Sunday, June 28, 2015

BEEF ALA TERIYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Simpel menu lagi yuuuk, bikin yang gampang aja untuk sajian sahur atau berbuka puasa. Eh ya saya belum sempat bikin cookies nih, padahal udah punya list mau bikin apa aja. Nulis list doank ya, tapi entah kapan bikinnya hahaha. In shaa Allah minggu depan lah mulai nge-cookies, bikin dikit-dikit aja untuk keluarga karena Dapur Nays masih off entah sampai kapan.

Beef ala teriyaki ini gampang banget bikinnya. Selain menggunakan daging sapi, enak juga kalau menggunakan ayam. Biasanya kalau untuk menu berbuka, daging sapinya saya marinate setelah sholat Ashar, jadi ketika dimasak sekitar jam 5 an, bumbunya sudah meresap. Kalau untuk menu sahur, saya marinate sebelum tidur hehehe. Untuk membuat beef ala teriyaki ini gunakan daging has dalam sehingga mudah empuk. Harusnya sih ya kalau beef teriyaki ala resto waralaba terkenal itu memakai salad sebagai pelengkapnya, tapi kali ini saya gak bikin. Kenapa gak bikin? Karena sayurnya udah dicemplungin semua untuk cap cay hihihi. Gak nyambung ya, beef ala teriyaki kok sama cap cay. Gak apa deh ya disambung-sambungin ajaaa >.<




BEEF ALA TERIYAKI

Bahan :
250 gr daging has dalam, diiris tipis melawan serat
2 sdm kecap manis
1 sdt saus tiram
1 bawang bombay, iris tipis memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang
4 sdm saus teriyaki
1 sdt garam
1/2 sdt lada hitam butiran, tumbuk kasar
200 ml air
2 sdm minyak untuk menumis
wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat :
1. Pukul-pukul perlahan daging dengan memakai pemukul daging kemudian campurkan dengan kecap manis dan saus tiram. Aduk rata dan diamkan di dalam kulkas selama 1 jam.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan daging, aduk rata hingga berubah warna.
4. Masukkan saus teriyaki, garam dan lada hitam. Aduk hingga rata.
5. Tuang air dan masak hingga daging empuk.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen sangrai.




Gampang kan bikinnya. Alhamdulillah keluarga selalu suka dengan menu simpel ini.

Happy Cooking....semoga bermanfaat yaa

Friday, June 26, 2015

NASI TIM AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Halo....masih lancar kan puasanya? In shaa Allah lancar ya dan semoga diberi kesehatan hingga nanti. Aamiin. Ada yang suka menikmati nasi tim ayam tapi males bikinnya? Nah...kalau itu mah saya banget hehehe. Pengennya tinggal makan aja karena yang terpikir kalau bikin nasi tim itu kan pasti ribet, ada banyak tahapannya. Mulai dari membuat kuah, membuat tumisan ayamnya, mengaron nasi dan mengukus nasinya. Tapi...ternyata membuat nasi tim tidak seribet yang dibayangkan kok. Memang butuh waktu lama untuk membuatnya, tapi kan bisa disambi memasak yang lain tuh. Yang paling lama memang membuat kuah kaldu karena untuk mendapatkan kuah kaldu yang bening, harus dimasak dengan api kecil dan waktunya memang cukup lama. Saat membuat kuah kaldu, kita bisa membuat tumisan ayam atau bikin takjil kaan hihihi. Saat kuah kaldu sudah siap, kita bisa mulai mengaron nasi dan membuat kuah untuk nasi tim. Setelah itu tinggal menata di mangkok dan dikukus. Bisa ditinggal bikin yang lainnya juga kan, tau-tau matang aja  euy. 

Karena prosesnya yang lumayan lama, memang enaknya kalau bikin nasi tim ayam ini sekalian banyak. Tapi silahkan disesuaikan aja dengan kebutuhan. Takaran kuah kaldu pada saat mengaron nasi disesuaikan dengan beras yang kita pakai ya. Menurut saya takaran yang saya pakai ini sudah pas dan hasilnya cukup lembut tapi tidak terlalu lembek. Nanti saat memasak, kita masukkan sedikit demi sedikit saja kuah kaldunya dan ditambahkan sesuai kebutuhan.




NASI TIM AYAM JAMUR

Bahan Kaldu :
3 liter air
tulang ayam
2 batang daun seledri, simpulkan

Cara Membuat Kaldu :
1. Didihkan 500 ml air bersama tulang-tulang ayam dengan api kecil. Masak selama kurang lebih 10 menit dan buang semua airnya. 
2. Tambahkan sisa air ke dalam panci yang berisi tulang, didihkan dengan api sedang.
3. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak hingga 1 jam. Masukkan daun seledri.

Bahan Nasi :
600 gr beras
1300 ml kaldu atau disesuaikan kondisi dan takaran beras
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
1 sdm kecap ikan
2 sdt minyak wijen
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Nasi :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Angkat.
2. Masak beras bersama air kaldu, tambahkan tumisan bawang putih dan jahe, garam, kecap ikan dan minyak wijen.
3. Aduk-aduk hingga ke dasar panci hingga air menyusut dan nasi matang.
4. Siap digunakan.

Bahan Tumisan Ayam Jamur :
300 gr fillet ayam, potong dadu
150 gr jamur kancing, iris tipis
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap ikan
2 sdm saus tiram
garam dan merica bubuk secukupnya
1 sdm minyak wijen
200 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumisan Ayam Jamur :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih  hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Masukkan jamur, kecap manis, kecap ikan dan saus tiram. Aduk hingga rata.
3. Masukkan air, bumbui dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tutup wajan dan biarkan meresap.
4. Test rasa hingga sesuai selera dan masukkan minyak wijen. Aduk rata dan matikan api.
5. Siap digunakan.

Bahan Kuah Nasi Tim :
3 siung bawang putih
700 ml kaldu
2 batang daun bawang, iris-iris
garam dan merica bubuk secukupnya.
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Tiriskan.
2. Didihkan kaldu, masukkan tumisan bawang putih dan bumbui garam dan merica bubuk hingga sesuai selera.
3. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Siap digunakan.

Assembly :
1. Siapkan kukusan hingga airnya mendidih dan siapkan mangkok.
2. Tata tumisan ayam jamur beserta kuahnya di dasar mangkok kemudian letakkan nasi di atasnya sambil dipadatkan.
3. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
4. Siapkan piring saji, balikkan nasi tim dan sajikan dengan kuahnya.







Alhamdulillah...rasanya sesuai yaa dengan keribetan selama di dapur hihihi. Dicobain yuuk buat nasi tim ayam jamur sendiri di rumah. In shaa Allah lebih nikmat kok.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

TUMIS AYAM JAMUR LADA HITAM




Bismillahirrohmanirrohim

Quick post dulu ya...
Yang praktis dan cepat untuk sahur dan berbuka puasa salah satunya adalah menu tumisan. Pasti pada bisa donk ya kalau soal urusan tumis menumis hehehe. Saya mah kalau udah kepepet waktu, ya tinggal lihat stok bahan di kulkas dan tumis deh. Tinggal dicocok-cocokin aja antara bahan dan bumbunya ya. Seperti kali ini, saya lagi gak ada stok sayur karena udah dimasak, yang ada tinggal fillet ayam, jamur dan bakso. Dicampur aduk aja deh ketiga bahan tersebut jadi tumisan dan saya memakai lada hitam untuk bumbunya. Sreng...sreng sebentar di dapur, tumisan siap disantap untuk menu sahur atau pelengkap lauk saat berbuka puasa. 

Untuk variasi lainnya, bisa memakai udang, cumi, paprika atau bahkan dicampur sayuran. Jadi tinggal liat stok isi kulkas aja yaa hehehe.






TUMIS AYAM JAMUR LADA HITAM

Bahan :
250 gr fillet ayam, potong dadu
10 jamur champignon, iris
10 butir bakso sapi, iris tipis
1 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
2 buah cabe merah, buang bijinya dan iris tipis
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap ikan
1 sdt lada hitam
1 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris 
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan fillet ayam, masak hingga berubah warna kemudian masukkan irisan cabe, jamur dan bakso. Aduk hingga rata.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap ikan, lada hitam, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata dan test rasa.
4. Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Aduk rata.
5. Angkat dan siap disajikan.

Happy cooking ^^

Tuesday, June 23, 2015

APPLE TURNOVERS



Bismillahirrohmanirrohim

Ini salah satu takjil berbuka puasa untuk keluarga saya hari ini. Iyuup...apple turnovers alias pastry isi apel. Suami saya sangat suka dengan cemilan yang memakai apel, salah satunya adalah apple turnovers ini, apple pie dan tentu saja kripik apel hihihi. Kalau kripik apel mah saya belum pernah bikin. Kebetulan saya masih punya stok korsvet hadiah dari NCC beberapa waktu yang lalu. Harus segera diberdayakan donk, sebelum gak bisa kepakai. Akhirnya niat banget meluangkan waktu untuk gilas dan lipat membuat puff pastry. Selain untuk membuat apple turnovers, saya juga pingin bikin zuppa soup. Jadi sekalian lah bikin puff pastrynya.

Selain menggunakan puff pastry, ada pula yang membuat apple turnovers ini menggunakan shortcrust pastry atau kulit pie. Bentuknya juga beragam, misalnya memanjang, dibentuk seperti kipas atau segitiga seperti yang saya buat ini. Sungguh...godaan banget deh baking apple turnovers ini di siang hari. Aromanya kemana-mana euuuy. Perpaduan harum apel, kayumanis dan gula palem...bikin suami dan anak-anak penasaran, sebenarnya bunda bikin apa sih. Karena disambi masak buat buka puasa, jadilah apple turnovers buatan ini eksotis (baca : rada gosong) hihihi. Gak apa-apa deeh, yang penting enak ^^

Untuk resep puff pastry saya masih tetap menggunakan resep dari Bu Sisca. Kalau lagi males lipat dan gilas, monggo bisa beli puff pastry siap pakai di supermarket ya. 







APPLE TURNOVERS

Bahan Puff Pastry :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
200 gr air es
50 gr margarin
200 gr korsvet

Bahan Isian :
6 buah aple, kupas dan potong dadu kecil (saya pakai apel manalagi)
75-100 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt munjung kayu manis bubuk
1/4 sdt garam
1 sdm air lemon / air jeruk nipis
2 sdm maizena
3 sdm margarin / butter

Olesan :
1 kuning telur

Cara Membuat Puff Pastry :
1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air es, aduk rata. Tambahkan margarin dan uleni hingga 1/2 kalis.
2. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap kemudian istirahatkan selama 15-20 menit.
3. Keluarkan adonan, gilas hingga setebal kurleb 1 cm dan membentuk segi empat.
4. Pipihkan korsvet, kemudian letakkan di tengah adonan. Lipat adonan ke arah tengah hingga korsvet tertutup sempurna (jangan sampai bocor ya). 
5. Bungkus plastik wrap dan simpan di dalam pendingin selama kurang lebih 10 menit.
6. Keluarkan adonan, giling menjadi bentuk persegi panjang. Lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah adonan, kemudian lipat lagi menjadi ke salah satu sisi (lipatan ganda). Simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit.
7. Keluarkan adonan, giling kembali dan ulangi lipatan seperti di atas dan simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.
8. Keluarkan adonan, pipihkan adonan dan lipat menjadi lipatan 2, simpan di kulkas selama 20 menit.
9. Keluarkan adonan kemudian gilas tipis dan siap dibentuk sesuai selera.

Cara Membuat Isian Apel :
1. Campur potongan apel dengan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk, garam dan air jeruk nipis / lemon. Aduk hingga rata kemudian simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam hingga keluar juice-nya.
2. Keluarkan dari kulkas, taburi maizena. Aduk hingga rata.
3. Masak dengan api sedang hingga apel lunak kemudian masukkan margarin. Aduk rata hingga leleh dan matikan api.
4. Dinginkan dan siap digunakan.

Assembly :
1. Panaskan oven 200'C, siapkan loyang, olesi margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Potong puff pastry dengan ukuran 10 x10 cm. Saya membuat 8 lembar.
3. Ambil selembar puff pastry, beri isian di tengahnya, lipat bentuk segitiga. Tekan tepinya menggunakan garpu hingga merekat kemudian olesi kuning telur.
4. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan siap disajikan.

Alhamdulillah....nikmat sekali. Gurihnya puff pastry nan renyah dipadukan manisnya filling apel. Lunas sudah salah 1 janji ke pak suami hihihi. Next project masih menunggu ^^
Oh yaa...mohon maaf ya untuk komen yang belum saya balas, hiiiks banyak banget. In shaa Allah secepatnya akan saya reply satu per satu. 

Selamat menunaikan ibadah puasa, In shaa Allah berkah segala ibadahnya. Aamiin Ya Rabb

MEMBUAT KROKET KENTANG ANTI PECAH / MELETUS



Bismillahirrohmanirrohim

Kroket kentang ini sebenarnya sudah lama bikinnya, sejak sebelum puasa euy. Harap maklum ya kalau baru diposting sekarang. Ada beberapa teman yang menanyakan kepada saya, mengapa kalau membuat kroket kentang sering pecah atau meletus. Percayalaaah saya dulu juga sering mengalami itu hihihi. Dulu sih saya asal aja bikinnya, kentang juga gak pakai pilih-pilih, trus setelah dikukus dan dihaluskan langsung dibentuk. Hasilnya....kroket susah dibentuk karena lengket dan ketika digoreng, pecah dengan suksesnya. Kalau kroket sudah lengket dan susah dibentuk, saya tambahkan terigu lagi dan lagi huhuhu. Makanya dulu saya lebih seneng bikin bitterbalen dibanding bikin kroket, karena selain lebih praktis, bitterbalen lebih aman anti pecah / meletus. 

Nah...sejak membaca tips membuat kroket kentang dari teh Ricke, barulah kroket buatan saya aman, anti meletus atau pecah. Jadilah saya sering bikin kroket, karena memang ini salah satu gorengan favorit. Gorengan lagiii ya...kayanya semua gorengan tuh favorit deh buat saya >.<

Kunci dari pembuatan kroket adalah pemilihan kentang yang tua, karena kentang yang masih muda cenderung lembek setelah dikukus. Untuk hasil yang lebih oke memang disarankan memakai kentang test impor atau kentang untuk fried fries, tapi kalau saya mah seringnya pakai kentang lokal biasa. Untuk mengurangi kadar air dalam kentang, setelah kentang dikukus, maka kentang digoreng dulu sebentar untuk mengurangi kadar air dalam kentang. Apabila kadar air dalam kentang tidak dikurangi maka teksturnya akan lembek sehingga sulit untuk dibentuk. Kentang yang kadar airnya terlalu banyak juga akan menyebabkan kroket ini pecah atau meletus ketika digoreng. Nah...ketauan banget kan dimana salah saya dulu waktu membuat kroket hehehe. Untuk membuat kroket yang cantik, diperlukan minyak yang banyak dalam proses penggorengan (deep frying). Agar remahan-remahan panir tidak mengotori kroket yang akan digoreng, maka kita harus sering-sering menyaring minyaknya ya. Atau kalau saya seringnya memakai 2 buah wajan. Setelah wajan pertama digunakan untuk menggoreng kroket, pindahkan minyak ke wajan kedua, buang kotoran panir yang di wajan pertama. Begitu seterusnya bergantian antara 2 wajan tersebut.

Untuk isian kroket bisa disesuaikan dengan selera aja. Saya pernah membuat kroket mozarella yang cuma diisi keju. Kroket biasanya diisi dengan ragout, ada juga yang memakai oncom, tuna dan lain-lain. Saya paling suka kroket yang diisi dengan tumisan wortel dan ayam. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga.





KROKET KENTANG 

Bahan :
500 gr kentang
3 sdm susu bubuk
1 kuning telur
1,5 sdt garam 
1/2 sdt merica bubuk 
minyak goreng

Bahan Pelapis :
telur, kocok lepas (saya pakai stok putih telur)
tepung panir

Cara Membuat :
1. Kupas kentang, cuci bersih dan potong-potong. Kukus kentang hingga matangn kemudian goreng sebentar untuk mengurangi kadar air dalam kentang. Angkat dan tiriskan kemudian haluskan saat masih panas.
2. Setelah dingin, masukkan susu bubuk, kuning telur, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata.
3. Ambil adonan, pipihkan dan beri isian. Bentuk bulat lonjong.
4. Gulingkan kroket ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung panir. Lakukan hingga habis.
5. Simpan dalam lemari es kurang lebih 1 jam agar panir menempel.
6. Panaskan minyak goreng, goreng kroket hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Untuk isian ayam dan wortelnya, seperti bikin tumisan aja ya. Cukup memakai bawang putih dengan bumbu garam, merica bubuk, gula pasir dan saus tiram bila suka. Pasti pada bisa donk ya. Kalau ingin memakai isian ragout, resepnya bisa dilihat disini ya.




Selamat mencoba....semoga bermanfaat ya ^^

Saturday, June 20, 2015

KWETIAU SIRAM



Bismillahirrohmanirrohim

Kwetiau adalah sejenis mie yang berwarna putih dan terbut dari beras. Kwetiau sangat populer di kalangan etnis Tionghoa khususnya etnis Hokkian dan Tio Ciu. Biasanya kwetiau diolah menjadi kwetiau goreng ataupun yang berkuah dengan menggunakan bakso ikan, sosis babi, telur bebek, daging sapi dan tentu saja ayam. Seiring dengan berkembangnya waktu, kini banyak dijumpai olahan kwetiau yang halal dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Pertama kali tau kwetiau, saat saya masih jadi anak kost di Tembalang - Semarang. Inget aja kalau dulu suka banget beli kwetiau di salah satu warung kaki 5 yang terletak di bawah jembatan tol hihihi. Biasanya beli bareng temen-temen kost dan saling ngicipin menu satu sama lain. Bikin kangeeen sama jaman saat muda dulu yaa cieee. Nah...kali ini saya mengolah kwetiauw untuk menu sahur dan berbuka. Lhoo...kok sahur dan buka pakai kwetiauw? Pertama bikin kwetiau untuk pak suami saat sahur dan waktu itu kakak Naira sahur pakai nasi tim. Ketika berbuka dia minta buatin juga kwetiau seperti punya ayahnya, jadi bikin kwetiau lagi laah hihihi. Bikinnya gampang dan cepat, ini juga dibikin mendadak sesaat sebelum adzan maghrib. Jadi harap maklum kalau fotonya burem-burem gimanaaa gitu ya. Fotoinnya juga kilat aja lah, keburu maghrib. Sebenarnya ini adalah kwetiauw siram, tapi kok kuahnya gak keliatan ya. Setelah selesai foto baru nyadar kalau nuang kuahnya kurang banyak, jadi gak keliatan hahahah.

Bahannya saya sesuaikan aja dengan yang ada di kulkas. Kebetulan cuma punya ayam, bakso dan udang. Cemplungin semua ke dalam kuah kwetiau. Kalau mau lebih komplet bisa ditambahkan cumi atau bahkan membuat kwetiau siram daging sapi. Yummyyy


KWETIAU SIRAM

Bahan :
100 gr kwetiau kering
3 siung bawang putih, memarkan
1/2 bawang bombay, iris memanjang
100 gr fillet ayam, potong dadu kecil
50 gr udang
5 bakso sapi, iris tipis
1 ikat sawi, potong-potong
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
1-2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt minyak wijen
300 ml air kaldu (boleh pakai air biasa)
1 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air (boleh pakai terigu atau maizena)
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Seduh kwetiau dengan air mendidih selama kurang lebih 10 menit hingga lunak, tiriskan kemudian siram dengan air dingin. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan ayam dan udang, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan bakso, sawi, saus tiram, kecap ikan, kecap manis. Aduk hingga rata.
4. Tuang air kaldu, kemudian bumbui garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
5. Masukkan larutan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Test rasa hingga sesuai selera.
6. Menjelang diangkat, masukkan minyak wijen dan irisan daun bawang. Aduk rata dan matikan api.
7. Siramkan kuah dan isiannya di atas kwetiau yang sudah ditata di piring saji. Sajikan hangat.





Bisa jadi salah satu menu praktis untuk sahur dan berbuka. Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ya, in shaa Allah berkah segala ibadahnya.

Happy cooking, semoga bermanfaat ^^

Friday, June 19, 2015

EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Ramadhan Kareem....Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan suci yang penuh maghfiroh. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan dapat beribadah dengan sebaik-baiknya ya...Aamiin ya Rabb.

In shaa Allah nanti saya akan posting beberapa menu praktis untuk sahur dan berbuka puasa, semoga dapat menjadi inspirasi ya. Tapii...sebenarnya saya masak praktis gak cuma saat sahur dan berbuka puasa aja sih, kayanya emang seringnya gitu kok heheheh. Kali ini saya posting cake dulu ya. Eggless cake ini juga cukup mudah proses pembuatannya, tinggal aduk-aduk aja, udah jadi kok, tanpa lama dan ribet. Bahan-bahannya juga cukup mudah. Resepnya saya contek dari blog Mbak Hesty, konon beliau mendapatkan resepnya dari blogger Malaysia. Terima kasih ya mbak Hesty.

Aslinya eggless cake ini memakai siraman ganache di atasnya sebagai variasi, Mbak Hesty juga memakai taburan pistachio sebagai topping. Karena saya lagi males bikin ganache, jadi saya pakai saus coklat aja dan memakai taburan almond. Enak juga kok. Sayangnya cake saya rada-rada overbaked nih, tuuh keliatan retak-retak yaa. Waktu memanggang cake ini saya tinggal mandi dan ternyata suhu oven saya naik...haduuuh. Untung aja gak sampai gosong dan rasanya tetep enak, hanya penampilannya aja yang jadi gak cantik. 







EGGLESS CHOCOLATE MINI BUNDT CAKE

Bahan :
1 1/4 cup tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 cup coklat bubuk
2 sdm susu bubuk full cream
1 1/4 cup air es
1 cup gula palem
2 sdm kopi instant 3 in 1 (saya pakai good day)
1/2 sdt garam
1/2 sdt pasta moka atau pasta coklat
1/2 cup minyak sayur atau mentega cair

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 160-170' C. Siapkan loyang, oles margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk. Tambahkan gula palem, kopi instan dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan berturut-turut air es, minyak dan pasta. Aduk menggunakan whisk asal rata saja, jangan overmix ya.
4. Tuang ke dalam loyang kemudian panggang selama kurang lebih 25-30 menit. Tergantung pada ukuran loyang dipakai dan oven masing-masing ya.
5. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan baru diberi topping sesuai selera.

Walaupun tanpa telur, cake ini lembut, moist dan anti sertet. Recomended untuk dicoba deh. Kalau tidak suka dengan kopi, bisa diskip ya. Walau memakai kopi, tapi aroma kopinya tidak terlalu kuat kok, mungkin juga karena pemakaian colat bubuk yang cukup banyak, jadi yang menonjol adalah aroma coklatnya. Enaak

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^