Wednesday, February 29, 2012

MARTABAK MANIS MINI (TANPA RAGI)


Martabak manis lagiiii. Ini camilan keluargaku tadi sore. Niat banget bikinnya karena selain gampang juga karena semua pada suka ama martabak manis. Kalau selama ini selalu bikin martabak manis yang menggunakan ragi, maka kali ini aku bikin yang tanpa penambaan ragi. Tentu saja ada perbedaan di teksturnya ya, jadi lebih kenyal. Sama enaknya kok dengan yang menggunakan ragi. 

Resepnya aku intip dari multiply-nya Mbak Nining Soeryono. Bahan-bahannya gampang, tanpa ragi dan hanya menggunakan soda kue sebagai tambahannya. Ijin copas resepnya disini ya Mbak Nining ^_^

MARTABAK MANIS MINI (TANPA RAGI)
source : Nining Soeryono

Bahan:
500 gr tepung terigu protein sedang
750 ml air
50 gr gula pasir
1 butir telur
1 sdm garam
1 sdt soda kue

Bahan Toping:
meises
kacang tanah tumbuk
keju cheddar parut
gula pasir
susu kental manis
atau sesuai selera

Cara Membuat:
Campur semua bahan menjadi satu, kecuali soda kue.
Diamkan adonan selama 1 jam atau lebih.
Panaskan loyang martabak (aku pake fast maker). Sesaat sebelum dituang, masukkan soda kue.
Tuang adonan hingga setengah penuh, masak hingga berpori, taburi gula pasir kemudian tutup. Masak hingga matang.
Olesi mentega, tabur topping sesuai selera.


Laris manis martabaknya. Kakak Naira juga seneng kasih sendiri, suka-suka dia deh. Dimakan tanpa topping juga enak lho.


Enak lho, berserat juga walaupun tanpa penambahan ragi. Yuks dicobain bikin. 

No comments: