurkan margarin / butter, terigu, gula dan vanilli, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry (kalau tidak ada bisa memakai centong nasi atau 2 buah pisau).
Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.
Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
Oles loyang pie dengan margarin, lalu cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk memakai garpu di seluruh permukaannya agar tidak melembung ketika dioven (bisa juga dengan meletakkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang dialasi kertas roti di tengah-tengah adonan pie)
Oven 180'C selama kurang lebih 20 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga kering dan matang.
Angkat dan dinginkan.

VLA VANILLA

Bahan:
500 ml susu segar
100 gr gula kastor
5 kuning telur
30 gr tepung custard
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu L'rome)

Cara Membuat:
Campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata.
Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
Masukkan vanilla, aduk rata.
Angkat dan dinginkan.

Penyelesaian:
Keluarkan pie dari loyangnya, penuhi permukaannya dengan vla vanilla.
Hias dengan topping buah dan siram perlahan dengan bahan siraman.


Crust-nya masih jelek ya, sekilas memang mudah tapi ternyata harus telaten juga dan gak semudah yang kubayangkan. Smoga lain kali bisa bikin yang lebih bagus lagi ya...
Selain bikin fruit pie, aku juga bikin Orange Pie lho buat suami dan anak-anak. Besok aja ya upload-nya  ^_^



BOLU KUKUS GULA MERAH MEKAR


Masih penasaran menaklukkan bolu kukus?  Sama seperti yang kualami, masih belum bisa menaklukkan bolu kukus, tapi tentunya gak patah semangat ya, harus terus mencoba lagi. Seperti bolu kukus gula merah ini, dulu pernah bikin dan hasilnya mekarnya malu-malu kucing. Jadi tetap penasaran donk, dan akhirnya bikin lagi hari Minggu kemarin. Masih tetap dengan resep ala Mamaku yang dulu pernah kuposting disini ya. Alhamdulillah hasilnya lebih bagus dari yang dulu. Bikinnya sambil deg-degan, takut gak mekar lagi hihihihi.

Resepnya kutuliskan lagi disini ya

BOLU KUKUS GULA MERAH MEKAR

Bahan: 
250 gr tepung terigu all purpouse
250 gr gula merah iris halus
1 sdm gula pasir
2 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
200 ml air
50 ml minyak goreng kualitas baik


Cara Membuat:
Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
Campurkan gula merah bersama air, didihkan hingga gula menjadi cair, dinginkan.
Ayak tepung terigu, campurkan dengan baking powder dan soda kue, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur, aduk rata.
Tuang air gula sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan speed rendah. Kocok hingga tercampur rata.
Masukkan minyak, aduk balik hingga rata, pastikan tidak ada endapan minyak yang tertinggal.
Tuang adonan ke dalam paper cup hingga penuh.
Kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api besar.
Apabila sudah matang, angkat dan siap disajikan.

Alhamdulillah mekar semua lho hasilnya, seneeeng banget. Apalagi bolu kukus gula merah ini adalah favorit di keluargaku. Masih tetap penasaran dengan bolu kukus lainnya, lain kali dicoba deh. Oh ya..warna bolu kukus gula merahku agak pucat ya, hal ini karena faktor gula merah yang kupakai warnanya kurang gelap. Kalau saja warnanya bisa lebih gelap, pasti lebih cantik deh hasilnya. Tak apa, tetap enak rasanya. Yuk...menaklukkan bolu kukus ^_^


JAMUR CRISPY



Cemilan yang satu ini sudah cukup populer ya, tapi jujur aja aku baru sekali beli di penjual kaki lima. Selama ini gak kepengen aja jajan jamur crispy, karena takut kalau ada MSG-nya. Nah..waktu pertama kali beli itu cukup surpraise dengan rasanya dan ternyata anakku suka banget. Nah..lho, berarti harus bikin sendiri, yang bebas MSG dan terjamin kebersihannya. Jalan-jalan ke blog Mbak R, ternyata ada resep jamur crispy. Kebetulan masih ada 3 plastik kecil jamur tiram segar di kulkas, yuk segera diolah.

Berikut ini resep yang sudah sedikit kumodif ya. Mbak R matur nuwun resepnya yaaa

JAMUR CRISPY
source : Mbak R
modified by Nina

Bahan:
3 plastik (kurleb 75 gr) jamur tiram segar
2 butir telur antero (bisa juga pakai air biasa)
3/4 sdt garam
150 gr tepung terigu all purpouse
50 gr maizena
5 gr baking powder
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Campur dan aduk rata terigu, maizena dan baking powder, sisihkan.
Cuci bersih jamur tiram, potong-potong memanjang, sisihkan.
Kocok lepas telur, celupkan potongan jamur ke dalamnya, ambil dan tiriskan.
Masukkan ke dalam campuran tepung, lumuri sambil ditekan-tekan hingga menempel sempurna.
Panaskan minyak dalam jumlah yang banyak, goreng jamur hingga kering dan kecoklatan.
Angkat dan tiriskan.

Dan ternyata....crispy bangeeet. Gak kalah dengan jamur crispy yang pernah kubeli di pinggir jalan dan rasanya gak kaya makan jamur lho. Enak banget deh, recomended untuk dicoba lho. Gampang dan cepat bikinnya, tapi lebih cepat lagi ngabisinnya...hihihihihi..


SIMPLE CUPCAKES

Alhamdulillah kesampaian juga bikin cupcake yang dihias dengan buttercream. Kebetulan masih ada sisa buttercream, jadi diniatin bikin cupcakenya. Masih berantakan, masih belum rapi, tangan juga belum luwes pegang spuit dan harus terus berlatih dan belajar. Dan inilah hasil dari latihanku kemarin...


Cupcake-nya diberi swirl buttercream dan dihiasi dengan sedikit fondant. Karena malas, jadi fondant-nya polosan aja ya, warna putih hihihihi. Tuh kan masih belum mulus bener buttercream-nya, masih kaku tanganku ini dan harus diajak lebih sering pegang spuit. Yang pasti, walau hasilnya masih belum bagus, tetap semangat donk untuk terus latihan.

Resep cupcake-nya sendiri, aku pakai yang benar-benar simple, yaitu buttercake 2 telur. Walau resepnya simple, tapi rasanya enak lho, apalagi aku bikin yang rasa coklat. Aku dapat resepnya dari mbak Dida, tapi aku ganti rasa coklat dan dimodifikasi sesuai dengan bahan-bahan yang ada. Here's the recipe ya

SIMPLE CUPCAKE

Bahan:
175 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk
2 butir telur
125 gr gula kastor
120 gr margarin
150 ml susu
1 sdt baking powder
1  sdt vanilla
1 sdm pasta coklat (aku pakai pasta BF)

Cara Membuat:
Kocok margarin dan gula hingga lembut dan tercampur rata (memakai speed rendah), tidak perlu sampai mengembang.
Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
Ayak terigu, baking powder dan coklat bubuk lalu masukkan ke dalam adonan secara bergantian dengan susu cair, diawali dan diakhiri oleh terigu, sambil terus dikocok.
Tambahkan vanilla, kocok kembali hingga lembut, jangan sampai overmix.
Matikan mixer, masukkan pasta coklat, aduk balik hingga rata.
Tuang ke dalam cup hingga hampir penuh, oven dengan suhu 180'C. Setelah adonan membumbung, kecilkan api hingga benar-benar kecil agar cupcake tidak merekah. Oven hingga matang.
Angkat dan dinginkan, siap untuk dihias.

Untuk buttercream-nya, aku memakai buttercream ala ITaRa yang sudah terbukti enaknya. Resepnya sudah pernah kuposting disini ya. Buttercream-nya enak, tidak eneg dan tentunya lembut banget.



Selain dengan motif swirl, aku mencoba untuk membuat rose yang dilengkapi dengan rumput dan hasilnya....hahahaha...gak kalah berantakannya. Rumputnya ada yang tidur ada yang berdiri, ternyata gak mudah lho untuk bikin spuit rumput. Demikian juga dengan rose-nya, masih jelek banget ya. It's oke..memang harus banyak-banyak latihan. Moga-moga next time better ya.


Cupcake-nya aku bagi ke teman-temanku dan mereka bilang enak lho. Alhamdulillah senangnya...^_^


JAMBAL ROTI MASAK SANTAN


Asyiiiik..dapat kiriman dari sahabat tersayang. Paketnya berisi teri medan, ikan asin lidah, jambal roti, kepah, cetakan roti jala, tauco dan biskuit untuk anak-anakku. Terima kasih Uncu Vitry, seneeeng banget kirimannya udah nyampai. Sebagai pemanasan, aku olah jambal rotinya. Biasanya jambal roti aku bikin tumis aja dengan memakai irisan cabe. Dahulu udah pernah aku posting disini dan juga disini ya. Kali ini aku pengen mengolah dengan memakai kuah santan. Kuahnya kubikin gak terlalu banyak dan ternyata enak juga lho. Pelengkapnya cuma memakai kecambah dan tahu. Buat yang mau tau resepnya, aku tulis disini ya

JAMBAL ROTI MASAK SANTAN

Bahan:
200 gr jambal roti 
1 blok tahu, goreng sebentar hingga berkulit
1 genggam kecambah, siangi
500 ml santan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
5 bawang merah, iris
5 bawang putih, iris
5 cabe merah iris serong
2 cabe hijau, iris serong
3 cabe rawit iris halus
1 buah tomat potong-potong
2 cm lengkuas geprek
1 sdt gula pasir
2 sdm gula merah
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:
Bungkus jambal roti dengan kertas koran, rendam dalam air selama beberapa waktu untuk mengurangi rasa asinnya.
Bakar sebentar jambal roti hingga kecoklatan kemudian potong dadu atau sesuai selera, sisihkan.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu, masukkan cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk-aduk.
Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
Masukkan jambal roti dan tahu, bumbui dengan gula pasir dan gula merah.
Masak terus hingga mendidih, sambil sesekali diaduk. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.
Masukkan kecambah dan tomat potong, masak kembali sebentar.
Matikan api dan siap disajikan.

Waah..enak deh, bagi pecinta ikan asin pasti suka menu ini. Pedasnya kuah berpadu dengan asinnya jambal roti. Kalau aku, kurang suka jambal yang rasa asinnya terlalu kuat, jadi kurendam dulu dengan dibungkus koran. Aku juga tidak menambahkan garam, karena takut keasinan heeeheh..penyedapnya didapat dari gula pasir. Waktu test rasa, sempat merasa kuahnya kemanisan, tapi setelah matang dan didiamkan sejenak, ternyata rasanya pas. Mungkin karena asin dari jambal-nya sudah merasuk ke kuah juga ya.
Dihidangkan bersama nasi hangat dan peyek kedelai, hmmm...bikin nambah lho, laper kali ya ^_^


PINDANG PATIN


Kebetulan nemu koleksi foto lama, sampai lupa sebenarnya kapan bikin pindang patin ini. Masih ingat aja kalau dulu penasaran dengan yang namanya pindang patin, tanpa pernah tau penampakannya seperti apa, bagaimana rasanya dan tentu saja gak tau resepnya seperti apa. Berdasarkan nanya-nanya di mbah google akhirnya nemu juga resep pindang patin yang sekiranya gampang. Dan demikianlah pindang patin ala dapurku hihihihi. Mohon maaf kalau tidak sama dengan wujud pindang patin yang sebenarnya. Tapi rasanya enak lho.

Berikut resep pindang patin yang kudapat dari hasil gugling dan sudah dimodifikasi sana sini

PINDANG PATIN

Bahan:
2 ekor ikan patin ukuran sedang (lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar kemudian cuci bersih kembali)
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
5 cm jae, memarkan
3 buah tomat merah, belah
tomat hijau (skip, lagi gak punya)
2 cabe merah iris halus
6 cabe rawit utuh
3 sdm air asam jawa
2 sdm kecap manis
2 sdm gula merah sisir halus
1/2 sdt garam
1 liter air
daun kemangi secukupnya

Bumbu Halus:
6 siung bawang putih
6 butir bawang merah
5 cabe merah

Cara Membuat:
Rebus bumbu halus, daun salam, serai, jahe dan lengkuas dalam 1 liter air.
Masukkan ikan,  cabe merah, cabe rawit, air asam jawa, gula merah dan kecap manis, aduk rata.
 Masak hingga bumbu meresap dan ikan matang (jangan terlalu sering diaduk ya, agar ikan tidak hancur).
Masukkan tomat potong dan daun kemangi, masak kembali sebentar
Angkat dan siap dihidangkan.

Rasanya unik banget, perpaduan asam dan pedas yang meresap di ikannya yang lembut. Tapi tetap aja penasaran ya dengan rasa dari pindang patin yang asli. Moga-moga aja suatu saat bisa kesampaian merasakan ya. Selamat mencoba...semoga cocok ya ^_^

AYAM PANGGANG PECEL


Ini adalah menu makan siangku tadi. Kebetulan masih ada 1 kg ayam dan liat ada resep ayam panggang pecel di tabloid Saji edisi jadul. Baca-baca resepnya, sekilas mirip dengan ayam panggang bumbu merah yang biasanya kubuat, tapi tetap ada perbedaan di cara pembuatan dan bahan-bahannya. Daripada penasaran dengan rasanya, langsung deh meluncur ke dapur mungilku.

Disebutkan bahwa ayam panggang pecel ini adalah menu yang berasal dari Sukabumi Jawa Barat. Aku sendiri juga kurang paham mengapa dinamakan ayam panggang pecel. Dan setelah mencoba rasanya...hmmm..recomended sekali untuk dicoba lho. Enak deh, rasanya gurih bercampur pedas. Cocok dinikmati bersama sambal terasi dan lalapan. Untuk yang mau tau resepnya, silahkan disimak ya resep yang aku contek dari tabloid Saji dan sudah dimodifikasi agar sesuai dengan selera keluarga

AYAM PANGGANG PECEL


Bahan:
1 kg ayam, potong-potong sesuai selera
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdm asam jawa
1 liter santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah besar
2 cabe rawit
2 cm kencur
1/2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Lumuri ayam dengan garam dan merica bubuk, diamkan sejenak kurang lebih 15 menit.
Panggang ayam hingga kekuningan, angkat dan sisihkan.
Rebus santan dan bumbu halus sampai harum dan kental, masukkan ayam dan asam jawa.
Masak sambil ayam disiram-siram dengan santannya. Masak hingga matang dan meresap, angkat.
Panggang lagi ayam sampai harum dan kecoklatan sambil diolesi sisa bumbu.
Hidangkan panas-panas bersama sisa bumbu dan siap disajikan bersama nasi hangat.



Dinikmati dengan lalapan, sambal  terasi dan krupuk kampung, cocok banget deh. Selain  ayam panggang pecel, tadi aku juga bikin urap-urap lho. Udah pada bisa kan bikin urap-urap. Alhamdulillah terasa nikmat sekali. Naaah..ini dia urap-urap yang kubuat tadi. Anyone?? ^_^


AREM-AREM


Ada yang belum pernah makan arem-arem? Cobain makan deh, sapa tau jadi ketagihan.  Arem-arem sendiri adalah jajanan tradisional yang sebenarnya mirip dengan lontong yang diberi isian.  Arem-arem rasanya lebih gurih karena menggunakan santan sebagai bahannya. Biasanya isiannya terasa pedas, namun kali ini aku membuatnya tidak begitu pedas dengan harapan anak-anakku juga bisa menikmati arem-arem. Dan...benar saja, Naira sekali makan bisa habis 3 bungkus arem-arem lho hahahahah. Adek juga doyan pastinya...Alhamdulillah.

Isian arem-arem bisa divariasikan dengan berbagai macam bahan, misalnya daging sapi, ayam, oncom, tempe dan tahu. Kali ini aku memakai isian berupa ayam yang dipotong kecil-kecil. Untuk yang mau tau resepnya...silahkan disimak ya...

AREM-AREM

Bahan Kulit:
350 gr beras
900 ml santan dari 1 butir kelapa
1,5 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan
daun pisang untuk membungkus

Bahan Isi:
500 gr fillet ayam potong dadu kecil
7 bawang merah iris tipis
5 bawang putih iris tipis
3 cabe merah iris tipis (kalau mau pedas, bisa tambahkan rawit ya)
1,5 sdt garam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas memarkan
150 ml santan
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Isi: Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabe merah, masak hingga layu. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan daun salam,lengkuas dan garam. Tuangi santan dan masak hingga santan meresap. Sisihkan.
Kulit : rebus santan bersama daun pandan dan garam hingga mendidih sambil terus diaduk.
Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, masak hingga santan terserap.
Ambil selembar daun pisang, sendokkan aronan beras dan ratakan. Tambahkan bagian isi dan tutup kembali dengan aronan beras.
Bungkus dengan rapi dan sematkan batang lidi. Lakukan hingga semuanya habis.
Panaskan kukusan dan masukkan arem-arem. Kukus selama kurang lebih 45-60 menit.
Angkat dan siap disajikan.

Rasanya gurih banget lho dan cukup mengenyangkan. Isian dan bahan kulitnya sama gurihnya. Memang lebih mantap kalau isiannya dibuat pedas ya, tapi jangan pedas yang heboh ya, karena arem-arem kan sebagai kudapan bukan sebagai main menu. Karena cukup mengenyangkan, arem-arem ini cocok juga sebagai pengganti sarapan. Sst...respon positif lho dari keluargaku. Bahkan kakak Naira minta dibuatin lagi heeheheh..senangnya. Kalau udah gitu hilang deh segala capek yang dirasa.


Isian arem-arem yang gurih dan nikmat. Dinikmati dengan nasi putih juga enak lho :)


PINK EDIBLE CAKE FOR NAIRA

Akhirnya...kesampaian juga bikin BDCK buat ultah Naira yang ke-7. Cake-nya masih berantakan dekornya,maklum kemampuan dekor masih pas-pasan. Naira request BDCK warna pink dengan tema princess. Aku gak pengen kasih topper princess di cake-nya, jadi salah satu jalannya ya dengan memakai edible. 

Sedikit cerita mengenai Naira, dia adalah putri sulungku yang lahir pada tanggal 18 Maret 2005, dia suka menyanyi, menari dan olahraga. Sebenarnya dari kecil, Naira adalah anak yang tomboy, dia tidak suka boneka, tidak suka hal-hal yang berbau girly dan lebih senang mainan mobil-mobilan. Sejak Naira sekolah SD, dia mulai suka dengan hal-hal yang bersifat girly, misalnya barbie, karakter princess dan juga boneka. Mungkin juga karena pengaruh dari teman-temannya ya. Jadilah di ultah-nya yang ke-7 dia request BDCK dengan teman princess. 

Dan inilah Pink Edible buat Naira...berantakan banget ya, spuit-nya masih belepotan banget. Harus lebih sering latihan lagi, supaya lebih luwes bermain dengan spuit dan buttercream. Base cake-nya adalah 2 layer spongecake vanilla Yongki dengan 10 telur, dengan filling strawberry paleta dan dicover dengan buttercream special ala ITaRa yang enak dan tidak eneg. Alhamdulillah Naira suka dengan penampilan BDCK-nya.


Berikut adalah resep spongecake Yongki, yang resepnya aku lihat di dokumen grup. Check it out yaaa

SPONGECAKE YONGKI

Bahan A:
10 kuning telur
5 putih telur
100 gr tepung terigu all purpouse
150 gr gula kastor
10 gr emulsifier
1 sdm susu bubuk
1sdm tepung maizena
1 sdt essens vanilla

Bahan B:
100 gr butter
50 gr margarine
1 sdm SKM

Cara Membuat:
Siapkan loyang, oles tipis margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali, sisihkan.
Lelehkan butter dan margarin (jangan sampai mendidih ya supaya daya ikatnya tidak rusak). Angkat, masukkan SKM, aduk hingga rata, sisihkan.
Kocok telur dan gula hingga agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental dan mengembang.
Masukkan terigu, susu bubuk dan maizena dengan cara diayak, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
Tuang lelehan butter dan margarin ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata. Pastikan semua sudah tercampur rata agar cake tidak bantat.
Tuang ke dalam loyang, oven dengan suhu 175'C selama kurang lebih 20 menit (tergantung masing-masing oven ya).
Lakukan test tusuk, angkat dan dinginkan.

Buttercream-nya aku memakai resep ala Mama ITaRa yang sudah pasti enak. Berasa kaya es krim lho buttercream-nya. Mbak Dida...matur nuwun resepnya, ijin kutulis ulang disini ya ^_^

BUTTERCREAM ALA ITARA

Bahan:
500 gr shortening / mentega putih kualitas baik
100-150 gr Holman Softcream (aku cuma pakai 50 gr)
1 kaleng susu kental manis putih
100 gr whipcream bubuk + 150 ml air matang suhu ruang, aduk rata denga sendok hingga tercampur rata
1 sdt vanilla susu

Cara Membuat:
Kocok mentega putih dengan mixer kecepatan sedang, hingga agak lembut (kurang lebih 10 menit).
Masukkan hollman softcream, mixer hingga rata.
Masukkan campuran whipcream, sedikit demi sedikit hingga rata, lalu masukkan susu kental manis.
Kocok terus hingga lembut dan tidak ngendal di lidah, masukkan vanilla susu, kocok lagi sampai rata.
Turunkan speed mixer hingga speed terenda, kocok selama kurang lebih 5 menit, matikan mixer.
Aduk buttercream yang sudah jadi dengan memakai sendok kayu sampai rata dan tidak ada gelembung udara (agar buttercream mulus dan cantik bila dispuitkan)

Note:
Apabila tidak ada hollman softcream bisa diskip, bahan lainnya tetap hanya tambahkan simple sirup atau sedikit SKM apabila terasa kurang manis.
Dengan memakai 50 gr hollman softcream, aku rasa manisnya sudah pas dan tidak menambahkan SKM lagi.

Penyelesaian:
Belah cake menjadi 2 bagian sama, perciki permukaannya dengan simple sirup dan olesi dengan strawberry paleta.
Cover seluruh permukaan cake dengan buttercream.
Lepaskan edible dari plastiknya, oles bagian belakangnya dengan WCC leleh dan siap ditempelkan pada cake.


Lebih cantik dan rapi kalau bagian pinggirnya memakai pagar coklat ya ^_^. My next project, bakal pakai pagar coklat aja deh. Insya Allah.
Sayangnya aku gak ada foto potongan kue-nya, udah ribet ngurusin anak-anak yang mau ngicipin kue-nya, jadi gak sempat lagi deh jepretin bagian dalamnya. Mana foto di atas tuh burem banget ya :(
Yang paling penting bagiku, Naira suka dan dia terlihat bahagia di hari lahirnya. Teriring doa dari Ayah-Bunda, semoga Naira menjadi anak sholehah, menjadi anak berguna yang bisa menjadi cahaya penerang buat keluarga dan agamanya. Amin.. Eid Milad Naira 

NASI GORENG JAWA


Simple menu lagi..bikin nasi goreng aja yuk. Kali ini aku bikin nasi goreng jawa. Kebetulan di kulkas lagi sepi, gak ada stok bahan-bahan, cuma ada sedikit fillet ayam dan telur, cukup lah untuk pelengkap nasi goreng kali ini. Siapa aja pasti bisa kan bikin nasi goreng. Resep nasi goreng jawa ini diadaptasi dari Sedap Pemula ya..berikut ini resepnya

NASI GORENG JAWA

Bahan:
2 piring nasi putih
1 butir telur kocok lepas
100 gr fillet dada ayam
1/2 sdm saus tomat
1 sdm kecap manis
3/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabe merah

Pelengkap:
selada
tomat iris
telur dadar
krupuk
bawang goreng

Cara Membuat:
Lumuri fillet ayam dengan 1/2 sdt garam dan 1/4 sdt merica bubuk, diamkan sejenak. Goreng sampai matang, suwir-suwir dan sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum, sisihkan ke pinggir wajan.
Tambahkan telur kocok, aduk hingga berbulir-bulir dan matang.
Masukkan nasi dan ayam suwir, aduk rata.
Tambahkan saus tomat, kecap manis, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata, test rasa.
Masukkan minyak wijen, aduk rata.
Angkat, tata di piring saji, taburi bawang goreng dan siap dihidangkan hangat

So simple but yummy. Ini menu kalo kepepet diburu waktu ya, karena memang bikinnya cepat. Lebih enak kalau ditambahkan pelengkap lainnya. Kalau mau lebih pedas, bisa ditambahkan cabe sesuai selera ya.
Happy cooking ^_^


OPERA CAKE EKONOMIS


Taraaaa.....inilah cake yang kuimpikan selama ini *halah bosone*. Selalu suka dengan opera cake, tapi sayangnya belum berani bikin the real opera cake. Selain karena harga bahan bakunya yang lumayan, juga karena takut gagal. Selama ini menikmati opera cake dalam bentuk petit four, kalau memang sedang ada kesempatan menginap di hotel. Kira-kira 2 tahun yang lalu, pernah juga merasakan opera cake made in Pawonomah, nah..baru deh bisa puas makannya.

