Monday, January 30, 2012

AYAM GORENG MENTEGA


Salah satu menu favorit di rumahku. Yang masak juga seneng karena gampang ae bikinnya. Beberapa waktu lalu, di FB banyak teman-teman yang bikin ayam goreng mentega. Ingat deh kalau udah lama gak masak menu goreng mentega, biasanya kalau gak pakai udang ya pakai ayam. Kebetulan di kulkas masih ada 1/2 kg ayam, ya udah dimasak aja sebelum ditinggal weekend di rumah mama. Yuk masak

AYAM GORENG MENTEGA

Bahan:
500 gr ayam, potong sesuai selera
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 sdt  garam
1/4 sdt merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bahan Saus Mentega:
2 siung bawang putih cincang halus
1 bawang bombay iris memanjang
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
1 sdm kecap manis
3 sdm margarin
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
Lumuri ayam dengan garam, merica bubuk dan bawang putih, diamkan sejenak 15-30 menit.
Goreng ayam dalam minyak yang banyak hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Panaskan minyak bersama dengan  margarin hingga leleh, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum.
Masukkan saus tiram dan kecap inggris, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata.
Masukkan kecap manis dan merica bubuk, aduk hingga ayam terbalut bumbu.
Angkat dan siap disajikan hangat.

Simpel banget ya dan pastinya disukai keluarga. Ayam goreng mentega ini enak apabila dinikmati sesaat setelah dibuat, soalnya kalau terlalu lama saus menteganya akan menjadi kental. Jadi kalau mau cepat, bisa menggoreng ayamnya dan baru membuat sausnya sesaat sebelum dinikmati.
Selamat mencoba 

1 comment:

Melly Octaviana said...

ngga pernah ngebosenin yah menu yang satu ini.slurrp