Thursday, April 5, 2012

MY FIRST AYAM KODOK


Ini dia my 1st ayam kodok. Masih jauh dari kata cantik, warnanya pun kurang gelap, garnish-nya masih berantakan menatanya dan masih banyak kekurangan lainnya. Ini adalah hasil kenekat-an ku, karena sebelum ini tidak pernah terpikir sama sekali untuk bikin ayam kodok.
Kemarin saat belanja di tukang sayur, sebenarnya aku pengen belanja ikan, tapi entah kenapa waktu melihat 1 ekor ayam utuh, kok malah kepikiran untuk bikin ayam kodok. Padahal kulit ayamnya ada yang sobek di beberapa bagian, tapi kupikir nanti bisa ya diakali biar kulitnya menutup. Oke...proyek nekad ayam kodok dimulai hiihihihi.

Resepnya aku pakai punya mbak R yang sudah terkenal enaknya, tapi tentu saja sudah dimodif dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang aku punya.

Berikut step by step membuat ayam kodok ya...

AYAM KODOK
source : Rachmah Setyawati
modified by Nina

Step I: Menyiapkan ayam utuh.
Pilih 1 ekor ayam berukuran sedang tanpa isi perut. Pilih ayam dengan kulit yang tidak mudah robek dan masih bagus kondisinya. Cuci bersih ayam tersebut.

Step II: Membuat Adonan Isi

Bahan Isian:
250 gr daging ayam giling
250 gr daging sapi giling
3 buah hati ayam yang telah direbus, kemudian dihaluskan
2 lembar roti tawar, rendam dalam susu cair, haluskan.
4 butir kuning telur + 3 putih telur ---> aku memakai 3 butir telur antero
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk hitam
1/4sdt pala bubuk
1 blok kaldu ayam
1 bungkus chicken cream soup instan (skip)
1 sdm saus tiram
1/4 bawang bombay ukuran sedang + 3 siung bawang putih, cincang halus dan ditumis hingga harum
1 kaleng jamur campignon, cincang kasar (skip)
4 butir telur rebus (untuk isi pada ayam)

Cara Membuat:
Campur dan aduk semua bahan menjadi satu (kecuali 4 telur rebus) hingga merata, test rasa hingga pas.
Siap dimasukkan dalam ayam kodok

Tips dari mbak Rina Rinso:
untuk test rasa, ambil 1 sdm bahan isian, tumis sebentar hingga matang baru kemudian test rasa


Step III: Membuat Ayam Kodok
Kelupas kulit ayam, caranya melalui lubang pada leher ayam, kita telusur ke lapisan kulit dalam. Hal ini berguna untuk memisahkan kulit ayam dari bagian dada ayam ke bawah. Sisakan bagian kedua sayap utuh dan kedua bagian paha bawah utuh. Pada saat memotong bagian paa dan sayap, cari pertemuan 2 tulang sendinya, kemudian potong diantaranya agar lebih mudah. Untuk lebih jelasnya bisa diliat di youtube, bisa klik disini ya.

Step IV : Menjahit
Kita bisa memilih salah satu lubang, bisa dipili bagian leher atau bagian pantat ayam. Hal ini berguna agar pada saat memasukkan adonan isi dapat dilakukan dengan rapi ke seluruh bagian dalam ayam.

Step V : Memasukkan Adonan Isian
Jahit salah satu lubangnya, lubang di leher atau lubang di pantat. Kemarin aku menjahit lubang di leher terlebih dahulu, jadi memasukkan adonan melalui lubang pantat.
Masukkan hingga padat ke seluruh bagian dalam ayam,hingga kira-kira 1/2 bagian, lalu selipkan 2 butir telur ayam rebus, atur letaknya sedemikian rupa (aku meletakkan di dada kanan kiri, dekat dengan sayap). Kemudian isi dengan adonan lagi.
Menjelang penuh, masukkan kembali 2 butir telur rebus (di dekat paha kanan kiri), masukkan sisa adonan dan kemudian tutup lubangnya dengan rapat.

Tips dari Mbak Rina Rinso:
untuk memudahkan pengisian, kita bisa memasukkan adonan isian ke dalam piping bag

Step VI : Mengukus Ayam Kodok
Siapkan kukusan hingga airnya panas. Letakkan ayam kodok di atas loyang yang sudah dipoles tipis dengan margarin.
Tusuk-tusuk ayam dengan jarum, agar pada saat dikukus nanti tidak menggelembung (berisi air / menjadi pecah kulitnya).
Kukus ayam kodok selama kurang lebih 30-45 menit hingga matang.
Setelah matang, angkat loyangnya dan tiriskan air kaldu di dasar loyang, sisihkan (jangan dibuang ya air kaldunya)

Step VII : Memanggang Ayam Kodok
Panaskan oven 170'C
Poles ayam kodok yang masih hangat dari dari kukusan dengan bahan saus polesan hingga rata, baik bagian atas atau bagian sisi bawah ayam

Bahan Saus Polesan:
1,5 sdm margarin
2 sdm madu
2 sdm kecap manis
1/ sdt pala halus
1/4 sdt merica hitam bubuk

Aduk rata semua bahan menjadi satu dan siap untuk dipoleskan pada ayam

Setelah ayam dipoles, masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 5 menit, keluarkan dari oven, poles lagi dengan saus polesan kemudian pangang lagi.
Lakukan langkah ini hingga 2-3 kali polesan. Panggang hingga kira-kira 30 menit (bumbu polesan benar-benar terlihat terserap dan berwarna coklat tua)
Keluarkan ayam kodok, dan biarkan dingin.
Jangan buang sisa saus polesan yang mengendap di dasar loyang karena bisa dipergunakan untuk membuat saus BBQ nanti

Step VIII : Membuat Saus BBQ

Bahan Saus:
1/4 bulat bawang bombay cincang kasar
2 siung bawang putih cincang halus
2 sdm margarin
1/4 sdt merica
1/4 sdt garam
1/2sdt gula pasir
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
2 sdt saus tiram
4 sdm saus tomat
saus madu sisa polesan
200-250 ml air kaldu ayam sisa kukusan
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak

Cara Membuat Saus :
Tumis bawang bombay dengan margarin dan minyak goreng hingga harum.
Campur semua bahan kecap dan saus, masukkan ke dalam tumisan.Aduk-aduk hingga rata dan harum, biarkan agak sedikit berkaramel. Bubuhi garam, merica dan gula, aduk rata kembali.
Masukkan kaldu ayam, aduk rata dan test rasa. Bila rasanya sudah pas baru masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
Matikan api, saus siap digunakan

Step IX : Mempersiapkan sayuran pendamping
Aku memakai 2 buah wortel impor, 3 buah kentang yang digoreng, 1 genggam buncis dan selada secukupnya. Bisa ditambahkan brokoli atau kembang kol sebagai pelengkapnya, kebetulan kemarin aku tidak punya.
Untuk garnish, aku hanya memakai tomat.

Cara Memasak Sayuran:
Setup Wortel ---> potong-potong tebal dan memanjang, masukkan ke dalam air mendidih yang sudah diberi 1 sdm gula pasir. Masak hingga 1/2 matang, tiriskan dan beri 1/2 sdm margarin, aduk rata.
Setup buncis caranya sama dengan cara membuat setup wortel

Selanjutnya, kita bisa menata ayam kodok sesuai dengan selera. Sepintas terlihat mudah ya, tapi untuk yang belum bisa seperti aku,menata garnish ternyata susah juga lho. Udah gitu hasilnya tetap terlihat berantakan heuheuheu...maklum ya. Karena aku dapat ayam dengan kondisi kulit yang kurang mulus, akhirnya ada beberapa bagian yang robek, untuk menutupnya, aku pakai kulit ayam stok yang ada di kulkas. Jangan ditiru ya, ini benar-benar jurus kepepet ala aku. Satu hal yang kini terus kuingat adalah untuk membuat ayam kodok, kita harus memilih ayam yang benar-benar bagus, terutama kondisi kulitnya. Next time...harus khusus pergi ke pasar deh kalo bikin lagi ^_^


Belum mulus ayam kodoknya, warnanya pun kurang gelap dan kurang kinclong. Next time better yaaa...


Alhamdulilah kata suami dan anak-anakku, ayam kodoknya enak, sausnya juga mantap. Senangnyaaa....walau penampilannya berantakan tapi masih berkenan buat mereka. Yang jelas masih penasaran untuk bikin ayam kodok lagi. Pengen bisa bikin yang lebih cantik dan rapi lagi. 


Naah...ini dia saus BBQ yang ternyata disuka banget oleh suami dan anakku. Resep asli mbak R adalah saus BBQ dan jamur champignon, tapi karena tidak ada stok di rumah dan akunya malas keluar, jadinya tanpa jamur. Trus me,saus BBQ-nya memang yummy dan cocok banget dengan ayam kodoknya.

Alhamdulillah...itu tadi cerita kenekatanku bikin ayam kodok. Walau hasilnya masih jauh dari sempurna, tapi seneng banget karena merasa dapat ilmu baru. Jangan dibandingkan dengan  yang dihasilkan tangan-tangan trampil pakar ayam kodok, karena punyaku ini masih belum ada apa-apanya. Tetap semangat untuk belajar dan berlatih, yakin aja kalau kita punya kemauan dan keberanian, kita akan bisa juga kok...cie...^_^

No comments: