MARTABAK MANIS MINI (TANPA RAGI)


Martabak manis lagiiii. Ini camilan keluargaku tadi sore. Niat banget bikinnya karena selain gampang juga karena semua pada suka ama martabak manis. Kalau selama ini selalu bikin martabak manis yang menggunakan ragi, maka kali ini aku bikin yang tanpa penambaan ragi. Tentu saja ada perbedaan di teksturnya ya, jadi lebih kenyal. Sama enaknya kok dengan yang menggunakan ragi. 

Resepnya aku intip dari multiply-nya Mbak Nining Soeryono. Bahan-bahannya gampang, tanpa ragi dan hanya menggunakan soda kue sebagai tambahannya. Ijin copas resepnya disini ya Mbak Nining ^_^

MARTABAK MANIS MINI (TANPA RAGI)
source : Nining Soeryono

Bahan:
500 gr tepung terigu protein sedang
750 ml air
50 gr gula pasir
1 butir telur
1 sdm garam
1 sdt soda kue

Bahan Toping:
meises
kacang tanah tumbuk
keju cheddar parut
gula pasir
susu kental manis
atau sesuai selera

Cara Membuat:
Campur semua bahan menjadi satu, kecuali soda kue.
Diamkan adonan selama 1 jam atau lebih.
Panaskan loyang martabak (aku pake fast maker). Sesaat sebelum dituang, masukkan soda kue.
Tuang adonan hingga setengah penuh, masak hingga berpori, taburi gula pasir kemudian tutup. Masak hingga matang.
Olesi mentega, tabur topping sesuai selera.


Laris manis martabaknya. Kakak Naira juga seneng kasih sendiri, suka-suka dia deh. Dimakan tanpa topping juga enak lho.


Enak lho, berserat juga walaupun tanpa penambahan ragi. Yuks dicobain bikin. 

KOLOKE

Ini dia penampakan koloke yang kubuat untuk menu makan siang kami tadi. Cukup mengobati rasa kangenku pada koloke langganan yang biasa kubeli saat nge-kost di Semarang dulu. Dulu jaman masih kuliah, mana pernah kepikiran untuk bikin koloke sendiri karena walaupun termasuk menu yang simpel, dulu aku gak bisa masak sama sekali lho hihihihi..


Adonan ayamnya aku samain dengan adonan chicken popcorn, jadi tadi sekalian goreng yang banyak. Saus asam manisnya juga udah beberapa kali aku posting, tapi kutuliskan lagi disini ya..

KOLOKE
(Fried Chicken in a Sweet Sour Sauce with Pinneaple)

Bahan:
500 gr fillet ayam, potong sesuai selera
2 siung bawang putih uleg halus
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
7 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam

Bahan Saus:
1 bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
7 sdm saus tomat botol (kalau mau pedas bisa dimix dengan saus cabai)
1 sdm saus inggris
1/2 gelas air matang
2-3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 buah nanas, potong sesuai selera
1 buah wortel iris tipis memanjang (boleh juga potong model korek api)
2 sdm kacang polong (skip)
1/2 mentimun potong kotak (skip)
1 helai daun bawang, iris
1 sdt tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Cara Membuat:
Lumuri potongan fillet ayam dengan garam, merica bubuk dan bawang putih, diamkan sebentar.
Campur semua bahan pelapis, aduk rata dan sisihkan.
Celupkan fillet ayam ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan ke dalam bahan pelapis sampai seluruh permukaan tertutup tepung.
Panaskan minyak, goreng fillet hingga matang dan berwarna kecoklatan. Gunakan api sedang ya, agar matang merata dan tidak cepat gosong.
Angkat dan tiriskan.
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum, masukkan saus tomat dan saus inggris, aduk rata.
Tambahkan air, masukkan gula pasir dan garam.
Masukkan wortel, masak hingga empuk. Masukkan nanas.
Masak hingga meletup-letup, test rasa hingga pas sesuai selera.
Kentalkan dengan larutan maizena, masak sebentar.
Angkat dan segera siramkan di atas fillet ayam yang sudah ditata di piring saji, siap dihidangkan.


Bahan pelapis koloke macam-macam ya, ada yang menggunakan campuran tepung kanji dan tepung maizena, ada juga yang memakai campuran tepung terigu, maizena dan tepung beras, atau seperti yang kupakai tadi campuran tepung terigu dan maizena. Semua kembali kepada selera ya. Demikian halnya dalam membuat saus asam manis, ada yang memakai tomat segar yang diblender atau cukup memakai saus tomat seperti yang kupakai tadi. Kalau menurut pendapatku yang wajib ada dalam olahan asam manis adalah nanas, karena bisa memberikan sensasi segar yang berbeda jika kita skip pemakaian nanas. Rasa asam yang ada pada nanas, juga bikin tambah enak lho. It's just IMHO ya ^_^

Dinikmati bersama nasi hangat...pas banget. Selalu suka dengan menu asam manis. Selamat mencoba, semoga cocok ya ^_^

CHICKEN POPCORN


Hai...waktunya kembali duduk manis di depan laptop niy..Alhamdulillah. Aku mau sharing menu makan siang keluargaku hari ini. Kebetulan lagi pengen banget bikin koloke dan juga anakku request minta dibuatin cream soup lagi. Karena kebetulan punya fillet ayam yang lumayan banyak, jadi sebagian dijadiin chicken popcorn aja deh seperti yang udah dibikin oleh mbak Melly Octaviana. Sebenarnya bahan pelapisnya sama dengan yang akan kubuat koloke hihihihi.
So...ini chicken popcorn ala aku ya, jadi bikinnya asal aja, untungnya enaaak hihihihi.  Mbak Melly thanks buat idenya ya..

CHICKEN POPCORN
source : Melly Octaviana
modified by Nina

Bahan:
500 gr fillet ayam, potong sesuai selera
2 siung bawang putih uleg halus
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
7 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam

Cara Membuat:
Lumuri potongan fillet ayam dengan garam, merica bubuk dan bawang putih, diamkan sebentar.
Campur semua bahan pelapis, aduk rata dan sisihkan.
Celupkan fillet ayam ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan ke dalam bahan pelapis sampai seluruh permukaan tertutup tepung.
Panaskan minyak, goreng fillet hingga matang dan berwarna kecoklatan. Gunakan api sedang ya, agar matang merata dan tidak cepat gosong.
Angkat dan tiriskan.

