KLAPERTAART


Siapa sih yang nggak kenal klapertaart, yakin aja banyak banget yang suka ama makanan khas Manado ini. Dulu cuma bisa beli aja, sekarang Alhamdulillah udah bisa bikin sendiri, berbekal resep andalan dari Ricke Indriani (again and again yaaa).  Selama ini saya selalu membuat yang versi baked dengan tambahan topping meringue di atasnya. Terkadang saya juga membuat yang tanpa topping meringue, tetap saya panggang au bain marie. Berikut ini resepnya ya

KLAPERTAART
by Ricke Indriani

Bahan:
750 ml susu cair
150-200 gr gula pasir (sesuai selera ya)
250 ml fresh cream / whip cream cair
125 gr tepung maizena
75 gr terigu all purpouse
150 gr butter/margarine
 6 kuning telur kocok lepas
4 kelapa muda, keruk dagingnya (makin banyak makin asyik deh)
1/2 sdt essens vanila
100 gr keju cheddar parut (bila ingin membuat cheese klappy ya)

Topping:
kenari / almond
kismis, potong 2 bagian, rendam air panas sebentar, peras dan tiriskan
kayu manis bubuk
keju parut (untuk cheese klappy)

Cara membuat:
Campur fresh cream / whip cream cair dengan tepung maizena, tepung terigu dan telur. Aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil, sisihkan
Dengan menggunakan api kecil, panaskan susu cair dan gula pasir, aduk hingga gula larut dan susu mendidih
Masukkan campuran fresh cream tadi ke dalam susu, aduk sampai rata dan halus hingga mengental. Aduk terus perlahan dan continue hingga adonan panas dan meletup-letup, matikan api
Panas-panas masukkan butter / margarin, aduk rata hingga butter / margarin larut. Bila membuat cheese klappy, masukkan pula keju parut, aduk rata
Masukkan kelapa muda dan esens vanila aduk rata
Tuang ke dalam pinggan tahan panas atau cup.
Semprotkan topping putih telur di atasnya hingga cukup tinggi  (meringue akan sedikit turun ketika keluar dari oven)
Dusting dengan kayu manis bubuk, tata topping di atasnya
Panggang au bain marie (steam bake) sampai topping berwarna kecoklatan

Topping Putih Telur (meringue)

Bahan :
6 putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis (untuk membantu menstabilkan kocokan putih telur, di skip juga gpp)
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu

Cara:
Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis hingga berbusa
Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku
Masukkan terigu, aduk rata perlahan dengan spatula
Masukkan ke dalam kantong segitiga, siap untuk digunakan

Nah kalo yang ini adalah klapertaart cup yang tanpa topping putih telur, tetap enak kok


Kunci pembuatan klapertaart ada di pengadukannya, harus terus diaduk continue, sampai ke dasar panci dan jangan ada yang bergerindil, sehingga kan menghasilkan klapertaart yang lembut. So...lets enjoy your homemade klappy ^_^

WHOOPIE PIES


Pertama kali tau whoopie pies ya karna PR LBT#6 dengan mbak Vivi sebagai host-nya. Choco Whoopie Pies ini adalah whoopie pertamaku. Resepnya diambil dari Joy of Baking, klik disini ya. Whoopie saya kali ini menggunakan filling vla vanilla NCC. Resep yang sama dengan filling choux pastry LBT saya, yang bisa diklik disini. Berikut saya tulis ulang resep choco whoopie pies-nya ya

CHOCO WHOOPIE PIES
source : Joy of Baking

Ingredients
1 3/4 cups (230 grams) all purpose flour
3/4 cup (75 grams) Dutch-processed cocoa powder
1 teaspoon baking powder
1/4 teaspoon baking soda
1/4 teaspoon salt
3/4 cup (170 grams) unsalted butter, room temperature
3/4 cup (150 grams) granulated white sugar
1 large egg, room temperature
1 teaspoon pure vanilla extract
1/4 cup (60 ml) buttermilk
1/2 cup (120 ml) lukewarm strong coffee or !/2 cup (120 ml) lukewarm water

Method: 
Preheat oven to 375 degrees F (190 degrees C) and place oven rack in the center of the oven. Line two baking sheets with parchment paper.
In a large bowl sift together the flour, cocoa powder, baking powder, baking soda, and salt.
In the bowl of your electric mixer, fitted with the paddle attachment (can also use a hand mixer), beat the butter and sugar until light and fluffy. Add the egg beating well. Beat in the vanilla extract. In a small measuring cup, mix the buttermilk and coffee (or water). With the mixer on low speed, alternately add the flour mixture and buttermilk/coffee mixture, in three additions, beginning and ending with the flour. Drop heaping tablespoons (can also use a small ice cream scoop) of the batter onto the prepared baking sheets, spacing about 2 inches (5 cm) apart. With moistened fingers or with the back of a spoon, smooth the tops of the cookies.
Bake for about 9 - 10 minutes or until the tops of the cookies, when lightly pressed, spring back. Remove from oven and transfer to a wire rack to cool completely.

Assemble:
Take one cookie and spread a heaping tablespoon of the filling on the flat side of the cookie. Top with another cookie.
The assembled cookies can be stored, covered, in the refrigerator for several days. Serve cold or at room temperature.
Makes about 15 sandwich cookies.

Enjoy your whopiiieeee ^-^

BUDAPEST CAKE


Look...this is my first Budapest Cake, ketinggalan jaman banget ya hihihi. Cake ini udah ramai dibicarakan setahunan yang lalu waktu mbak Ricke posting di FB-nya. Eh...kok ya saya baru sempat buat sekarang ini. Tak apa ya walau ketinggaan, yang penting akhirnya tau rasa dari cake ini.
Begitu pertama kali menikmatinya hal pertama yang terpikir adalah...ini akan menjadi salah satu cake favorit saya dan keluarga ehmmm....enaaaak banget. Lembut di dalam, crunchy di luarnya. Suami yang biasanya kurang suka cake yang manis juga bilang kalau cake ini enak.
Resep yang saya pakai tentunya memakai resep yang ada di FB mbak Ricke, tapi sudah saya modif sedikiiiit di pengurangan pemakaian gula dan men-skip almond bubuk karna memang gak ada heheheh.
Here the recipe ya

BUDAPEST CAKE

Bahan:
6 putih telur
1/4 sdt garam
175 gr gula kastor (bisa ditambah hingga 250 gr apabila suka manis)
4 sdm tepung custard (bisa diganti dengan tepung maizena ya)
kenari atau almond secukupnya untuk taburan
250 ml whiping cream ---> kocok hingga kaku
1 kaleng jeruk mandarin ---> tiriskan airnya

Cara:
Panaskan oven 170'C, siapkan loyang 30x30x3cm, oles margarin, alasi dengan kertas roti, sisihkan
Kocok putih telur dan garam hingga berbusa dan setengah mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga SOFT PEAK
Masukkan tepung custard, kocok kembali dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata
Tuang adonan ke loyang, taburi atasnya dengan almond atau kenari
Panggang selama kurleb 20 menit hingga permukaannya kecoklatan dan merekah
Angkat dari oven, balikkan loyang ke tempat yang sudah dialasi kertas roti, keluarkan cake dan lepaskan kertas roti di dasarnya, balikkan kembali ke rak kawat
Setelah dingin, bagi cake menjadi 2 bagian sama besar
Oles salah 1 bagian dengan whiped cream, tata jeruk mandarin di atasnya, tutup dengan bagian cake yang lainnya
Dinginkan di dalam kulkas

Dinikmati dingin-dingin...so yummy... Yuks dicoba buat :)

TUMIS JAMBAL KAKAP


Ini dia...salah 1 menu penggugah selera (menurut saya lho ya),karena saya adalah penggemar ikan asin jambal heheheh. Kebetulan nemu sedikit jambal kakap di kulkas, juga ada sedikit teri medan. Semuanya kiriman dari seorang sahabat baik dari Medan sana...makasih Uncu <3 <3
Gak ada resep-nya ya, karna asal cemplung-cemplung aja dengan bahan-bahan yang ada di rumah.
Jambal kakap dicuci bersih, dibungkus dengan koran dan direndam dalam sedikit air, gunanya adalah untuk mengurangi kadar asinnya. Setelah didiamkan selama kurang lebih 1 jam, potong dadu atau sesuai selera. Teri medan cukup saya goreng sebentar hingga garing.
Bumbu yang saya pakai hanyalah bawang putih dan bawang merah yang diiris tipis, cabai merah dan hijau yang dipotong serong, tomat, garam, gula dan merica secukupnya, daun salam, air asam jawa dan juga tahu serta kecambah sebagai pelengkap. Semua ditumis menjadi satu...daaan...siap dihidangkan bersama nasi hangat.

CHEDDAR CHEESE CAKE




Ini dia versi ekonomis dari JCC. Kalau di kota tempat tinggalnya susah menemukan cream cheese, bikin CCC aja, karena menggunakan cream cheese gadungan yang terbuat dari keju cheddar biasa. Rasanya nggak kalah lho dibanding JCC, malah menurut saya terasa lebih ngeju. Check the recipe yaaa...masih tetap dari resepnya teh Ricke. Resep yang saya tulis di bawah ini sudah saya gandakan menjadi 2x untuk CCC ukuran diameter 20 cm. Kalau mau bikin dengan loaf pan, bisa dibuat 1/2 resep saja.

CHEDDAR CHEESE CAKE
source : Ricke Indriani

Bahan:
A. 260 ml susu cair
     80 gr butter
     200 gr keju cheddar parut halus (aslinya 250 gr, saya kurangi agar tidak eneg)
B. campur dan ayak 40 gr terigu dan 30 gr maizena
C. 6 kuning telur
     2 sdt parutan kulit jeruk lemon
D. 6 putih telur
     175 gr gula kastor (bisa ditambah hingga 200 gr bila suka manis)
     1 sdt air jeruk lemon

Cara:
Siapkan oven 150C, siapkan loyang bundar 20cm, oles margarine dan alasi dengan kertas roti 
Tim bahan A hingga keju larut, matikan api
Selagi bahan A masih hangat, masukkan bahan B, aduk rata menggunakan whisker atau mixer speed rendah hingga lembut dan tidak bergerindil
Masukkan bahan C, aduk rata
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan air jeruk dan gula kastor sambil terus dikocok hingga SOFT PEAK (bila batang mixer diangkat, akan terbentuk jambul melengkung yang tidak jatuh)
Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke adonan keju, aduk balik hingga rata, tuang kembali campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk balik kembali hingga rata
Panggang au bain marie (steam bake) selama 50-60 menit (tergantung masing-masing oven ya)
Panggang hingga matang dan permukaan atasnya kecoklatan
Dinginkan cake dan balik dengan hati-hati
Oles dengan strawberry glaze dan hias sesuai selera

Rasanya...gak kalah ama JCC lho. Yuks dicoba

JAPANESSE CHEESE CAKE


Pertama kali merasakan JCC...duuuh...enak banget ya. Pertama dulu menikmati JCC buatan mbak Yunita Amaliawati tersayang :) Akhirnya nekad deh bikin sendiri, itu juga dengan cream cheese yang nitip dibelikan mbak Yunita xixixixi.
Alhamdulillah percobaan pertama langsung berhasil...tambah ketagihan aja bikin JCC. Tapi karena susah cari cream cheese di kota kecilku,  jadinya lebih sering bikin versi ekonomisnya yaitu Cheddar Cheese Cake. Ntar diposting setelah ini ya.
Resep JCC yang saya pakai, diintip dari dapur favorit saya, yaitu Ordinary Kitchen-nya Ricke Indriani. Nuhun resepnya ya Teh...
Ini dia resepnya

JAPANESSE CHEESE CAKE

Bahan :
50 gr terigu all purpouse
50 gr maizena
60 gr butter
250 gr cream cheese suhu ruang
120 ml whipcream cair
3 kuning telur
1 telur utuh
5 putih telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
125 gr gula kastor
1 sdm air jeruk nipis

Topping:
Strawberry glaze (selai strawberry dipanaskan bersama sedikit air)

Cara:
Panaskan oven 150C, siapkan loyang bulat 20cm, oles margarin dan olesi dengan kertas roti
Campur dan ayak tepung terigu dan maizena, sisihkan
Campur butter, cream cheese dan whipcream, panaskan di atas api kecil sambil diaduk rata hingga meleleh, matikan api
Masukkan campuran terigu dan maizena, aduk rata
Masukkan kuning telur dan telur utuh, aduk rata, masukkan parutan kulit jeruk lemon aduk rata kembali, sisihkan
Kocok putih telur sampai berbusa, gunakan speed rendah saja.  masukkan air jeruk nipis, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga SOFT PEAK (apabila ujung mixer diangkat akan membentuk kerucut tumpul yang tidak jatuh)
Tuang 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk hingga rata, kemudian tuang adonan kembali ke adona putih telur (teknik pancingan), aduk balik hingga homogen
Panggang au bain marie (steam bake) selama kurang lebih 75-90 menit hingga permukaannya kecoklatan (lama pemanggangan tergantung masing-masing oven ya)
Lakukan test tusuk untuk mengetahui kematangan cake, matikan api, keluarkan dari oven
Dinginkan dan balik dengan hati-hati, siram dengan strawberry glaze

Rasanya lembuuuuut banget. Tak heran kali JCC ini banyak sekali peminatnya, cantik disajikan dengan aneka buah, sehingga gurihnya cheese cake berpadu dengan segarnya buah. Dinikmati denga strawberry atau bluberry glaze aja udah mantaap...apalagi kalo ditambah aneka buah. Sepotong tak akan cukup deh.

MACARONI SCHOTEL TUNA


Udah cukup lama gak bikin macaroni schotel, padahal ini adalah favorit keluarga. Akhirnya beberapa hari yang lalu bikin. Kalau biasanya menggunakan daging giling atau kornet sebagai isiannya, kali ini saya memakai chunk tuna kalengan. Ternyata memberikan rasa dan aroma yang sedikit berbeda lho. Tetap dibuat full keju karena memang cheesylover heheheh. Tadi cuma ada sedikit mozarella, jadi tidak tampak dalam fotonya, tertutup oleh parutan cheddar yang melimpah. Saya juga menambahkan saus bechamel di atas macaroni schotelnya sebelum akhirnya ditopping dengan mozarella dan cheddar parut. Check resepnya ya..

MACARONI SCHOTEL TUNA

Bahan:
200 gr macaroni ---> rebus hingga al dente
400 ml susu cair
2 sdm tepung terigu
4 butir telur kocok lepas
185 gr chunk tuna kalengan
4 sosis iris tipis
2 daging asap iris dadu
1/2 bawang bombay iris halus
2 bawang putih cincang halus
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm oregano
150 gr keju cheddar parut halus
minyak / margarin untuk menumis

Cara :
Panaskan minyak/ margarin, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawang putih
Masukkan chunk tuna, aduk2 hingga matang
Masukkan terigu, aduk hingga matang
Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
Masukkan keju parut, sosis dan daging asap, masak hingga mendidih, bumbui dengan garam dan merica, matikan api
Masukkan macaroni, aduk hingga merata, kemudian  masukkan telur kocok , aduk kembali, masukkan oregano

Bahan Saus Bechamel:
4 sdm margarin
6 sdm terigu
500 ml susu cair
garam, merica secukupnya
1 sdt oregano

Cara Membuat Saus Bechamel :
Panaskan margarin hingga leleh
Masukkan terigu, aduk-aduk hingga matang, tuangi susu sedikit demi sedikit
Bumbui dengan garam dan merica hingga rasanya pas, taburi dengan oregano

Penyelesaian:
Tuang macaroni ke dalam pinggan tahan panas yang telah dipoles margarin atau ke dalam alufoil cup
Tuang saus bechamel di atasnya, ratakan hingga menutup seluruh permukaan macaroni
Panggang hingga 3/4 matang
Setelah 3/4 matang, taburi dengan keju mozarella atau keju cheddar parut, panggang kembali hingga matang dan keju kecoklatan
Angkat dan siap dinikmati dengan saus sambal atau mayonaise

Happy baking ^_^

TRIPLE CHOCO MUFFIN


Dari kemarin ngerasa kurang sehat, kalo dibawa tiduuur aja bawaannya malah lemes. Akhirnya pagi tadi balik lagi ke dapur, pengen bikin yang simple dan cepat aja.. so inilah..Triple Choco Muffin. Jalan2 ke detikFood, liat ada Choco Muffin,karna pengen yg lebih nyoklat, tetep bikin pake resep Choco Muffin-nya bunda Nadhifa. Matur nuwun bunda... :))

here the recipe

TRIPLE CHOCO MUFFIN
source :  Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
175 gr terigu all purpouse
15 gr coklat bubuk
100 gr margarin
120 gr gula halus
120 gr DCC cincang
2 butir telur kocok lepas
100 ml buttermilk (bisa juga pakai susu cair biasa)
1 sdt soda kue
1 sdt baking powder
chocochips secukupnya

Cara:
Panaskan oven, siapkan bludercup atau pakai papercup apabila menggunakan loyang muffin
Di atas api kecil, lelehkan mentega, masukkan DCC, aduk rata sampai DCC meleleh sebagian, matikan api dan aduk terus hingga coklat meleleh serta tercampur rata dengan margarin
Biarkan hangat sejenak, masukkan buttermilk, aduk hingga rata.
Masukkan telur, aduk kembali
Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, soda kue dan  baking powder.
Masukkan gula halus, aduk hingga tercampur rata dengan tepung
Tuang adonan coklat dalam campuran tepung, aduk balik sebenetar sampai tercampur dan tepung basah (jangan overmix ya)
Biarkan adonan tetap bergerindil
Masukkan chocochip, aduk rata sebentar
Tuang ke dalam bludercup hingga 3/4 penuh, jangan terlalu penuh karena nanti hasilnya akan meleber, taburi atasnya dengan chocochips
Oven dengan suhu 180C selama kurleb 20 menit (tergantung masing2 oven ya)
Apabila muffin sudah terlihat 'naik', suhunya bisa diturunkan dan panggang hingga matang
Angkat dan nikmat disajikan hangat

Ini tadi jadi menu sarapanku dan sebagian dibawa buat bekal. Nyoklaaat deh. Cepat juga bikinnya, gak sampai 1 jam udah siap dinikmati.

MUFFIN TAPE KEJU


Bikin muffin tuh  menyenangkan...cepat, mudah dan pastinya enak. No need to mixer lho. Muffin juga gampang dikreasikan sesuai selera. Mau yang manis, full coklat atau yang gurih. Kali ini saya memadukan tape dengan keju, cocok kan..serasa makan cake tape keju hihihi.

MUFFIN TAPE KEJU

Bahan:
200 gr tepung terigu all purpouse
125 gr gula kastor (gula halus)
100 gr margarin, lelehkan
1 sdm baking powder
1/2 sdt baking soda
1 butir telur kocok lepas
150 ml susu cair
50 gr tape
50 gr keju cheddar parut (bisa juga dipotong dadu untuk isiannya)
1/2 sdt esens vanilla

Cara:
Ayak terigu bersama baking powder dan baking soda kemudian campurkan dengan gula halus, aduk hingga rata, sisihkan
Dalam wadah lain campur bahan basah, margarin leleh, esens vanila,tape,sebagian keju parut, telur dan susu cair, aduk hingga rata.
Tuang ke dalam campuran terigu.
Aduk rata dengan spatula dalam beberapa adukan saja, adonan akan tetap bergerindil dan menyerupai lumpur. (jangan overmix ya, cukup hingga adonan kering menjadi basah aja)
Tuang ke dalam cup muffin hingga 1/2 penuh, (jangan terlalu penuh karna adonan bisa meleber), taburi atasnya dengan keju parut
Oven selama kurleb 20-30 menit. Gunakan api besar pada menit-menit awal, setelah adonan tampak naik ke atas, turunkan suhunya dan teruskan memanggang hingga matang

Mudah dan cepat kan. Yang paling penting bagiku..no need to mixer hehehe. Kunci pembuatan muffin ada pada pengadukannya, jangan sampai overmix, cukup aduk balik hingga adonan menjadi basah seluruhnya, sehingga menghasilkan muffin yang lembut. Perlu diperhatikan juga saat menuang adonan ke paper cup atau cup muffin, kalau terlalu penuh adonan akan meleber keluar, gak menul-menul deh jadinya, jadi cukup tuang 1/2 bagian aja ya. Yuks...bikin muffin :)

BREAD PUDDING


Bread pudding adalah salah 1 jenis dessert yang banyak disukai. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis serta mudah dimodifikasi sesuai selera. Bread pudding lazimnya disajikan panas-panas dan biasa dihidangkan dalam mangkuk atau cup kecil.
Menurut saya, bread pudding tetap nikmat apabila dinikmati dalam keadaan dingin, setelah disimpan di kulkas...hmmm...
Resep seperti biasa hasil ngintip dapurnya mbak Ricke ya, tapi saya buat yang tanpa penggunaan fresh cream atau whipped cream. Here the recipe

BREAD PUDDING
source: Ricke Indriani


Bahan:
6 lembar roti tawar, potong-potong (saya memakai roti tawar berkulit dipotong menjadi 4 bagian per lembarnya)
3 butir telur utuh
3 butir kuning telur
500 ml susu cair
80-100 gr gula kastor (sesuai selera ya)
50 gr margarine, lelehkan
1 sdt vanilla
Kismis secukupnya
Keju cheddar potong dadu secukupnya
Keju cheddar parut utk taburan secukupnya
Mesise coklat atau DCC serut secukupnya

Cara:
Siapkan loyang atau pinggan tahan panas atau alumunium foil cup, olesi dengan margarine, sisihkan
Kocok lepas telur utuh dan kuning telur
Campurkan telur, susu cair, gula kastor dan vanilla, aduk dengan menggunakan whisk hingga rata, masukkan margarin cair, aduk kembali sisihkan
Tata setengah bagian roti di dasar pinggan, tuang 1/3 campuran susu, biarkan meresap, beri taburan meises/DCC parut, kismis dan keju dadu.
Tata sisa roti tawar, siram kembali dengan 1/3 bagian campuran susu, biarkan meresap
Siram kembali dengan sisa campuran susu, beri taburan keju parut dan kismis
Panggang dengan cara au bain marie (steamed bake) selama kurang lebih 60 menit menggunakan api sedang hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan
Angkat, biarkan hangat dan siap disajikan

Recomended to try ya...enaaak banget. Bisa juga dimodifikasi dengan penggunaan roti tawar coklat lalu disajikan dengan disiram sedikit DCC leleh...pasti enak.
Untuk isiannya bisa juga ditambahkan kelapa muda, almond atau kenari cincang or anything you like.. :))

SUS GORENG SAUS COKLAT

Ini jajanan favorit keluarga, dulu Mama suka banget bikin sus goreng ini. Biasanya dinikmati dengan dusting gula halus..walau dinikmati langsung juga udah enak ^^  Kakak Naira dan adek juga sukaa banget ama sus goreng ini. Basic resepnya sebenarnya sama dengan resep sus, yang membedakan hanyalah pada proses penggorengan. 
Kali ini coba pake saus coklat seperti Churos-nya Mbak Ike Hermawan...tetap enaaak

SUS GORENG SAUS COKLAT

Bahan:
150 gr tepung terigu ayak
250 ml air
100 gr margarine
3 butir telur
minyak goreng

Bahan saus coklat:
100 gr DCC cincang
100 ml susu cair

Cara:
Jerang margarine dan air di atas api, hingga margarin meleleh
Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk menggunakan sendok kayu hingga tercampur rata dan adonan menjauh dari pinggir panci, matikan api
Diamkan adonan hingga hangat
Setelah adonan hangat, masukkan telur satu per satu, kocok menggunakan mixer hingga tercampur rata
Panaskan minyak, bentuk adonan bulat dengan  menggunakan 2 buah sendok
Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan

Cara membuat saus coklat:
Panaskan susu dan DCC, aduk hingga coklat meleleh

Siap dinikmati bersama keluarga. Satu tak akan cukup deh :)

SALAD BUAH


Sebenarnya,,,ini adalah yang ter-favorit diantara berbagai macam dessert yang lain. Cara pembuatannya pun cukup mudah, dengan isi dan saus yang bisa disesuaikan selera kita.
Untuk saus-nya saya bisa memakai mayonaise yang dicamnpur dengan susu kental manis. Takarannya menurut selera ya. Kemudian atasnya diberi keju cheddar parut. Bakal lebih segar dan cantik apabila dialasi dengan daun selada, kebetulan kali ini tidak punya persediaan, jadi go ahead, tanpa selada pun tak apa. Buah yang biasa saya gunakan diantaranya adalah semangka, apel, anggur, pear, nanas, cherry kering dan juga stawberry, ditambah pula dengan potongan jelly..yummyyy.
Selamat mencoba berkreasi dengan salad ya.

WINGKO HITAM


Ada sisa tepung ketan hitam, diperdayakan deh jadi Wingko Hitam ini. Dapet ide dari PR LBT-nya mbak Ike Hermawan owner Pawonike. Dengan sedikit modifikasi..jadi deh Wingko Hitam ini. Legiiiit rasanya. Thanks mbak Ike :))
WINGKO HITAM

Bahan:
200 gr tepung ketan hitam
50 gr tepung kanji
175 gr gula pasiratau sesuai selera ya
250 gr kelapa parut
1 butir telur kocok lepas
100 ml santan kental
50 gr margarine --->lelehkan

Toping:Kenari sangrai

Cara:
Campur tepung ketan hitam, tepung kanji, kelapa parut dan gula, aduk rata
Di wadah terpisah, campurkan santan, telur dan margarine, aduk2 hingga rata
Masukkan campuran santan ke dalam campuran tepung, aduk2 hingga merata
Panaskan cetakan (aku pake fast maker), tuang adonan, tutup sebentar hingga setengah matang, beri toping, tutup kembali
Balikkan wingko hingga kedua sisi matang merata, angkat

Mudah dan cepat membuatnya

Menurut resep mbak Ike Hermawan pemakaian santannya hingga 250 ml dan dicetak diatas loyang, baru kemudian dipotong-potong. Mungkin nanti akan terasa lebih moist ya wingko-nya. Tadi sengaja aku kurangi pemakaian santannya karena memang suka dengan wingko yang agak2 kering :))

CAKE KOPI SIRUP COKLAT


Salah 1 cake favorit saya, karena saya suka sekali dengan aroma kopi. Cake ini memadukan aroma kopi dan manisnya sirup coklat yang disiramkan di atasnya.  Cocok banget disajikan bersama secangkir kopi atau teh manis, dinikmati di pagi hari.
CAKE KOPI SIRUP COKLAT

Bahan:
85 ml air
1 sdm kopi instan
230 gr tepung terigu all purpouse
1 sdt baking powder
180 gr gula pasir
125 gr margarine
3 butir telur pisahkan putih dan kuningnya

Bahan sirup cokelat:
250 gr gula pasir
170 ml air
50 gr DCC cincang kasar

Cara:
Siapkan loyang tulban diameter 20 cm, olesi mentega
Campur dan ayak ayak terigu bersama baking powder, sisihkan
Campur air dan kopi dalam panci, tambahkan gula kemudian masak di  atas api kecil hingga gula larut.
Setelah gula larut, besarkan api hingga air mendidih, angkat, dinginkan
Kocok mentega dan kuning telur hingga lembut
Kecilkan mixer, tuang larutan kopi sedikit demi sedikit, bergantian dengan tepung terigu hingga tercampur rata.
Dalam wadah lain, kocok putih telur hingga kaku, masukkan ke dalam adonan terigu secara bertahap, aduk rata
Tuang adonan ke dalam loyang, oven hingga matang (30-40 menit)
Balikkan cake, biarkan dingin

Cara membuat Sirup Cokelat:
Taruh gula dan air dalam panci, jerang di atas api kecil hingga gula larut
Setelah gula larut, besarkan api hingga mendidih, kemudian kecilkan lagi
Masak sejenak tanpa diaduk
Tambahkan DCC, aduk hingga cokelat leleh

Dalam keadaan hangat, siram sirup cokelat sedikit demi sedikit ke permukaan cake
Siap dinikmati...enjoy your homemade cake ^_^

KUE LAK-LAK


Ini adalah setoran PR LBT#5 dengan tema kue tradisional yang dipanggang. Alhamdulillah..PR-ku selesai juga. Tetap membuat PR yang simpel2..kali ini pilihanku jatuh pada Kue Lak-lak yang merupakan makanan tradisional khas Bali. Bentuk dan rasa kue Lak-lak ini mirip dengan kue serabi, namun dalam penyajiannya menggunakan kelapa parut dan sirup gula merah. Seperti halnya kue serabi, kue ini sangat enak bila diberi buah nangka, tapi karena kemarin tidak ada buah nangka..ya..pisang pun jadilah :)

Resep ini diambil dari sedap sekejap dan dimodifikasi sesuai selera yaa.. Here the recipe

KUE LAK-LAK (khas Bali)

Bahan kue:
200 gram tepung beras
1 sdm tepung kanji
150 ml air mendidih
400 ml santan
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan

Bahan sirup gula merah:
100 gr gula merah
75 ml air
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Bahan kelapa taburan:
50 gr kelapa parut kasar
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Kukus tepung beras selama kurang lebih 30 menit, angkat
Tambahkan tepung kanji, aduk hingga rata
Siram dengan air mendidih, aduk rata tambahkan santan dan garam, diamkan selama 30 menit.
Panaskan cetakan (aku pakai fast maker), sendokkan adonan, tutup dan biarkan hingga matang, angkat

Cara membuat sirup gula merah:
Rebus bahan sirup sambil diaduk hingga mendidih dan agak kental, dinginkan

Cara mengolah kelapa taburan:
Kukus kelapa dan garam selama kurang lebih 15 menit, angkat dan dinginkan

Kue Lak-lak disajikan dengan taburan kelapa parut diatasnya dan disiram dengan sirup gula merah :)
Kue lak-lak yang gurih dipadukan dengan manisnya sirup gula merah...hmmm...nikmat

KASTENGEL DUO RASA


Masih dalam rangka flash back tentang PR LBT, kali ini adalah PR LBT#4 yang bertemakan Rolled Cookies.
KASTENGEL DUO RASA (from Kastengel Tanpa Telur-Ordinary Kitchen)

Bahan:
300 gram mentega (butter+margarine)
350 gram tepung terigu all purpouse
50 gram tepung maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju edam parut (aku pake keju cheddar parut)
100 gram keju parmesan parut

Olesan:
kuning telur kocok lepas
100 gr DCC yang dilelehkan

Taburan :
Keju cheddar parut secukupnya

Cara:
Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan
Kocok mentega sebentar saja hingga lunak, masukkan keju cheddar dan parmesan parut, aduk rata.
Masukkan campuran terigu, aduk hingga rata dan adonan sudah bisa dibentuk
Gilas tipis adonan lalu cetak sesuai selera
Tata dalam loyang kue kering, tanpa dioles margarine
Oles dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut
Panggang dalam ocen dengan suhu rendah hingga berwarna kuning kecoklatan kurang lebih selama 15-20 menit (tergantung oven masing2 ya)
Setelah matang, celupkan salah satu ujung cookies ke dalam DCC leleh, letakkan di atas alufoil
Tunggu sebentar hingga DCC mengeras, tata di dalam toples kedap udara.

Ternyata keluarga suka banget dengan sensasi kastengel yang super ngeju ditambah dengan rasa DCC yang manis.

CHOCO STRAWBERRY CUPCAKE


Ceritanya kali ini adalah flashback tentang PR LBT. Alhamdulillah..ini setoran PR LBT#3 yang dulu dibuat ditengah2 baking blue yang tengah melanda heheheh..Jadi bikin yang sangat2 simple.
Resep diadaptasi dari Cake Wortel yang ada di Majalah Sedap

CHOCO STRAWBERRY CUP CAKE

Bahan:
225 gr tepung terigu all purpouse
150 gr gula
150 gr mentega
200 gr strawberry segar yang diparut halus
1 sdt baking powder
3 butir telur
40 gr coklat bubuk, dilarutkan dalam 150 ml air panas
chocochips secukupnya

Cara:
Panaskan oven, siapkan cup, letakkan dalam cetakan muffin
Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula. Kocok hingga pucat dan lembut
Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok
Campur tepung terigu dan baking powder, masukkan ke dalam adonan sambil diayak, berselang-seling dengan cairan coklat ( diawali dan diakhiri dengan terigu)
Masukkan strawberry parut, sambil terus dikocok dengan speed rendah.
Tambahkan chocochips, aduk rata
Tuang ke dalam cetakan muffin sampai 3/4 bagian
Oven selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius
Angkat dan dinginkan, siap dihias

Karena kemampuan mendekor yang masih sangat pas2an, dan kebetulan di rumah masih ada sisa ganache, jadi cup cake ini cukup kusiram dengan sedikit ganache. Hmmm...tambah nyoklaaat deh ^^

STICK KEJU BERINTIK


Berawal dari kertas pembungkus nasi pecel yang dibeli buat sarapan...jadilah bikin ini hahahahah...
Resepnya emang dpt dari kertas pembungkus nasi pecel. Ini khusus buat cheese lovers, kalo nggak suka keju bakal ngrasa eneg kayanya.

STICK KEJU BERINTIK

Bahan :
(dikira-kira aja ya, sesuai kebutuhan)
keju potong kurleb 5x1 cm (suka2 deh)
tepung beras
1 butir telur
tepung panir
minyak untuk menggoreng

Pelengkap:
Saus mayonaise ( dari 1 sdm mayonaise + 2 sdm saus tomat)

Cara:
Potong2 keju, gulingkan berturut-turut di tepung beras, telur kocok dan tepung panir
Ulangi sampai 2x agar lebih tebal
Diamkan dalam lemari es kira-kiira 2 jam
Goreng dalam minyak yg banyak dan panas
Siap disajikan

Gampang kaaaan...

KROKET MOZARELLA


Masih ada sedikit kentang di kulkas, langsung aja kepikiran buat diolah menjadi kroket. Tapi....bahan-bahan isiannya gak lengkap. Teringat postingan mbak Vivi Nowotny tentang Mozarella Balls-nya yang sangat menggoda itu. Ahaaayy...kroketnya diisi dengan mozarella aja deh. Buka-buka kulkas lagi, nemu 4 butir telur puyuh...lumayan, bisa dibuat isian juga, hihihi..melas.com
Resep kulitnya masih memakai resep andalan yang diambil dari blog Ricke Indriani.

KROKET MOZARELLA

Bahan :
500 gr kentang
2 sdm susu bubuk
1 kuning telur
garam, merica bubuk secukupnya
tepung panir secukupnya
2 butir telur kocok lepas untuk bahan pencelup
minyak goreng

Bahan Isian:
keju mozarella parut dan telur puyuh

Cara:
Kupas dan cuci bersih kentang, kukus hingga matang
Goreng kentang sebentar saja untuk mengurangi kadar airnya (ditandai dengan berkurangnya buih-buih di penggorengan)
Panas-panas, lumatkan kentang hingga halus, kemudian dinginkan sejenak
Campurkan susu bubuk, garam, merica dan kuning telur, aduk hingga tercampur rata
Bentuk bulatan-bulatan (bisa juga lonjong ya, suka-suka deh), beri isian
Gulingkan kroket di tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung panir hingga kroket tertutup seluruhnya. Untuk hasil yang lebih tebal, proses ini dapat diulang 2 kali
Simpan selama kurang lebih 60 menit di dalam kulkas agar tepung panir menempel sempurna (langsung digoreng it's ok)
Deep frying kroket atau goreng dalam minyak yang banyak hingga kecoklatan
Angkat, sajikan hangat bersama saus sambal atau mayonaise jika suka

Sukaaa  banget dengan sensasi leleh si mozarella ini. Kroket memang mudah divariasikan dengan berbagai macam isian sesuai selera kita atau sesuai dengan bahan-bahan yang ada di kulkas ya ^_^.

FRUITY CHOUX PASTRY (LBT#9)


Bismillahirrohmanirrohim....akhirnya sampai juga di choux pastry day. Kebetulan sekali tema bulan ini sesuai banget dengan snack favorit keluarga saya yaitu choux pastry aka kue sus.
Sebenarnya ingin bereksperimen memodifikasi resep-resep sus yang ada, tapi karna situasi kondisi yang tidak memungkinkan, akhirnya back to basic...kembali ke resep sus andalan dari NCC yang memang sering saya buat.
Supaya berbeda dengan sus yang biasa, saya hanya menambahkan buah-buahan pada vla serta hiasannya dan...ternyata memberikan sensasi rasa berbeda lho..segeeer banget.

Check the recipe yaa

FRUITY CHOUX PASTRY (Sus Buah)
source : NCC

Bahan:
200 ml air
125 gr margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu all purpouse (bisa juga pakai terigu yang protein tinggi)
4 butir telur --> saya memakai 3 butir ukuran besar
DCC leleh secukupnya untuk menghias dan merekat
Buah segar atau buah kaleng sesuai selera

Cara:
Panaskan air, margarine dan dan gula. Masak dengan api kecil hingga margarine meleleh dan mendidih
Masukkan tepung terigu, aduk hingga adonan kalis, angkat dan dinginkan
Pindahkan adonan ke wadah yang lebih besar, biarkan hingga hangat
Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata
Untuk membuat sus bagian dasar :
siapkan loyang bulat diameter 20cm, oles tipis margarine
Masukkan adonan sus ke dalam plastik segitiga tanpa diberi spuit
Semprotkan ke seluruh permukaan loyang
Untuk membuat bentuk sus klasik:
Siapkan loyang lebar (saya memakai loyang kuker), oles tipis margarine
Masukkan adonan sus ke dalam plastik segitiga, dengan diberi spuit
Semprotkan ke permukaan loyang dengan cara menarik ke atas
Oven dengan suhu di bawah 200C selama kurang lebih 30  menit (tergantung oven masing-masing ya)
Jangan membuka oven selama sus belum matang atau masih terlihat buih-buih pada adonan
Angkat dan dinginkan di atas rak kawat


VLA VANILLA FRUITY
source: NCC

Bahan:
2 kuning telur kocok lepas
50 gr tepung maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdt esens vanilla
buah segar sesuai selera atau buah kaleng secukupnya

Cara:
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campurkan dengan kuning telur, sisihkan
Didihkan sisi dan gula pasir sambil diaduk  hingga gula larut dan mendidih
Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan biarkan mendidih sekali lagi
Setelah hilang uap panasnya, masukkan esens vanilla

Penyelesaian:
Isikan vla vanilla ke dalam sus klasik, beri tambahan buah segar atau buah kaleng
Letakkan sus bulat di piring saji
Oles bagian bawah sus klasik dengan DCC leleh, rekatkan melingkar di atas sus bulat
Oleskan vla vanilla di bagian tengah sus, hias bagian atasnya dengan buah segar atau buah kaleng (saya memakai strawberry dan buah kaleng)

Trust me...sus diapain aja pasti enaaaak hehehe..ketauan banget yang ngomong penggemar sus sejati.
Thanks LBT...sukses terus ya..salam LBT

SAUSAGE PIZZA


Pizza ini special buat keponakanku yang penggemar berat pizza sosis. Request-nya pizza full topping sosis tanpa dikasih toping lain, apalagi semacam paprika, sayur, jamur...no way katanya.
Akhirnya topping pizza ini hanya daging ayam cincang, sosis dan keju mozarella yang berlimpah. Saus pizza-nya tetap menggunakan resep andalan yang dulu juga udah pernah ditulis yaa...

CHOCO PEANUT PIZZA


Pizza again....kali ini bikin pizza dengan topping manis. Terinspirasi dari salah 1 adorable pizza di ajang LBT#8, yaitu German Choco Pizza milik mbak Yunita. Tapi tentu saja gak berani kasih nama German Choco karena toppingnya udah disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah heheheh.
Crust pizza masih tetap memakai resep andalan yang biasa saya pakai. Toppingnya memakai keju mozarella, chocochip, kacang cacah, red cherry dan susu kental manis. Rasanya unik...gurih bercampur legit dari coklatnya dan juga renyah dari kacangnya.
C'mon..create your own pizza. ^-^

SAMBAL UDANG TELUR KOCOK

Ini salah 1 menu yang bisa menggugah selera makan, menurut saya lho ^^. Cukup dinikmati dengan nasi hangat, sudah terasa nikmatnya..Alhamdulillah.
Perbedaan dengan sambalado udang biasa adalah pada penggunaan telur kocok, sehingga serabut-serabut halus telur akan menempel pada udang, menyatu dengan bumbu.
Kebetulan kemarin masih ada sedikit udang di kulkas, umek-umek sebentar di dapur, jadi deh
So..here the recipe yaa

SAMBAL UDANG TELUR KOCOK

Bahan:
500 gr udang --> bersihkan kulit dan kepalanya, kerat punggungnya
10 butir telur puyuh rebus
2 daun jeruk iris tipis
1 daun bawang potong-potong
150 ml air (kalau punya air kaldu udang lebih sip)
1 telur kocok lepas
1 bawang bombay iris tipis
3 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram (optional)
gula, garam dan merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus
10 bawang merah
8 bawang putih
3 cabe merah besar
4 cabe rawit (bisa ditambah sesuai selera)
2 kemiri bakar
2 cm kunyit
1 cm jahe

Cara:
Panaskan minyak, goreng udang hingga kemerahan, angkat dan sisihkan
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan bumbu halus, tumis hingga layu
Masukkan saus tomat dan saus tiram, aduk cepat hingga rata, masukkan irisan daun jeruk
Masukkan udang dan telur puyuh  aduk kembali
Tuang air, masak hingga mendidih dan air berkurang
Bumbui dengan gula, garam dan merica, test rasa
Masukkan telur kocok, aduk cepat hingga membentuk serabut
Masukkan daun bawang
Masak kembali sebentar hingga bumbu dan telur menempel pada udang dan telur puyuh

Cukup simpel kan...maklum memang belum bisa bikin daily menu yang ribet...masih begginer level niy. Yang penting tetap semangat untuk terus belajar dan bereksperimen ya..

MIXED CREAM SOUP


Terdapat 2 cara pembuatan cream soup, yaitu dengan menggunakan susu serta cream soup tanpa susu yang hanya menggunakan larutan maizena sebagai pengental. Cream soup berikut ini cukup simple pembuatannya, dengan menggunakan maizena sebagai pengental.
Isiannya bisa disesuaikan dengan selera kita ya dan tentu saja bahan-bahan yang tersedia di dapur ^^
Berikut ini resepnya

MIXED CREAM SOUP

Bahan:
250 gr daging ayam
2 jagung manis pipil
1 telur
paprika merah dan hijau secukupnya
1 sdm maizena dilarutkan dengan sedikit air
sedikit minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 bawang merah
3 bawang putih
1 sdt gula
1,5 sdt garam
1 sdt merica

Cara:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, sisihkan
Rebus ayam hingga airnya agak surut, buang lemak-lemak di air, angkat ayamnya
Suwir-suwir ayam, masukkan kembali ke air kaldu
Masukkan jagung pipil
Masukkan bumbu halus, masak hingga mendidih, bumbui kembali dengan garam, gula dan merica apabila rasanya belum pas
Masukkan paprika merah dan hijau
Pecahkan teur di atas saringan, letakkan di atas panci, aduk-aduk menggunakan sendok hingga telur di saringan habis (akan terbentuk serabut-serabut halus telur)
Masukkan maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air,aduk-aduk
Angkat sup dan siap dihidangkan hangat-hangat

Larutan maizena bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kekentalan yang diinginkan ya.

Anak-anak suka sekali dengan cream soup ini, nikmat disajikan pagi atau malam hari.
Happy Cooking :)

NASTAR COKLAT

Salah 1 variasi isian nastar, selain selai yaitu denga isian coklat. Hasil intip-intip dapurnya Ci Nien Ing. Walau penampakan nastar coklatku belum secantik punya beliau, tapi puas dengan rasanya. Makasih ya Nien



NASTAR COKLAT


Bahan:
700 gram terigu
250 gram butter
250 gram margarine
150 gram gula kastor
4 kuning telur
4 sdm susu bubuk

Olesan:
kuning telur

Cara:
Kocok telur, gula kastor, butter dan margarine asal tercampur rata
Masukkan terigu dan susu bubuk aduk dengan sendok kayu hingga rata
Ambil sedikit2 adonan, masukkan sian dan bulat2kan
Letakkan di loyang kuker
Panggang hingga 1/2 matang, keluarkan dan poles dengan kuning telur
Panggang kembali hingga matang dan kecoklatan

Isian
Bahan
:
125 gram tepung terigu
25 gram coklat bubuk
1 sdt margarin
50 ml air matang
100 gram  gula pasir
50 gram DCC cincang

Cara:
Panaskan mentega dan air dalam panci
Masukkan gula pasir dan DCC biarkan sampai mendidih
Masukkan terigu dan coklat bubuk, aduk2 sampai tercampur rata dengan api kecil
Matikan api, biarkan agak dingin
Pulung2 bentuk bulat selagi hangat.
Siap digunakan sebagai isian nastar

Next time pengen banget bisa buat nastar coklat yang isiannya melted. Hmmm...pasti enak. Yuks bereksperimen lagi di dapur

NASTAR

Nastar juga termasuk salah 1 cookies yang umum menjadi pengisi toples disaat lebaran. Seringan males banget bikinnya. Tapi akhirnya di lebaran kemarin, saya punya nastar homemade diantara toples lebaran hihihihi.


NASTAR 
Source : NCC

Bahan:
700 gram terigu
250 gram butter
250 gram margarine
150 gram gula kastor
4 kuning telur
4 sdm susu bubuk

Olesan:
kuning telur

Cara:
Kocok telur, gula kastor, butter dan margarine asal tercampur rata
Masukkan terigu dan susu bubuk aduk dengan sendok kayu hingga rata
Ambil sedikit2 adonan, masukkan selai nanas dan bulat2kan
Letakkan di loyang kuker
Panggang hingga 1/2 matang, keluarkan dan poles dengan kuning telur
Panggang kembali hingga matang dan kecoklatan

Salah 1 tips agar permukaan atas nastar  tidak retak-retak adalah dengan mengoleskan kuning telur setelah nastar 1/2 matang. Insya Allah hasilnya akan mulus. Happy baking :)

EGGLESS KASTENGEL

Cookies ini salah 1 pengisi toples di rumah sewaktu lebaran kemarin. Cookies favorit keluarga kecilku...suka dengan rasa ngeju dan renyahnya. Tetep pakai resep eggless kastengel-nya Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani. Matur nuwun resepnya Bunda....ijin share resepnya ya..

EGGLESS KASTENGEL
  source : Ordinary Kitchen by Ricke Indriani
Bahan:
350 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
2 sdm susu bubuk
300 gram margarin+butter (aku pake perbandingan 50:50)
100 gram keju permesan
100 gram keju edam ( aku pakai keju cheddar parut)
Kuning telur untuk olesam

Bahan taburan:
keju cheddar parut

Cara:
Campur dan ayak  tepung terigu dan maizena, sisihkan
Kocok margarine+butter sebentar saja asal lembut, masukkan keju, aduk dengan sendok kayu hingga rata
Masukkan campuran tepung, aduk kembali hingga rata
Gilas adonan dan cetak dengan bentuk sesuai selera
Letakkan di loyang kuker, oles permukaan dengan kuning telur dan taburi keju parut
Panggang hingga matang
Dinginkan dan letakkan dlm toples kedap udara

Kastengel yang dibuat tanpa menggunakan telur menghasilkan tekstur yang lebih renyah dibandingkan dengan kastengel yang memakai telur. Tapi tentu saja semua kembali kepada selera masing-masing ya, lebih menyukai kastengel  renyah atau yang lebih mempur.

DARK CHOCO COOKIES


Penampilan cookies ini boleh seadanya..tapi rasanya enaaak xixixi...memuji hasil karya sendiri. Resepnya diambil dari buku "Cokelat - Kue Kering, Permen, Dessert & Cake" dan telah dimodifikasi sesuai dengan bahan yang ada di rumah

ini dia resepnya

DARK CHOCO COOKIES

Bahan:
230 gr terigu protein rendah
150 gr DCC cincang kasar kecil2
185 gr mentega
1 sdt essens vanillla
1 telur
65 gr gula kastor
80 gr gula aren bubuk

Cara:
Panaskan oven
Siapkan loyang kuker, oles permukaannya dengan margarin, sisihkan
Kocok mentega, essens, gula kastor dan gula aren bubuk hingga lembut
Tambahkan telur, kocok sebentar hingga rata
Masukkan terigu bergantian dengan DCC cincang, aduk rata menggunakan spatula kayu
Bentuk bulat adonan dengan 2 sendok teh, letakkan di atas loyang, beri jarak antara adonan 1 dengan yang lainnya karena adonan akan meleber
Panggang hingga matang selama kurleb 15-20 menit
Angkat, biarkan sebentar kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara

Simple kaan... :)

CUMI LADA HITAM



Mari makan siang... ^_^ Kali ini menunya bening bayam, cumi lada hitam dan lele goreng crispy. Suamiku doyan banget ama olahan cumi, tak heran cumi sering jadi menu pilihan dalam keluargaku. Cumi isi, tumis, asam manis, saus padang, semua dia doyan :) Kali ini adalah cumi lada hitam.

CUMI LADA HITAM


Bahan:
500 gram cumi, buang tinta, bersihkan kulitnya dan potong cincin
5 bawang puting geprek iris halus
1/2 bawang bombay, iris halus
5 cabe rawit, iris kecil-kecil
5 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1 daun bawang iris
2 sdm lada hitam bubuk (bisa ditambah kalo ingin lebih pedas)
1 sdt air jeruk nipis
100 ml air (bisa ditambah atau dikurangi menurut selera)
garam, gula dan merica secukupnya
margarin untuk menumis

Cara:
Campurkan garam, merica dan air jeruk nipis ke dalam cumi, diamkan 15 menit
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan kecap manis, saus tiram dan kecap asin, aduk cepat hingga rata
Masukkan cumi, tambahkan cabe rawit, lada hitam, aduk hingga merata
Tambahkan air, masak sebentar hingga cumi matang dan bumbu meresap
Masukkan daun bawang
Angkat dan sajikan bersama nasi hangat

Selamat Makan Siang :)

ANEKA PIZZA

Pizza mudah sekali dikreasikan dengan sesuai dengan selera kita. Baik bentuk maupun toppingnya. Berikut ini adalah contoh kreasi topping pizza.



 Meat lover pizza toppingnya terdiri dari daging giling, daging asap, sosis sapi, jagung manis pipil, paprika merah dan hijau serta tentu saja keju mozarella.



Seafood pizza dengan topping yang terdiri dari udang, cumi, ikan tuna suwir, jagung manis, paprika hijau dan merah serta keju mozarella yang melimpah.

Yuks berkreasi dengan homemade pizza

FRUIT PIE


Setelah seharian puas menikmati parade pizza di wall,saatnya kembali nguprek di dapur. Dan inilah cemilan hari ini, fruit pie ala kadarnya.Gara2 liat fruit pie mbak Nana Hanuna mgg lalu,jadi niat bikin.Punyaku blm secantik punyamu mbak :)Buahnya seadanya yg  ready di kulkas,strawberry,nanas,semangka ƞ dried bluberies.

FRUIT PIE
source: NCC

Bahan:
250 gr terigu all purpouse
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Bahan Vla:
500 ml susu cair
100 gr gula kaster (tadi pakai gula pasir biasa)
5 kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdt vanilla ekstrak

Bahan topping:
buah2an sesuai selera dan yang ada di kulkas :)

Bahan siraman :
1 sdt agar-agar putih (karna gak punya agar2 putih, saya pakai agar2 merah ^^)
1 sdt gula
100 ml air
Didihkan ketiga bahan ini, sisihkan

Cara:
Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis
Cetak pada cetakan pie, tusuk2 bagian bawahnya agar tidak menggelembung
Oven hingga matang kurang lebih 15-20 menit

Cara membuat vla:
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu,campur kuning telur aduk rata
Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat hingag mendidih sekali lagi, masukkan vanilla ekstrak
Angkat sisihkan

Penyelesaian
isi pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram dengan agar2 bening

Selamat mencoba ^_^