AYAM KREMES ALA MBOK BEREK



Ayam kremes lagi untuk menu makan siang keluargaku. Kebetulan beberapa waktu yang lalu browsing resep yang sekiranya bisa aku praktekkan di dapurku. Maklum aja ya, suka banget mati gaya dalam menyusun menu untuk keluarga. Kemampuan memasak yang masih pas-pasan, ditambah lagi harus bisa membagi waktu dengan baik, agar pekerjaan lancar tapi tetap bisa menyediakan menu sesuai selera keluarga. Eh....kok jadi panjang lebar gini ya heheheh.

Setelah browsing sana sini, akhirnya aku mampir di multiply-nya Mbak Silvy. Ada resep ayam kremes ala Mbok Berek yang konon didapatnya langsung dari cucu Mbok Berek. Nah jadi penasaran kan pengen cobain. Yang pasti ayam goreng kremes Mbok Berek kan memang sudah cukup terkenal ya. Resep kremesnya berbeda dengan yang dulu pernah kuposting disini. Jadi pengen membandingkan hasil diantara kedua resep ini. Berikut resep dari multiply Mbak Silvy yang sudah kumodif sesuai selera keluarga...

AYAM KREMES ALA MBOK BEREK

Bahan :
1 ekor ayam kampung, belah (boleh juga pakai ayam negeri ya)
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar halus
3 daun salam
2 cm kunyit, parut
1 cm lengkuas, memarkan
1 sdm garam
air secukupnya untuk mengungkep ayam

Bahan untuk kremes :
3 sdm munjung tepung tapioka
1 sdm peres tepung beras
1 gelas air kaldu sisa ungkepan ayam

Pelengkap :
lalapan sesuai selera
sambal terasi

Cara Membuat :
- Letakkan daun salam di wajan, letakkan ayam dan bumbu-bumbu lain di atasnya. Tuang air.
- Rebus dengan api besar, setelah mendidih kecilkan api dan terus rebus hingga ayam lunak serta bumbu meresap.
- Setelah empuk, angkat ayam dan tiriskan. Ambil sisa air rebusan untuk membuat kremes.
- Campur tepung tapioka dan tepung beras, tuangi air sisa rebusan. Aduk rata. Ambil sebagian adonan untuk melumuri ayam.
- Panaskan minyak yang cukup banyak, goreng ayam hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Kecilkan api, tuang adonan kremes di wajan (tuangkan dengan jarak yang agak tinggi dari wajan). Adonan jangan diaduk. Setelah kremes berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
- Siapkan piring saji, letakkan ayam dan beri taburan kremes di atasnya. Sajikan bersama lalapan dan sambal favorit.




Kremesannya kurang coklat ya hehehehe. Soal rasa...dijamin deh yang ini juga enak. Segera setelah matang dan jepret seadanya, ayam kremes ini kumasukkan ke dalam lunch box Naira, ditambah dengan sayur asem, siap diantar ke sekolah untuk menu maksinya. Hasilnya....tandas tak tersisa. Alhamdulillah...
Kata Naira, ini buatan Bunda ya? Enaaaak...makasih ya Nda. Seneeeng banget dengernya. ^_^



Dan ini dia penampakan sambel-nya. Bisa bikin nambah-nambah deh....
Happy cooking yaaa...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

20 komentar

komentar
Thursday, 16 May 2013 at 14:34:00 GMT+7 delete

wah ngeliat penampakannya az uda bikin ngiler mba...

Reply
avatar
Wednesday, 10 July 2013 at 13:19:00 GMT+7 delete

Ketika menuangkan adonan kremesan ke dalam wajan, apinya dikecilkan dulu kan mbak? lalu setelah itu dibesarkan lagi atau ngga? makasi..

Reply
avatar
Wednesday, 10 July 2013 at 17:20:00 GMT+7 delete

gak usah, pakai api sedang aja dan minyak bener-bener panas ya :)

Reply
avatar
Thursday, 22 August 2013 at 11:52:00 GMT+7 delete

adonan kremes yg dituang di wajan itu meskipun gk diaduk nanti bisa jadi crispy dg sendirinya y Bun?trimzz

Reply
avatar
Friday, 23 August 2013 at 05:30:00 GMT+7 delete

bisa crispy, tapi setelah jadi kremesnya sebaiknya diaduk perlahan agar warnanya rata

Reply
avatar
Tuesday, 26 November 2013 at 15:15:00 GMT+7 delete

#ngileer..
Mbak Nina salam kenal yaaa,,
Nelen Ludah liat photo nya ajaaaa,,,
Izin copas resep yaa mbak..mau praktekin ah,secara jd paporit suami nih menu..
Makasih banyak yaa mbak...
*big hug

Haniek
Banyuwangi

Reply
avatar
Tuesday, 26 November 2013 at 20:23:00 GMT+7 delete

Haloo mbak Naniek...salam kenal ya.
Makasiih banget ya sudah berkenan mencoba resep-resep di blog ini *peluk-peluk*

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 21 March 2014 at 08:55:00 GMT+7 delete

Kremes nya ga pake santan ya mbak?

Reply
avatar
Friday, 21 March 2014 at 09:04:00 GMT+7 delete

yang ini memang tanpa santan, di postingan ayam kremes yang satunya itu pakai santan

Reply
avatar
Nina
Sunday, 27 April 2014 at 10:37:00 GMT+7 delete

Itu bawang putih dll nya ditumbuk halus apa wungkul gitu mbak?

Reply
avatar
Monday, 28 April 2014 at 21:55:00 GMT+7 delete

bisa dihaluskan, bisa juga dimemarkan ya

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 12 May 2014 at 21:05:00 GMT+7 delete

Met kenal mb'' ak penggemar berat mi.. buat sendiri jg seringnya.. mienya ak pakai mi gloria jl kudusan.

Siip pokoknya-.... eky malang.

Reply
avatar
Wednesday, 25 June 2014 at 11:04:00 GMT+7 delete

mba ini sama ya saranya dgn ayam goreng mbo berek..? apa cuma tampilannya aja mba?

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 10:33:00 GMT+7 delete

Mbak, baru hr ini sy buka blog nya......kok sreg gitu sm resep2 yg diposting, aplg ayam kremes ala mbok berek.....aku catat buru2....n next wk aku coba....
Terimakasih bangettttt
Mm farmita....(farhan mira nita)

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 21:05:00 GMT+7 delete

Halo mbak, salam kenal, terima kasih sudah berkenan mampir di blog saya. Semoga resep2nya sesuai dengan selera keluarga ya ^^

Reply
avatar
Tuesday, 2 September 2014 at 09:57:00 GMT+7 delete

Alo mbak, tadi pagi saya coba buat ayam + kremesannya. Bentuk kremesannya itu jadinya seperti sarang bundar seperti kerupuk, setelah diangkat baru saya hancurin. Kalo mbak bikin langsung jadi rempahan kecil2 gitu? sebelumnya terima kasih sudah dishare resepnya.

Reply
avatar
Thursday, 4 September 2014 at 23:50:00 GMT+7 delete

jadinya bukan bundar seperti kerupuk ya, tapi seperti kremesan yang di resto2 itu.

Reply
avatar
Thursday, 2 October 2014 at 05:57:00 GMT+7 delete

manteb nih udah di coba dan kremesnya enak

blog review kuliner bandung

http://zetakuliner.blogspot.com/

Reply
avatar
Tuesday, 9 December 2014 at 19:38:00 GMT+7 delete

Mba aku udh coba resepnya, tp kok kremesnya ga brudul ky digambar. Jd kaya peyek mba, apa yah yg salah pdhl aku udh bener2 ikutin resepnya
Hiks T.T

Reply
avatar
Tuesday, 9 December 2014 at 23:32:00 GMT+7 delete

sepertinya nuang adonannya kurang tinggi mbak jadi kaya peyek jadinya

Reply
avatar