Monday, November 21, 2011

MIE GORENG CINA

 
Sssttt...ini dia hasil dari ketularan "virus mie goreng" yang sedang rame di FB. Yeah..it's just a simple menu..but everyone like it. Anak-anak pasti doyan banget dengan yang namanya mie goreng dan pastinya lebih sehat kalau kita membuat sendiri. Berawal dari beberapa teman di FB yang rame-rame bikin mie goreng, akhirnya bikin juga deh Mie Goreng Cina ala mbak Melly Octaviana. 
Resepnya simple aja, bisa divariasikan sesuai dengan selera dan isi kulkas kita hihihihi. Mie goreng cina yang saya buat tadi memakai udang, sosis dan bakso. Tidak memakai telur, karena Mama saya gak suka kalau memakai telur, so...saya menyesuaikan deh, biar Mama juga bisa ikut menikmati. Akan lebih mantap jika menambahkan telur orak-arik, ayam suwir, jamur atau bahkan cumi...hmmm...tambah enak deh. So...check the simple recipe ya

MIE GORENG CINA

Bahan:
1 bungkus (200 gr) mie telur 
200 gr udang kupas, buang ekor dan kepalanya
2 buah sosis potong sesuai selera (goreng sebentar)
6 butir bakso, iris sesuai selera
angciu (skip)
1 sdm kecap ikan
1 sdt saus raja rasa
2 sdm saus tiram
5 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
Daun bawang secukupnya, iris 1 cm
Garam, gula pasir dan merica secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
4 bawang putih dan 1 sdt garam

Sayuran:
1 wortel iris korek api
2 genggam tauge panjang
1 ikat sawi 

Taburan:
bawang goreng secukupnya

Cara Membuat:
Rebus mie telur dalam air mendidih sebentar saja (jangan terlalu lama, karna mie akan menjadi lunak)
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang, masak hingga berubah warna
Masukkan wortel, sosis dan bakso sapi, aduk rata
Masukkan mie telur, masukkan kecap ikan, saus raja rasa, saus tiram, saus tomat dan kecap manis, aduk hingga merata seluruhnya, bumbui dengan garam, merica dan gula hingga rasanya pas
Masukkan tauge dan sawi hijau, masak hingga layu
Angkat, letakkan di piring saji, taburi bawang goreng dan siap disajikan hangat

Enak banget deh...hari ini sampai 2x harus bikin mie ini, karena cepat banget habisnya ^_^
Buat yang suka pedas, bisa ditambahkan juga saus sambal ya. Apabila suka bisa juga dinikmati bersama lalap timun dan acar. Sayurannya juga bisa dimodif sesuai selera, kebetulan tadi hanya wortel, tauge dan sawi hijau yang ada di kulkas saya..Selamat Mencoba ...

No comments: