Friday, July 13, 2012

BROWNIES KUKUS ALA TEH UCEU

Whuaah....ketinggalan banget ya kok baru sekarang nyobain resep brownies kukus ala Teh Uceu yang terkenal itu. Selain terkenal dengan TCCC-nya Teh Uceu ternyata juga punya resep brownies kukus yang enak. Selama ini udah cocok banget ama resep dari Ny. Liem. Tapi tentunya tidak ada salahnya juga mencoba resep yang satu ini kan, karena menurut testimoni yang kutau teksurnya juga tetap lembut. Ada juga 1 hal yang bikin aku penasaran, yaitu dalam adonannya memakai air. Penasaran juga? Yuks dicobain bikin..




BROWNIES KUKUS ALA TEH UCEU

Bahan :
8 butir telur
300 gr gula pasir
1 sdm emulsifier 
200 gr tepung terigu
90 gr coklat bubuk
1/2 kaleng susu kental manis (aku pakai yang coklat)
200 ml air
250 ml minyak sayur kualitas baik
meises/dcc untuk taburan apabila ingin dibuat berlapis

Cara Membuat :
- Siapkan loyang, oles margarin dan alasi kertas roti. Oles margarin kembali, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk, sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga putih, kental dan mengembang.
- Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sambil terus dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah. Masukkan susu kental manis, aduk rata.
- Tambahkan air dan minyak ke dalam adonan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan.

Notes :
- 1 resep bisa digunakan untuk membuat 3 loyang brownies ukuran 30x10 cm atau 1 loyang 22x22 cm. Aku memakai 1 resep untuk loyang bulat ukuran 20 cm tinggi 7 cm dan loyang loaf 18x10 cm. Silahkan konversi resep sesuai kebutuhan ya.
- Apabila ingin membuat browkus dengan lapisan meises atau dcc, tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 15 menit. Taburi dengan meises atau dcc dan kukus lagi selama 5 menit, kemudian tuang sisa adonan dan kukus lagi hingga matang.

Tadinya sewaktu membuat sempat ragu juga, hmmm...kok adonan kayanya encer banget ya, bisa jadi gak nih. Tapi ternyata hasilnya bisa mulus dan cantik juga, asal kita mengaduk balik air+minyak dengan benar ya. Teksturnya juga lembut banget, tapi buat chocolovers mungkin terasa kurang nyoklat ya karena memang tidak ada pemakaian DCC di resepnya.
So....bisa dipilih sesuai selera dan budget ingin menggunakan resep yang mana. Happy steaming ^_^

No comments: