Wednesday, January 18, 2012

MARTABAK BROWNIES

Martabak manis lagi niy. Moga-moga gak pada bosen ya bacanya. Dari siang tadi hujan deres banget, jadi pengen banget ngemil martabak manis lagi. Kali ini aku nyobain resep martabak brownies yang ada di tabloid koki edisi jadul banget. Kebetulan banget lagi nunggu resep di apotek dan ada tabloid Koki, liat-liat langsung jatuh hati ama resep martabak brownies ini. Langsung deh pencet-pencet  hape, nulis resepnya ;) Ternyata resep ini juga pernah dicobain ama Mbak Dida dan sudah diposting juga di blognya. 


Aku sampai sekarang belum punya loyang martabak nih, jadi masih mengandalkan teflon untuk bikin martabak manis. Sebenarnya pengen bikin pakai fast maker, jadi ntar hasilnya bisa kecil-kecil. Cari-cari di lemari...baru inget kalau fast maker-nya ada di rumah mama. Yo wis lah back to basic..pake teflon. Yang kupakai tadi teflon diameter 16 cm.
Penampilannya gak cantik ya, tuh pinggir-pinggirannya udah abis ditoweli anak-anak. Mereka suka karena crispy hehehehe...

Berikut ini resepnya, dengan sedikit modif dariku. Tadi bikin 1/2 resep saja, udah cukup banyak untuk keluarga kecilku.

MARTABAK BROWNIES

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdm ragi instan
1/2 sdt soda kue
75 gr margarin
40 gr DCC cincang
2 telur utuh
1 kuning telur
350 ml susu cair
50 gr gula pasir

Cara Membuat:
Lelehkan margarin, masukkan DCC, aduk hingga coklat larut, sisihkan
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
Campurkan susu cair dan ragi instan, sisihkan.
Kocok telur dan sebagian gula hingga mengembang dan gula larut. Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit, bergantian dengan susu. Aduk hingga rata.
Tuang campuran coklat perlahan-lahan, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 30-50 menit. Tutup adonan dengan serbet bersih.
Panaskan teflon / cetakan martabak, sesaat sebelum dituang, masukkan soda kue, aduk hingga rata.
Tuang adonan dan ratakan hingga memenuhi samping cetakan.
Tunggu hingga berpori, taburi dengan gula pasir.
Tutup teflon / cetakan, masak hingga matang kemudian angkat.
Oles permukaan martabak dengan margarin, tabur dengan keju cheddar parut, meises dan SKM. Bisa diganti sesuai selera ya.

Nyoklat banget deh, empuk  dan Alhamdulillah berserat. Tapi kok lupa fotoin setelah dipotong ya, maklum keburu-buru fotoinnya karena ujan deres banget dan kebetulan fotonya harus di teras depan. 
Sekarang masih tetep penasaran dengan loyang martabak, kayanya emang harus diniatin hunting deh, biar kalo bikin martabak gak terus-terusan pake teflon ^_^


2 comments:

Melly Octaviana said...

rajin nya buat martabak, aq jadi malu nih sama cetakan martabak di rumah,sejak beli kayanya belum kembali modal,jarang di pake nya..wkwkwk

Bunda Nina said...

hibahkan ke aku ajaaa..dengan senang hati menangkapnya wkwkwkwk