AYAM GORENG MENTEGA


Salah satu menu favorit di rumahku. Yang masak juga seneng karena gampang ae bikinnya. Beberapa waktu lalu, di FB banyak teman-teman yang bikin ayam goreng mentega. Ingat deh kalau udah lama gak masak menu goreng mentega, biasanya kalau gak pakai udang ya pakai ayam. Kebetulan di kulkas masih ada 1/2 kg ayam, ya udah dimasak aja sebelum ditinggal weekend di rumah mama. Yuk masak

AYAM GORENG MENTEGA

Bahan:
500 gr ayam, potong sesuai selera
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 sdt  garam
1/4 sdt merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bahan Saus Mentega:
2 siung bawang putih cincang halus
1 bawang bombay iris memanjang
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
1 sdm kecap manis
3 sdm margarin
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
Lumuri ayam dengan garam, merica bubuk dan bawang putih, diamkan sejenak 15-30 menit.
Goreng ayam dalam minyak yang banyak hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Panaskan minyak bersama dengan  margarin hingga leleh, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum.
Masukkan saus tiram dan kecap inggris, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata.
Masukkan kecap manis dan merica bubuk, aduk hingga ayam terbalut bumbu.
Angkat dan siap disajikan hangat.

Simpel banget ya dan pastinya disukai keluarga. Ayam goreng mentega ini enak apabila dinikmati sesaat setelah dibuat, soalnya kalau terlalu lama saus menteganya akan menjadi kental. Jadi kalau mau cepat, bisa menggoreng ayamnya dan baru membuat sausnya sesaat sebelum dinikmati.
Selamat mencoba 

BROWNIES KUKUS MOCAF


Gara-gara semalem ngomongin brownies kukus dengan seorang sahabat di FB, akhirnya jadi pengen bikin juga. Kebetulan udah lama pengen bikin browkus tapi karena terserang baking blue akut, ya ditunda-tunda terus. Memanfaatkan tepung mocaf yang masih ada, akhirnya dibuatlah brownies kukus mocaf ini. Mengenai Tepung Mocaf  (Modified Cassava Flour) sudah pernah kuposting di disini  ya. Kalau dulu sudah membuat brownies versi dipanggang, sekarang nyobain bikin steam brownies alias brownies kukus.

Base resep yang kupakai adalah resep Brownies Kukus Ny. Liem yang sudah terkenal enaknya, tapi tentu saja sudah dimodifikasi sesuai selera. Aku hanya membuat 1/2 dari resep berikut

BROWNIES KUKUS MOCAF

Bahan:
125 gr tepung mocaf (aslinya tepung all purpouse)
50 gr coklat bubuk
200 gr gula kastor (aslinya 225 gr)
6 butir telur
1/2 sdt emulsifier
garam secukupnya
175 ml minyak goreng kualitas baik
100 gr DCC cincang
meises secukupnya (aslinya pakai 75 ml SKM)

Cara Membuat:
Panaskan kukusan hingga panas dan uapnya banyak
Siapkan loyang, poles dengan margarin, alasi kertas roti dan poles tipis kembali
Lelehkan DCC, campurkan dengan minyak goreng, sisihkan.
Campur dan ayak tepung mocaf dan coklat bubuk, sisihkan.
Kocok telur, gula, emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan campuran tepung mocaf dan coklat bubuk, aduk perlahan hingga rata.
Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk hingga benar-benar tercampur rata.
Tuang 1/2 bagian ke dalam loyang, kukus selama 10 menit.
Taburi dengan meises, kukus kembali selama 5 menit.
Tuang kembali sisa adonan dan kukus kembali hingga matang, kurang lebih selama 20 menit.
Setelah matang, keluarkan dari kukusan, dinginkan dan siap dihias sesuai selera.

Menurut resep Ny. Liem yang memakai SKM, adonan dibagi 2 bagian, 1 bagian diberi campuran dengan SKM, sedangkan 1 bagian lagi tanpa SKM. Bahkan ada pula yang membaginya menjadi 3 bagian. Karena di rumah tidak ada persediaan SKM, jadi aku hanya memakai meisis coklat.

Tekstur browkus mocaf ini, tetap lembut lho, gak kalah dengan browkus biasa. Dan menurutku kok lebih mengenyangkan ya..CMIIW. Dengan dekor seadanya, browkus mocaf ini laris manis juga ^_^


Ini penampakan setelah dipotong...hehehe ketinggian ya, salah pake loyang nih kayanya. Aku cuma punya kukusan kecil, gak cukup untuk loyang 30x10 atau 24x24 hehehehe

SOTO BOK IJO - LEGENDA KULINER KEDIRI

Hari Minggu kemarin, kami sekeluarga pergi berenang, mumpung liburan dan memang sudah cukup lama gak pergi renang bareng. Setelah puas renang, tentunya lapar donk dan kami memutuskan untuk makan siang di Soto Bok Ijo. Buat warga Kediri dan sekitarnya pasti udah gak asing lagi dengan soto ini, karena memang sudah sangat terkenal sebagai salah 1 pilihan kuliner di Kediri. Konon soto bok ijo sudah ada sejak tahun 1969 lho. 

Soto Bok Ijo atau sering disebut Soto Ayam Tamanan, sebenarnya diawali oleh Pak No Surono. Lebih dikenal dengan sebutan Soto Bok Ijo karena lokasi berjualannya di sekitar Bok Ijo yang dalam  bahasa Kediri berarti Jembatan Hijau. Kini lokasinya sudah berubah menjadi pertigaan yang padat lalu lintas karena berada di samping Terminal Tamanan Kediri.

Seperti yang kukutip dari Kompas.com, dahulu selain berjualan soto di bok ijo, Pak No juga berjualan soto keliling. Pada tahun 1984, beliau mewariskan usaha soto pada anaknya. Soto Bok Ijo sempat sepi sebelum adanya terminal Tamanan. Setelah terminal selesai dibangun, maka penjual soto di Bok Ijo dipindahkan di samping terminal. Hingga saat ini bisa ditemui berjejer warung-warung soto di samping terminal.

Soto Bok Ijo sendiri sebenarnya soto ayam biasa, yang kuahnya memakai santan. Walau memakai santan, tapi kuahnya gak eneg lho. Selain rasanya yang memang enak, soto ini terkenal karena harganya yang memang terjangkau. Harga per mangkok hanya Rp 3500,00. Porsinya memang sedikit sih, 1 mangkok pasti kurang :) Dalam penyajiaannya, penjual soto selalu menyajikan pelengkap soto secara terpisah, antara lain adalah kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis dan tentunya kecap. Jadi kita bisa meracik soto sesuai selera kita. Ini dia penampakan soto-nya ya


Walau memakai mangkok standart, tapi porsinya sedikit tuh, irisan ayamnya juga gak banyak, maklum ya murmer harganya.

Nah ini penyajian pelengkap soto-nya. Yang cabe rawitn dan jeruk nipisnya gak kefoto euy


Karena sotonya murmer dan irisan ayamnya sedikit, pastinya ada yang istimewa donk. Nah yang jadi favorit adalah ayam bakar bumbu kecapnya. Kita bisa memilih ayam bagian mana yang kita inginkan, maka akan dibakar saat itu juga, jadi kita bisa menyantapnya panas-panas. Bumbu kecapnya benar-benar meresap lho, hal ini disebabkan karena ayam yang dibakar memang dipotong-potong terlebih dahulu, kemudian disusun di tusuk besi, baru kemudian dibakar dan disajikan di dalam mangkok. Harganya bervariasi antara Rp 10.000,00 - Rp 14.000,00 tergantung bagian mana yang kita pilih. Dinikmati bersama soto terasa pas sekali,  dinikmati langsung juga enak.


Menikmati soto Bok Ijo ini juga jadi bernostalgia lho, dulu waktu SMA sering juga makan disini. Kalau ada teman yang ultah, seringnya ya traktir bakso Pak Ri atau soto Bok Ijo ini. Maklum anak sekolahan, jadi nyarinya yang murah tapi tetap enak donk.
Selain soto Bok Ijo, di Kediri juga ada warung soto terkenal lainnya, yaitu Soto Pojok di jalan Dhoho, selain itu juga ada soto Branggahan di jalan raya Kediri-Ngadiluwih. Moga-moga next time bisa posting juga disini.

Jadi kalau suatu saat mampir ke Kediri, jangan lupa wiskul ya. Selain menu soto, bisa ditemui juga lesehan Nasi Pecel Tumpang, bakso Pak Ri di jalan Veteran, Sate Ayam Pak Siboen di Jalan Panglima Sudirman, Sate dan Gule Kambing Pak Slamet di Pare dan masih banyak lagi pilihan kuliner tradisional. 

GREEN CHOCO BREAD PUDDING


Sebenarnya gak yakin juga posting ini di blog, penampilannya berantakan banget, fotonya juga kacau, tapi gpp ya tetap tampil di blog aku, soalnya rasanya enak sih hihihihi. Udah lama banget pengen bread pudding, semakin mupeng liat postingan teman-teman. Akhirnya diniatin deh bikin bread pudding. Kebetulan punya roti tawar pandan, jadi terpikir bikin bread pudding pandan seperti yang ada di Pawonomah. Bahan-bahan lainnya udah lengkap kecuali susu cair, yup berangkatlah aku ke supermarket untuk beli susu UHT.
Sampai rumah, segera deh sibuk di dapur,dimulai dengan memotong-motong roti tawar, menyiapkan bahan-bahan lainnya dan mulai memanaskan oven. Saat akan mencampur susu dengan telur dan gula, kaget bukan kepalang...susu yang keluar warnanya coklat. Alamaaak tepok jidat. Ternyata aku salah ambil, yang kubeli ternyata susu coklat. Huhuhuhu.... Kebetulan aku niat pakai susu UHT low fat, kuambillah yang kemasan warna putih dengan hanya memeriksa tangga kadaluarsanya aja, tanpa menyadari kalau itu sebenarnya susu coklat. Parah pisan euy.

Tapi ya udah lah gpp, nekad aja tetap dibikin bread pudding,, walau udah kebayang bagaimana berantakannya penampilan bread pudding-ku nanti kalau udah jadi hiiiks.
Resep yang kupakai sama seperti dengan resep yang dulu pernah kupakai, bisa klik disini, yaitu resep yang berasal dari dapurnya  Teh Ricke Indriani.  Kutuliskan kembali ya

 GREEN CHOCO BREAD PUDDING

Bahan:

8 lembar roti tawar pandan, potong-potong (aku memotong menjadi 4 bagian)
400 ml susu cair (aku pakai susu coklat)
100 ml whipcream cair
80-100 gr gula kastor (tergantung selera manisnya ya)
50 gr margarin, lelehkan
3 telur utuh
3 kuning telur
1 sdt vanilla

Isian dan topping
kismis
keju cheddar parut
DCC serut
chocochips

Cara Membuat:
Siapkan pinggan tahan panas atau alufoil cup, olesi permukaannya dengan margarin, sisihkan.
Kocok lepas semua telur, campurkan dengan susu cair, whipcream, gula kastor dan vanilla, aduk rata menggunakan whisk hingga gula larut.
Tambahkan margarin leleh, aduk rata
Tata sebagian roti di dasar pinggan, tuang 1/3 bagian campuran susu, biarkan meresap.
Taburi dengan keju parut, chocochips, DCC serut dan kismis.
Tata kembali sisa roti, tuang 1/3 bagian campuran susu, biarkan meresap kembali.
Tuang sisa campuran susu, taburi kembali permukaannya dengan kismis, DCC serut, chocochips dan keju parut.
Panggang au bain marie (steam bake) selama kurang lebih 45-60 menit hingga matang.
Angkat dan sajikan hangat

Walaupun bread pudding ini termasuk dalam golongan hot dessert, tapi enak juga kok dinikmati dingin-dingin. Untuk roti tawarnya kalau kurang suka yang memakai kulit, boleh aja memakai yang tanpa kulit. Kalau aku sih suka yang memakai kulit, karena nanti akan ada sensasi crunchy-nya hehehehe. Semua kembali kepada selera masing-masing ya.
Jujur aja, sebenarnya udah bete aja liat penampilan bread pudding yang berantakan ini, gak ada cantik-cantiknya karena tragedi pake susu coklat tadi. Makanya foto-fotonya pun asal jepret aja, sekali jepret jadi. eh...ternyata setelah dicobain, rasanya tak seburuk rupanya lho. Beneran deh..enak juga. 

Selain di alufoil cup, aku juga buat di pinggan tahan panas dan penampilannya tidak kalah berantakannya hehehehe


Hiiiks.berantakan banget ya, tapi please don't judge book by its cover ya *halaaah bosone*

Dan ini foto tekstur bagian dalamnya, fotonya ngeblur banget deh :(


Daaan..karena hasilnya berantakan gini, adanya masih penasaran ama bread pudding. Next week bikin lagi yuk ^_^

SUP IKAN PATIN


Hujan..hujan.setiap hari hujan, bikin udara dingin dan cepet bikin laper. Paling enak tentunya makan yang hangat-hangat, biar badan gak meringkuk kedinginan aja heheheheh. Beberapa waktu yang lalu pengeeen banget makan sup ikan,gara-gara liat postingan sahabat FB yang pintar masak dan tidak sombong..yaitu Ajeng Rani. Haduuuh Rani..asli saat itu mupeng banget liat Sup Tulang Ikan Salmon-nya. 

Apa daya disini susah banget dapetin ikan salmon, kalaupun ada pasti harganya selangit. Maka dimulailah hunting ikan yang sekiranya enak buat dibikin sup. Ke supermarket, berharap bisa dapetin fillet dori, eh..ternyata lagi kosong. Harapan satu-satunya ya tukang sayur langganan, maklum hujan-hujan gini males banget ke pasar tradisional. Tadi tukang sayur cuma bawa ikan patin, ya wis lah gapapa, dicocok-cocokin aja.

Sebenarnya kalau sup ikan patin, paling enak dibikin yang versi asam, dikasih belimbing wuluh, dikasih juga cabe rawit yang banyak, tanggung deh nyaman banget dinikmati hangat-hangat disaat hujan. Tapi kalau kubikin versi seperti itu, anak-anakku pasti gak akan suka. Ya akhirnya kubuat versi sup bening aja.

Resepnya aku modif dari Majalah Sedap, disesuaikan aja dengan bahan-bahan yang aku punya.

SUP IKAN PATIN

Bahan:
1 ekor ikan patin (kira-kira 500 gr)
1 sdt air jeruk nipis
100 gr sawi putih, potong-potong
2 wortel ukuran sedang, potong bulat
50 gr jamur  kuping, rebus dan potong-potong
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 tomat, potong-potong
2 helai daun bawang, potong-potong
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 lt air
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Potong-potong ikan patin sesuai selera (tadi sebagian kubuat fillet dan sebagian dipotong biasa), kucuri dengan air jeruk nipis dan tambahkan garam. Diamkan sejenak.
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan wortel, aduk rata.
Tuangkan air, masak hingga mendidih dan wortel empuk.
Bumbui dengan garam, merica dan gula, masukkan jamur kuping, ikan patin dan sawi putih.
Masak hingga matang, tambahkan tomat dan daun bawang.
Test rasa, angkat dan siap dihidangkan hangat.

Ternyata enak juga, ikan patin dimasak sup model bening seperti ini dan tentunya anak-anak bisa juga menikmatinya. Masih penasaran dengan sup ikan patin yang versi asam pedas, next time harus bikin juga.
Happy cooking :)

AYAM SAUS KARAMEL


Haiii...lagi-lagi postingan tentang daily menu ayam. Menu ayam lagi...jangan pada bosen ya, soalnya emang anak-anak suka makan menu ayam dan juga berbagai macam variasi menu bisa didapatkan ketika kita mengolah ayam. Salah satunya adalah ayam goreng saus karamel ini. Resep aslinya adalah Ayam Goreng Karamel Pedas  milik teh Ricke Indriani. Makasih share-nya ya Bunda...Jelas enaknya kan. Tapi tentunya dimodif lagi sesuai selera keluarga. Aku bikinnya gak pedas, karena untuk menu anak-anakku dan juga menjadikan karamelnya sebagai saus. Hmmm...yummy deh. 

Bikinnya simple banget dan juga cepat.
Ini adalah resepnya ya...

AYAM SAUS KARAMEL

Bahan:

500 gr ayam
1 sdt air jeruk nipis
1/4 sdt garam
2 siung bawang putih
1 ruas jahe iris korek api
1 sdt cabe merah giling (skip)
2 sdm gula (bisa dikurangi atau ditambah ya)
1 sdm saus tomat (asllinya saus cabe)
1 sdm madu
1 sdt kecap
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
125 ml air (aslinya gak pake)

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak.
Panaskan minyak dan goreng ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tumis bawang putih dan jahe, masukkan gula dan biarkan sampai berkaramel.
Masukkan ayam, aduk hingga rata dan ayam terbalut karamel.
Tambahkan air, masukkan madu, kecap, garam dan merica. Masak hingga mendidih dan air agak menyusut.
Test rasa, angkat apabila rasanya dirasa sudah pas.
Siap dihidangkan.

Mudah ya membuatnya, anak-anak pun suka. Saus karamelnya enak banget, pas manisnya dan cocok banget dihidangkan dengan nasi hangat. Yuks dicoba :)

WINGKO

Haiii...tau wingko kan? Suka gak makan wingko? Kalau aku suka banget. Sebenarnya di tempatku, cukup gampang dapetin wingko, banyak juga yang jualan disini. Tapi sekali-sekali gak ada salahnya bikin sendiri, biar lebih puas maemnya. :))

Wingko sendiri merupakan jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran kelapa, tepung ketan dan gula. Rasanya gurih dan manis. Enak dinikmati saat hangat, tapi kalaupun sudah dingin tetap legit rasanya. Wingko yang dijual biasanya dibentuk bulat pipih dengan tekstur yang agak keras. Daerah yang terkenal dengan wingko sebagai oleh-olehnya adalah Semarang, walaupun sebenarnya wingko berasal dari daerah Babat di Jawa Timur. Tak heran kalau nama daerah Babat disematkan sebagai nama belakang jajanan ini, menjadi Wingko Babat hehehehe. Saat ini banyak dijual wingko dengan berbagai  macam variasi rasa. Selain rasa original, kita bisa menemui wingko dengan rasa durian, coklat, nangka, strawberry dan lain-lainnya. Hmmm....variatif sekali ya. 

Wingko ini kubuat kemarin sore, sebagai camilan saat hujan hihihi. Bikinnya cepat, gak pakai lama. Apalagi aku hanya memakai senjata andalanku, yaitu teflon, untuk mencetaknya. Setelah matang baru deh dipotong-potong sesuai selera. Dulu pernah juga bikin wingko, tapi dari tepung ketan hitam dan dicetak di fast maker. Bisa dilihat disini ya. Wingko yang kubuat kemarin lebih kerasa kelapanya, karena takaran kelapanya 2x tepung ketan.



Berikut ini resepnya ya

WINGKO
(Indonesian Coconut Cake)

Bahan:
150 gr tepung ketan
300 gr kelapa parut
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk
1 butir telur
100 gr gula pasir (bisa ditambah kalau suka lebih manis)
150 ml santan kental (aku pakai 130 ml santan instan + 20 ml air)

Cara Membuat:
Campurkan tepung ketan, gula pasir, kelapa parut, garam dan vanilli bubuk. Aduk hingga rata.
Masukkan telur, aduk kembali hingga rata.
Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga gula larut.
Panaskan cetakan (aku pakai teflon ya ^_*), tuang adonan secukupnya, sambil diratakan.
Bolak-balik wingko hingga matang dan permukaannya kecoklatan.
Angkat dan dinginkan.

Dalam pembuatan wingko, ada juga yang tidak memakai santan namun memakai mentega yang dicairkan. Mungkin karena pemakaian kelapanya dirasa sudah cukup banyak ya. Rasanya kurang lebih sama, tapi menurutku rasanya lebih gurih yang memakai santan. CMIIW
Ketika menuang santan, dikira-kira aja ya, jangan sampai terlalu encer, karena nanti wingkonya akan terlalu lembek. Kalau yang banyak dijual di toko-toko, kebanyakan wingko-nya lebih keras. Namun semua kembali ke selera masing-masing ya.

FUYUNGHAY AYAM


Menu Chinese food yang satu ini sangat populer dimana-mana. Selain karena rasanya yang enak, disebabkan juga karena banyaknya keturunan Cina yang bermukim di seluruh penjuru dunia. Tak heran kalau Chinese food menjadi makanan yang populer. 

Fuyunghay dikenal juga dengan nama Chinese Omelet atau telur dadar gaya Cina, padahal pembuatannya bukan dengan didadar lho, tapi digoreng. Fuyunghay selalu dipadukan dengan saus asam manis yang segar. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya rasa gurih dari telur goreng yang dipadukan dengan saus asam manis. Fuyunghay bisa diisi dengan berbagai macam isian, dengan isian utama berupa daging. Bisa berupa daging ikan, kepiting, udang atau ayam. Isi lainnya bisa berupa sayuran, misalnya wortel, kol ataupun tauge, bahkan sekarang cukup populer isian fuyunghay yang berupa tahu. Semua kembali pada selera masing-masing ya.

Saat liburan tahun baru di Surabaya kemarin, sempat menikmati fuyunghay yang menurutku istimewa. Yang bikin istimewa yaitu sausnya yang enaaak banget, beda dengan saus asam manis biasa. Penasaran banget, akhirnya tadi siang bikin deh. Sausnya lumayan sih, not bad..walau masih kalah dengan saus fuyunghay resto Nusantara di Surabaya heuheuheu...

Seperti biasa, kalau masak suka asal cemplung aja, tapi kurang lebih resepnya sebagai berikut ya

FUYUNGHAY AYAM

Bahan:
3 butir telur kocok lepas
100 gr fillet ayam cincang kasar
2 siung bawang  putih cincang kasar
1,5 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 buah wortel, iris tipis memanjang
kol secukupnya, iris kasar
1 daun bawang iris halus
2 sdm tepung sagu
minyak untuk menggoreng dan menumis

Bahan Saus:
1/2 bawang bombay iris halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang kasar
3 buah tomat
1 buah wortel potong tipis memanjang
1 buah nanas potong-potong
5 sdm saus tomat
1 sdm saus inggris
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm gula pasir (sesuai selera ya)
1 daun bawang potong-potong
350 ml air
1 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air
minyak goreng utk menumis

Cara Membuat Fuyunghay:
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam, dan aduk hingga berubah warna.
Bumbui dengan 1 sdt garam, merica dan gula pasir. Angkat dan sisihkan.
Campurkan wortel dan kol dalam telur kocok lepas, tambahkan tumisan ayam. Bumbui dengan 1/2 sdt garam, aduk hingga merata.
Masukkan tepung sagu, aduk rata.
Panaskan minyak secukupnya, goreng fuyunghay hingga kering dan matang. Bisa digoreng dalam beberapa kali gorengan ya.
Angkat dan tiriskan

Cara Membuat Saus:
Rebus tomat dalam air hingga mendidih, angkat dan buang bijinya kemudian blender hingga lembut.
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
Tambahkan wortel, tumis sebentar hingga agak layu.
Masukkan air tomat, masak hingga mendidih, tambahkan saus tomat, saus inggris, saus tiram, garam, merica dan gula pasir. Masak hingga mendidih kembali.
Masukkan larutan tepung sagu, masak hingga meletup-letup.
Tambahkan nanas, test rasa kembali.
Masukkan daun bawang, aduk sebentar.
Angkat

Penyelesaian:
Tata fuyunghay di atas piring saji.
Panas-panas tuangkan sausnya secara perlahan di atas fuyunghay.
Siap disajikan

Minyak yang digunakan untuk menggoreng fuyunghay jangan terlalu banyak ya, agar telur tidak banyak menyerap minyak. Tapi tentu berbeda dengan kita membuat telur dadar yang hanya menggunakan minyak sedikit saja. Sebenarnya saus asam manis fuyunghay akan lebih lengkap bila ditambahkan kacang polong, penampilannya pun akan semakin cantik deh. Sayangnya aku gak punya kacang polong, ya seadanya aja deh.
Dinikmati dengan nasi hangat enaaak, langsung disantap tanpa nasi juga oke rasanya.
Selamat mencoba, semoga cocok ya. Happy cooking


MARTABAK BROWNIES

Martabak manis lagi niy. Moga-moga gak pada bosen ya bacanya. Dari siang tadi hujan deres banget, jadi pengen banget ngemil martabak manis lagi. Kali ini aku nyobain resep martabak brownies yang ada di tabloid koki edisi jadul banget. Kebetulan banget lagi nunggu resep di apotek dan ada tabloid Koki, liat-liat langsung jatuh hati ama resep martabak brownies ini. Langsung deh pencet-pencet  hape, nulis resepnya ;) Ternyata resep ini juga pernah dicobain ama Mbak Dida dan sudah diposting juga di blognya. 


Aku sampai sekarang belum punya loyang martabak nih, jadi masih mengandalkan teflon untuk bikin martabak manis. Sebenarnya pengen bikin pakai fast maker, jadi ntar hasilnya bisa kecil-kecil. Cari-cari di lemari...baru inget kalau fast maker-nya ada di rumah mama. Yo wis lah back to basic..pake teflon. Yang kupakai tadi teflon diameter 16 cm.
Penampilannya gak cantik ya, tuh pinggir-pinggirannya udah abis ditoweli anak-anak. Mereka suka karena crispy hehehehe...

Berikut ini resepnya, dengan sedikit modif dariku. Tadi bikin 1/2 resep saja, udah cukup banyak untuk keluarga kecilku.

MARTABAK BROWNIES

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdm ragi instan
1/2 sdt soda kue
75 gr margarin
40 gr DCC cincang
2 telur utuh
1 kuning telur
350 ml susu cair
50 gr gula pasir

Cara Membuat:
Lelehkan margarin, masukkan DCC, aduk hingga coklat larut, sisihkan
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
Campurkan susu cair dan ragi instan, sisihkan.
Kocok telur dan sebagian gula hingga mengembang dan gula larut. Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit, bergantian dengan susu. Aduk hingga rata.
Tuang campuran coklat perlahan-lahan, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 30-50 menit. Tutup adonan dengan serbet bersih.
Panaskan teflon / cetakan martabak, sesaat sebelum dituang, masukkan soda kue, aduk hingga rata.
Tuang adonan dan ratakan hingga memenuhi samping cetakan.
Tunggu hingga berpori, taburi dengan gula pasir.
Tutup teflon / cetakan, masak hingga matang kemudian angkat.
Oles permukaan martabak dengan margarin, tabur dengan keju cheddar parut, meises dan SKM. Bisa diganti sesuai selera ya.

Nyoklat banget deh, empuk  dan Alhamdulillah berserat. Tapi kok lupa fotoin setelah dipotong ya, maklum keburu-buru fotoinnya karena ujan deres banget dan kebetulan fotonya harus di teras depan. 
Sekarang masih tetep penasaran dengan loyang martabak, kayanya emang harus diniatin hunting deh, biar kalo bikin martabak gak terus-terusan pake teflon ^_^


RISOTO SUKA-SUKA


Whuaaaa...sebenarnya malu bilang kalo ini risoto, gak mirip banget yak *tutup muka pake serbet*. Yang bener harusnya risoto wanna be karena gak mirip hahahahah. Tapi gak apa ya tetap aku posting karena walau penampilannya maksa banget, tapi rasanya enak lho. Dibilang maksa selain karena penampilannya yang gak mirip, karena isiannya juga suka-suka aku aja hihihih. Jadi jangan dibandingkan dengan risoto asli Italia sana ya :)

Resepnya adaptasi dari majalah Sedap, dengan disesuaikan bahan yg ada di rumah. 

RISOTO SUKA-SUKA

Bahan:

400 gr beras cuci bersih
700 ml air kaldu
100 gr fillet ayam potong dadu
jamur kancing secukupnya
2 sosis iris tipis
2 batang seledri iris tipis
1/2 bawang bombay iris halus
2 bawang putih iris halus
2 sdt garam
2 sdm margarine utk menumis

Cara:
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu
Masukkan beras dan fillet ayam, masak hingga berubah warna
Tuang 150 ml air kaldu, aduk sebentar biarkan meresap
Tuang kembali 150 ml air kaldu, tutup wajan / panci sambil sesekali diaduk
Tuang sisa air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk
Bumbui dengan garam, masukkan sosis, jamur dan daun seledri halus
Masak hingga matang, matikan api
Kukus sebentar kurleb 10-15 menit
Sajikan hangat

Isian risoto, bisa disesuaikan dengan selera ya, enak juga bila diisi dengan udang dan lebih mantap lagi ditaburi keju permesan . Risoto bisa juga diberi rasa pedas dari pemberian cabe merah, kayanya bakal lebih enak tuh ya, tapi karena anakku belum bisa makan pedas ya diskip dulu deh cabenya. Selamat mencoba ya..

PUDING SANTAN GULA MERAH

Yakin deh, puding yang 1 ini banyak banget yang suka. Mamaku aja suka banget dan sering minta bikinin untuk isian snack box pengajian. Rasanya lembut dengan aroma manis gula merah yang legit. Puding ini pernah booming kurang lebih setahun yang lalu saat mbak Ricke posting di FB. Perbedaannya dengan puding santan yang biasa dulu kubuat adalah, hanya ada 1 lapisan pada puding ini. Dulu kalau buat puding santan pasti selalu jadi 2 lapisan deh,  lapisan yang santan selalu terpisah. Nah..beda dengan resep yang ini. 


Resepnya hasil intip-intip Ordinary Kitchen, ini juga foto jadul kurang lebih setahun yang lalu. Buat yang belum pernah bikin, puding santan gula merah ini recomended banget untuk dicobain. Ini resepnya ya

PUDING SANTAN GULA MERAH

Bahan:

1 bungkus agar-agar putih
300 gr gula merah, disisir halus
700 ml santan kental
100 ml air
2 kuning telur kocok lepas
1/4 sdt vanili
1 daun pandan, sobek-sobek

Cara Membuat:
Masak gula merah dan air hingga gula larut. Angkat dan saring.
Masukkan santan ke dalam panci, tambahkan air gula merah dan garam, aduk hingga rata.
Masukkan telur, agar-agar dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan pula daun pandan.
Nyalakan api, masak dengan api kecil sambil diaduk searah, perlahan dan konstan.
Ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api. Tuang ke dalam cetakan atau cup yang sudah disiapkan.

Bikin puding emang mudah ya, tapi sebenarnya harus sabar ketika mengaduknya. Selalu gunakan api kecil dan juga harus diaduk secara konstan dan searah. Dalam pembuatan puding santan gula merah ini, ketika mendidih pertama harus segera dimatikan apinya. Hal ini akan bertujuan untuk menghasilkan puding dengan permukaan yang cantik, tanpa gelembung-gelembung udara.


Liat nih, puding yang kutuang di cup masih terlihat gelembung-gelembungnya, berarti tadi kurang cepat mematikan api.
Puding santan gula merah ini akan lebih enak jika ditambahkan kelapa muda atau nangka, tapi jarang banget bisa keturutan nambahin kelapa muda dalam puding. Setiap punya kelapa muda, pasti dibuat klappy ^_^
Selamat mencoba ya

SAMBALADO TENGGIRI


Sukaaa banget dengan olahan sambalado, gak heran kalo sering masak model sambalado begini. Pedesnya bener-bener menggugah selera, apalagi kalau disajikan dengan daun singkong dan sambal ijo, tambah mantap. Olahan ikan yang suamiku suka ya disambalado seperti ini, kali ini pakai ikan tenggiri. Jenis ikannya menyesuaikan dengan yang dibawa tukang sayur langganan, soale suka males ke pasar pagi-pagi hihihihi.

Resepnya aku diajari oleh sahabatku yang asli Minang, lengkap dengan tips yang biasa digunakan ibunya untuk memasak sambalado. Ini resepnya  ya

SAMBALADO TENGGIRI

Bahan:
2 ekor ikan tenggiri, potong sesuai selera
3 bawang merah
3 bawang putih
seruas jahe
100 ml air
1 sdt asam jawa, dilarutkan dengan sedikit air
1 sdm air jerukk nipis
1 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Bumbu uleg kasar:
5 cabe merah
5 bawang merah
5 cabe rawit
1 buah tomat
2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Cuci bersih ikan, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci bersih kembali.
Lumuri ikan dengan bawang merah, bawang putih dan jahe, diamkan.
Setelah beberapa saat didiamkan, ungkep ikan dengan menambahkan air, tambahkan air asam jawa dan garam.
Ungkep selama kurang lebih 15 menit, angkat dan goreng ikan sebentar saja.
Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu uleg kasar hingga harum dan matang.
Masukkan sisa air ungkepan ikan, aduk hingga rata dan bumbui kembali sampai rasanya pas.
Masukkan ikan yang telah digoreng tadi, masak sebentar.
Angkat dan siap dihidangkan.

Rasanya...mantaaap banget. Bumbunya meresap sampai ke dalam, dan ikannya tetap lembut. Nasi putih hangat 1 piring...hmm...kayanya kurang deh hihihih. Lapar atau doyan ya.
Happy cooking ^_^

HAPPY 1ST ANNIVERSARY LBT

Alhamdulillah LBT sudah berusia 1 tahun. Semoga ini hanyalah langkah awal untuk terus belajar dan maju bersama host serta teman-teman yang luar biasa. Sungguh banyak pelajaran yang sudah kudapat sejak gabung bersama LBT. Dari awalnya hanya bisa bikin makutel, sekarang udah berani untuk cobain berbagai resep. Tetap semangat untuk terus belajar dan belajar. 
Aku gabung LBT sejak tugas yang kedua yaitu pada bulan Februari dengan tema Makaroni Panggang. Alhamdulilah... terus bertambah pengetahuan tentang dunia baking.

Untuk tugas bulan ini temanya adalah Anniversary LBT. Tadinya udah niat banget pengen bikin cake yang super nyoklat, udah intip-intip resep DFC. Apa daya kesibukan di awal tahun, bikin laporan rekapan tahun kemarin benar-benar membuatku jadi baking blue. Niat untuk bikin PR jadi molor terus hihihihi. Pemalaaas mah ini namanya. Sampai akhirnya pada tgl 11 Januari belum bikin apa-apa. Padahal walau waktu setor diperpanjang, tapi tgl 12-13 Januari bakal sibuk berat. Hadeeeh... Tiba-tiba putri kecilku bilang kalau dia pengen dibuatin sus. Ahaaa...ya wis lah bikin sus buat setoran PR aja, langsung teringat dengan resep Paris Brest di Joy of Baking. Sehari sampai bikin 2x karena pertama bikin, jadi dan hias, langsung ditowel-towel putriku dan dimakan tanpa sempat difoto. Hahahaha..gpp nak, bunda bikin lagi.  Melihat postingan teman-teman...asli minder berat, tapi tak apalah..I'll do my best.

Dan inilah penampakan Paris Brest for 1st Anniversary LBT


Paris Brest sendiri konon adalah spesial pastry yang dibuat oleh para chef untuk merayakan lomba balap sepeda Tour d' France, yang dulu rute-nya adalah Paris menuju Brest. Hmmm...jadi tambah penasaran deh pengen bisa bikin pastry spesial ini.

Paris Brest yang kubuat ini berdasarkan resep modifikasi NCC dan JoyofBaking..here's the recipe ya

PARIS BREST

Bahan:
100 gr unsalted butter
150 gr terigu protein tinggi
1 sdt baking powder
120 ml susu cair
120 ml air
3 butir telur ukuran sedang
1/4 sdt garam
kenari secukupnya

Polesan:
egg wash (kuning telur+sedikit susu cair)

Filling:
Vla vanilla, whipcream kocok, strawberry

Cara Membuat:
Siapkan loyang (aku pakai loyang kuker), poles dengan margarin, alasi kertas roti dan buat pola bundar di atasnya, poles lagi dengan margarin.
Campurkan terigu, baking powder dan garam, sisihkan
Masak air, susu dan butter dengan api kecil hingga mendidih, matikan api. Masukkan campuran terigu, aduk rata hingga kalis dan adonan menjauh dari pinggiran panci.
Setelah adonan hangat, kocok dengan mixer speed rendah, masukkan telur satu persatu hingga tercampur rata.
Masukkan adonan ke dalam piping bag dan cetak mengikuti pola bundar di loyang. Lingkarkan dalam beberapa kali lingkaran.
Poles dengan egg wash dan taburi dengan kenari.
Panggang dengan suhu tinggi, setelah mengembang dan keluar buih, suhu bisa diturunkan. Panggang hingga matang dan kecoklatan. Jangan sesekali membuka oven selama proses pemanggangan.
Setelah matang, angkat dan dinginkan di cooling rack.
Belah bagian tengah paris brest, olesi dengan vla vanilla, kemudian semprotkan whipcream kocok, hias dengan strawberry
Beri dusting gula halus atau coretan coklat bila suka

Hiiks..whipcream-nya meleleh tuh ya, mohon maaf host kalau hasilnya berantakan gini, mana udah gak ada waktu lagi untuk bikin lagi. Tetap semangat untuk terus belajar dan belajar. Sukses buat LBT


PUDING BROWNIES


Puding lagi...kali ini penasaran dengan puding brownies karena beberapa waktu lalu di FB rame banyak yang posting puding ini. Kebetulan ada sisa roti tawar di rumah, langsung yuk...aduk-aduk sebentar di dapur.
Ini resep yang kupakai ya

PUDING BROWNIES

Bahan:
2 bungkus agar-agar plain
1200 ml susu cair
6 lembar roti tawar tanpa kulit
225 gr gula pasir
100 gr DCC cincang halus
1 butir kuning telur kocok lepas
kacang / almond sangrai secukupnya


Cara Membuat:
Siapkan cetakan agar-agar, basahi dengan air dan taburi kacang sangrai di dasar cetakan, sisihkan.
Blender roti tawar, sebagian susu, gula, DCC cincang dan agar-agar hingga halus.
Masak di atas api kecil sampai mendidih, matikan apinya.
Ambil 1 sendok sayur adonan, masukkan ke dalam kuning telur kocok, aduk rata dan masukkan kembali ke adonan.
Nyalakan api kecil kembali, aduk cepat dan didihkan sekali lagi. 
Angkat dan tuang ke dalam cetakan. Dinginkan.

Untuk vla-nya, ini resep yang aku pakai

VLA

Bahan:
500 ml susu cair
60 gr gula pasir
5 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
1 butir kuning telur
1 sdt essens vanilla

Cara Membuat:
Rebus gula dan susu hingga mendidih, kentalkan dengan tepung maizena.
Masak kembali hingga mengental, tambahkan kuning telur.
Aduk cepat hingga mendidih.
Tambahkan essens vanilla

Mudah bukan cara membuatnya. Rasanya agak padat, karena ada campuran roti tawarnya, tapi tetap lembuut lho. Sedikit cerita ya..kebetulan mbak yang kerja di rumahku punya seorang cucu yang kurang gizi. Kalau aku baking atau bikin cemilan, aku suka banget bawain untuk dikasih ke cucunya. Nah..oleh dokter, anak malang ini dianjurkan untuk dibuatkan puding susu, tapi setiap dibuatkan oleh orang tuanya dia pasti gak doyan. Alhamdulillah setiap kali aku bikin puding...dia selalu suka. Termasuk puding brownies dan juga puding busa kopi yang dulu pernah kubuat. Alhamdulillah yaa...senangnya bisa berbagi, walau hanya dengan sedikit makanan buatanku.




MIE GORENG DAGING ASAP

Mie goreng lagi yuuuk. Selalu suka makan mie goreng, walaupun sering bikin, tapi tetap aja sukaaa. Karena hari ini kebetulan lagi sibuk banget, bisa jadi alasan deh untuk bikin mie lagi. Karena cepat dan praktis, dalam waktu sekejab mie udah matang.


Kebetulan di kulkas masih ada 5 lembar daging asap, kayanya enak nih kalau dibuat campuran mie...so jadilah mie daging asap ini. Sebagai pelengkapnya, seadanya aja sesuai isi kulkas, yaitu bakso dan sosis sapi, sedangkan sayurannya cuma punya sawi dan kecambah aja. It's oke...tetap enak.

Resep mie yang kupakai, sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan resep mie goreng cina yang pernah kuposting disini. Namun tadi aku menambahkan bawang merah dan kemiri di bumbu halusnya. Begitu matang baru nyadar..kok lupa masukin tomat yang udah dipotong-potong ya..hadeeeh. Gapapa lah, tomatnya m asuk kulkas lagi hihihih. Berikut ini simple resepnya yaaa

MIE GORENG DAGING ASAP

Bahan:
1 bungkus (200 gr) mie telur
5 lembar daging asap, potong persegi
3 buah sosis sapi potong serong
4 butir bakso sapi potong tipis
5 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
garam dan gula secukupnya
2 sdm minyak

Bumbu Halus:
4 bawang putih
3 bawang merah
2 kemiri sangrai

Sayuran:
2 ikat sawi hijau
2 batang daun bawang, potong-potong
segenggam kecambah

Cara Membuat:
Rebus mie dalam air mendidih sebentar saja, jangan sampai terlalu lunak, buang airnya dan tiriskan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
Masukkan daging asap, sosis dan bakso, aduk rata.
Masukkan mie, tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap ikan serta bumbui garam dan gula. Aduk hingga rata. Test rasa.
Masukkan sayuran, masak sebentar hingga layu.
Angkat dan siap dihidangkan.

Ups...lupa lagi gak ditaburi bawang goreng, langsung jepret dan santap. Bener-bener deh pikunnya kumat hari ini. Namanya juga mie buatan sendiri ya, tetap aja habis disantap. Alhamdulillah

AYAM WOKU


Akhirnyaaa....kesampaian juga bikin ayam woku setelah dibuat ngiler dengan postingan mbakku yang cantik dan pinter masak Teti Relina. Walau buatanku belum secantik buatan mbak Teti, juga jangan dibandingkan ya dengan ayam woku asli Manado sana...hadeeeh tutup muka, pasti jauuuh banget penampilannya. It's oke ya...namanya juga first time, moga lain kali bisa nyobain ayam woku yang asli.

Bener deh, ayam woku ini rasanya mantap banget. Rasa pedasnya berpadu dengan aroma dan rasa daun-daunan yang dimasukkan ke dalamnya. Unik banget dan i'm surpraise...rasa daunnya kerasa semua lho. 

Resep yang kupakai hasil modif dari resep yang dishare Mbak Teti dan juga dari Sajian Sedap. Mbaaak...makasih ya resepnya...

AYAM WOKU

Bahan:
750 gr ayam, potong sesuai selera
1 jeruk nipis
1 sdt garam
minyak secukupnya
5 lembar daun jeruk
1 batang serai, geprak
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
segenggam daun kemangi, iris halus
1 lembar daun pandan iris halus
1 batang daun bawang, potong-potong
1 lembar daun kunyit, iris halus
1 tomat potong-potong
400 ml air
minyak untuk menumis

Bumbu uleg kasar:
7 bawang merah
3 cabe merah besar (harusnya pakai cabe merah keriting)
7 cabe rawit (kalau kurang pedas, tambahi lagi ya)
4 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit bakar
2 cm jahe

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, tambahkan garam, remas-remas hingga merata, sisihkan
Panaskan minyak, tumis bumbu, masukkan serai, daun jeruk, aduk hingga rata.
Masukkan ayam, tambahkan daun kemangi, daun pandan dan daun kunyit. Aduk hingga rata.
Tambahkan air, bumbui dengan garam dan merica, masak hingga ayam matang, bumbu meresap dan air menyusut.
Masukkan daun bawang dan tomat, masak kembali sebentar.
Angkat dan sajikan 

Menu hari ini di rumahku temanya when east meet west, karena ayam woku ini dijodohkan dengan gulai daun singkong khas Minang heheheheh. Gak nyambung ya, tapi enak aja tuh dan gak perlu bikin sambel ijo lagi, karena ayam woku ini udah pedas.





BUFFALO CHICKEN


Menu buat anak-anak hari ini. Udah sering banget bikin, udah beberapa kali posting di FB juga tapi ternyata belum pernah masuk blog-ku ya. Ceritanya hari ini masak ayam woku, karena rasanya pedas, jadi anak-anak gak ikut makan. Jadilah buffalo chicken ini special untuk mereka. Yang enak memang memakai wing, tapi karena anak-anak gak suka bagian wing, ya pake bagian lain juga oke kok.

Masaknya mudah dan cepat. Resepnya tentu saja pakai punya teh Ike Hermawan, yang udah populerin menu di dunia maya. Aku share lagi disini ya, dengan sedikit modifikasi dariku

BUFFALO CHICKEN

Bahan:
4 potong ayam (kira-kira 250 gr)
air jeruk nipis
minyak untuk menggoreng

Bumbu Perendam:
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1 bawang putih cincang halus

Saus Siram:
1/2 bawang bombay potong memanjang / cincang halus
1 bawang putih cincang halus
6 sdm saus tomat (bisa juga pakai tomat segar yang diblender ya)
2 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Cuci potongan ayam hingga bersih,lumuri air jeruk nipis, diamkan sebentar dan cuci bersih kembali.
Masukkan ayam dalam bumbu perendam, diamkan dalam kulkas selama 1-2 jam agar meresap (semalaman juga gpp ya)
Goreng ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, kecap manis dan saus tiram, aduk hingga rata.
Bumbui dengan gula, garam dan merica , test rasa.
Masukkan ayam, aduk cepat hingga saus menempel di permukaan ayam.
Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Siiip...favorit anak-anakkku, jadi mereka suka aja makannya. Yang belum pernah cobain, ayo bikin...mungkin bisa jadi salah 1 menu favorit keluarga ^_^



STRAWBERRY IN CHOCO MERINGUE CAKE


Lagi browsing ide buat PR 1st Anniversary LBT, ketemu deh ama penampilan cake ini di Joy of Baking. Penasaran dengan perpaduan rasa butter cake coklat dengan meringue yang lembut..dicobain deh resepnya. Cake ini unik karena butter cake dan meringue dipanggang dalam 1 tempat pada waktu yang bersamaan pula. Penampilannya juga lucu karena 2 loyang cake ditumpuk menyerupai sandwich dengan filling whipcream. 

Here's the recipe yang kuambil dari Joy of Baking dengan modifikasi dariku ya.

STRAWBERRY IN CHOCO MERINGUE CAKE

Bahan Chocolate Cake:
3 butir ( 60 gr ) kuning telur
45 gr coklat bubuk
130 gr terigu all purpouse 
1 sdt baking powder
1/8 sdt garam
110 gr unsalted butter
75 gr gula kastor (aslinya pakai 100gr)
80 ml susu cair
1 sdt vanilla ekstrak

Bahan Meringue Layer:
3 butir (90gr) putih telur
1 sdm air jeruk nipis
90 gr gula kastor (aslinya pakai 130 gr)
2 sdm tepung maizena (aslinya tidak pakai)

Filling:
Whipcream kocok
Strawberry

Topping:
Ganache, Wipcream kocok, Strawberry

Cara Membuat:
Siapkan 2 buah loyang bulat (aku pakai diameter 18cm), oles tipis dengan margarin, alasi kertas roti dan poles tipis kembali, sisihkan.
Kocok butter hingga lembut, masukkan gula kastor dan kocok kembali hingga mengkilap dan lembut. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok, kemudian masukkan vanilla ekstrak.
Dengan mixer speed rendah, masukkan terigu secara bertahap dalam 3 bagian, berselang seling dengan susu, diawali dan diakhiri dengan terigu.
Tuang adonan coklat ke dalam loyang, sisihkan.
Dalam wadah yang kering dan bersih, kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa.
Masukkan gula kastor, kocok hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, aduk balik hingga tercampur rata atau kocok sebentar hingga rata.
Tuang adonan di atas adonan coklat.
Oven selama kurang lebih 25 menit hingga permukaan meringue kecoklatan, angkat dari oven dan dinginkan.

Penyelesaian:
Oles salah 1 permukaan cake dengan whipcream kocok, tata strawberry di atasnya,.
Tumpuk dengan cake yang lain dengan bagian coklat di bagian atas (resep asli meringue layer-nya yang di bagian atas).
Siram dengan ganache, hias dengan strawberry dan whipcream .
Dinginkan dalam kulkas hingga whipcream set.
Siap disajikan.

Rasanya unik juga, choco butter cake yang nyoklat berpadu dengan meringue yang lembut di dalam namun renyah di luarnya, ditambahi dengan segarnya strawberry. Gak apa-apa ya penampilan cake-nya acakadut alias ala kadarnya... hihihihih...





JAMBAL KAKAP CABE HIJAU


My old picture again hihihihi. Di tempatku susah banget dapetin jambal kakap, kalaupun ada pasti harganya selangit. Benar-benar barang langka deh. Padahal jambal kakap tuh enaaak banget. Alhamdulillah aku punya seorang sahabat  di Medan dan dia sering kirim-kirim makanan khas Medan diantaranya adalah ikan asin. Tau sendiri kan kalau Medan tuh surganya ikan asin, segala jenis ikan asin ada disana, termasuk jambal kakap ini. 

Sebenarnya ini menu asal cemplung aja, tanpa takaran dan siapapun bisa membuatnya. Kurang lebih resepnya sebagai berikut ya...

JAMBAL KAKAP CABE HIJAU

Bahan:
125 gr ikan asin jambal kakap, potong dadu
5 bawang merah iris
3 bawang putih iris
5 cabe hijau potong serong
3 cabe rawit iris halus
1 daun salam
1 tomat ukuran sedang, potong-potong
1/4 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 sdm kecap manis
50 ml air
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daun salam
Masukkan cabe hijau dan cabe rawit, aduk rata.
Masukkan  jambal, bumbui dengan garam dan gula, tuangkan kecap manis, aduk hingga rata. Tuang sedikit air, masak hingga air menyusut, jambal menjadi empuk dan bumbu meresap.
Masukkan tomat potong, aduk rata.
Angkat dan sajikan hangat.

Sedikit tips untuk mengurangi rasa asin pada jambal adalah dengan membungkusnya dengan kertas koran kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 30-60 menit. Cuci bersih jambal baru kemudian dipotong sesuai selera. Hati-hati membubuhkan garam pada masakan ini ya, kalau kebanyakan jadi keasinan deh.

OPOR AYAM BAKAR


Ini diaaa...opor ayam bakar yang tadi dijodohkan dengan sambe goreng hihihi. Sebenarnya ini opor ayam biasa, bumbunya juga sama dengan opor ayam yang biasa kubuat. Yang bikin beda adalah, sebelum dimasukkan, ayamnya dibakar terlebih dahulu. Tuh..keliatan kan bakarannya. Sekilas nyontek menu ayam lodho ya, kan dibakar juga ayamnya, namun ayam lodho yang khas Trenggalek itu super pedas. Tadinya emang niat pengen ayam lodho, tapi kasian anakku gak bisa makannya karena terlalu pedas. Jadi bikin opor ayam bakar aja, kebetulan memang anakku suka banget ama opor.

Opor ayam lebih enak jika menggunakan ayam kampung, naah..tadi tukang sayur gak bawa ayam kampung, mau ke pasar kok ya udah keburu-buru banget, ya udah pakai ayam potong aja deh. Aku bikinnya sedikit aja pakai 1/2 ayam, eh...ternyata emang cukup buat maksi aja hahahah. Laris manis ceritanya. Opor ayam bakar ini kubuat yang versi kental ya, kalau lebih suka opor ayam yang lebih encer juga enak kok. Silahkan menambah sedikit air jika menginginkan kuah opor yang lebih encer. Here's the recipe ya..

OPOR AYAM BAKAR

Bahan:
500 gr ayam potong sesuai selera
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas memarkan
1 batang serai memarkan
400 ml santan encer
200 ml santan kental
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 bawang putih
3 bawang merah
3 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan sejenak, cuci bersih kembali.
Taburkan garam pada ayam, remas-remas dan diamkan sejenak.
Bakar ayam hingga agak kering, sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam bakar, aduk hingga rata.
Tuang santan encer, masak hingga mendidih dan santan menyusut.
Tuang santan kental, bumbui dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak sebentar hingga santan mendidih kembali.
Matikan api, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.


Mantaaap deh, suka banget ama sensasi ayam bakarnya. Anakku aja sekali makan bisa 2 potong lho, jadi nyesel tadi bikin cuma sedikit aja. Dinikmati dengan lontong, oke banget nih, tapi lebih diencerin lagi ya kuahnya. 


Dijodohkan dengan sambel goreng...pas banget. Eits...jangan lupa kerupuuuk ^_^
Happy cooking ya


SAMBEL GORENG KENTANG


Pasti semua tau kan menu yang satu ini, sambel goreng kentang. Ini adalah salah satu menu spesial keluarga di Indonesia. Sering disajikan di acara-acara keluarga misalnya saat Lebaran, saat hajatan pernikahan dan acara lainnya. Menu ini juga banyak digunakan sebagai pelengkap isian nasi kotak. Yup...sambel goreng kentang memang punya banyak penggemar ^_^

Sambel goreng kentang atau biasa juga orang menyebutnya dengan sambel goreng ati, karena memang lebih enak jika dimasak dengan dilengkapi ati ampela. Ada juga yang menambahkan pete atau kacang kapri sebagai pelengkap, bahkan ada pula yang menambahkan tahu yang digoreng 1/2 matang. Semua  kembali kepada selera keluarga ya. Sst...anak sulungku juga suka banget lho dengan menu ini, walaupun dia harus sedia segelas air putih saat sedang menyantapnya. Hehehehe..Jadi kalau masak ini, aku gak pernah bikin yang
 super pedes, biar anakku juga bisa ikut makan. Pedesnya cukupan aja, soalnya kalo gak pedes ya namanya bukan sambel goreng donk.

SAMBEL GORENG KENTANG

Bahan:
500 gr kentang, potong dadu dan goreng 
250 gr hati ampela ayam, rebus hingga lunak kemudian goreng
2 lembar daun salam
200 ml santan
1-2 sdm kecap manis
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 bawang merah
3 bawang putih
7 cabai merah
3 cabai rawit
1 sdt asam jawa
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
Tuang santan kental sedikit demi sedikit, masak hingga mendidih
Masukkan kentang dan hati ampela goreng, tuang kecap manis.
Masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut, test rasa.
Angkat dan sajikan

Gampang ya bikinnya, yang sedikit ribet memang persiapannya, yaitu goreng kentangnya. Tapi sebanding kok ama rasanya. Tadi selain bikin sambel goreng, aku juga bikin opor ayam bakar. Hmmm...jadi inget
 lebaran deh, cocok banget deh. Tentang opor ayam bakar, diposting setelah ini ya...




MARTABAK MANIS PANDAN


Hadeeeh...lagi kumat malesnya nih. Males ngeluarin mixer, males ngadepin oven. Akhirnya ya gini deh, bikin martabak manis lagi, kan kemarin masih penasaran ama yang pandan. Alhamdulillah laris manis, tiap diangkat dari teflon dan diberi isian langsung ditungguin anak-anak. 

Kalau yang dulu udah bikin martabak manis keju, kali ini isiannya pakai coklat dan kacang. Mesis-nya dikasih yang banyaaak biar kerasa coklatnya, pas banget dijodohin ama kacang cincang. Hayoo yang belum nyobain bikin martabak manis, dicoba bikin yuk. Gampang kok, aku juga bikinnya pakai teflon aja. ^_^

MARTABAK MANIS PANDAN

Bahan :
250 gr terigu serbaguna
350 ml susu 
2 butir telur kocok lepas
2 sdm gula
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instan
1 sdt pasta pandan
gula pasir untuk taburan

Filling:
Meises coklat
Kacang tanah cincang yang disangrai
SKM

Cara Membuat:
Campur terigu bersama gula, baking powder, ragi instan.
Tuang susu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata
Masukkan telur, aduk rata dan tambahkan garam.
Masukkan pasta pandan, aduk hingga merata
Diamkan 30-50 menit, tutup dengan serbet bersih
Siapkan teflon, oles tipis dengan margarin dan panaskan sebentar
Tuang adonan ke dalam teflon, tunggu hingga mulai berlubang.
Setelah lubang-lubangnya mulai banyak, beri taburan gula pasir secukupnya, tutup dan biarkan hingga matang
Setelah matang, angkat dan oles dengan margarin, taburi meisis dan kacang cincang kemudian beri SKM
Potong martabak menjadi 2 bagian dan tumpuk
Siap dinikmati


 Isiannya diganti dengan keju cheddar juga enaaak lho. Kalau mau pakai DCC juga pasti lebih mantap.


Fotonya burem ya, maklum pakai kamera seadanya dan pas mendung pula xixixixi. Harap maklum :)

TAHU TELUR BUMBU PETIS


Ini menu dinnerku tadi..eh bukan dinner sih sebenarnya, soalnya keluargaku lebih sering makan sore ketimbang dinner heheheh. Gampang dan cepat bikinnya. Sering banget bikin menu ini, terutama bila bahan-bahan di kulkas udah mulai menipis alias kulkasnya kosong ^_^

Selain menggunakan bumbu petis, tahu telur enak juga dinikmati dengan siraman bumbu kacang atau bahkan bumbu kecap. Kali ini aku share resepnya yang menggunakan bumbu petis ya.

TAHU TELUR BUMBU PETIS

Bahan:
3 butir telur kocok lepas
1-2 blok tahu (tergantung ukurannya ya)
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Bahan Bumbu Petis:
1 genggam kacang tanah, goreng hingga garing
2 siung bawang putih
5 cabai rawit
1 sdt petis udang
3 sdm kecap manis (bisa ditambah sesuai selera ya)
sejumput garam

Pelengkap:
kol, iris tipis
daun seledri iris halus
kecambah (skip, tadi gak ada)
bawang goreng

Cara Membuat:
Potong dadu tahu, campurkan dengan telur, garam dan merica. Buat dadar dengan ukuran sesuai selera, goreng hingga matang, angkat dan sisihkan.
Goreng bawang putih dan cabai rawit, sebentar saja, sisihkan.
Uleg kasar kacang yang telah digoreng tadi, tambahkan bawang putih dan cabai rawit goreng, uleg kembali.
Tambahkan petis dan garam, uleg hingga rata.
Tambahkan kecap manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Potong-potong tahu telur sesuai selera, letakkan di atas piring saji. Beri kol, daun seledri, kecambah di atasnya. Siram dengan bumbu petis dan taburi bawang goreng.
Hidangkan hangat.

Dinikmati bersama nasi hangat pas banget, dinikmati dengan lontong juga oke, Disantap langsung juga boleh kok. Tambahkan kerupuk ya, biar tambah seru makannya...kriuk..kriuk. ^_^