Recent Posts

GADO-GADO



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Hayoo siapa yang suka gado-gado? Kalau ada yang tanya gitu langsung deh saya jawab..yuup saya penggemar gado-gado. Setiap kali lewat penjual gado-gado saya pasti kemecer deh liat deretan sayuran yang dipajang itu. Keliatannya segeer banget ya. Gado-gado adalah salah satu salad Indonesia yang banyak penggemarnya. Dengan menikmati sepiring gado-gado, kita bisa mendapatkan gizi yang cukup lengkap. Karbohidrat bisa kita dapatkan dari lontong / ketupat, sedangkan protein dari telur, tahu dan tempe. Serat dan vitamin bisa kita dapatkan dari aneka sayuran dan buah. Eeeh ada lagi bonusnya tuh, yaitu kriuk-kriuk dari emping dan krupuknya hihihi.

Bumbu gado-gado berbahan dasar kacang dan santan. Ada banyak versi bumbu yang digunakan, ada yang memakai bawang putih dan bawang merah, ada yang memakai kencur, daun jeruk bahkan terasi. Sebagai pecinta gado-gado saya mah sukaaa semua, tapi kalau bikin bumbu gado-gado sendiri saya memakai bumbu yang minimalis aja, yaitu bawang putih, gula merah dan sedikit kencur, jadi tanpa daun jeruk dan terasi. Monggo aja kalau mau pakai bahan lainnya yaa.







GADO-GADO

Bahan (sesuaikan dengan kebutuhan ya) :
Lontong / ketupat
Tahu dan tempe goreng
Timun
Tomat
Tauge / kecambah, seduh air panas
Kacang panjang, seduh air panas
Kol, pisahkan per lembar, seduh air panas
Selada
Telur rebus

Pelengkap :
Krupuk
Emping
Sambal
Bawang goreng

Bahan Bumbu Gado-gado :
200 gr kacang tanah, goreng
5 siung bawang putih, goreng sebentar
2 cm kencur
50 gr gula merah
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
600 ml santan

Cara Membuat Bumbu :
1. Haluskan kacang tah, bawang putih, kencur dan gula merah.
2. Siapkan panci, letakkan bumbu yang sudah dihaluskan di dalamnya, nyalakan api dan tuang santan.
3. Tambahkan gula dan garam, masak sambil sesekali di aduk hingga bumbu halus dan mendidih. Jangan lupa test rasa ya.
4. Matikan api dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Iris-iris bahan gado-gado, letakkan di atas piring saji.
2. Tuang bumbu dan sajikan dengan pelengkap




Yuuk ah sesekali bikin gado-gado sendiri di rumah. Lebih puas kan maemnya ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat

MY MOOD BOOSTER...MAKAN MIE AYAM ^^



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Halo...gimana nih udah tambah semangat kan menjalankan aktivitas setelah libur panjang. Dapur pun pasti udah mulai ngebul lagi ya hihihi. Dapur rumah saya masih belum ngebul nih karena untuk sementara masih nemenin Mama dulu, jadi ya belum bisa baking. Masaknya juga yang masih gampang-gampang aja lah, karena masih ribet mondar mandir. Padahal selama ini pun saya juga masak yang simpel mulu yaa hahaha.

Salah satu mood booster bagi saya adalah makanan hangat berkuah. Kalau badan udah terasa capek karena seharian beraktivitas, paling enak tuh sore-sore makan sup hangat, bakso atau bahkan mie kuah. Apalagi di tempat saya sekarang ini hampir setiap sore turun hujan, jadi tambah nikmat aja kan makannya. Kemarin sebenarnya saya pengen bikin mie godhog Jawa, tapi karena liat masih ada stok bakso dan krupuk pangsit, akhirnya ganti haluan deh bikin mie ayam aja. 

Untuk pelengkap mie ayam, saya memakai bakso, sawi, krupuk pangsit dan sambal rawit aja. Kalau mau lebih lengkap bisa juga pakai acar, tapi kemarin saya gak bikin. Boleh juga pakai saus sambal favorit, tetap enaak lah. Kalau mau bikin mie ayam jamur, tinggal tambahkan jamur aja di tumisan ayamnya ya. Resep mie ayam udah sering banget saya posting ya, tapi gak apa-apa deh saya tuliskan lagi. Moga-moga gak bosen yaa.






MIE AYAM 

Bahan :
300 gr mie basah atau mie kering yang direbus hingga matang
1 ikat sawi hijau, potong-potong
Bakso
Krupuk pangsit
Bawang goreng
Saus atau sambal
Acar (gak pakai)
Minyak ayam bawang

Bahan Tumisan Ayam :
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil 
2 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, geprak dan cincang halus
5 sdm kecap manis atau sesuai selera
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat Tumisan Ayam :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tuang kecap manis, saus tiram, garam, merica dan gula.
3. Masak hingga matang dan test rasa hingga sesuai selera. Boleh dimasak hingga kering atau sedikit berkuah ya.
4. Angkat dan sisihkan

Bahan Kuah :
1,5 liter air kaldu (dari air yang direbus bersama tulang ayam dan dimasak dengan api kecil)
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, geprek
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng
2 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Kuah Kaldu:
1. Dalam sebuah panci, panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
2. Masukkan air kaldu, kemudian bumbui dengan garam dan merica bubuk.
3. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan taburi dengan irisan daun bawang.

Bahan Minyak Ayam Bawang :
200 ml minyak sayur
3 siung bawang putih
2 cm jahe
250 gr kulit ayam

Cara Membuat Minyak Ayam Bawang :
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, jahe dan kunyit hingga harum. Masukkan kulit ayam dan masak dengan api kecil hingga keluar minyak dari kulit ayam
2. Tambahkan sisa minyak, masak hingga kulit kering.
3. Angkat, dinginkan dan saring kemudian bisa disimpan di wadah kedap udara.

Penyelesaian :
1. Dalam mangkuk saji, tuang minyak ayam dan beri mie diatasnya. Aduk rata dengan memakai sumpit atau garpu hingga minyak ayam tercampur dengan mie ayam.
2. Seduh sawi hijau dengan kuah panas hingga layu, kemudian letakkan di atas mie.
3. Tambahkan bakso, kerupuk pangsit, bawang goreng dan acar bila suka.
4. Hidangkan dengan kuahnya

Alhamdulillah...nikmat ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat dan sesuai dengan selera keluarga 

LUMPIA SAYUR SEADANYA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Sudah mulai beraktivitas lagi kan, sudah mulai kerja lagi, anak-anak juga sudah mulai masuk sekolah. Bagi saya ini penyesuaian lagi ya, maklum sebulan gak nyiapin sarapan anak-anak kan karena Alhamdulillah anak-anak ikut puasa. Sekarang mulai mikir lagi deh, mau bikin sarapan apa ya untuk besok...hihihi.

Sebenarnya aktivitas dapur saya juga belum normal karena saya masih di rumah Mama selama sekitar seminggu lagi. Itu berarti saya gak bisa baking karena disini gak ada oven, adanya cuma microwave aja. Sebenarnya sudah pengen juga mencoba berbagai resep baru, tapi selama sekitar seminggu ke depan saya masih harus menyelesaikan berbagai kerjaan di luar rumah. Kejar tayang nih ceritanya, karena waktu liburan  mudik kerjaan dipending semua, begitu masuk mulai deeeh harus diselesaikan semua. Semoga semua lancar ya...Aamiin.

Kemarin waktu mudik dan transit di Semarang sudah puas kan makan lumpia, nah sekarang saya mau sharing lumpia abal-abal aja ya hahaha. Memanfaatkan spring roll pastry yang masih ada di kulkas, memanfaatkan juga sayuran yang masih seuprit, jadi lah lumpia abal-abal dengan isian seadanya aja. Biarpun seadanya, tapi Alhamdulillah tetap laris manis.

Untuk isian "apa adanya" ini saya memakai wortel, kentang, telur dan tauge. Sebenarnya saya bikin juga yang versi isian rebung tapi udah gak kefoto deh. Dulu sudah pernah saya posting juga kok yang pakai isian rebung. Di search aja yaa.




LUMPIA SAYUR SEADANYA

Bahan :
20 lembar spring roll pastry / kulit lumpia siap pakai
minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :
3 buah wortel, iris dadu kecil
1 buah kentang, iris dadu kecil
50 gr tauge / kecambah
2 butir telur kocok lepas dan buat orak arik
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 batang daun bawang iris halus
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan wortel, kentang dan tauge.
2. Masak hingga layu dan setengah empuk kemudian masukkan telur orak arik.
3. Bumbui dengan garam, merica, gula pasir dan pala bubuk. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera. Masak hingga empuk.
4. Menjelang diangkat masukkan daun bawang, aduk rata dan matikan api.Biarkan dingin.
5. Ambil selembar spring roll pastry, beri isian dan lipat bentuk amplop sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan putih telur atau dengan memakai terigu yang diberi sedikit air. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Untuk sausnya saya juga bikin versi abal-abal. Semua kok ya versi abal-abal yaaa bund, kapan coba bebikinan yang serius >_<  Untuk  yang mau nyobain, ini dia resepnya

SAUS LUMPIA

Bahan :
200 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
1/2 sdt cuka masak
1/2 sdt gula pasir
1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm bawang putih goreng
5 cabe rawit, iris halus

Cara Membuat :
1. Masak air, cabe rawit dan gula merah hingga mendidih dan gula larut kemudian masukkan garam, cuka masak dan gula pasir. Aduk hingga rata.
2. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Aduk rata dan matikan api.
3. Masukkan bawang putih goreng, siap digunakan.




Semoga bisa menginspirasi yaa...Selamat mencoba ^^

DORI CRISPY SIRAM CABAI



Bismillahirrohmanirrohim

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Shiyamana wa Shiyamikum wa Ahalahullahu 'Alaik
Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faidzin

Happy Eid Mubarak 1437 H



Late post banget karena menu ini saya buat waktu Ramadhan kemarin hehehe. Biasanya kalau fillet ikan atau ayam crispy tuh dipadukan dengan saus ya, bisa saus mayo, saus asam manis, saus keju atau berbagai saus lainnya yang enak-enak tuh. Naah kali ini saya coba sesuatu yang berbeda, yaitu fillet dori yang digoreng crispy dipadukan dengan ulegan cabe. Wadooow gimana rasanya bund? Ternyata enaak lho. Jadi unik gitu rasanya. Saya terinspirasi dengan salah satu menu di franchise fried chicken di tempat saya, yaitu fried chicken dijadikan menu penyet. Kayanya enaak gitu waktu liat fotonya hihihi. Karena penasaran, bikin lah saya dengan memakai fillet dori ini.

Kali ini untuk pelapisnya saya memakai tepung bumbu siap pakai. Tepung bumbu apakah itu, bisa dilihat aja di akun IG saya ya karena saya gak posting merknya di blog. Kalau gak mau pakai tepung bumbu siap pakai, bisa bikin pelapis sendiri kok. Biasanya saya juga bikin sendiri memakai tepung terigu, maizena, baking powder dan garam seperti yang pernah saya posting di resep chicken popcorn. Cobain deh bikin yang crispy-crispy gini dipadukan dengan cabai uleg, bisa memakai ayam, ikan, cumi atau bahkan udang.







DORI CRISPY SIRAM CABAI

Bahan :
250 gr fillet dori, potong dadu
1 jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt garam
1 bungkus tepung bumbu siap pakai
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup :
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, haluskan
Air dingin secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur potongan fillet dori dengan air jeruk nipis dan garam, aduk rata dan diamkan 10 menit.
2. Campur semua bahan kering untuk pencelup dan aduk hingga rata. Tuang air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kental.
3. Masukkan potongan dori ke bahan pencelup kemudian gulingkan ke tepung bumbu siap pakai hingga semua tertutup tepung. Cubit-cubit sehingga hasilnya bisa kriwil / keriting.
4. Panaskan minyak, goreng dori dengan api sedang hingga coklat keemasan.
5. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan siraman cabai.

Nah untuk siraman cabenya juga simpel banget deh. Tinggal uleg kasar aja atau kalau males boleh lah pakai blender hihihi.

Bahan Siraman Cabe :
5 cabe merah / cabe keriting
10 cabe rawit
5 siung bawang putih
2 sdm minyak goreng
1 batang daun bawang iris-iris

Cara Membuat :
1. Uleg kasar cabe merah, cabe rawit dan bawang putih kemudian tumis hingga matang.
2. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang
3. Siramkan di atas dori crispy

Bisa jadi variasi menu di rumah, siapa tau cocok dengan selera keluarga. Cobain yuuuk

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

PUTRI SALJU LUMER



Bismillahirrohmanirrohim

28 Ramadhan 1437 H

Halooo udah mudik lebaran ya? Atau masih ada yang mempersiapkan packingan barang yang mau dibawa mudik? Pasti ada juga yang gak mudik atau kaya saya nih, belum mudik hihihi. In shaa Allah saya sekeluarga berangkat mengunjungi mertua pada H+2 lebaran. Saya tetap sholat ied di tempat saya menemani Mama, apalagi ini adalah Lebaran pertama tanpa Papa. Ya Allah...bayanginnya aja saya langsung mellow. 

Karena belum mudik, saya masih sempat bebikinan di dapur, yaitu bikin putri salju. Putri salju adalah salah satu classic cookies favorit saya. Di rumah cuma saya dan kakak Naira yang suka, jadi saya selalu bikin terakhir, karena kalaupun gak sempat bikin ya gak apa-apa. Banyak sih dapat putri salju dari parcel, tapi saya dan kakak Naira lebih cocok dengan yang bikin sendiri hehehe. Biasanya bikin cuma 1 resep aja dan untuk dimakan sendiri, gak dipajang di meja hahahah...peliiiit mah ini namanya.

Saya suka dengan putri salju yang tekturnya lumer alias melted in the mouth. Untuk mendapatkan tekstur putri salju yang demikian, maka harus memakai full butter. Jangan kuatir walaupun memakai full butter tetapi teksturnya tetap kokoh, jadi ketika ditata di toples gak mudah hancur. Biasanya putri salju dibuat dengan memakai campuran kacang-kacangan, bisa memakai kacang tanah, mede ataupun almond. Dengan memakai kacang-kacangan maka akan ada sensasi crunchy. Resep yang saya posting kali ini sebenarnya sudah pernah saya posting 3 tahun lalu hihihi, yaitu putri salju yang tidak memakai kacang-kacangan. Walaupun tidak memakai kacang-kacangan, rasanya tetap enak lho dan teksturnya sesuai dengan kesukaan saya. Kalau bisa gunakan full butter yaa. Bisa sih dimix dengan margarin atau pakai full margarin, putri saljunya tetap akan jadi kok, tapi teksturnya tentu berbeda apabila dibandingkan dengan yang memakai full butter.






PUTRI SALJU LUMER

Bahan :
300 gr butter
3 kuning telur
125 gr gula halus
400 gr tepung terigu protein sedang
100 gr maizena
50 gr susu bubuk full cream
50 gr keju edam parut (bisa juga pakai parmesan atau cheddar)

Taburan :
gula halus dan gula donat

Cara Membuat :
1. Kocok butter, gula pasir halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah, asal tercampur rata sebentar saja ya.
2. Masukkan keju parut, aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
4. Pipihkan adonan, cetak sesuai selera dan tata di loyang yang sudah dialasi silpat atau dioles tipis margarin.
5. Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingga permukaannya kokoh dan kering. Apabila loyang diketukkan, putri salju sudah bisa terlepas berarti sudah matang.
6. Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata kemudian gulingkan ke dalam gula donat.
7. Tata di toples.

Ada sedikit tips untuk menata putri salju di toples agar terlihat "menor" dan cantik. Caranya adalah dengan menaburi gula donat di setiap lapisan toples. Jadi di dasar toples, tata putri salju kemudian taburi gula donat, tata lagi putri salju di atasnya dan taburi lagi. Demikian seterusnya hingga toples penuh. Jadi cantiiik deh toples putri saljunya.

Hayoook yang masih punya semangat bikin cookies, mungkin bisa dicoba >_<

Happy baking...semoga bermanfaat yaa 

SOTO AYAM BENING



Bismillahirrohmanirrohim

26 Ramadhan 1437 H

Setelah kemarin bikin soto betawi, kali ini bikin soto ayam bening aja ya. Soto ayam versi bening ini rasanya "light" dengan bumbu-bumbu yang sederhana. Biarpun bumbunya cukup simpel, menurut saya soto bening ini juga enak kok, gak kalah rasanya dengan soto betawi yang memang kaya rasa karena menggunakan banyak sekali rempah-rempah. Soto ayam bening ini segeer banget, cocok dinikmati saat ifthar. Jangan lupa diberi perasan jeruk nipis dan sambal ya, biar tambah mantaap.

Untuk pelengkapnya saya menambah perkedel dan keripik kentang. Jadi biarpun cukup sederhana bumbunya, soto ayam bening ini tetap bisa disajikan enak. Kalau suka tambahkan pula soun ya atau bisa juga menambahkan sayur. Saya kali ini memakai tauge, bisa juga memakai kol yang diiris tipis. Sssttt...lagi-lagi fotonya lupa gak dikasih taburan bawang goreng hihihi. Maklum menjelang berbuka suka riweuh kan. Alasan bangeeet ya >_<




SOTO AYAM BENING

Bahan :
1 ekor ayam kampung (berat 1 kg) atau boleh juga pakai ayam negeri
1,5 liter air atau bisa ditambah sesuai kebutuhan
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 ruas lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
Garam dan gula pasir secukupnya
2 batang daun bawang, iris
1-2 buah tomat, belah
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
2 cm kunyit

Pelengkap :
Keripik kentang
Soun
Perkedel kentang
Tauge, seduh dengan air panas
Sambal rawit
Jeruk nipis
Kecap manis
Telur rebus

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan jahe hingga harum dan matang.
2. Rebus ayam di air hingga mendidih, masukkan tumisan bumbu. Masak hingga empuk.
3. Bumbui dengan garam dan gula pasir atau kaldu bubuk bila suka. Masak hingga meresap. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang dan potongan tomat.
4. Tiriskan ayam, goreng sebentar saja hingga berkulit kemudian suwir-suwir.
5. Sajikan soto dengan pelengkapnya

Semoga bisa menjadi inspirasi memasak hari ini yaaa

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

SOTO BETAWI



Bismillahirrohmanirrohim

23 Ramadhan 1437 H

Alhamdulillah postingan ke-1000. Memang bukan semuanya resep, banyak pula dokumentasi waktu saya masih aktif jualan dulu. Mulai nge-blog dengan menggunakan hape Nokia jadul, hingga sampai sekarang Alhamdulillah sudah memakai kamera. Proses belajar saya di dapur bisa dilihat di blog ini, dari awalnya sama sekali tidak terbiasa di dapur sampai sekarang saya menjadikan dapur menjadi salah satu tempat favorit di rumah. Sengaja postingan-postingan lama saya tidak akan dihapus, jadi bisa dilihat proses belajar saya seperti apa. Tidak ada sesuatu yang instan, bahkan sampai sekarang masih terus belajar. Belajar dari teman-teman saya, saudara dan keluarga, belajar dari komunitas di grup dan juga berbagai web yang inspiratif. Yang penting niat dan ikhlas memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Masak apa untuk ifthar nanti? Kemarin lusa saya masak soto betawi untuk menu ifthar keluarga saya dan sampai sekarang masih kebayang-bayang enaknya. Haiyaa...puasa bund..puasa hihihi. Soto adalah salah satu menu khas Indonesia yang memiliki banyak varian dari berbagai daerah. Salah satu yang cukup populer adalah soto betawi. Soto betawi berbahan dasar daging dan jerohan sapi. Kuahnya menggunakan santan atau susu dan dipadukan dengan berbagai rempah-rempah yang membuatnya kaya rasa. Biasanya soto betawi disajikan dengan emping, air jeruk nipis dan ada pula yang memakai kentang goreng. 

Konon soto betawi yang menggunakan kuah susu rasanya lebih enak dan "tasty", tapi kali ini saya memakai santan aja karena memang masih punya kelapa di rumah. Lagian saya takut kalau saya yang masak masih ada aroma susunya hihihi, maklum ini pertama kali bikin soto betawi sendiri. Saya juga tidak memakai jerohan, hanya  memakai daging dan tetelan. Rempah-rempah yang digunakan cukup lengkap ya dan ini yang menjadikannya kaya rasa.




SOTO BETAWI

Bahan :
500 gr daging (saya pakai has dan tetelan)
1 liter kaldu (bekas merebus daging)
500 ml santan kental
3 helai daun salam
3 daun jeruk
5 butir cengkeh
2 butir kapulaga
2 batang serai, memarkan
1 batang kayu manis
2 ruas lengkuas, memarkan
2-3 sdt garam
1 sdm gula pasir
3 batang daun bawang, iris tipis
2 buah tomat, belah
2 sdm makan untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt merica butiran
1/2 sdt jintan
2 sdt ketumbar sangrai
1 ruas kencur
1 ruas jahe

Pelengkap :
Emping goreng
Soun
Jeruk nipis
Irisan tomat
Sambal rawit
Acar, bila suka
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Rebus daging dalam 1,5 liter hingga setengah empuk. Ambil 1 liter air kaldu dan potong-potong daging. Masak kembali.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas hingga matang kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan kayu manis, cengkeh dan kapulaga dan bumbui garam serta gula pasir. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3. Masukkan santan kental, masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. 
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang dan tomat.
5. Matikan api dan sajikan hangat dengan pelengkap.



Alhamdulillah keluarga sukaaa. Nikmat untuk sajian berbuka. Memang kalau berbuka, enak banget ya memakai menu kuah-kuah gini. Cobain bikin yuuuk

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

REPOST CHOCOLATE STICK COOKIES



Bismillahirrohimanirrohim

20 Ramadhan 1437 H

Kali ini saya repost lagi ya resep chocolate stick cookies. Duluuu udah pernah posting dan postingan kali ini juga masih pakai resep yang sama. Banyak sekali yang menanyakan tentang chocolate stick yang dipakai dan saat itu saya gak bisa fotoin karena memang udah gak punya lagi hehehe. Naah sekarang mumpung lagi bikin saya fotoin chocolate stick-nya. Ini diaaa...




Setau saya chocolate stick yang banyak beredar di pasaran ada 2 merk, yaitu Colatta dan Tulip. Selama ini saya hanya pernah memakai merk Colatta karena memang hanya itu yang tersedia di TBK di dekat saya. Menurut teman-teman saya, kalau merk Tulip coklatnya lebih kokoh dengan rasa yang lebih pahit. Waaah...cocok banget nih buat choco lovers yang suka rasa coklat yang dominan pahit-pahitnya. Chocolate stick ini tersedia dalam kemasan dengan berat kurang lebih 1 kg, namun sekarang sudah banyak TBK yang menyediakan versi repack-nya sehingga kita gak perlu beli dengan kemasan 1 kg. 

Untuk membuat chocolate stick cookies ini sebenarnya bisa pakai adonan cookies favorit kita. Bisa pakai resep butter cookies atau bahkan nastar. Dulu waktu masih jualan, bikin cookies ini rasanya udah ngerasa 'hopeless' aja deh, karena harus telateeen. Untungnya sekarang sih bikinnya cukup 1 resep aja karena untuk konsumsi sendiri hihihi. 

Bisa dibandingkan cookies yang saya buat ini tidak secantik yang dulu pernah saya posting ya. Kalau dulu coklatnya bisa mulus sedangkan yang ini coklatnya gak mulus sama sekali hiiiks. Saya kira karena overbaked atau suhu oven yang kepanasan, ada pula teman yang bilang kalau dia pakai merk Tulip selalu mulus, sedangkan saya pakai merk Colatta. Barusan saya dapat info dari salah seorang teman, katanya untuk mendapatkan hasil yang mulus, coklat stick bisa diangin-anginkan dulu kurang lebih 3 hari. Pantesan dulu saya bisa bikin mulus ya, karena dulu bikin dalam jumlah besar, biasanya coklat stick sudah saya siapkan di loyang besar, kan sama dengan diangin-anginkan tuh hihihi. Biarpun kali ini bikinan saya gak mulus gini, Alhamdulillah masih tetap jadi favorit keluarga.




Resepnya sama dengan yang dulu, saya tuliskan lagi yaaa

CHOCOLATE STICK COOKIES

Bahan A :
200 gr butter
100 gr margarin
2 kuning telur
1 telur utuh
1/2 sdt vanilla (saya pakai vanilla susu L'arome)

Bahan B :
450 gr tepung terigu protein sedang / rendah
40 gr susu bubuk full cream
4 sdm gula pasir 
 ----> campur dan aduk rata bahan B

Bahan C
275-300 gr chocolate stick atau secukupnya, potong jadi 2 atau 3 bagian

Bahan D (olesan) :
1 kuning telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campur dan kocok bahan A hingga asal rata saja.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu.
3. Ambil adonan, gulung dengan ketebalan sekitar 5 mm kemudian potong dengan ukuran sebesar coklat stik.
4. Letakkan coklat stik di atasnya, beri adonan sebagai pemanis di atasnya (optional aja ya, bentuknya pun juga sesuai selera). Tata di atas loyang yang dialas silpat atau dioles margarin. 
5. Panggang dengan suhu 150'C selama kurang lebih 20 menit kemudian turunkan suhu menjadi 100'C selama 20 menit. Waktu pemanggangan tergantung oven masing-masing ya.
6. Angkat dan pindahkan di atas cooling rack. Masukkan cookies ke dalam wadah kedap udara ketika sudah benar-benar dingin.



Cantik yaa untuk sajian di hari Lebaran nanti. Ketika dalam keadaan panas, sesaat setelah diangkat, coklat akan terasa lembek ya. It's oke, nanti akan mengeras dengan sendirinya. Sebenarnya kalau coklat stick dibagi 3 hasilnya lucu lho, cookiesnya jadi imut gitu. Tapi karena saya mah gak telaten, jadi bagi 2 aja biar cepat selesai hihihi.

Happy baking...semoga bermanfaat ^^

BANANA CAKE - JULIE HASSON



Bismillahirrohmanirrohim

19 Ramadhan 1437H
Lamaa banget gak bikin banana cake, padahal ini cake favorit banget ya. Karena kebetulan saya punya pisang ambon yang sudah terlalu matang, jadi diniatin lah bikin banana cake. Kali ini saya memakai resep dari Julie Hasson. Konon bagi yang pernah mencoba, banana cake ala Julie Hasson ini enak banget. Kalau bagi saya yang penggemar banana cake, sebagian besar banana cake itu ya pasti enaaak hihihi.

Salah banget ya kayanya bikin banana cake siang-siang karena aromanya langsung membahana ke seluruh penjuru rumah heuheuheu. Selain memang aromanya sedap banget, itu mah karena rumah saya memang seuprit hihihi. Makanya tiap bebikinan aromanya langsung muter-muter ke seluruh rumah. Banana cake ini lumayan mengenyangkan. Kalau tidak terbiasa makan nasi saat maghrib, mungkin banana cake ini bisa jadi salah 1 alternatif.

Resep banana cake ini saya sesuaikan takaran gulanya ya. Di resep asli gulanya hampir 1/2 kg euy, tepatnya 450 gr. Saya memakai 225 gr saja karena kebetulan pisangnya juga cukup manis. Alhamdulillah rasanya sudah pas menurut selera keluarga saya. Baking powder juga saya kurangi takarannya menjadi 1 sdt saja, aslinya memakai 2 sdt. Banana cake ini bisa dipadukan dengan kacang-kacangan atau chocochips. Nuruti request anak-anak, saya pakai chocochips, bahkan itu kakak Naira yang masukin chocochipnya sebagai topping. Harap maklum kalau jadinya heboh gitu ya hihihi. Dari 1 resep berikut bisa jadi 2 loyang loaf ukuran 20x10 cm. Kalau mau bikin seloyang, tinggal dibagi 2 aja ya resepnya.

BANANA CAKE ALA JULIE HASSON

Bahan :
225 ml minyak sayur
225 gr gula pasir
1 sdt vanilla
4 butir telur
425 gr pisang, haluskan dengan garpu (saya pakai pisang ambon)
350 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
Chocochips atau kacang-kacangan secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan 2 loyang loaf 20x10 cm, alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok minyak sayur dan gula hingga rata, masukkan vanila.
3. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
4. Masukkan pisang, kocok rata dan matikan mixer.
5. Masukkan campuran terigu dan baking powder yang sudah diayak sambil diaduk dengan spatula. Asal tercampur rata aja ya, jangan overmix.
6. Masukkan chocochips, aduk asal rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, beri topping sesuai selera. Panggang hingga matang selama kurang lebih 40 menit atau tergantung masing-masing oven ya. Lakukan test tusuk.
8. Angkat dan biarkan hangat.




Alhamdulillah...lumayan banget untuk tombo kangen maem banana cake ^^

Happy baking...semoga bermanfaat ya

LASAGNA



Bismillahirrohmanirrohim

18 Ramadhan 1437 H

Spesial request suami saya minggu lalu adalah minta dibuatkan lasagna. Memang lama banget saya gak bikin pepastaan gini, sejak Ramadhan baru ini deh bikin pasta. Biasanya sih sering banget, mungkin jadi pada kangen ya hihihi. Kebetulan semua bahan lengkap, jadilah saya nguprek di dapur bikin lasagna. Sebenarnya cepat aja kok karena saya punya stok homemade saus bolognese di kulkas, jadi saya tinggal bikin saus putihnya aja. Kalau yang males bikin bisa kok pakai yang siap pakai, tinggal beli di minimarket. Tapi...pastinya lebih enak yang bikin sendiri donk ya ^^

Resepnya sebenarnya sudah pernah saya posting duluuu banget. Ntar saya tuliskan lagi aja ya. Lasagna ini memang lumayan mengenyangkan. Kalau buat saya sudah bisa jadi menu utama saat berbuka, tuh...gaya ya menu utama gak pakai nasi tapi pakai pasta hihihi. Bisa juga dinikmati setelah selesai trawih, tapi jangan banyak-banyak makannya ya ntar mau tidur masih kekenyangan donk.







Resep yang saya posting ini menggunakan saus merah yang dibuat memakai pasta tomat. Kalau ingin membuat yang memakai tomat segar juga boleh banget. Silahkan resepnya bisa dilihat disini ya, tinggal mengganti tunanya dengan daging giling.

LASAGNA

Bahan :
200 gr pasta lasagna
1 liter air
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng 
(didihkan air bersama garam dan minyak goreng, rebus lasagna hingga al dente)

Bahan Saus Merah :
200 gr daging giling
1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 kaleng kecil pasta tomat
2 sdm saus tomat
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
400 ml air (bisa juga pakai kaldu)
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Putih  :
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
25 gr margarin
25 gr tepung terigu serbaguna
400 ml susu cair
1/4 sdt merica
75 gr keju cheddar parut 

Topping :
keju mozarella secukupnya

Cara Membuat Saus Merah :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan pasta tomat dan saus tomat, bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk rata.
4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit, masak hingga mengental.
6. Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
7. Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Saus Putih :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin, bumbui dengan merica.
4. Masukkan keju parut dan masak hingga mengental dan meletup-letup.
5. Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
1. Siapkan pinggan tahan panas (bisa juga pakai alufoil cup), oles dengan margarin.
2. Ambil  pasta lasagna letakkan di pinggan hingga menutup dasarnya, tuang  saus merah secukupnya, tutup dengan pasta lasagna lainnya, tuang kembali saus merah. Lakukan hingga beberapa lapis.
3. Pada bagian atas, tutup dengan pasta lasagna, tuang saus putih dan ratakan. 
4. Taburi dengan keju mozarella parut.
5. Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-35 menit.


6. Angkat dan sajikan hangat.




Anyone? Bikin yuuuk, bisa puas makannya. Kalau beli di resto waralaba itu memang enak, tapi pasti kurang puas kan makannya, karena porsinya kecil hihihi.

Semoga bermanfaat yaa ^^

PALM CHEESE BALL COOKIES



Bismillahirrohmanirrohim

13 Ramadhan 1437H

Meneruskan postingan beberapa waktu yang lalu tentang palm cheese cookies, kali ini saya membuat lagi menggunakan resep yang berbeda. Bentuknya pun saya buat berbeda, tidak lagi panjang-panjang tapi dibuat bulat mirip nastar. Sebenarnya bahan-bahan yang digunakan kurang lebih sama aja kok, hanya beda di takaran dan kali ini saya mix dengan margarin. Hasilnya adalah palm cheese cookies yang lebih kokoh tapi tetap terasa aroma butternya. Ternyata saya lebih enjoy bikin bentuk bulat-bulat gini deh, menurut saya lebih cepat dibanding membuat bentuk memanjang.

Resepnya diadaptasi dari resep Ny. Liem tapi saya skip beberapa bahan antara lain baking powder, emplex serta saya kurangi takaran gulanya. Menurut saya yang ini sudah pas dengan yang saya mau. Kalau lebih suka manis, silahkan ditambahkan takaran gulanya ya.




PALM CHEESE BALL COOKIES

Bahan :
150 gr butter
75 gr margarin
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanilla bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
100 gr keju parmesan bubuk
425 gr tepung terigu protein rendah / sedang
25 gr susu bubuk
gula palm secukupnya

Cara Membuat :
1. Kocok butter, margarin dan gula hingga tercampur rata dan gula larut kemudian masukkan vanilla dan susu bubuk.
2. Masukkan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan keju parmesan, kocok rata.
4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai spatula hingga tercampur rata.
5. Pulung adonan bentuk bulat kecil, gulingkan di atas gula palm hingga tertutup rata.
6. Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin dan panggang dengan suhu 140'C hingga matang.
7. Angkat, pindahkan ke cooling rack dan biarkan dingin baru dimasukkan ke wadah kedap udara.




Untuk teksturnya saya suka yang resep ini, lebih kokoh tapi kalau suka cookies yang melted on the mouth bisa pakai resep yang pertama saya posting ya. Untuk yang mau jualan, saya rekomendasikan memakai resep yang ini karena kan gak gampang hancur cookiesnya.

Alhamdulillah udah punya sedikit cookies kan buat cemilan hihihi. In shaa Allah minggu depan bikin cookies lagi aaah.

Happy Baking...Semoga bermanfaat ya ^^

SERIKAYA PISANG



Bismillahirrohmanirrohim

12 Ramadhan 1437H

Ini salah satu takjil yang saya buat beberapa hari yang lalu. Kebetulan saya ada stok pisang kepok dan pas juga lagi buka-buka buku "241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal". Ketemulah saya dengan resep serikaya pisang ini. Bahan-bahannya cukup simpel dan kebetulan semua tersedia di rumah, cusss ke dapur untuk uprek-uprek hihihi.

Eh ya ngomongin soal resep, bagi yang lagi belajar memasak dan bebikininan seperti saya, pasti suka donk liat-liat resep baik itu hasil browsing, liat di medsos atau bahkan buku. Saat ini di medsos dan cuma situs-situs banyak sekali resep abal-abal ya. Fotonya ini eeeh...resepnya itu atau bahkan hasil nyomot foto orang lain dan sekaligus copas resepnya. Banyak juga saya temui foto-foto saya yang dipakai tanpa izin, watermark dihapus atau diganti dengan yang baru, foto dicrop habis-habisan biar gak kelihatan watermarknya atau content blog dicopas dari A-Z. Seriiing banget. Saya malah sering tahu dari teman-teman yang DM saya dan kasih link-nya. Selama masih ada kesempatan memperingatkan, ya saya ingatkan. Seringnya sih walau sudah diingatkan ya woleees aja tuh hihihi. Naah..untuk mendapatkan resep yang terpercaya, web NCC adalah salah satu andalan saya. Resepnya banyaaak dan pastinya adalah resep yang sudah teruji. Saya juga mengkoleksi buku-buku NCC, salah satunya ya buku "241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal" . Buku itu sudah seperti primbon aja deh, tebel dan komplet hihihi.

Ceritanya panjang amat bund hahaha. Langsung ke resep aja ya. Serikaya pisang ini gampang banget bikinnya. Rasanya mirip-mirip carang gesing kalau menurut saya. Monggo yang punya stok pisang, mungkin bisa mencoba resepnya.




SERIKAYA PISANG

Bahan :
5 pisang kepok, iris tipis
125 gr gula merah, sisir
25 gr gula pasir
1/4 sdt garam
100 ml air
4 butir telur
250 ml santan kental
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
1 batang kayu  manis
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
1. Masak air, gula merah, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring dan dinginkan.
2. Kocok telur dan santan menggunakan hand whisk hingga tercampur rata kemudian tuang larutan gula sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata.
3. Susun pisang di pinggan yang sudah dioles tipis margarin. Siram dengan adonan dan selipkan kayu manis dan daun pandan. Taburi kayu  manis bubuk.
4. Kukus selama kurang lebih 60  menit hingga matang dan teksturnya menjadi padat. 
5. Angkat dan dinginkan.




Dinikmati dingin enaak banget. Teksturnya lembut dan manisnya pas. Alhamdulillah bisa jadi salah satu takjil favorit saat berbuka.

Cobain yuuk...semoga bermanfaat ya ^^

AYAM TALIWANG & PLECING KANGKUNG



Bismillahirrohmanirrohim

9 Ramadhan 1437H

Masak apa untuk menu ifthar nanti? Hari ini saya masak ayam taliwang dan plecing kangkung. Tuuuh...jam segini udah matang, jadi bisa leyeh-leyeh sebentar sambil nulis blog. Sebentar lagi saya tinggal prepare takjil dan menu kakak Naira yang akan dibawa untuk pondok ramadhan di sekolahnya. Ayam taliwang adalah masakan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat berupa ayam yang dibakar dengan pendamping plecing kangkung. Bumbu-bumbunya cukup simpel dan sederhana, namun rasanya bisa meresap ke dalam ayam karena diungkep dahulu baru dibakar. Sedangkan plecing kangkung adalah berupa kangkung rebus yang disajikan dengan sambal dan kacang goreng di atasnya. Sederhana kan ya...tapi percaya deh menu ini nikmaaat banget.




Resep ayam taliwang ini saya dapatkan dari mbakyu Anita Joyo berdasarkan kliping Femina jadul. Kelihatan gede banget yaa ayam yang saya pakai hihii. Maklum ini adalah ayam pejantan, jadi keliatan "gagah" gitu deh. Lebih baik gunakan ayam kampung muda dengan berat bersih di bawah 1 kg, seperti yang biasa saya pakai kalau masak ayam lodho. Kalau memakai ayam yang besar seperti saya ini, otomatis waktu memasak juga akan lebih lama agar ayam bisa benar-benar empuk dan bumbu meresap. Bumbu yang digunakan disesuaikan dengan besar kecilnya ayam ya. Karena ayam yang saya gunakan cukup besar ukurannya, jadi bumbunya juga lumayan banyak. Cobain yuuuk untuk menu buka esok hari

AYAM TALIWANG

Bahan :
1 ekor ayam kampung
3 sdm minyak kelapa
2 ruas kencur
2 sdt terasi
1000 ml air atau bisa ditambahkan
3 sdm air jeruk limau

Bumbu Halus :
20 butir bawang merah
8 siung bawang putih
15 cabe merah
5 cabe rawit
1 tomat, potong dadu
2-3 sdt garam
2 sdm gula merah

Cara Membuat :
1. Setelah dicuci bersih, belah bagian dada ayam tanpa terputus.
2. Haluskan kencur dan terasi kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Lumurkan ke seluruh bagian ayam, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
3. Bakar ayam sebenar saja.
4. Masak air, bumbu halus dan ayam hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Masak terus hingga bumbu mengental. Matikan api.
5. Masukkan air jeruk limau, aduk hingga rata.
6. Bakar ayam sambil sesekali dioles dengan bumbu hingga terasa aroma bakarnya.
7. Angkat dan sajikan.




Saya sukaa sekali dengan bumbu plecing kangkung ini. Ketika dibuat aromanya udah bikin kemecer deh alias mupeng hihihi. Ingat bund...bedhug maghrib masih lama euuuyy.

PLECING KANGKUNG

Bahan :
2 ikat kangkung, siangi
4 sdm kacang tanah, goreng
12 cabe rawit merah
1 tomat, potong-potong
2 sdt terasi
1-2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 jeruk limau, peras airnya

Cara Membuat :
1. Uleg  cabe rawit, tomat, terasi, garam dan gula pasir. Kucuri dengan air jeruk limau, aduk hingga rata.
2. Didihkan air, masukkan kangkung dan rebus sebentar saja hingga layu. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan piring saji, letakkan kangkung, siramkan sambal plecing di atasnya dan taburi kacang goreng.
4. Siap disajikan.




Sssttt...kalau masak ayam taliwang plus plecing kangkung, jangan lupa masak nasi yang banyak ya karena ini termasuk menu boros nasi lho >_<

Selamat mencoba..semoga bermanfaat ^^

SUP DAGING SAPI



Bismillahirrohmanirrohim

7 Ramadhan 1437H

Masak apa untuk ifthar nanti? Bagaimana kalau sup daging sapi nan segar ini. Bikinnya gampang dan ini juga jadi salah satu favorit keluarga saya. Sebenarnya pengennya sup buntut tapi karena adanya daging ya, diolah aja lah daging tersebut. Sup daging sapi ini bumbunya juga cukup minimalis, jadi terasa sekali segarnya. Enak dinikmati dengan sambal rawit dan perasan air jeruk nipis, tapi kali ini saya prefer membuat sambal kecap aja. Silahkan disesuaikan dengan selera ya.

Untuk pelengkapnya saya memakai wortel, kentang, tomat dan telur puyuh saja. Kalau suka bisa memakai buncis atau bahkan macaroni. Jangan lupa kasih taburan bawang goreng biar tambah sedap, gak kaya foto saya ini yang gak pakai bawang goreng hahahah. Fotoinnya keburu-buru dan lupa gak nyamber bawang goreng di meja makan heuheuheu.





SUP DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging sapi (saya pakai has dalam), potong dadu
1200 ml air
2 buah kentang, belah
5 wortel, iris-iris
10 butir telur puyuh rebus
7 butir cengkeh
3 tomat, potong jadi 4
2 batang daun bawang, iris-iris
2 batang seledri, ikat

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
1 buah pala
1 sdm garam

Cara Membuat :
1. Rebus daging hingga setengah empuk kemudian masukkan bumbu halus dan cengkeh. Rebus hingga empuk.
2. Masukkan kentang, wortel dan telur puyuh. Masak hingga sayuran matang dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Menjelang diangkat, masukkan tomat, daun bawang dan seledri. Masak sebentar.
4. Matikan api dan sajikan hangat.

Kalau lagi terburu-buru saya biasa masak dengan menggunakan presto. Caranya daging yang sudah dipotong-potong dimasukkan bersama bumbu dan air ke dalam presto dan diproses selama 10 menit. Sementara daging dipresto, saya rebus sayurannya hingga 1/2 matang. Setelah proses presto selesai dan tutup presto dapat dibuka, saya campurkan daging dan sayuran pelengkap kemudian dimasak lagi sebentar. Jangan lupa untuk koreksi rasa yaa.

Gitu deh cara saya kalau lagi diburu waktu hihihi. Memang lebih enak dan meresap kalau dimasak lama, tapi kalau kepepet waktu yaa gak apa-apa pakai presto gitu, kan yang penting kita tetap masak untuk keluarga tersayang ya ^^

Semoga bisa bermanfaat...selamat mencoba

PALM CHEESE COOKIES




Bismillahirrohmanirrohim

5 Ramadhan 1437H

Cookies pertama saya tahun ini, yeaaaay. Kalau gak bulan puasa kayanya saya gak pernah bikin cookies deh ya. Gak telaten banget ngerjain cookies. Gitu kebayang waktu dulu masih terima orderan cookies, kok ya sanggup ya hihihi. Sekarang sih bikin paling cookies klasik aja, yaitu nastar, kastengel. chocochips cookies dan putsal. 

Untuk pemanasan saya bikin palm cheese cookies. Udah lama sebenarnya pengen bikin cookies ini tapi ya gitu deh hambatannya mah gak jauh-jauh dari males huhuhu. Duluuu banget pernah ngerasain dikasih teman yang jualan cookies ini dan saya langsung suka. Palm cheese cookies ini mirip dengan kastengel, tapi tidak sengeju kastengel ya dan bagian luarnya dibalur gula palem. Enak deh kombinasi asin dan manis legit gula palem.

Saya ada 2 resep palm cheese cookies dan pengennya sih saya coba semuanya. Resep yang kali ini saya posting adalah resep dari Sajian Sedap. Selain dibentuk memanjang seperti ini, bisa juga lho dibentuk bulat-bulat seperti nastar. Ntar yaa yang resep kedua saya mau bikin bentuk bulat. Saya menggunakan full butter, tapi boleh juga kalau dimix dengan margarin. Kalo full butter rasanya tentu lebih enak, melted on the mouth tapi kurang kokoh bila dibandingkan yang dimix margarin. Kejunya bisa memakai parmesan, edam atau bahkan cheddar. Nanti hanya akan berbeda rasa asin gurihnya aja kok. 



PALM CHEESE COOKIES

Bahan :
200 gr butter (boleh dimix margarin)
1 kuning telur
50 gr keju parmesan
225 gr tepung terigu (saya pakai protein rendah)
30 gr susu bubuk
gula palem secukupnya untuk pelapis

Cara Membuat :
1. Kocok margarin dan kuning telur hingga asal rata aja kurang lebih selama 1  menit.
2. Tambahkan keju parmesan, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak sambil diaduk rata.
4. Padatkan adonan, pulung memanjang dan potong-potong hingga panjang yang diinginkan. Gulingkan di atas gula palem hingga tertutup rata dan tata di loyang yang sudah dialasi silpat atau dioles tipis margarin.
5. Panggang di oven dengan suhu 140'C selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang.
6. Angkat, pindahkan ke atas cooling rack dan setelah dingin bisa dimasukkan ke wadah kedap udara.

Enaak deh, sesuai dengan yang saya mau. Alhamdulillah adek suka bangeet. Padahal bentuknya gak karuan tuh ya, gak ada yang sama hahaha. Ntar deh minggu depan mau nyobain resep yang satunya lagi.

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^