Monday, January 9, 2012

JAMBAL KAKAP CABE HIJAU


My old picture again hihihihi. Di tempatku susah banget dapetin jambal kakap, kalaupun ada pasti harganya selangit. Benar-benar barang langka deh. Padahal jambal kakap tuh enaaak banget. Alhamdulillah aku punya seorang sahabat  di Medan dan dia sering kirim-kirim makanan khas Medan diantaranya adalah ikan asin. Tau sendiri kan kalau Medan tuh surganya ikan asin, segala jenis ikan asin ada disana, termasuk jambal kakap ini. 

Sebenarnya ini menu asal cemplung aja, tanpa takaran dan siapapun bisa membuatnya. Kurang lebih resepnya sebagai berikut ya...

JAMBAL KAKAP CABE HIJAU

Bahan:
125 gr ikan asin jambal kakap, potong dadu
5 bawang merah iris
3 bawang putih iris
5 cabe hijau potong serong
3 cabe rawit iris halus
1 daun salam
1 tomat ukuran sedang, potong-potong
1/4 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 sdm kecap manis
50 ml air
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daun salam
Masukkan cabe hijau dan cabe rawit, aduk rata.
Masukkan  jambal, bumbui dengan garam dan gula, tuangkan kecap manis, aduk hingga rata. Tuang sedikit air, masak hingga air menyusut, jambal menjadi empuk dan bumbu meresap.
Masukkan tomat potong, aduk rata.
Angkat dan sajikan hangat.

Sedikit tips untuk mengurangi rasa asin pada jambal adalah dengan membungkusnya dengan kertas koran kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 30-60 menit. Cuci bersih jambal baru kemudian dipotong sesuai selera. Hati-hati membubuhkan garam pada masakan ini ya, kalau kebanyakan jadi keasinan deh.

1 comment:

TetiRe said...

Mauuuuu.... kirim sepiring... aq blom masak nih.. hehehehe