Friday, May 18, 2012

KUE LUMPUR PANDAN



Kesampaian juga untuk bikin kue lumpur, setelah pengeeen banget gara-gara lihat postingan Mbak Maya di FB-nya. Kue lumpur ini adalah kue favorit keluargaku lho, apalagi kue lumpur lapindo yang bisa dibeli di Sidoarjo...enaaak banget. Kali ini aku bikin kue lumpur kentang yang diberi pasta pandan, jadilah kue lumpur pandan. Semoga lain kali bisa nyobain bikin ala kue lumpur lapindo ya.

Kue lumpur pandan ini enak banget, ada kelapa muda sebagai isiannya. Lembut dan manisnya pas menurutku. Untuk yang pengen buat resepnya, berikut ini aku tuliskan ya. Resepnya hasil modifikasi dari berbagai sumber.

KUE LUMPUR PANDAN

Bahan :
500 kg kentang ---> kukus dan haluskan
10 butir kuning telur
4 putih telur
475 gr gula pasir (untuk yg suka manis bisa ditambah hingga 500 gr ya)
800 ml santan
100 gr margarin, lelehkan
1/2 sdt garam
400 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm pasta pandan
2 lembar daun pandan, simpulkan
1-2 butir kelapa muda, keruk dagingnya
kismis secukupnya
minyak goreng secukupnya untuk olesan cetakan (kalau pakai cetakan teflon, gak usah ya)

Cara Membuat :
Masukkan daun pandan ke dalam santan, sisihkan.
Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir dengan menggunakan mixer hingga mengembang dan gula larut.
Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan memakai spatula.
Tuang margarine leleh dan garam, aduk rata memakai spatula.
Masukkan kentang dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Apabila masih bergerindil, bisa disaring ya.
Tuang pasta pandan, aduk rata hingga warna hijau yang diinginkan.
Panaskan cetakan kue lumpur di atas api sedang. Tuang adonan hingga 3/4 penuh.
Tutup cetakan dan masak hingga 1/2 matang.
Buka tutup cetakan dan beri kismis. Tutup kembali dan masak hingga matang.
Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Tips :
Agar cetakan tidak terlalu panas dan dasar lumpur cepat hangus, cetakan kue lumpur bisa dialasi dengan seng. Kalau aku memakai tutup panci besar yang tidak terpakai lagi.

Saking buru-burunya foto-foto sampai lupa kue lumpurnya gak dialasi dengan cupcase >.<  Mau diulang lagi lagi udah keburu masuk kotak kue lumpurnya. Ya udahlah gapapa yaaa :D
Untuk resep diatas jadinya cukup banyak lho, kurang lebih 35-40 pcs. Kalau mau cobain sedikit, bisa bikin 1/2 resep aja ya.
Yang pasti lembut banget dan untuk penggemar kue lumpur sepertiku...it's recomended to try  ^_^

2 comments:

SooRa Bee BachRun said...

trus daging kelapa mudanya diapain dong?
ditaburin dalam adonan ketika dah dalam cetakan atau??

Bunda Nina said...

makasih koreksinya, bisa dimasukkan dalam adonan atau ditaburkan sebagai topping kalau sudah 1/2 matang ^_^