Friday, October 24, 2014

LBT #34 LAMINGTON CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
LBT #34 ini temanya adalah Lamington Cake. Udah telat banget ngumpulin PR LBT kali ini, tapi tetap maksa ngumpulin hehehe. Sebenarnya bulan lalu sudah pernah bikin lamington cake, jadi akunya santai-santai aja. Ternyata...oh ternyata..memory card yang ada foto lamington cake rusak. Sama sekali gak bisa kebuka dan banyak sekali foto yang hilang. Sedih banget karena di memory card itu banyak juga foto keluarga yang belum sempat aku pindah ke laptop huhuhu. Akhirnya...aku harus bikin lamington cake lagi untuk tema PR LBT bulan ini.

Lamington cake adalah adalah salah satu kue populer yang berasal dari Australia. Kue ini biasanya berukuran kecil, dilapisi dengan coklat coating dan ditaburi dengan kelapa parut. Lamington cake menggunakan spongecake atau buttercake yang lembut sebagai base cakenya. Ada juga lamington cake yang disajikan dengan ditumpuk dan dioleskan cream atau selai sebagai fillingnya. Pada perkembangannya, lamington cake ada juga yang berbentuk bola-bola, potongan kue besar, finger dan aneka bentuk lainnya. 

Konon lamington cake ini ditemukan secara tidak sengaja yaitu ketika salah seorang chef yang melayani Lord Lamington dari Queensland membuat kesalahan di dapur. Ketika itu, chef tersebut secara tidak sengaja menjatuhkan potongan kue ke dalam lelehan coklat. Agar kue yang terkena coklat leleh tersebut tidak mengotori tangan, maka kue tersebut diberi taburan kelapa parut. Ternyata Lord Lamington sangat menyukai   kue tersebut. Pada akhirnya lamington cake tidak hanya populer di Queensland, tapi sudah menjadi salah satu ikon kuliner Australia yang sangat terkenal. Di Amerika, Afrika Selatan serta New Zealand, lamington cake juga sangat digemari. 




Awalnya aku ingin membuat red velvet lamington cake tapi ternyata stok coklat bubuk yang aku punya terlalu pekat warnanya. Seharusnya untuk membuat red velvet, menggunakan coklat bubuk yang berwarna coklat kemerahan agar warnanya cantik. Akhirnya ganti haluan, aku memakai basecake lapis surabaya ekonomis yang menggunakan metode all in one. Untuk coating coklatnya, aku memakai resep ganache ekonomis. Sebenarnya gak bisa disebut ganache juga sih, bisa diprotes orang Prancis yang menemukan ganache hehehe. Ganache sebenarnya wajib menggunakan whipcream dan cooking chocolate sebagai bahan utamanya. Sebagai bahan tambahan bisa menggunakan madu atau unsalted butter. Nah...yang disebut ganache ekonomis ini tidak memakai whipcream baik whipcream bubuk atau cair tetapi menggunakan susu cair. Ganache ekonomis ini mirip sekali dengan coklat coating dan bisa digunakan juga sebagai filling.
Eehh...kok malah panjang lebar ngomongin ganache ya heuheuheu. Nulis resep lamington cake dulu aja deh...




LAMINGTON CAKE

Bahan :
8 butir kuning telur
6 butir putih telur
165 gr tepung terigu protein rendah
20 gr susu bubuk full cream
10 gr maizena
125 gr gula pasir
75 ml susu cair
1/2 sdt vanilla susu bubuk
150 gr butter leleh
1 sdt coklat bubuk
--> beri sedikit air panas dan aduk rata hingga berbentuk pasta, dinginkan.
atau bisa juga memakai pasta coklat siap pakai 

Lapisan Coklat :
100 ml susu cair
200 gr dark cooking chocolate, cincang
2 sdm unsalted butter atau bisa diganti madu

Taburan :
100 gr kelapa kering siap pakai

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan 2 loyang ukuran 20x20 cm. Oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali sisihkan. 
2. Kocok semua bahan cake kecuali butter hingga mengembang dan kental berjejak.
3. Masukkan butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian, beri satu bagian dengan coklat. Aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Angkat dan dinginkan.
6. Lapisan coklat : panaskan susu cair, tidak usah sampai mendidih cukup hingga terlihat gelembung-gelembung kecil. Matikan api dan masukkan coklat cincang. Aduk rata hingga coklat leleh dan teksturnya lembut. Masukkan unsalted butter, aduk rata. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Potong-potong cake, rekatkan bagian kuning dan coklat dengan mengoleskan lapisan coklat tipis saja. Bisa juga menggunakan selai atau buttercream.
2. Celupkan potongan cake ke dalam lapisan coklat hingga rata kemudian beri taburan kelapa parut. Lakukan hingga habis.





Ternyata lamington cake itu enak banget ya. Cake dengan lapisan coklat dipadukan dengan kelapa kering yang gurih membuat rasanya menjadi unik. Lamington cake ini nikmat sekali bila disajikan dalam keadaan dingin. Mantaap




Ayoo membuat lamington cake versi lain. 
Selamat mencoba...Happy Baking ^^

Wednesday, October 22, 2014

SAMBALADO PARU



Bismillah...
Jangan bosen dulu ya kalau lagi-lagi postingan masakannya gak jauh-jauh dari yang berbahan daging dan kawan-kawannya. Maklum masih dalam rangka menghabiskan sisa stok daging di freezer, jadinya sering diolah menjadi masakan sehari-hari. Biar gak bosen, tiap hari gantian deh. Kalau sekarang bikin daging, besoknya mengolah jerohan, lusa mengolah iga atau balungan hehehe. Ntar kalau udah mentok, kembali lagi ke ikan atau ayam. Kalau tahu tempe dan sayur sih teteup tiap hari hihihi.

Kali ini aku mengolah paru menjadi sambalado paru. Tau kan yang namanya sambalado tuh enaak banget dan gampang dipadukan dengan aneka bahan, misalnya ikan, ayam, telur, terong, kentang, teri dan tentu saja jerohan. Bikinnya gampang dan cepat, tinggal ulek-ulek sebentar, tumis dan campur dengan bahan, jadi deh menu sambalado yang menggugah selera. Karena aku pakai paru, jadi harus direbus dahulu agar empuk. Biar gak kelamaan masaknya, dari semalam aku sudah rebus parunya jadi keesokan pagi tinggal mencampurkan dengan bumbu dan siap jadi menu makan siang.








SAMBALADO PARU

Bahan :
500 gr paru, iris tipis atau potong dadu kecil
---> rebus paru dengan sedikit garam dan merica bubuk hingga lunak, tiriskan.
2 helai daun salam
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
minyak goreng

Bumbu Tumbuk Kasar :
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
15 cabe merah atau cabe keriting
8 cabe rawit atau sesuai selera
2 ruas jahe

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng paru yang sudah direbus hingga berubah warna. Jangan terlalu lama menggorengnya agar tidak kering. Angkat dan tiriskan.
2. Ambil sekitar 100 ml minyak bekas menggoreng paru, gunakan untuk menumis bumbu tumbuk kasar. Masukkan daun salam dan serai, tumis hingga matang dan harum serta berubah warna.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
4. Masukkan paru goreng, aduk rata dan nyalakan api kembali. Masak sebentar sambil diaduk perlahan agar bumbu meresap dan bumbu tercampur rata.
5. Angkat dan siap disajikan.

Notes :
- Bisa ditambahkan sedikit kecap manis untuk menambah cita rasa 
- Gunakan minyak yang agak banyak untuk menumis bumbu tumbuk kasar agar rasa sambalado lebih nikmat. Tumis hingga benar-benar matang agar rasanya tidak langu.




Dinikmati dengan nasi hangat, dilengkapi dengan rebusan daun singkong...Alhamdulillah nikmat sekali. Kalau mau dipadukan dengan sayur asem atau bening bayam juga enak kok.
Monggo dicoba...semoga sesuai dengan selera keluarga.

Happy cooking ^^

Monday, October 20, 2014

SNICKERS BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Halo...apa kabar? Belakangan ini mulai terasa lagi kelabakan membagi waktu  diantara berbagai kesibukan. Seringnya sampai rumah sudah malam, menjelang Isya, badan rasanya sudah capek dan biasanya langsung tidur. Padahal biasanya malam hari aku sering baking, yang gampang-gampang aja asal bisa dinikmati untuk sarapan keesokan harinya, tapi kalau sekarang ini rasanya belum sanggup. Acara masak memasak juga yang gampang-gampang aja, misalnya sup, sayur asem atau aneka tumis. Lauknya juga yang praktis-praktis aja, bahkan seringnya bikin ungkep ayam atau bacem ayam-tahu-tempe. Bikin sekaligus banyak dan simpan beku, jadi kalau kepepet bisa langsung dikeluarin stok lauknya. Membagi waktu memang jadi hal yang tidak mudah bagiku, but let it flow aja...jalani, in shaa Allah berkah. Aamiin.
Yeaaay...kepanjangan curhatnya hihihihi.

Kembali ke acara di dapur, sekarang ini kan bisanya bikin yang praktis-praktis aja kan, anti lama dan ribet tapi tetap disukai keluarga. Salah satunya ya bikin brownies. Yuup...lagi-lagi belum bisa move on dari yang namanya brownies hahaha. Kali ini aku bikin snickers brownies. Tau kan snickers bar yang enaak itu. Dipadukan dengan brownies, pastinya tambah enak. Resep browniesnya silahkan memakai resep favorit keluarga aja. Karena aku suka dengan brownies yang fudge, jadi aku bikin fudge brownies. Kalau suka dengan tekstur brownies yang kering juga enak kok. Silahkan kalau ingin mencoba resep yang ini ^_^

SNICKERS BROWNIES

Bahan :
115 gr butter
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
3 butir telur ukuran besar
150 gr gula pasir halus
100 gr gula palem
130 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/4 sdt garam
3 bungkus (@51 gr) snickers, potong-potong kecil

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 18x18 cm, oles margarin dan alas kertas roti hingga sisi-sisinya. Oles margarin kembali dan sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate. Aduk rata hingga licin dan angkat dari api.
3. Masukkan gula pasir dan gula palem, aduk rata menggunakan hand whisker atau bisa juga pakai mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan telur, aduk hingga rata.
5. Masukkan campuran tepung dan sebagian snickers, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur. Do not overmix yaa.
6. Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Taburi dengan sisa snickers. 
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit di rak atas.
8. Turunkan suhu di 150'C dan pindahkan loyang di rak tengah / bawah. Panggang kembali selama 20-25 menit hingga brownies matang. Setelah matang, tekstur brownies tampak belum set, tapi sudah cukup kokoh. Nanti setelah dingin, brownies akan set teksturnya.
9. Angkat dan dinginkan baru dipotong-potong.

Notes :
Untuk mendapatkan lapisan shinny crust khas brownies, jangan lupa untuk selalu menggunakan gula yang teksturnya halus. Pakai gula pasir biasa it's oke, blender hingga halus sebelum digunakan.
Selain itu, gunakan suhu tinggi di awal pemanggangan dan setelah itu turunkan suhu, agar brownies tidak cepat hangus permukaannya tetapi belum matang bagian dalamnya. 




Sebagai variasi lain, kalau gak ada snickers bisa juga memakai oreo. Gunakan oreo yang dipotong-potong atau oreo mini dalam adonan dan juga sebagai topping. Atau bisa juga menggunakan topping coklat lain yang jadi favorit keluarga. Tuh kaan...brownies memang mudah untuk dimodifikasi.



Ini dia penampakan tekstur browniesnya. Lembab dan nyoklat tetapi crunchy di bagian luarnya.

Selamat mencoba...Happy Baking..


Saturday, October 18, 2014

KRENGSENGAN DAGING SAPI



Bismillahirrohmanirrohim
Masih postingan tentang olahan daging ya, kali ini aku membuat krengsengan. Krengsengan adalah salah satu masakan yang berasal dari Jawa Timur. Biasanya krengsengan dibuat dari daging kambing, namun sekarang ini banyak juga dijumpai krengsengan yang menggunakan daging sapi. Selain itu krengsengan bisa juga berbahan jerohan atau bahkan iga. Krengsengan ini paling enak kalau dimasak super pedas, jadi dinikmati dengan nasi hangat aja wuiih...mantap banget. Tapi seperti biasa, aku gak bisa masak dengan pedas yang heboh karena anak-anak juga ikut makan. 

Krengsengan ini biasanya memakai petis udang sebagai salah satu bumbunya, tapi kalau kurang suka petis atau tidak punya petis, gak pakai juga gak apa-apa. Mamaku kalau memasak krengsengan ini lebih suka tanpa petis dan hasilnya tetap enak-enak aja kok. Aku lebih suka memasak krengsengan dengan bumbu melimpah, jadi gak heran kalau penampilan krengsengan buatanku ini tertutup oleh bumbu hehehe. Bagiku bumbunya enak banget lho. Untuk membuat krengsengan yang memakai 500 gr daging sapi, aku bisa membuat bumbu 2x lipat dari resep yang kuposting di bawah ini. Jadi silahkan disesuaikan aja dengan selera ya. Resep berikut ala-ala aku aja, ada juga resep yang memakai tomat dan bumbunya dibuat lebih sedikit dan kuahnya encer.







KRENGSENGAN DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging sapi, potong dadu
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
1 serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
7 sdm kecap manis
1/2 sdm petis udang
air secukupnya
garam, gula pasir, merica bubuk secukupnya

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri bakar
2 cm jahe
5 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Sambil diaduk-aduk yaa, biar tidak gosong.
2. Masukkan potongan daging sapi, aduk rata hingga mulai berubah warna. 
3. Masukkan kecap manis, petis udang, garam, gula pasir dan merica. Aduk rata dan tambahkan air.
4. Masak hingga air menyusut dan daging empuk. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Notes :
Daging bisa diempukkan dengan cara mencampurkan dengan parutan nanas. Caranya adalah daging dipotong-potong tanpa dicuci terlebih dahulu kemudian masukkan parutan nanas secukupnya dan aduk hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit dan cuci bersih daging sebelum dimasak.

Krengsengan buatanku yang ini mirip rendang?? Harap maklum....kan emang bumbunya sengaja dibuat banyak, 2x lipat dari resep di atas hehehe.

Selamat mencoba... Happy cooking

Wednesday, October 15, 2014

IGA BAKAR MADU





Bismillah....
Setelah Idul Qurban kemarin, aku punya stok iga yang lumayan banyak di rumah. Iga tersebut diolah menjadi beberapa macam masakan, antara lain iga bakar madu, iga kuah pedas dan iga bakar penyet. Untuk iga kuah pedas, resepnya dulu sudah pernah kuposting disini. Sekarang aku posting yang iga bakar madu dulu ya.

Iga bakar madu ini salah satu favorit anak-anakku. Daging di sela-sela iganya empuk dan cita rasanya cenderung manis dengan sedikit rasa pedas yang masih bisa ditolerir oleh mereka. Kalau favoritku dan suami tentu saja iga masak pedas atau iga bakar penyet yang mantap pedasnya hehehe. Iga bakar madu ini cukup sederhana bumbu-bumbunya, gak usah pakai uleg menguleg karena tinggal memasukkan berbagai saus dan madu untuk menambah cita rasanya. Pelengkapnya juga ala-ala western gitu deh, french fries, wortel dan buncis kukus atau juga salad. Ternyata aku gak punya bahan pelengkapnya lho huhuhu....wortel dan buncis aja cuma seuprit, jadi harap maklum kalau pelengkapnya terkesan maksa ya hehehe. 




IGA BAKAR MADU

Bahan :
750 gr iga sapi
1 butir bawang bombay, cincang atau potong memanjang
3 siung bawang putih, haluskan
2 ruas jahe, haluskan
4 sdm saus cabe
4 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
4 sdm madu
1 sdt lada hitam
garam dan gula pasir secukupnya
250 ml air (atau secukupnya)
3 sdm margarin untuk menumis

Pelengkap (optional) :
wijen sangrai untuk taburan
kentang goreng
wortel dan buncis rebus.

Cara Membuat :
1. Masak atau presto iga sapi dengan sedikit garam hingga empuk.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum.
3. Masukkan saus cabe, saus tomat dan saus tiram. Tuang air.
4. Bumbui dengan garam, gula pasir, madu dan lada hitam. Masukkan iga sapi dan masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Angkat.
5. Bakar iga sapi di atas grill atau bisa juga menggunakan oven sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu.
6. Angkat dan sajikan hangat dengan pelengkap.





