Wednesday, January 4, 2012

BROWNIES KUKUS PANDAN KEJU


Salah 1 koleksi foto lama. Liat foto ini jadi pengen bikin browkus pandan lagi deh, karena memang enak dan lembuuut banget. Tuh liat teksturnya, keliatan kan lembutnya. Besok bikin browkus pandan yuks heheheh.

Resepnya pasti udah banyak yang tau, banyak beredar di berbagai artikel di dunia maya ataupun tabloid. Nah..ini resep yang kupakai ya

BROWNIES KUKUS PANDAN KEJU

Bahan A:
6 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam

Bahan B:
150 gr terigu all purpouse
20 gr susu bubuk full cream
20 gr maizena
1 sdt vanillli

Bahan C:
100 gr minyak sayur kualitas baik (bisa juga pakai margarin)
50 gr butter
50 ml santan + 1 sdt pasta pandan

Topping:
Buttercream
Keju cheddar parut

Cara Membuat:
Siapkan loyang (aku pakai 24x24, bisa juga pakai 2 loyang 30x10), poles margarin, alasi kertas roti dan poles tipis kembali.
Siapkan bahan C, lelehkan di panci tim, butter + santan + pasta sambil ditutup dgn lap kering yg bersih ,kurleb satu menit, angkat, diamkan 1 menit, aduk-aduk, masukkan minyak, aduk rata, sisihkan.
Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B dengan cara diayak. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.
Masukkan bahan C, aduk balik hingga tercampur sempurna. 
Tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurleb 30 menit.
Angkat dan dinginkan baru kemudian dihias sesuai selera.

Browkus pandan enak juga kalau diberi topping coklat lho, dicoret-coret aja dan bisa ditaburi dengan chococips. Eh ya jangan lupa waktu ngukus, tutup kukusan dilapisi dengan serbet kering dan bersih ya, biar airnya tidak jatuh ke atas permukaan browkus. 
Ayo...siapa aja bisa bikin browkus, dikreasikan aja sesuai selera keluarga ya.

3 comments:

seto gunadi said...

untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

Anonymous said...

Mba pasta pandannya yang enak pake merk apa ya?

Bunda Nina said...

saya pakai L'arome