The real opera cake sendiri adalah layer cake yang biasanya terdiri dari jaconde (cake dengan almond bubuk), ganache, buttercream dan tentunya sirup kopi. Bagi yang kurang suka jaconde, bisa diganti dengan spongecake. Kebetulan beberapa hari yang lalu mbak Yunita posting tentang opera cake ekonomis....wuiiih, langsung deh pengen bikin. Opera cake ekonomis mbak Yunita bisa diklik disini ya. Opera cake ekonomis-nya kebayang terus, sampai-sampai kutelpon mbak Yunita buat minta pertanggung jawabannya hahahahah. Akhirnya, setelah selesai weekend, bener-bener niat untuk bikin dan seperti inilah hasilnya. Berantakan banget ya xixixixi.

Biar kata penampilannya berantakan, tapi jangan tanya rasanya.....enaaaak banget deh. Apalagi kalau dinikmati dingin-dingin setelah keluar dari kulkas. Yummy sekali. Opera Cake Ekonomis versiku menggunakan 3 layer spongecake vanilla, filling coklat tulip, ganache dan kopi manis sebagai simple sirup-nya. Sayangnya spongecake yang kubuat terlalu tebal ya, jadinya jelek deh hasilnya. Filling coklat dan ganache-nya juga belum bisa rapi. Dan entah kenapa ganache siram yang kupakai juga susah banget mulusnya, padahal aku terbiasa memakai ganache siram untuk cover cake. Dimana ya letak kesalahanku??

Berikut ini adalah resep Opera Cake Ekonomis yang kuintip dari Pawonomah dengan sedikit modifikasi dariku. Aku memakai 1/2 resep yang cukup untuk digunakan pada 1 loyang 30x40. Here the recipe ya

OPERA CAKE EKONOMIS
source : Pawonomah
modified by Nina

Bahan Spongecake :
6 butir telur antero
100 gr gula pasir
15 gr emulsifier
100 gr tepung terigu protein rendah
30 gr maizena
30 gr susu bubuk
1/2 sdt vanilla bubuk
150 gr margarin, lelehkan

Cara Membuat Spongecake:
Siapkan loyang (aku memakai loyang 30x40cm), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali, sisihkan.
Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental dan membentuk jambul petruk.
Masukkan tepung terigu, maizena dan susuk bubuk. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
Masukkan margarin leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
Oven dengan suhu 160'C selama kurang lebih 15 menit hingga matang (jangan kelamaan di oven karena cake-nya tipis).
Angkat cake dari oven, keluarkan dari loyang dan siap digunakan

Bahan Ganache:
100 gr whipped cream bubuk
200 ml air
250 gr DCC cincang

Cara Membuat:
Campurkan whipped cream dengan air, aduk-aduk hingga rata.
Lelehkan hingga hangat, masukkan DCC cincang hingga meleleh seluruhnya dan tercampur rata.
Masukkan dalam wadah tertutup, letakkan di kulkas semalaman.
Sebelum digunakan, kerok-kerok dengan garpu/sendok dan kocok kembali hingga lembut.
Untuk membuat ganache siram, sisa ganache dipanaskan kembali hingga mencair dan siap disiramkan pada permukaan cake.

Bahan Pelengkap Lainnya:
Filling coklat tulip
Kopi manis hangat untuk simple sirupnya.

Penyelesaian:
Bagi cake menjadi 3 bagian yang sama lebarnya. Ambil selembar cake, basahi dengan kopi manis hangat, oles dengan ganache secukupnya.
Letakkan 1 lembar cake lainnya diatasnya, basahi dengan kopi manis hangat dan oles denga filling coklat.
Terakhir letakkan 1 lembar cake terakhir, basahi dengan kopi manis hangat, oles filling coklat kembali dan siram dengan ganache siram.
Biarkan hingga ganache set, potong-potong sesuai selera.

Tuh...berantakan banget ya layernya hahahah...ini yang bikin penasaran untuk bikin lagi. Selain karena memang rasanya yang TOP, juga pengen bisa bikin layer yang lebih cantik. Next time pengen bikin yang ala pawonomah, jadi menggunakan buttercream siap pakai + essens kopi sebagai fillingnya. Ganache hanya digunakan untuk mencover bagian atas cake. 

Slice opera cake sengaja kubuat agak besar, tidak mungil-mungil ala petit four karena memang untuk dinikmati sendiri. Biar lebih puas deh. Yang pasti nyoklat banget, tapi gak bikin eneg, kan pakai ganache ^_^



MARTABAK IMUT


Martabak manis lagi...jangan bosen ya kalau aku sering banget posting martabak manis, soalnya emang favorit keluarga. Biar kata judulnya martabak imut, martabak mini, martabak brownies dan lain-lain, tetap sama aja dengan martabak manis hehehehe, tapi tentunya dengan resep yang berbeda ya. Seperti halnya martabak imut ini, bikin berkat kesengsem dengan martabak imutnya Pawonomah. Belum bisa bikin secantik buatan mbak Yunita, tapi aku puas banget dengan hasilnya. Walau tanpa ragi, tapi teksturnya lebih lembut lho jika dibanding martabak mini tanpa ragi yang dulu pernah kuposting juga. Mungkin karena pemakaian 4 kuning telur ya. Seratnya juga bisa bagus deh. Walau aku bikin yang  versi mini, tapi ketika dimakan akan kelihatan serat-seratnya yang cantik. Sukaaa liatnya.

So...yang penasaran mau cobain, monggo disimak resep yang aku intip dari Pawonomah ya, dengan sedikit modifikasi dariku. Mbak Nyit....suwun banget yo

MARTABAK IMUT
source : Pawonomah
modified by Nina

Bahan:
250 grm tepung terigu protein sedang, ayak
1/2 sdt soda kue
75 grm gula pasir
4 btr kuning telur
1/4 sdt vanili bubuk (aku pakai esens vanilla)
1/4 sdt garam
400 ml susu UHT

Bahan oles & tabur:
Margarin
Gula pasir
Susu kental manis

Topping:
sesuai selera ya, misalnya keju cheddar parut, meises, kacang atau selai

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam satu wadah kecuali susu UHT ---> versiku kecuali soda kue dan susu UHT
 Mixer dengan kecepatan sedang, kemudian masukkan susu UHT perlahan2 hingga habis
 Mixer hingga adonan lembut dan muncul gelembung2 dipermukaannya. Kurleb 10 mnt.
 Diamkan selama minimal 1 jam
Panaskan cetakan (bisa juga pakai teflon biasa ya) dengan api sedang, hingga benar-benar panas ---> versiku setelah didiamkan dan cetakan panas, segera masukkan soda kue, aduk rata 
 Ambil 1 sendok sayur, tuang, ratakan hingga pinggirannya terkena adonan. Tunggu hingga  lubang-lubang tercipta dengan sendirinya.
 Jika bagian tengah sudah mulai berlubang juga, kecilkan api. Taburi permukaan martabak dengan gula pasir. Tutup cetakan nya. Tunggu hingga bagian tengah matang
 Buka tutupnya, olesi permukaannya dengan margarin.
Angkat dan beri topping sesuai selera



Dinikmati tanpa topping aja udah enak lho, pas manisnya. Kalau mau bikin yang versi pandan atau coklat, bisa ditambakan pasta pandan atau pasta coklat di adonannya ya. Atau bisa juga menambahkan coklat bubuk pada campuran terigu. Cocok banget deh ama resep ini, suka rasanya, suka juga dengan teksturnya. Cetakan yang kupakai memang seadanya aja, jadi kurang dalam ya, tapi gak apa lah, yang penting rasanya. Tapi penasaran juga lho, pengen punya loyang martabak beneran ^_^


Nah..ini penampakan sebelum diberi topping, cantik ya lubang-lubangnya. Sst...yang versi pandan, sengaja dibuat untuk dinikmati keluarga, sedangkan yang versi original  kukirimkan untuk pendamping jatah kopi dan snack satpam kompleks. Jadi...berkat kiriman jatah kopi + snack, jadi deh nyobain resep ini. Yuks dicobain juga, silahkan berkreasi sesuai dengan selera kelularga. 

GEPUK AYAM SAMBEL IJO


Hai...ini adalah menu makan siang yang kubuat spesial untuk suamiku hari ini, yaitu Gepuk Ayam. Biasanya kita mengenal empal gepuk yang terbuat dari daging ya dan kali ini memakai ayam sebagai bahan bakunya. Cara pembuatannya cukup simpel, karena  memang mengolah ayam membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan bila kita mengolah daging. 

Resep gepuk ayam sambel ijo ini, aku lihat dari Tabloid Koki edisi 00220 dan kemudian dimodifikasi lagi agar lebih sesuai dengan selera keluarga. Rasanya sendiri mirip dengan ayam bumbu jawa yang dulu pernah kuposting disini karena memang ada kemiripan dalam bumbu-bumbu yang digunakan. So...here the recipe ya

GEPUK AYAM SAMBEL IJO
source : Tabloid Koki
modified by Nina

Bahan:
500 gr fillet dada ayam
1,5 liter air
400 ml air kelapa
200 ml air kaldu
3 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 sdm makan air asam jawa
50 gr gula merah, serut halus
minyak goreng

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt garam

Cara Membuat:
Didihkan air, rebus fillet ayam hingga lunak. Potong-potong berlawanan arah serat dagingnya.
Pukul-pukul fillet ayam hingga melebar, sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.
Masukkan fillet ayam, tuang sisa air kaldu dan air kelapa. Masukkan gula merah. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. 
Angkat fillet ayam.
Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan dan matang.

