Wednesday, March 7, 2012

MOLEN PISANG COKLAT


Akhirnya...kesampaian bikin molen pisang coklat lagi. Dulu pernah bikin tapi selalu gak sempat kefoto dan baru kali ini ada dokumentasinya, walau fotonya ampuuun deh...jelek banget ya :(  Back to the molen...kebetulan punya sedikit pisang kepok yang manis, tadinya mau digoreng karena dijamin cepat dan praktis bikinnya. Buka-buka kulkas, baru inget kalau masih ada selembar puff pastry siap pakai yang menunggu untuk diolah ^_^. Akhirnya ganti haluan, bikin molen pisang coklat aja yuk.

Molen pisang coklat ini adalah cemilan favoritku sejak kecil dulu. Kebetulan dulu ada seorang kerabat yang setiap mudik ke Bandung selalu kasih oleh-oleh pisang molen ini. Di FB udah sering banget teman-teman yang posting tentang molen pisang coklat ini. Banyak juga yang dikombinasikan dengan keju ataupun raisin. Karena dirumah cuma ada meises, jadi ya dipakai aja bahan seadanya. Step by step-nya aku intip di dapur cantiknya Bunda Ricke Indriani.  Yuk kita bikin molen pisang coklat...

MOLEN PISANG COKLAT
source : Ordinary Kitchen

Bahan :
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong 10x10 cm (1 lembar jadi 4 potong)
Pisang kepok yang sudah matang, dikukus sebentar dan dipotong bentuk stik
Coklat meises secukupnya

Bahan Olesan:
kuning telur kocok lepas + sedikit minyak goreng
(campur rata menjadi satu)

Taburan:
coklat meises

Cara Membuat:
Siapkan loyang persegi, oles tipis mentega, alasi dengan kertas roti dan oles tipis kembali, sisihkan.
Panaskan oven 200'C
Ambil selembar kulit puff pastry, beri potongan pisang dan coklat meises. Lipat bentuk amplop. Lakukan hingga kulit puff pastry habis.
Tata di dalam loyang, beri jarak antara satu dengan yang lainnya. Olesi permukaannya dengan bahan olesan dan taburi dengan sedikit coklat meises.
Panggang dalam oven hingga mengembang, crispy dan kecoklatan, kurang lebih selama 20-30 menit.
Angkat dan siap dihidangkan.

Walau bentuknya masih berantakan, tapi enak deh. Suamiku yang baru datang sore tadi langsung abis 2 potong, mungkin karena laper berat kali ya hehehehe.
Next time kalau punya puff pastry siap pakai, mau bikin yang pakai keju dan raisin, pasti lebih enak. 
Happy Baking guys ^_^

No comments: