Monday, December 12, 2011

AYAM GEPUK


Masih dalam edisi bongkar-bongkar file lama nih, akhirnya nemu juga foto salah satu menu ayam ini. Bikinnya udah berbulan-bulan yang lalu, ingat bener ini menu buka puasa Ramadhan hari pertama tahun ini (super jaduuul yah). Gapapa deh, sapa tau ada yang terinspirasi untuk bikin buat sajian keluarga. Yang jelas sajian ayam gepuk ini enak lho, gurih hingga meresap ke dalam, apalagi ditaburi dengan kelapa kering yang juga gurih. Pas banget dihidangkan dengan nasi panas dan sambel, setelahnya bisa menyantap sayur asem. Wooow...heavenly ^_^


Resepnya bisa juga dilihat di detikFood ya, karena memang nyontek dari sana. Saya tuliskan kembali di sini ya..

AYAM GEPUK

Bahan:
500 gr ayam
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
kelapa parut secukupnya (kira-kira 5-7 sdm)
300 ml air

Bumbu Halus: 
5 bawang merah
3 bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica
10 gr gula merah
1 sdt garam

Cara Membuat:
Potong-potong ayam dan rebus bersama bumbu halus, daun salam dan serai
Masak hingga mendidih, kemudian masukkan kelapa parut, masak hingga air habis dan ayam lunak
Angkat ayam dan memar-memarkan hingga agak pipih
Goreng ayam hingga agak kering dan sangrai sebentar kelapa parut tadi
Angkat dan sajikan ayam bersama kelapa parutnya

Gampang kan bikinnya...Hayuk dicobain bikin ya

No comments: