Thursday, January 26, 2012

BROWNIES KUKUS MOCAF


Gara-gara semalem ngomongin brownies kukus dengan seorang sahabat di FB, akhirnya jadi pengen bikin juga. Kebetulan udah lama pengen bikin browkus tapi karena terserang baking blue akut, ya ditunda-tunda terus. Memanfaatkan tepung mocaf yang masih ada, akhirnya dibuatlah brownies kukus mocaf ini. Mengenai Tepung Mocaf  (Modified Cassava Flour) sudah pernah kuposting di disini  ya. Kalau dulu sudah membuat brownies versi dipanggang, sekarang nyobain bikin steam brownies alias brownies kukus.

Base resep yang kupakai adalah resep Brownies Kukus Ny. Liem yang sudah terkenal enaknya, tapi tentu saja sudah dimodifikasi sesuai selera. Aku hanya membuat 1/2 dari resep berikut

BROWNIES KUKUS MOCAF

Bahan:
125 gr tepung mocaf (aslinya tepung all purpouse)
50 gr coklat bubuk
200 gr gula kastor (aslinya 225 gr)
6 butir telur
1/2 sdt emulsifier
garam secukupnya
175 ml minyak goreng kualitas baik
100 gr DCC cincang
meises secukupnya (aslinya pakai 75 ml SKM)

Cara Membuat:
Panaskan kukusan hingga panas dan uapnya banyak
Siapkan loyang, poles dengan margarin, alasi kertas roti dan poles tipis kembali
Lelehkan DCC, campurkan dengan minyak goreng, sisihkan.
Campur dan ayak tepung mocaf dan coklat bubuk, sisihkan.
Kocok telur, gula, emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan campuran tepung mocaf dan coklat bubuk, aduk perlahan hingga rata.
Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk hingga benar-benar tercampur rata.
Tuang 1/2 bagian ke dalam loyang, kukus selama 10 menit.
Taburi dengan meises, kukus kembali selama 5 menit.
Tuang kembali sisa adonan dan kukus kembali hingga matang, kurang lebih selama 20 menit.
Setelah matang, keluarkan dari kukusan, dinginkan dan siap dihias sesuai selera.

Menurut resep Ny. Liem yang memakai SKM, adonan dibagi 2 bagian, 1 bagian diberi campuran dengan SKM, sedangkan 1 bagian lagi tanpa SKM. Bahkan ada pula yang membaginya menjadi 3 bagian. Karena di rumah tidak ada persediaan SKM, jadi aku hanya memakai meisis coklat.

Tekstur browkus mocaf ini, tetap lembut lho, gak kalah dengan browkus biasa. Dan menurutku kok lebih mengenyangkan ya..CMIIW. Dengan dekor seadanya, browkus mocaf ini laris manis juga ^_^


Ini penampakan setelah dipotong...hehehe ketinggian ya, salah pake loyang nih kayanya. Aku cuma punya kukusan kecil, gak cukup untuk loyang 30x10 atau 24x24 hehehehe

3 comments:

CT Delima said...

Salam kenal Nina

Brownies juga memang menjadi pilihan. Tapi selalunya bikin yang dibakar aje. belum pernah coba yang dikukus. Nanti bisa coba yang dikukus pasti lagi mois ya Nina.

Melly Octaviana said...

mupeng..

Shinta said...

salam kenal mb Nina.
Saya udah coba resep ini. Yummy ya?! Trims resepnya.