Yummy....anak-anak pasti suka, karena gampang aja mereka maemnya. Abis maem chicken popcorn, langsung deh menikmati cream soup hangat...enaknya. Anakku sampai nambah-nambah lho ^_^




AYAM SUWIR (again)


Ini adalah salah satu menu yang dibuat kalau lagi 'mati gaya' di dapur. Pengennya makan enak, tapi males lama-lama di dapur. Cari ide menu gampang yang disukai anak-anak, akhirnya ingat akan ayam suwir. Anak-anak suka karena mereka tidak perlu repot-repot menyantapnya. Beberapa waktu yang lalu udah pernah bikin Ayam Suwir Saus Inggris, yang resepnya bisa diklik disini ya. Kali ini tentunya pengen bikin sesuatu yang beda, tapi ya itu pengen yang cepet bikinnya. Heheheh...dasar pemalas ya.

Akhirnya kuputuskan untuk membuat ayam suwir dengan bumbu buffalo chicken, karena anak-anak juga suka menu tersebut. Beberapa waktu yang lalu sudah pernah kuposting resepnya, tapi kutuliskan lagi disini ya

AYAM SUWIR (again)

Bahan:
500 gr fillet ayam
1 helai daun bawang, potong-potong
minyak untuk menggoreng

Bumbu Perendam:
1 sdm air jeruk nipis
1 bawang putih cincang halus
1 sdt garam

Bahan Saus:
1/2 bawang bombay potong memanjang / cincang halus
1 bawang putih cincang halus
6 sdm saus tomat (bisa juga pakai tomat segar yang diblender ya)
2 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Cuci fillet ayam hingga bersih,lumuri air jeruk nipis, diamkan sebentar dan cuci bersih kembali.
Masukkan ayam dalam bumbu perendam, diamkan dalam kulkas selama 1-2 jam agar meresap (semalaman juga gpp ya)
Goreng ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan. Suwir-suwir ayam.
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, kecap manis dan saus tiram, aduk hingga rata.
Bumbui dengan gula, garam dan merica , test rasa.
Masukkan suwiran ayam, aduk cepat hingga saus menempel di permukaan ayam.
Masukkan daun bawang, aduk rata.
Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Jadi deh...menu kilatnya. Dinikmati bersama tumisan atau sayur bening enak juga lho. Masaknya gak pake ribet dan lama. 


CHEESE MACARONIE PIE

Alhamdulillah....it's Friday, gak kerasa aja waktu berjalan begitu cepat, tau-tau udah ketemu weekend lagi. Dalam rangka mencoba loyang pie-ku yang baru, semalem aku bikin cheese macaronie pie. Lumayan bisa buat bekal selama weekend di rumah mama. Enjoy the pict ya, mohon maaf bener-bener lagi gak mood buat motret, jadinya fotonya burem semua >.<


Resepnya aku intip dari LBT#2 milik ibu host Ricke Indriani. Resep asli-nya bisa dilihat disini ya. Aku sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah aja. Lagi gak punya mozarella dan parmesan, maka aku pake full cheddar. Tetap ngeju hasilnya. Terima kasih resepnya ya mbak ^_^
Berikut ini resep yang sudah aku modif ya...

CHEESE MACARONIE PIE
source : Ordinary Kitchen
modified : Nina

Bahan Kulit Pie:
225 gr tepung terigu all purpouse
100 gr butter, potong kecil-kecil
50 gr keju cheddar parut
1/4 sdt garam
5- 6 sdm air es yang dingin sekali (aku pakai 6 sdm)

Cara Membuat Kulit Pie:
Campur terigu, garam dan keju parut, aduk hingga rata. Masukkan butter, aduk rata dengan menggunakan pisau pastry atau bisa juga menggunakan 2 buah pisau atau garpu. Aduk hingga berbutir-butir.
Masukkan air es sedikit demi sedikit, uleni hingga rata.
Bulatkan adonan, tutup wadah dengan serbet bersih atau plastik dan diamkan di kulkas selama 30-60 menit.
Oles tipis loyang pie dengan margarin. Gilas adonan pie dengan menggunakan rolling pin hingga tipis. Letakkan dalam loyang dan press sesuai dengan bentuk loyang.
Tusuk-tusuk permukaan bawah dengan garpu atau bisa juga dengan meletakkan pemberat (misalnya kacang-kacangan yang diletakkan di kertas roti), agar tidak menggembung ketika dipanggang.
Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 170'C selama 20 menit . Angkat dan sisihkan.

Bahan Isian:
50 gr macaroni, rebus hingga al dente
1/2 bawang bombay cincang kasar
2 bawang putih cincang halus
2 sdm margarin
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
250 ml susu cair plain
3 sosis iris tipis
150 gr daging giling
100 gr keju cheddar parut
3 butir telur kocok lepas
oregano secukupnya
basil secukupnya (skip)

Cara Membuat:
Tumis daging giling hingga matang dan berubah warna, sisihkan.
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
Masukkan daging giling, tambahkan terigu, aduk rata hingga menyatu.
Tuang susu cair, aduk rata hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
Masukkan macaroni rebus dan sosis, aduk rata. Masukkan telur sedikit demi sedikit dan aduk rata kembali.
Masukkan sebagian keju parut dan  bumbui hingga rasanya pas.

Penyelesaian:
Tuang adonan macaroni ke dalam kulit pie, tata sosis di atasnya dan taburi sisa keju cheddar parut.
Taburi oregano dan basil bila ada.
Panggang dalam oven suhu 160'C seama 35-45 menit hingga matang (adonan tidak cair dan kokoh bila disentuh).
Biarkan hingga benar-benar dingin, baru dikeluarkan dari loyangnya.
Sajikan bersama saus sambal bila suka.

Lebih mantap kalau pake keju parmesan dan mozarella, tapi kalaupun gak ada tetap enak kok. Anak-anak doyan banget, karena memang mereka penggemar cheese macaronie.


Haduuuh....lagi-lagi foto burem yang tampil disini ya. Jelek banget fotonya, tapi gak pengaruh kok ama rasa cheese macaronie pie-nya hehehehe.


Nah..foto di bawah ini, adalah foto ketika belum dikeluarkan dari loyang pie bongkar pasangnya. Deg-degan waktu ngeluarin, takut hancur kulit pinggirnya. Alhamdulillah baik-baik aja.


So...happy weekend friends...hope you'll have a fabulous day ^_^

MISUA GORENG


Hai...udah pada tau kan tentang cemilan yang satu ini? Gampang banget bikinnya, anti gagal dan enak pastinya. Aku pertama kali tau tentang misua goreng pada waktu masih SMA dulu, jaman jadul ya. Dulu tanteku sering banget bikin misua goreng dan aku dengan setia selalu jadi tukang icip-icip heheheheh. Sekarang setelah belajar masak, lumayan sering juga bikin misua goreng. Kadang kalau ada rapat atau arisan, bikin juga misua goreng untuk dimasukkan ke snack box atau sebagai salah satu jajanan yang disajikan di piring.

Seperti biasa, kalau bikin misua goreng ini pakai jurus cemplang cemplung aja. Bumbunya mirip dengan kalau aku bikin sop. Nah...kebetulan di rumah lagi gak punya daging giling, akhirnya kupakai kornet sebagai salah satu isiannya. Silahkan berkreasi dengan isiannya ya, disesuaikan aja dengan selera keluarga ^_^

MISUA GORENG

Bahan:
250 gr misua kering
1 liter air
1/2 bawang bombay
2 buah wortel iris dadu kecil-kecil
100 gr daging giling (aku pakai kornet)
2 helai daun bawang, iris tipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1//2 sdt gula
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Bahan Pelapis:
tepung roti secukupnya
3 butir telur kocok lepas

Cara Membuat:
Didihkan air, masukkan wortel dan rebus hingga agak empuk.
Panaskan minyak, tumis daging giling hingga matang dan berubah warna, sisihkan.
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum, masukkan ke dalam rebusan air.
Masukkan daging giling ke dalam rebusan air, bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula.
Masukkan misua, aduk hingga rata. Masukkan daun bawang dan test rasa.
Masak hingga air meresap, matikan api.
Siapkan  loyang, oles tipis seluruh permukaannya dengan minyak goreng, kemudian tuang misua ke dalam loyang, ratakan. Dinginkan.
Setelah dingin dan set (biasanya aku masukkan kulkas), potong-potong sesuai selera.
Gulingkan misua ke tepung roti, celup ke dalam kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung roti hingga seluruh permukaannya tertutupi.
Panaskan minyak yang banyak (deep frying), goreng misua hingga kecoklatan.
Angkat dan siap dihidangkan dengan saus mayonaise bila suka.

Tektur dalamnya yang lembut berpadu tekstur luarnya yang cukup crunchy. Misua ini cukup mengenyangkan ya, jadi cocok dinikmati saat sarapan. Cocok juga buat bekal sekolah, karena anak-anak banyak juga yang suka dengan rasanya yang gurih.


Haduuuh...tambah lama kok fotonya bukannya tambah bagus ya, yang ada malah tambah burem >.< 
Gak layak tayang deh nih, tapi ya mohon dimaklumi ya, masih dangkal banget ilmunya dan masih harus banyak belajar lagi .


Nah..untuk yang belum tau penampakan misua kering, bisa dilihat disini ya. Mirip dengan mie, tapi lebih kecil dan halus. Teksturnya juga lebih lembut.


Masih penasaran dengan misua goreng...yuk dicoba bikin. 

SOTO AYAM KEDIRI


Hari ini kakak Naira request minta bikinin soto, jadi inget deh ama soto Bok Ijo. Tentang soto Bok Ijo sudah pernah aku ceritakan disini. Ingat juga kalau beberapa waktu yang lalu sahabatku yang pinter masak mbak Yunita, pernah posting soto ayam kediri ala Bok Ijo lengkap dengan ayam bakar bumbu kecap di blog-nya. Segera meluncur ke Pawonomah untuk ngintip resepnya. 

Alhamdulillah...rasanya tidak mengecewakan, laris manis dan habis tak bersisa. Untuk penampilan dan foto-fotonya memang gak bisa keren ya, maklum kemampuan terbatas nih hehehehe. Yang jelas, resep ini recomended to try. Matur nuwun buat resepnya ya mbak sayang.. Berikut resep yang sudah sedikit kumodif ya

SOTO AYAM KEDIRI

Bahan:
750 gr ayam, potong sesuai selera
2 batang sereh
5 daun jeruk
2 batang daun bawang, potong-potong
200 ml santan kental
2 liter air

Bumbu Halus:
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1 ruas kunyit
5 butir kemiri, sangrai
3 cm lengkuas
3 cm jahe
1/4 sdt merica butiran
1/2 sdt ketumbar butiran
1 sdt pala bubuk

Pelengkap:
kubis iris tipis
seledri iris tipis
tauge / kcambah
jeruk nipis
cabe rawit yang sudah direbus
telur asin
ayam bakar
kecap manis

Cara Membuat:
Didihkan air, rebus ayam hingga empuk.
Tumis bumbu halus, masak hingga matang dan kering, masukkan sereh dan daun jeruk. 
Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam, masak dengan api kecil hingga mendidih, bumbu meresap dan kuah agak berkurang.
Test rasa hingga pas, masukkan santan sambil diaduk sesekali.
Masukkan daun bawang, aduk sebentar. 
Ambil ayam dari kuah soto, didihkan sekali lagi dan matikan api.
Goreng ayam hingga setengah matang, iris tipis dan tusuk dengan menggunakan tusuk sate. Rendam dalam bumbu kecap dan panggang.
Soto dan ayam bakar siap dihidangkan.



Jadi favorit keluarga deh, anakku sampai nambah-nambah lho maemnya. Seneeng banget liatnya. Gak heran kalo sore2 panci sotonya udah bersih karena ludes tak bersisa ^_^.  Eh ya, aku sengaja gak bikin sambal kecap, karena ikut-ikutan di soto Bok Ijo Pak No, yang juga hanya menyajikan cabe rawit sebagai pelengkapnya. 


Ayam bakar yang simpel tapi enak, cocok sebagai pelengkap soto ayam Kediri ala Bok Ijo.


Pelengkap soto, bisa diganti sesuai selera ya. Bisa juga memakai perkedel kentang, sate telur puyuh bumbu kecap, tempe goreng tipis atau bahkan sate kerang ala soto ayam Semarang.


IKAN KEMBUNG + SAMBAL KECAP JERUK


Ini nih menu favorit suamiku, ikan goreng plus sambal. Ikan apa aja dia suka, terutama digoreng, yang masak juga seneng karna gak ribet. Waktu belanja ikan di tukang sayur, ternyata bawanya ikan kembung, oke deh dibeli aja. Menurut cerita seorang teman, ikan kembung ini ada beberapa jenis dan kebetulan yang kubeli tadi adalah ikan kembung puring yang enaak. Wah..jadi semangat nih buat makannya. Dan ternyata setelah digoreng, emang enak banget, dagingnya lembut dan gurih, durinya juga tidak banyak.

Bumbu yang kupakai untuk menggoreng ikan kembung ini bukanlah bumbu istimewa, hanya bumbu biasa yang banyak juga dipakai di berbagai dapur. Nah...sebagai pelengkapnya, aku membuat sambal kecap jeruk yang merupakan sambal rekomendasi dari temanku tadi. Sambalnya enaaak lho. Memang tidak terlalu dominan rasa pedasnya, tapi terasa sedap dengan perpaduan rasa pedas, asam dan manisnya. Makasih ya Uncu Vitry, sambalnya mantap banget deh.

IKAN KEMBUNG GORENG

Bahan:
500 gr ikan kembung
1 sdm air jeruk nipis
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
2 cm kunyit bakar
1 ruas jahe
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara Membuat:
Cuci bersih ikan kembung, kucuri dengan air jeruk nipis dan cuci bersih kembali.
Lumuri ikan dengan bumbu halus hingga merata ke seluruh permukaan ikan, diamkan selama kurang lebih 30 menit, hingga bumbu meresap.
Goreng ikan dalam minyak yang banyak hingga kering.
Angkat dan tiriskan.

Sambalnya sih pake jurus kira-kira aja ya, kurang lebih resepnya sebagai berikut ya

SAMBAL KECAP JERUK

Bahan:
2 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cabe merah besar
7 cabe rawit (bisa ditambah ya)
2 sdm kecap manis
1 jeruk nipis, ambil airnya
sejumput garam

Cara Membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih bersama garam, cabe merah besar dan cabe rawit.
Tambahkan kecap manis dan terakhir beri perasan air jeruk nipis, aduk rata.
Siap untuk disajikan.

Enaaak deh sambalnya, bahan-bahannya memang mentah semua, terasa segar karena ada perasan air jeruk nipisnya. Sebagai pelengkap, hidangkan ikan goreng dan sambal bersama lalapan sesuai selera ya. Kali ini aku memilih selada, terong bulat dan tomat. Alhamdulillah...nikmatnya 


PUDING TAPE KETAN HIJAU


Hari ini terik banget, pulang ke rumah langsung buka kulkas minum air putih, menikmati nata de cocco dan...saatnya menikmati puding tape ketan hijau yang kubuat kemarin ^_^  Siapapun pasti bisa bikin puding ini, karena emang gampang banget. Rasanya juga enak, manis bercampur asam dari tape ketan hijaunya. Gak heran kalau puding ini selalu menjadi favorit keluarga.
Yang mau coba bikin puding tape ketan hijau yang simpel ala aku, silahkan disimak resepnya ya

PUDING TAPE KETAN HIJAU



Bahan:
1 bungkus agar-agar bubuk plain (bisa juga pakai agar-agar hijau)
5 sdm gula pasir (bisa ditambah kalau suka yang lebih manis)
200 gr tape ketan hijau
750 ml santan (bisa juga pakai santan instan yang dilarutkan dengan air)
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat:
Campurkan agar-agar bubuk dengan gula, tambakan santan. Tambakan daun pandan.
Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
Masak terus hingga mendidih, menjelang mendidih masukkan tape ketan hijau, aduk hingga rata. Matikan api.

Tuang ke dalam cetakan agar-agar yang telah dibasahi air, sisihkan daun pandannya.
Dinginkan.

Gampang banget kan bikinnya. Enak banget dinikmati di hari yang panas seperti saat ini. Pakai tape ketan hitam juga enak lho. Alhamdulillah..sesaat aja udah ludes pudingnya ^_^


KLAPPERTAART WILTON


Sebenarnya lagi pengen banget buat pie, dalam rangka mencoba loyang baru, tapi waktu kemarin nanya ke keluarga minta dibuatin pie apa malah request klappertaart. Udah lama juga gak bikin klappertaart. Oke deh..request disetujui, bahan juga lengkap tinggal cari kelapa muda-nya aja.
Kali ini aku mencoba bikin klappertaart wilton yang sudah terkenal itu. Resep klappertaart wilton sendiri pada awalnya dipopulerkan oleh alm. Mbak Ruri. Sekarang resep ini sudah menjadi resep andalan oleh rekan-rekan yang menjual klappy. Alhamdulillah...semoga menambah berkah untukmu ya mbak Ruri. Amin...
Resepnya aku intip dari Dapur Solia, dan sudah sedikit kumodif ya. Langsung aja ya, here's the recipe

KLAPPERTAART WILTON
source : Ruri (by Dapur Solia)
modified by Nina

Bahan:
750 ml susu cair (aslinya 1 liter)
250 ml wipcream cair (aslinya tidak pakai)
50 gr tepung custard
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
200 gr gula pasir (aslinya 250 gr)
6 kuning telur
150 gr mentega
1 sdt vanilla
3 buah kelapa muda, ambil dagingnya
kismis, almond/kenari (skip, hanya dipakai untuk topping aja)

Topping:
6 putih telur
4 sdm gula kastor
2 sdm tepung terigu
kismis secukupnya (direndam air hangat, peras dan percikkan vanilla)
almond secukupnya (bisa juga memakai kenari)
kayu manis bubuk secukupnya

Cara Membuat:
Larutkan tepung terigu, tepung maizena, tepung custard dengan wipcream cair, aduk rata dan pastikan tidak ada yang bergerindil (saring bila perlu)
Panaskan fresh milk dan gula, masukkan campuran whipcream dan tepung. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Pastikan untuk mengaduk hingga ke dasar panci ya, agar tidak gosong.
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
Masukkan vanilla, aduk rata.
Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk rata dan kemudian masukkan daging kelapa muda. Aduk rata kembali.
Tuang adonan ke dalam cup alufoil atau bisa juga dituang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dipoles tipis dengan menteda.
Panggang dengan cara au bain marie/ steam bake dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15 menit.

Topping:
Kocok putih telur dengan menggunakan mixer, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga kaku.
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan menggunakan spatula.
Masukkan campuran putih telur ke dalam piping bag dan semprotkan ke atas adonan setengah matang tadi hingga cukup tinggi.
Taburi atasnya dengan kayu manis bubuk kemudian taburi kembali dengan kismis dan almond.
Panggang lagi hingga topping berwarna kecoklatan.
Angkat dan dinginkan.



Rasanya enaaak banget, lembut dan manisnya pas dengan selera keluargaku. Yakin deh kalau makan 1 cup gak akan cukup. Anakku yang kecil, sekali makan bisa abis 3 cup lho heheheheh. Untuk yang pengen tau penampakan bagian dalam klappy wilton bisa dilihat di gambar berikut ya. Keliatan banget kan lembutnya dan juga full kelapa muda. Dinikmati setelah didinginkan dari kulkas....so yummy.


Bikin klappy itu sebenarnya mudah kok, asalkan kita harus telaten saat mengaduknya sehingga menghasilkan adonan yang lembut dan tidak bergerindil. Semakin lama adonan akan semakin berat karena adonannya mengental. Tapi semua itu sepadan kok dengan hasil yang didapat, karna rasanya memang enak. Yuks bikin sendiri klappy homemade. Recomended to try yaa...

MIE GODHOG


Mie godhog atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai mie rebus pasti tidak asing kan buat kita. Banyak yang menyukai menu ini karena rasanya yang memang enak. Sebenarnya kita bisa saja dengan mudah menyantap mie instan, tapi akan lebih baik kalau kita bikin bumbu sendiri yah. Kalau sekali-sekali makan mie instan..it's OK lah.

Mie godhog mudah sekali dikreasikan dengan berbagai macam isian, bisa dengan ayam, seafood, jamur ataupun sayuran. Nah..kebetulan tadi siang kok pengen banget ya makan mie godhog, intip-intip kulkas, masih ada sedikit sawi, udang dan ayam. Berangkat deh ke dapur, bikin mie godhog dengan bahan-bahan seadanya.

Resepnya sebenarnya  juga asal cemplung aja, kurang lebih sebagai berikut ya:

MIE GODHOG

Bahan:
1 pack (200 gr) mie kering 
7 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1/2 bawang bombay cincang halus
1 sdm minyak ayam
100 gr udang kupas
100 gr fillet ayam, potong dadu
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1 L air kaldu
sayuran sesuai selera (misalnya sawi, wortel, kecambah dll)

Cara Membuat:
Seduh mie kering dengan air panas hingga lunak, atau bisa juga direbus sebentar saja, tiriskan.
Panaskan 1 sdm minyak ayam, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu.
Masukkan udang dan fillet ayam, masak hingga berubah warna. Masukkan sayuran, aduk hingga setengah layu.
Masukkan mie, aduk hingga bercampur dengan bahan lainnya.
Tuang air kaldu, masukkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, bumbui dengan garam, merica dan gula. Masak hingga mendidih, test rasa.
Angkat dan segera hidangkan hangat.

Kalau ada yang belum tau apa itu minyak ayam, berikut resep yang saya pakai ya

MINYAK AYAM

Bahan:
100 gr kulit atau lemak ayam
1 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang halus

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.
Masukkan kulit atau lemak ayam, masak  hingga mengeluarkan minyak.
Angkat, dinginkan dan saring.

Rasanya segeeeer banget. Anak-anak juga suka banget, sampai berebutan lho makannya hihihi, namanya juga anak-anak  ^_^


ZUPPA SOUP

Udah lama banget pengen bikin Zuppa Soup sendiri, tapi dulu kesulitan cari puff pastry siap pakai. Pertama kali makan zuppa soup waktu dibawakan sepupuku dari Surabaya, katanya dia beli di daerah sekitar kampus Ubaya. Langsung jatuh cinta ama rasanya. Nah...ketika udah nemu puff pastry siap pakai, pastinya kepikiran buat bikin zuppa soup, tapi apa daya  ketimbun ama list resep lain yang harus dicobain heheheheh.

Kemarin, ingat aja kalau udah lama gak bikin cream soup. Begitu liat di freezer, langsung deh ingat kalau masih punya puff pastry. Bongkar-bongkar kulkas lagi, akhirnya nemu bahan-bahan seadanya. Lagi gak punya susu evaporated, ya gak apa deh, dibuat yang tanpa susu aja.  Yuk..mulai bikin zuppa soup.


Resepnya seperti biasa aku lihat di blog favoritku, yaitu milik Bunda Ricke Indriani. Resep asli bisa dilihat disini ya. Berikut adalah resep yang sudah kumodif agar sesuai dengan selera keluarga dan persediaan bahan di rumah ^_^

ZUPPA SOUP

Bahan:
Puff pastry siap pakai, potong agar sesuai dengan ukuran mangkok atau mug yang akan dipakai.
Kuning telur kocok lepas untuk olesan.

Bahan Cream Soup:
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil
2 buah wortel potong dadu kecil
2 buah jagung manis pipil
2 lembar smoked beef potong persegi (bisa diganti sosis)
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 bawang bombay, iris halus
1 butir telur kocok lepas
1 liter air
5 sdm tepung terigu
3 sdm margarin
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan terigu, aduk rata agar terigu tercampur dengan tumisan.
Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
Masukkan wortel dan jagung pipil, masak hingga empuk dan kuah mengental.
Masukkan ayam dan smoked beef, bumbui dengan garam, merica dan gula pasir. Test rasa.
Masukkan telur kocok lepas dengan cara disaring sambil diaduk-aduk hingga terbentuk serabut-serabut halus pada soup.
Panaskan oven 200'C, siapkan mangkok atau mug keramik tahan panas. Tuang cream soup, tutup dengan kulit pastry, oles dengan kuning telur.
Panggang hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat dan siap disajikan.

Enak deh, Alhamdulillah semua suka dan jadi rebutan lho. Zuppa soup ini enak dinikmati dalam keadaan hangat, jadi kalau tidak langsung habis dan disimpan, sebelum menikmatinya bisa dipanaskan kembali sebentar saja.

Berikut ini adalah tips dari Ricke Indriani tentang pembuatan zuppa soup:
- Untuk menghasilkan soup yang lebih creamy, bisa ditambahkan susu evaporasi
- Jangan mengisi mangkok terlalu penuh, karena ketika dipanggang soup akan mendidih. Apabila terlalu penuh, maka soup akan meluap keluar dan kulit pastry menjadi basah.
- Bila menginginkan zuppa dengan puff pastry yang menggelembung tinggi (dome), masukkan soup dalam keadaan panas/hangat. Soup yang panas akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit pastry hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung ke atas.
- Bila menginginkan zuppa dengan puff pastry yang mengembang dan berlapis-lapis, masukkan soup dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum soup mendidih.  

Thanks Ricke untuk sharing resep dan tips-tipsnya ya ^_^


Kalau yang ini cream soup-nya aja, tidak terlalu creamy karena tanpa penambahan susu. Alhamdulillah tetap disukai keluarga.



AYAM BUMBU JAWA

Kemarin tuh pengen banget makan ayam dengan bumbu yang manis dan legit. Selama ini lebih sering mengolah ayam dengan bumbu pedas ataupun gurih. Keinget deh akan olahan ayam yang diungkep memakai air kelapa, mirip dengan kalau kita membuat bacem. Inget lagi kalau mbakku yang cantik Teti Relina pernah posting ayam goreng Jawa. Langsung deh meluncur ke blog-nya. Thanks ya mbak...resepnya cocok banget dengan selera keluargaku.


Kali ini kubuat 2 versi, yaitu versi goreng dan versi bakar. Sama enaknya kok karena setelah diungkep pun ayamnya udah meresap bumbunya. Berikut resep yang kumodif dari dapur Mbak Teti ya...