Selamat mencoba ^_^

BLACK FOREST FOR PAK LUCKY



Salah satu orderan beberapa hari yang lalu adalah dari salah satu customer setia Dapur Nays, yaitu Jeng Ernik. Alhamdulillah...tiap tahun selalu memesan BDCK untuk anggota keluarga beliau. Kali ini yang berulang tahun adalah suaminya, yaitu Pak Lucky yang kebetulan juga adalah teman lamaku, sejak SD euy hehehe. Seperti tahun-tahun yang lalu, kali ini juga memesan black forest. 

Black forest untuk Pak Lucky ini sedikit keluar dari pakem classic black forest ala Dapur Nays yang biasanya selalu memakai coklat serut. Sebagai variasi kali ini toppingnya adalah coklat bubuk. Seharusnya yang namanya black forest selalu memakai red cherry sebagai hiasannya, tapi ternyata kemarin lagi kehabisan stok daaan....setelah keliling TBK tetep gak dapat red cherry huhuhu. Untungnya temanya bukan classic black forest ya, jadi masih bisa dimaafkan karena memakai strawberry dan cherry hijau. Menghibur diri nih maksudnya heheheh.

Spongecake coklat lembut dengan filling whipcream dan vla dark cherry, menggunakan patahan pagar coklat dan dihias minimalis saja. Semoga berkenan dengan cakenya ya, terima kasih untuk repeat ordernya di Dapur Nays.
Happy Milad pak Lucky...Barakallah.





Thursday, October 9, 2014

PUDING MARMER ROTI TAWAR



Bismillahirrohmanirrohim
Kebetulan di rumah masih ada sisa roti tawar. Namanya juga sisa, jadi jumlahnya memang cuma 3 lembar. Biasanya kalau sisanya masih lumayan banyak, aku olah lagi menjadi bread pudding atau roti goreng isi. Karena ini sisanya cuma 3 lembar, males banget ya kalau mau bikin bread pudding atau roti goreng isi. Pengennya sih gak usah nyalain oven, gak usah nangkringin kukusan di kompor, gak usah ngeluarin wajan, tapi tau-tau udah jadi aja olahan roti tawarnya. Kalau ini sih karna pemalas kayanya huhuhu.

Karena pengennya yang praktis dan anti ribet, akhirnya aku bikin puding marmer roti tawar. Gampang banget, tinggal aduk-aduk seperti membuat puding biasa, dinginkan dan puding siap dinikmati. Terinspirasi oleh postingan Mbak Citra - Ummu Fatima, matur nuwun ya Umm. Resepnya kusesuaikan dengan bahan yang ada dan selera keluarga. 




PUDING MARMER ROTI TAWAR

Bahan :
1 bungkus agar-agar (7 gr), plain
3 lembar roti tawar, potong-potong
300 ml susu cair
400 ml air
130 gr gula pasir (atau sesuai selera)
1 sdt vanilla
1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas hingga membentuk pasta
(bisa juga pakai pasta coklat)

Cara Membuat :
1. Blender potongan roti tawar bersama susu dan air hingga lembut, kemudian tuang ke dalam panci.
2. Tambahkan agar-agar bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata.
3. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Adonan akan mengental.
4. Matikan api, biarkan uap panasnya hilang dan beri vanilla. Aduk rata.
5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri larutan coklat. Aduk rata.
6. Tuang 1/2 adonan putih ke cetakan yang sudah dibasahi air matang, beri 1/2 adonan coklat dan buat motif marmer dengan menggunakan sumpit. Tuang kembali sisa adonan putih dan beri sisa adonan coklat. Buat motif marmer kembali.
7. Diamkan puding hingga mengeras kemudian dinginkan di dalam lemari es. 






Nah... kemarin itu aku salah tuang, jadi adonan malah kutuang duluan hehehe. Gara-gara ngantuk nih, karena bikin pudingnya memang malem-malem. Jadi harap maklum kalau penampilannya jadi berantakan gini. 
Pudingnya lembut, mirip dengan puding kentang. Alhamdulillah anak-anak juga suka, jadilah puding ini cepat ludesnya. Recomended untuk dicoba...