SAMBEL IJO

Bahan:
4 cabe hijau
10 cabe rawit hijau
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt gula pasir
garam secukupnya

Cara Membuat:
Rebus cabe hijau dan cabe rawit hingga mendidih. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, angkat.
Haluskan cabe hijau, cabe rawit hijau, bawang putih, gula pasir dan garam.

Penyelesaian:
Siapkan piring saji, tata lalapan. Letakkan gepuk ayam dan sambel ijo diatasnya.
Siap disajikan bersama nasi putih hangat.

Waah...ternyata mantap rasanya. Gepuk ayam yang rasanya manis bercampur asam, dipadukan dengan sambel ijo yang pedas. Bisa nambah-nambah lho makannya. Tadi aku gak bikin nasi uduk, jadi cukup dinikmati dengan nasi putih biasa, tetap enak kok.


Dalam pengolahannya bisa disematkan tusuk sate ya, agar gepuk ayam tidak berantakan ketika diolah karena memang setelah digepuk akan menjadi tipis. Aku tadi tidak menggunakan tusuk sate dan tetap aman ^_^. Kalau kurang suka dengan sambel ijo, bisa juga diganti dengan sambel terasi. Tinggal disesuaikan aja dengan selera keluarga. Jangan lupa beri pelengkap berupa lalapan ya. Selain lalapan, tadi aku juga bikin sayur asem sebagai pelengkapnya. Hmm....seger banget di siang hari gadoin sayur asem.



Selamat mencoba..semoga cocok dengan selera keluarga. Happy Cooking...

MY 1ST PUDING BARBIE

Beberapa hari belakangan ini, keluargaku mulai terasa kurang fit kondisinya. Dimulai dari adek yang radang dan batuk pilek, kemudian aku dan ayah. Terakhir kakak Naira yang mulai terasa kurang sehat. Nafsu makannya berkurang drastis karena sariawan, ditambah dengan sering mengeluh pusing. Haduuuh...sedih banget deh, apalagi badannya kulihat semakin kecil aja :(

Hari ini ingat janji lamaku ke Naira, untuk bikinin puding barbie. Ya udah diniatin lah hari ini, mulai dari beli boneka barbie-nya dan ngelus-ngelus loyang barbie yang masih perawan hahahah. Seperti biasanya...first trial selalu berantakan hadeeeeh....



Untuk membuat puding barbie ini bisa memakai resep puding pelangi yang pernah aku posting disini ya. Masih berantakan banget ya hasilnya, maklum karena pakai loyang barbie, jadi gak bisa ngintip hasil lapisan kita seperti apa. Entah kenapa kali ini gak pengen bikin warna macam-macam, hanya memakai pewarna merah aja. Untuk mendapatkan warna merah muda dan putih, aku memakai agar-agar yang memakai susu. Lainnya memakai agar-agar biasa yang diberi pewarna merah. 

Cara pembuatan dan  melapisnya sedikit berbeda dengan puding pelangi yang pernah kubuat dulu. Kali ini setelah agar-agar mendidih, segera diangkat dari api dan tutup dengan rapat. Letakkan loyang di atas wadah besar yang sudah diisi dengan es batu, kemudian kita bisa mulai melapis. Lebih cepat lagi bila kita menggunakan bantuan kipas angin, agar-agar lebih cepat set, tapi hati-hati ya kalau terlalu set nanti antar lapisannya bisa lepas atau tidak menempel. Lagi-lagi harus pakai feeling nih ^_^ Setiap selesai melapis, pastikan panci tertutup rapat dan apabila larutan agar-agar mulai mengeras, bisa dipanaskan di atas kompor sebentar saja untuk membuatnya cair kembali.
Setelah seluruh larutan agar-agar habis, simpan sebentar saja di dalam kulkas dan bisa dilepaskan dari loyangnya. Hati-hati lho ya....aku juga deg-degan banget waktu membalik agar-agar. Alhamdulillah...tidak ada yang terlepas lapisannya, tapi ternyata lapisannya berantakan ya hahahaha. Proses selanjutnya adalah memasang boneka barbie. Maaf sekali ya, tadi gak sempat bikin dokumentasi. Maklum ngerjain sendiri dan itu juga udah dikerubungi ama anak-anakku hehehehe. Untuk memasang boneka barbie, kita hanya membutuhkan badan hingga kepala saja, jadi kakinya dilepas ya. Kemudian 2 buah tusuk sate dimasukkan  ke dalam badan boneka dan kemudian bisa ditusukkan ke puding. Beres deh...aman dan gak akan jatuh bonekanya. Moga-moga gak bingung dengan penjelasanku ya ^_^


My luvly girls ikutan narsis dengan puding barbie. Liat tuh sayu banget ya mata kakak Naira, cepat sehat kembali ya kakak sayang..luv u. Nah...kalau adek udah lincah dan berbinar matanya. Lucu banget karena dia bolak balik bilang wooow waktu liat puding barbie, maklum baru pertama kali ini mereka berdua tau. Walau puding barbie buatan bunda-nya masih berantakan, mereka berdua seneng banget. Alhamdulillah...semoga next time better ya..Insya Allah.