AYAM BUMBU JAWA

Bahan:
750 gr ayam, potong sesuai selera
500 ml air kelapa 
1 jeruk nipis
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 ruas lengkuas
1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
minyak goreng

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
2 cm kunyit 
75 gr gula jawa (gula merah)

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, beri perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak.
Pindahkan ayam ke dalam wajan, tambahkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, air asam jawa dan air kelapa.
Ungkep ayam hingga airnya habis, pakai api kecil aja ya.
Goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas hingga kecoklatan. Atau bisa juga dibakar sebentar sampai terlihat efek bakarnya.
Angkat dan siap dihidangkan.

Rasanya...mantap banget. Recomended untuk dicoba ya. Rasa manis gula jawa, tapi juga ada sensasi asam juga. Cocok banget disajikan dengan nasi panas dan sambel terasi. Selamat mencoba ya..



MARBLE CHEDDAR CHEESE CAKE


Cake ini kubuat kemarin sebagai hadiah untuk Milad suamiku pada tanggal 13 Februari yang lalu. Awalnya Ayah minta dibuatin macaroni schotel..lho..kok makutel mulu ya, gak ada bosennya deh. Kutanyain lainnya pengen apa, katanya pokoknya pasta. Sempat kepikiran untuk bikin lasagna, tapi ternyata hunting keman-mana gak ketemu juga. Ternyata beliau berubah pikiran, ganti request chizkek aja. Karena udah gak ada waktu lagi untuk hunting cream cheese, akhirnya kuputuskan untuk membuat cheddar cheese cake aja. Sama enaknya dan lebih ngeju  menurutku.

Ingat akan postingan Bunda Ricke Indriani tentang marble JCC-nya yang cantik itu, kuputuskan untuk mencoba marble CCC. Thanks for sharing ya Mbak...
Resepnya masih tetap sama dengan resep yang kupakai dahulu dan pernah kutulis disini. Resep berikut sudah kukalikan 2 ya dari resep aslinya ^_^. 

MARBLE CHEDDAR CHEESE CAKE
source : Ricke Indriani

Bahan:
A. 260 ml susu cair
80 gr butter
200 gr keju cheddar parut halus 

B. 40 gr tepung terigu all purpouse
30 gr tepung maizena

C. 6 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon

D. 6 putih telur
180 gr gula kastor
2 sdt air jeruk lemon

E. 20 gr coklat bubuk, dilarutkan dalam 30 ml air panas, dinginkan
(skip, karena coklat bubuknya habis, aku pakai 1 sdm pasta BF)

Cara Membuat:
 Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang bulat (aku memakai diameter 18 cm), oles bagian dasar dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles kembali. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dengan alumunium foil untuk mencegah air merembes masuk.
 Campur dan ayak bahan B, sisihkan.
 Tim bahan A hingga keju larut, angkat dari api. Dalam keadaan masih hangat masukkan bahan B. Aduk rata hingga lembut dan tidak menggerindil dengan menggunakan whisker atau mixer speed rendah.
Masukkan bahan C, aduk kembali hingga rata.
Dalam sebuah wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan air jeruk lemon dan gula kastor sambil terus dikocok hingga SOFT PEAK, jangan terlalu kaku dan kering ya.
Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan ke dalam campuran keju. Aduk balik hingga rata dan masukkan kembali ke dalam adonan putih telur (teknik pancing).
Aduk balik kembali hingga rata dan pastikan semua tercampur rata, tidak ada endapan adonan keju di dasar wadah.
Ambil 150 gr adonan, campurkan dengan pasta BF atau dengan larutan coklat. Aduk rata.
Tuang 1/2 adonan putih ke dalam loyang, beri 1/2 adonan coklat secara acak. Tuang kembali sisa adonan putih dan terakhir tuang sisa adonan coklat. Buat motif marble dengan menggunakan sumpit atau tusuk sate. 
Letakkan dalam loyang pendek yang sudah diberi air panas (steam bake / au bain marie). Panggang dalam oven selama kurang lebih 60-90 menit (dengan oven-ku kira-kira 70 menit) hingga cake matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
Angkat cake dan dinginkan hingga cake menjauh dari sisi-sisi loyang baru kemudian dikeluarkan dari loyang. Dinginkan hingga set dan siap dihias sesuai selera



Karena kemampuan dekor yang masih pas-pasan, jadi cake-nya cukup aku hias dengan whipcream kocok dan buah-buahan. Permukaan atasnya dioles dengan selai strawberry. Segar banget, rasa cake-nya yang ngeju bercampur dengan buah-buahan.

Sayangnya motif marble yang kubuat belum bisa cantik, mungkin karena aku grogi ya waktu bikin motifnya, karena ragu-ragu jadi nggak bisa sampai ke bawah tuh.


Ternyata ada sedikit air yang merembes, tuh keliatan di dasar cake-nya :( 

Masih ada sedikit sisa adonan, kumasukkan ke dalam alufoil cup. Cantik juga ya...ntar kalau makan tinggal disendokin aja.


Tidak ada perayaan apa-apa di rumah kami, teriring doa yang tiada henti buat Ayah, smoga panjang umur dan berkah di sisa umurnya. Eid Milad ya Ayah. Sssttt...selain Milad Ayah, tgl 13 Februari bertepatan juga dengan Anniversary kami yang ke 8. Alhamdulillah ya...syukur tiada tara atas segala rahmat-Nya yang sudah dilimpahkan kepada keluarga kami. 

BUBUR MUTIARA


Selain bubur kacang hijau, sering banget bikin bubur yang satu ini...yup bubur mutiara. Pasti semua udah bisa bikinnya kan. Gampang banget dan enak dinikmati hangat ataupun dingin. Keluargaku suka banget, mulai dari Mama, Papa sampai anak-anakku. Walaupun bikinnya gampang, tapi dulu aku pernah gagal lho bikinnya hihihih. Dulu kan belum ngerti ya, jadi waktu air belum mendidih buburnya langsung kumasukkan. Gagal deeh.

Bikinnya pake jurus kira-kira aja ya, silakan disesuaikan dengan selera masing-masing

BUBUR MUTIARA

Bahan:
2 bungkus mutiara (lupa berapa beratnya)
9 gelas air
9 sendok gula pasir
sejumput garam
400 ml santan 
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat:
Masak air hingga mendidih, masukkan mutiara, beri gula.
Masak hingga matang, angkat.
Rebus santan, masukkan daun pandan dan beri garam secukupnya. Masak hingga mendidih.
Sajikan bubur mutiara bersama santan.

Enaaak deh, manis bercampur gurih santan. Yuk dicobain





CUMI ISI MASAK KARE


Sebenarnya ini masaknya udah lama banget, sampai lupa bulan apa bikinnya. Yang pasti aku ingat waktu masak ini benar-benar laris manis, karena sekeluarga suka semua termasuk anakku yang paling kecil. Hal itulah yang bikin aku jarang sekali masak menu dengan pedas yang heboh, karena kasian anakku gak bisa ikut ngerasain heheheh. Alasan aja ya...padahal malas bikin terlalu banyak menu ^_^

Menu cumi masak kare ini recomended banget untuk dicoba lho. Aku ngintip di daily menu-nya mbak Ricke Indriani, hmmm...pasti enak kan. Berikut ini resep yang sudah sedikit kumodif ya

CUMI ISI MASAK KARE

Bahan:
500 gr cumi ukuran sedang
1 sdm air jeruk nipis
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
2 sdm air asam jawa
500 ml santan kental
1 sdm munjung bubuk kare
1 buah cabe merah iris serong 
garam, merica bubuk, kaldu bubuk non MSG dan gula pasir secukupnya
1 helai daun bawang, potong-potong
minyak goreng untuk menumis

Bahan Isian:
1 tahu putih, haluskan
1 buah telur kocok lepas
1 buah wortel, potong dadu kecil
garam dan merica bubuk secukupnya

Bumbu Halus:
 6 bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
2 cm lengkuas
3 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar
1 sdt jinten

Cara Membuat:
Cuci bersih cumi, pisahkan kepalanya dan bersihkan tintanya. Buang kulit arinya yang berwarna ungu hingga cumi berwarna putih bersih.
Lumuri cumi dengan air jeruk nipis, beri sedikit garam dan merica bubuk, diamkan sebentar dalam kulkas.
Campur semua bahan isi kemudian isikan ke dalam cumi sambil dipadatkan, semat dengan tusuk gigi atau lidi. Lakukan hingga semua cumi terisi. 
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk rata.
Masukkan air asam jawa, aduk rata. Masukkan santan dan didihkan.
Masukkan cumi isi beserta kepalanya, bumbui dengan garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak hingga bumbu meresap. Test rasa.
Masukkan cabe merah dan daun bawang, masak kembali sebentar.
Angkat dan hidangkan.

Alhamdulillah...kepuasan tersendiri saat melihat keluarga menyukai apa yang sudah kita masak ya. Thanks Ricke untuk sharing resepnya. Yuk dicobain bikin. Happy cooking ya

ENGLISH MUFFINS WITH CHEESE SAUCE (LBT#13)


Bismillahirohmanirrohhim....Alhamdulillah sampai juga di LBT#13 dengan tema English Muffin. Belum pernah bikin, belum pernah tau resepnya juga, tapi ketika membaca deskripsinya langsung teringan dengan menu Egg Muffin di salah satu resto waralaba ^_^. Alhamdulillah bertambah lagi ilmu berkat LBT.
Mungkin English Muffin kurang familier di sini, namun sebaliknya di luar negeri sudah menjadi salah satu menu breakfast yang sangat populer. Kita dapat mengkreasikan english muffin dengan berbagai macam isian sesuai dengan selera kita.
Kali ini aku mengkreasikan Englis Muffin dengan isian daging burger dan keju dengan tambahan saus keju homemade. Hasilnya adalah english muffin gurih yang ngeju. Terkesan western banget ya heehehhe.  

Deskripsi yang lebih jelas mengenai English Muffin, kucopy-kan dari dokumen grup sebagai berikut ya. Bu Host..ijin copas disini ya. Terima kasih sebelumnya :)

Muffin? Mungkin sebagian besar dari kita sudah tak asing lagi dengan
yang namanya ‘muffin’, yaitu sejenis cake atau cupcake yang dibuat
dengan metode quick bread, umumnya menggunakan soda kue atau kombinasi
dengan baking powder sebagai raising agent-nya. Muffin seperti ini
popular di Amerika. Tapi kalau ‘English Muffin’? Mungkin teman-teman
banyak yang sudah tau tapi ada juga yang belum begitu mengenalnya.
English muffin ini berbeda dengan muffin yang biasa kita kenal. English muffin adalah sejenis roti kecil yang dibuat dengan proses fermentasi ragi seperti pembuatan roti pada
umumnya. Jadi menggunakan ragi/yeast sebagai leavening agent-nya.
Bentuknya bulat kecil, permukaannya flat/datar, dan dipanggang di atas wajan datar atau griddle bukan di dalam oven.

English muffin biasa dijadikan snack ataupun makanan berat seperti
untuk brunch (breakfast and lunch). Bisa juga dijadikan sebagai
alternatif bekal sekolah si kecil dengan pilihan topping yang mereka
sukai. Bisa disajikan manis (sweet) dengan topping seperti selai,
olesan butter, madu atau coklat, dsb. Bisa juga disajikan asin (savoury) dengan topping seperti smoked beef, daging beef burger, salad, dsb. Saat disajikan, biasanya muffin dibelah horizontal baru diberi isian/topping (jika muffin dibuat agak tebal) atau bisa juga langsung diberi topping jika muffin dibuat agak tipis.
Salah satu yang menjadi cirikhas English muffin adalah saat adonan yang sudah dicetak
di-proofing adonan ditaburi kedua sisinya dengan cornmeal (tepung jagung
yang agak kasar yang terbuat dari jagung yang digiling), tetapi bila corn meal susah didapat bisa digantikan dengan tepung beras atau tepung maizena.
Bila tidak mempunyai cookies cutter yang ukurannya cukup untuk standar English muffin, teman-teman bisa gunakan apa saja yang ada di rumah untuk membentuk adonannya, semisal kaleng bekas susu kental manis, atau jar bekas selai, tutup toples, dsb dengan ukuran sekitar 6-8
cm atau sesuai selera. Tekstur bagian dalam English muffin biasanya
terdapat bolong-bolong atau pori-pori besar, rasanya seperti rasa roti pada umumnya yaitu cenderung tawar atau plain. Tekstur bagian dalam English muffin biasanya terdapat bolong-bolong atau pori-pori besar, rasanya seperti rasa roti pada umumnya yaitu cenderung tawar atau plain. (source : dokumen grup LBT).

Resep English Muffin yang kubuat berdasarkan resep dari Arfi Binsted, resep asli bisa dilihat disini ya.

ENGLISH MUFFIN WITH CHEESE SAUCE
source : Arfi Binsted


Bahan:
350 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
250 ml air hangat
125 ml susu hangat
2 sdt ragi instan
1/2 sdt gula
1 sdt garam
tepung beras atau corn meal secukupnya (aku memakai maizena)

Isian:
daging burger, keju slice, saus keju, saus tomat bila suka

Cara Membuat:
Campur gula dan ragi dalam sebagian air hangat, aduk rata dan diamkan sejenak hingga berbusa untuk menandakan ragi sudah bekerja.
Tambahkan sisa air dan susu hangat ke dalam larutan ragi tersebut.
Dalam sebuah wadah yang besar, campurkan tepung dan garam, aduk rata kemudian tuangi larutan ragi sedikit demi sedikit sambil diuleni.
Uleni terus hingga kalis dan elastis (adonan lembek tetapi tidak basah).
Bulatkan adonan dan tutup dengan serbet bersih yang lembab. Diamkan hingga adonan mengembang 2x lipat.
SEtelah adonan mengembang, kempiskan adonan untuk membuang gas di dalamnya, keluarkan dari dalam wadah.
Pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin dan cetak bentuk bulat, dengan diameter kurang lebih 7 cm (atau sesuai selera ya).
Gulingkan ke atas maizena, hingga selluruh permukaan tertutup
Letakkan adonan di wadah besar, tutup kembali dengan serbet lembab dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
Panaskan wajan anti lengket (aku pakai teflon biasa), masak hingga matang kurang lebih sekitar 10 menit di tiap sisinya.
Angkat dan siap dihidangkan.


CHEESE SAUCE

Bahan:

200 ml susu cair
3 sdm tepung maizena
100 gr keju cheddar parut
2 kuning telur kocok lepas
2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Larutkan maizena dalam sebagian susu,aduk hingga rata.
Rebus susu, larutan maizena, gula pasir dan garam sambil terus diaduk hingga meletup-letup.
Tambahkan kuning telur, aduk cepat hingga rata.
Tambahkan keju parut, aduk kembali.
Matikan api dan angkat

PENYELESAIAN:
Belah english muffin menjadi 2 bagian, toast sebentar di bagian dalamnya.
Tata berturut-turut daging burger, oles dengan saus tomat, keju slice dan sedikit saus keju.
Tangkupkan dengan bagian yang lain.
Oles bagian atas dengan saus keju, taburi dengan oregano bila suka.

Alhamdulillah...selesai juga PR-nya, senang bertambah lagi pengetahuan tentang dunia baking berkat LBT. Sukses terus buat LBT'ers


APEM


Tumben-tumbennya ya bikin apem, ada apakah gerangan? Behind story-nya begini nih...hari Minggu kemarin, aku liat ada sebaskom nangka di kulkas. Entah kenapa ya kok langsung kepikiran buat bikin apem selong aka apem inggris. Nah..Senin siang setelah jemput sekolah, langsung deh bikin adonannya. Bongkar-bongkar kulkas, nangkanya kok udah gak ada heuheuheu..., ternyata nangkanya udah dibawa lagi ama adikku ke Surabaya. Wedew...padahal pengen apem gara-gara liat nangka ya. Tapi gak apa, jalan terus buat apem soalnya adonan udah siap, males juga siang-siang cari nangka. 

Niatnya kan bikin apem selong, karena memang aku suka banget ama pinggirannya itu, crispy banget. Tapi...karena keterbatasan alat, jadinya gak bisa bagus tuh renda di apemnya, cetakannya kurang cekung. Makanya gak bisa disebut apem selong deh hihihihi. Alhamdulillah apemnya laris manis, mama juga suka banget, sampai-sampai kemarin minta dibuatin lagi.

Resepnya hasil nanya-nanya ke temen deket dan dimodif sesuai dengan selera. Berikut ini resepnya

APEM (APEM SELONG WANNA BE)

Bahan:
200 gr tepung terigu
200 gr tepung beras
350 gr tape singkong (pilih yang manis ya)
300 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm ragi instan
sejumput garam
400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat :
Campurkan tepung terigu dan tepung beras, sisihkan.
Dalam wadah yang besar, campurkan tape, telur, ragi dan gula. Kocok sebentar hingga gula larut.
Masukkan campuran terigu bergantian dengan santan sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah ( diaduk memakai spatula biasa juga gpp)
Diamkan adonan di tempat hangat selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan mengembang.
Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur adonan, tekan perlahan di bagian tengah. Masak hingga matang.
Angkat dan lakukan hingga adonan habis.

Mudah bukan cara membuatnya. Empuk dan manisnya pas. Dinikmati hangat-hangat enak banget dan walaupun sudah dingin tetap empuk lho.


Tekstur bagian dalamnya....lembut dan empuk.


Sedikit tips...aku memakai tepung beras yang baru digiling, jadi tepung berasnya belum kering dan masih lembab. Menurut teman-temanku yang biasa membuat apem, kalau kita memakai tepung beras yang sudah kering atau siap pakai, tekstur apemnya akan berbeda.CMIIW ya, soalnya aku juga belum pernah bikin.

Ini adalah fast maker yang kupakai untuk mencetak apem, karena cuma punya ini, jadinya apem selongnya tidak berenda ^_^


UDANG 3 SAUS


Trust me, kalau udang 3 saus ini rasanya enaaak banget. Udang diapain aja pasti enak yah, mau digoreng, direbus atau dicampurkan dalam berbagai masakan, pasti udah enak aja rasanya. Apalagi kalau dipadukan dengan 3 saus seperti ini. Mantap bener.
Ini hasil ngintip dapurnya mbak Melly Octaviana yang pinter masak. Dulu pertama kali liatnya udah langsung pengen aja, ternyata baru kesampaian bikin tadi. Kebetulan punya sedikit udang di kulkas, langsung inget deh ama udang 3 saus. Dan hasilnya...ludes tak bersisa dan masih berasa kurang aja heheehe.

Mbak Mell, thanks for the recipe yah, berikut ini resepnya yang sudah sedikit dimodif agar sesuai dengan selera keluarga

UDANG 3 SAUS

Bahan:
500 gr udang, bersihkan kepala dan kulitnya (kalau suka pakai kulit juga enak kok)
1/2 bawang bombay iris halus
2 siung bawang putih, geprek dan iris halus
3 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal (bisa ditambah sesuai selera)
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdm margarin
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Cuci bersih udang, goreng sebentar hingga matang, angkat dan tiriskan.
Panaskan margarin bersama sedikit minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap inggris, aduk hingga rata.
Bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Apabila rasanya sudah pas, masukkan udang goreng, aduk hingga udang tertutup saus.
Masukkan daun bawang, aduk sebentar
Angkat dan siap disajikan.

Hasilnya....mantap banget rasanya. Dinikmati bersama nasi hangat, berasa kurang deh sepiring udang. Lha emang udangnya cuma dikit ya ^_^ 


Tuh..kebayang kan gimana rasanya, yuks dicobain. Recomended banget untuk dicoba resep ini.
Dan ini adalah menu siang tadi, gak nyambung ya...tapi Alhamdulillah semua suka  ^_^