Sunday, February 5, 2012

BAWAL ASAM MANIS


Beberapa hari yang lalu liat nanas segar di tukang sayur, langsung aja kepikiran untuk bikin asam manis. Kebetulan ikan segar lagi susah juga nih, jadi nanas itu sempat nganggur selama 2 hari gak diapa-apain. Nah.kemarin juga cuma ada ikan bawal, padahal pengennya bikin gurami asam manis, ya udah lah daripada nanas-nya kelamaan nganggur, dibeli aja ikan  bawalnya.

Selama ini kalau masak lebih banyak pakai jurus cemplang-cemplung dan langsung test rasa, termasuk kalau masak saus asam manis. Kira-kira resepnya sebagai berikut ya...

BAWAL ASAM MANIS

Bahan:
1 ekor ikan bawal (bisa juga pakai gurami atau mujaer ya)
1 jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih haluskan
2 cm kunyit, parut/haluskan
minyak untuk menggoreng

Bahan Saus Asam Manis:
3 siung bawang putih, geprek , iris halus
1 bawang bombay iris memanjang
1 wortel iris tipis memanjang
1 buah nanas, potong-potong
1 daun bawang potong-potong
8 sdm saus tomat
1 sdm saus inggris
200 ml air
1-2 sdm gula pasir (sesuai selera aja ya)
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Cuci bersih ikan, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan sejenak dan cuci bersih kembali.
Lumuri ikan dengan garam, bawang putih, garam dan kunyit, diamkan kurleb selama 30 menit.
Goreng ikan hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan wortel, masak hingga agak layu.
Masukkan saus tomat, saus inggris, aduk hingga rata.
Tambahkan air, masak hingga mendidih, bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk.
Masukkan nanas dan daun bawang, tambahkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga dirasa pas kekentalannya, masak hingga meletup-letup.
Angkat dari api dan siramkan di atas ikan.
Siap disajikan bersama nasi hangat.


Segeeer...krasa bener asam nanas-nya. Kemarin makannya cuma dengan nasi hangat aja, trus sayur asemnya digadoin. Hihihih..tema hari itu emang asam deh. Happy cooking ya ^_^



3 comments:

Melly Octaviana said...

sama kita menu nya kemaren ikan bawal, tapi kalo aq di kukus.. ;)

Bunda Nina said...

pengen cobain juga mbak steam fish-nya....yummyyy

Mira Oktavianto said...

makan ini bs lupa skeliling, krauk2 dsruput tulangnya huhm sensasinya ...tks ya sharingnya