Wednesday, October 3, 2012

BOLU GULUNG EKONOMIS



Hasil iseng kemarin, bengong karena gak ada camilan. Jadinya....singsingkan lengan baju, angkat mixer dan yuuk mari baking kembali *halaaah*. Ceritanya memang lagi seneng nge-roll cake walau hasilnya masih jauuuh dari kata bagus dan rapi. Bolu gulungnya belum bisa bulat sempurna, fillingnya masih berantakan juga, tapi yang penting tetap semangat untuk belajar dan berlatih ya. Toh walaupun hasilnya gak cantik, tetap aja habis dalam waktu singkat :D

Kali ini aku pakai resep bolu gulung ekonomis punya Bunda Ricke Indriani yang sudah terbukti yummy. Thanks for sharing Bunda.  Biasanya untuk membuat bolu gulung yang enak, di dalam resep menggunakan kuning telur yang lebih banyak dibandingkan putih telurnya. Naah...karena ini adalah versi bolu gulung ekonomis, maka hanya menggunakan 6 butir telur utuh. Rasa dan teksturnya tentu saja berbeda dengan bolu gulung yang menggunakan banyak kuning telur. Tapi dengan menggunakan resep ini, tetap dapat menghasilkan bolu gulung yang enak dan lembut lho, asalkan kita membuatnya dengan benar dan dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tentunya. 

Bisa dilihat tekstur bolu gulung ekonomis ini, keliatan lembutnya kan. Sayangnya aku terlalu tebal mengoles selai, jadinya terlihat kurang rapi deh. Karena aku menggunakan butter yang dimix dengan margarin, jadinya bolu gulung ini wangiii deh.




BOLU GULUNG EKONOMIS

Bahan :
6 butir telur utuh (gunakan telur yang masih fresh)
90 gr gula kastor
1 sdm emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
70 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah)
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla essence (aku pakai vanilla susu L'Arome)
125 gr mentega, lelehkan dan dinginkan (aku mix Wisjman dan Blueband)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (30x30x4 cm atau 2 buah 22x22x4 cm). Olesi dasarnya dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
-  Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair dan kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (all in one method)
- Masukkan mentega cair, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga merata dan homogen. Pastikan tidak ada lagi endapan mentega cair yang tertinggal.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api besar (190-200'C) selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven) sampai matang dan permukaannya berkulit kecoklatan serta cukup kering bila disentuh.
- Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
- Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.

Notes :
- Bagian yang cukup 'tricky' dalam pembuatan bolu gulung adalah proses pengovenan dan saat menggulung.
- Pastikan bolu gulung dioven dengan suhu tinggi. Kalau aku selalu meletakkan loyang di rak paling atas, tapi bisa juga loyang diletakkan di rak tengah kemudian dipindahkan ke rak paling atas agar permukaannya bisa berkulit kecoklatan. Pastikan jangan overbake karena bisa mengakibatkan bolu gulung terlalu kering sehingga susah untuk digulung.
- Setelah diangkat dari loyang, balikkan di atas kertas roti atau serbet bersih yang ukurannya lebih besar dibandingkan loyang, kemudian balikkan lagi untuk didinginkan di atas cooling rack (permukaan kulit di atas).
- Setelah dingin, balikkan lagi di atas kertas roti atau serbet bersih (permukaan kulit di bawah) dan siap diberi filling. Apabila fillingnya memakai selai, jangan terlalu tebal ya, nanti hasilnya kurang cantik seperti bolu gulungku ini.
- Setelah dioles filling, tekuk sedikit ujung bolu gulung hingga benar-benar tertekuk kemudian gulung dengan cara menarik atau menjalankan kertas rotinya (posisi bolgul diam, yang jalan kertas rotinya). Gulung hingga tergulung habis dan kencangkan.
- Untuk membantu memadatkan sejak tekukan pertama bisa memakai bantuan penggaris besi atau alat lain yang kokoh dan panjang. 
- Biarkan tergulung beberapa saat bersama kertas rotinya agar gulungan set.
- Buka perlahan kertas rotinya, agar kulitnya tidak terkelupas.


Niat awalnya sih pengen memberi motif di kulit bolu gulung, karena salah memakai pasta moka (harusnya pasta coklat), jadi motifnya tidak begitu terlihat ya. Untuk yang ingin membuat bolu gulung ekonomis...it's worth to try ya...trust me...enaaak banget ^_^



No comments: