Saturday, April 18, 2015

NUTRISARI W-DANK BAJIGUR




Bismillahirrohmanirrohim

Selain kaya dengan aneka kuliner yang menggugah selera, Indonesia juga kaya akan minuman tradisionalnya baik minuman hangat ataupun dingin. Salah satunya yang patut dicoba adalah bajigur. Bajigur merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya adalah santan dan gula aren sehingga memiliki cita rasa manis nan gurih. Ada pula yang menyajikan bajigur dengan menambahkan kelapa muda, kolang kaling atau bahkan memberikan sedikit kopi bubuk. Biasanya bajigur disajikan dengan aneka jenis rebusan, misalnya kacang rebus, pisang rebus atau bahkan kacang rebus. Bayangkan aja kita menikmati bajigur saat santai bersama keluarga...hmmm...asyik banget ya.

Bagi saya yang tinggal jauh dari tanah Sunda, tentunya sangat susah untuk menemukan penjual bajigur. Bisa juga sih kalau bikin sendiri, tapi jujur saja lebih banyak malesnya daripada niat bikin bajigur sendiri hehehe. Nah...sekarang ini gak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Barat untuk menikmati bajigur karena sudah ada Nutrisari W-dank Bajigur. Nutrisari W-dank Bajigur adalah produk baru dari Nutrifood. Udah pada tau donk kalau produk-produk Nutrifood itu selalu berkualitas. Buat pengemar minuman hangat, Nutrisari W-dank Bajigur ini wajib banget buat dicobain. Praktis sekali karena kita tinggal menuang bubuk Nutisari W-dank Bajigur ke dalam gelas dan menyeduh dengan air panas. Bajigur yang harum nan lezat siap dinikmati.






Di daerah tempat saya tinggal, masih sering hujan deras. Kalau pagi, cuaca terasa dingin bahkan sering berkabut. Saat sore hari, biasanya mulai turun hujan deras. Naah...kalau lagi dingin-dingin gini, paling enak minum minuman hangat kan. Nutrisari W-dank Bajigur ini jadi pilihan wajib keluarga saya. Kebetulan keluarga saya memang penggemar minuman hangat tradisional. Mulai dari wedang jahe, ronde, angsle, bandrek dan tentu saja bajigur selalu jadi favorit kami. sudah beberapa waktu ini saya mengurangi konsumsi kopi dan Nutrisari W-dank Bajigur ini benar-benar jadi "pelarian" yang nikmat dan menyenangkan bagi saya hehehe. 

Bukan cuma saya dan suami aja yang suka tapi anak-anak juga suka banget. Nutrisari W-dank Bajigur ini gurih dan manisnya udah pas banget dengan selera keluarga saya. Enak banget deh pokoknya. Cemilan pendampingnya pun gak perlu yang ribet-ribet. Kalau lagi rajin, biasanya saya bikin cake atau bahkan jajanan tradisional lainnya.  Kalau lagi males ya bikin yang praktis-praktis aja. Seperti kali ini saya cuma merebus singkong yang dipanen dari kebun belakang. Alhamdulillah sudah terasa nikmatnya.




Buat penggemar bajigur, Nutrisari W-dank Bajigur ini recomended banget untuk dicoba. Belum pernah merasakan bajigur? Berarti harus mencoba Nutrisari W-dank Bajigur juga. Gak perlu harus jauh-jauh ke Jawa Barat kan. Praktis, enak dan yang pasti berkualitas. 

Selamat Mencoba ^^

Wednesday, April 15, 2015

BOLU SAKURA KARAMEL BERBINTIK




Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...masih dalam rangka LDR dengan oven, jadi kali ini postingannya tentang yang serba dikukus. Eh ya selain lagi LDR dengan oven, saya juga lagi LDR sama Mr. Spidi. Jadi harap maklum kalau jadi jarang posting, karena koneksi internet saya sementara ini seadanya aja, gak asyik deh kalo buat ngeblog. Maafkan juga kalau lagi-lagi saya belum bisa membalas komen-komen yang sudah masuk di blog saya ini. In shaa Allah kalau saya sudah balik ke "habitat asal", segera saya reply yaa. Hihihi...kaya kemana aja ya kok balik ke habitat asal.

Postingan kali ini adalah tentang bolu sakura. Pastinya udah pada tau donk dengan bolu sakura, kayanya ini udah ada sejak jaman saya kecil dulu. Salah satu kue jadul deh ya, tapi masih tetap ngangenin dan disuka sampai sekarang. Bikinnya gampang, bahan-bahannya juga simpel aja. Dan yang jelas cocok banget dengan saya yang saat ini masih merindukan oven...halaah.








Resep bolu sakura karamek berbintik ini saya dapatkan dari Sajian Sedap dan sedikit aja saya modif, menyesuaikan bahan. Monggo kalau ada yang pingin mencoba juga.

BOLU SAKURA KARAMEL BERBINTIK

Bahan Karamel :
50 gr gula pasir
75 ml air hangat
40 gr margarin leleh

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
150 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
50 gr meises

Cara Membuat :
1. Siapkan kukusan dan cetakan bolu sakura. Olesi cetakan dengan minyak tipis-tipis. Sisihkan.
2. Karamel : Panaskan gula dengan api kecil hingga gula larut, tuang air hangat dan aduk-aduk. Tuang margarin leleh, aduk hingga rata. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Masukkan terigu dan baking powder sambil diayak. Aduk hingga rata atau bisa dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan karamel, aduk balik hingga rata menggunakan spatula. Pastikan tidak ada endapan karamel yang belum tercampur di dasar wadah.
6. Masukkan meises, aduk rata.
7. Tuang adonan ke cetakan, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 10-15 menit.
8. Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Kalau gak suka dengan penampilannya yang berbintik-bintik itu, bisa diskip aja meisesnya yaa hehehe. Paling suka menikmati bolu sakura yang masih hangat, enaak banget. Sampai keesokan harinya, bolu sakura ini masih tetap lembut dan moist lho. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^


Saturday, April 11, 2015

CAKE PISANG COKLAT KUKUS




Bismillahirrohmanirrohim

Udah lama saya gak bikin cake buat keluarga, apalagi selama 2 minggu harus tinggal di rumah Mama, jadinya jauh dengan oven, mixer dan segala printilannya hihihi. Akhir-akhir ini kalau bikin cemilan ya yang gampang-gampang aja, paling sering ya gorengan lagi gorengan lagi. Mulai dari singkong goreng, pisgor sampai bakwan hahaha. Kebetulan lagi senggang waktunya, dan masih ada 2 pisang ambon yang sudah benar-benar matang dan mulai berbintik hitam kulitnya, jadi saya sempatkan membuat cake pisang (again). Karena di rumah Mama gak ada oven, saya bikin yang versi kukus aja ya. Bahan-bahannya juga yang simpel-simpel aja, yang penting bisa ngerasain lagi cake pisang hangat yang selalu jadi favorit keluarga.

Cake pisang coklat kukus ini cukup simple dan cepat pembuatannya. Sengaja saya tuang di cetakan kecil-kecil karena di rumah Mama juga gak ada loyang yang sesuai. Seperti biasa, saya menambahkan gula palem dalam adonan dan ternyata kurang terasa aromanya, kalah dengan aroma coklat bubuk dan pisangnya. Kalau tanpa penambahan coklat bubuk, aroma gula palem ini terasa sekali lho, tambah sedap apabila dipadukan dengan kayu manis. Monggo disesuaikan dengan selera aja ya.









CAKE PISANG COKLAT KUKUS

Bahan :
3 butir telur
60 gr gula pasir
35 gr gula palem
1/2 sdt emulsifier
80 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
100 gr pisang, lumatkan
60 gr santan kental instan (1 sachet)

Cara Membuat :
1. Siapkan kukusan dan cetakan bolu sakura. Oles cetakan dengan minyak, sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Tuang campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan pisang bergantian dengan santan kental. Aduk rata menggunakan spatula.
6. Tuang ke dalam cetakan hingga penuh dan kukus selama kurang lebih 15 menit.
7. Angkat, keluarkan dari cetakan dan siap disajikan.





Biarpun bahan-bahannya simpel, tapi cake ini lembuuut banget. Lumayan sekali buat "tombo kangen" ama cake pisang. Paling suka menikmati cake ini ketika masih hangat, terasa moist banget. Dari 1 resep ini cuma jadi 15 cetakan ukuran kecil, jadi cepet banget habisnya karena makan 1 gak akan terasa hehehe.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^

Thursday, April 9, 2015

MARIE WIJEN



Bismillahirrohmanirrohim

Ada yang tau jajanan jadul ini? Iyuup...marie wijen yang selalu jadi favorit saya sejak kecil dulu. Sebenarnya sampai sekarang juga gampang banget untuk mendapatkan marie wijen ini, mulai dari di pasar sampai di supermarket besar biasanya ada kok. Alkisah...liat postingannya teteh Ayudiah di IG yang bikin marie wijen sendiri, bikin saya latah pengen bikin juga. Cukup dengan bikin karamel dan menyiapkan wijen sangrai....voilaaa jadi deh marie wijen ala-ala hihihi. Belum bisa mirip dengan yang dijual-jual itu sih, karena mungkin tergantung juga dengan biskuit marie yang dipakai. Kali ini saya pakai biskuit marie merk R yang enak itu, yang rasanya bisa lumer di mulut, jadinya teksturnya kurang kokoh.







MARIE WIJEN

Bahan :
1 bungkus biskuit marie
5 sdm gula pasir
1 sdt margarin / butter
20 ml air
100-150 gr wijen sangrai

Cara Membuat :
1. Panaskan gula pasir hingga seluruhnya larut, gunakan api kecil ya agar tidak gosong.
2. Masukkan margarin, biarkan leleh dan tuang air. Hati-hati dengan percikannya ya. Gunakan api super kecil ya.
3. Masukkan biskuit marie ke dalam karamel kemudian gulingkan di wijen sangrai. Lakukan dengan cepat hingga habis.
4. Biarkan set dan siap dihidangkan.

Notes :
- Saat masih hangat, bila digigit karamelnya akan terlihat "molor", mirip keju mozza ketika hangat hehehehe.
- Bila ingin marie wijen yang tebal, masukkan 2 marie wijen ke dalam karamel dan tumpuk baru digulingkan ke wijen sangrai.




Lumayan banget untuk "tombo pengen" marie wijen. Dengan membuat sendiri, selain lebih ngirit juga lebih puas maemnya kan. Jadi gak apa-apa deh walau belum bisa mirip versi aslinya.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.

Monday, April 6, 2015

SUS KERING



Bismillahirrohmanirrohim

Akhir-akhir ini karena berbagai kesibukan, saya jadi jarang posting di blog. Sekalinya sempat posting...eh...tentang sus lagi hihihi. Maafkan yaa. Biarpun lagi-lagi tentang sus, tapi kali ini saya bikin sus kering. Dulu sudah pernah posting juga sih tentang sus kering, kali ini saya ganti jenis tepung yang saya pakai. Sebenarnya untuk membuat sus kering bisa memakai resep sus mana aja karena kunci dari proses pembuatannya adalah pada waktu pemanggangan. Seperti halnya kita membuat sus biasa, pada awalnya sus kering dipanggang dengan memakai suhu tinggi, cukup hingga sus mengembang selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya suhu oven diturunkan menjadi suhu rendah dan lanjutkan memanggang hingga matang dan kering. Proses pemanggangan memakai suhu rendah ini membutuhkan waktu yang lebih lama agar menghasilkan sus benar-benar kering dan renyah. 




Kebetulan saya masih punya seuprit keju edam, jadi saya tambahkan ke dalam adonan sus. Bisa juga memakai keju gouda, keju parmesan atau bahkan keju cheddar. Tanpa keju pun menurut saya juga enak kok, walau tidak segurih yang memakai keju. Kali ini saya memakai full tepung terigu protein tinggi. Boleh juga kalau mau dimix dengan tepung terigu protein sedang.

SUS KERING

Bahan :
250 ml air
100 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr keju edam parut halus dan chopper sebentar
3 butir telur
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Didihkan air, margarin dan garam.
2. Kecilkan api dan masukkan tepung terigu. Aduk memakai sendok kayu hingga adonan kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata menggunakan mixer.
4. Masukkan keju parut dan baking powder. Kocok hingga tercampur rata.
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit (bisa memakai spuit bintang atau spuit kerang). 
6. Semprotkan kecil-kecil di loyang yang sudah dioles tipis margarin. Beri jarak satu dengan yang lainnya.
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 15 menit kemudian turunkan suhunya menjadi 120-130'C dan teruskan memanggang hingga kering, kurang lebih selama 20-30 menit. Tergantung masing-masing oven ya.
8. Angkat, dinginkan di atas cooling rack kemudian simpan di wadah kedap udara.

Notes :
- Kenali karakter oven masing-masing, apapun jenis oven yang digunakan, baik oven gas, oven listrik atau oven kompor. Jangan selalu berpatokan pada waktu pemanggangan yang tertulis di resep karena karakter masing-masing oven berbeda.
- Biarkan sus kering benar-benar dalam keadaan dingin sebelum memasukkan ke dalam wadah kedap udara. 




Susah berhenti makan kalau udah ngemil sus kering? Itu saya bangeeet hahahah.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^

Thursday, April 2, 2015

MARTABAK BOLU MINI



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin martabak manis lagi. Kali ini bikin martabak bolu mini dengan aneka topping. Sebenarnya saya lebih suka membuat martabak manis memakai loyang besar. Maklum...saya suka angin-anginan, lebih banyak malas daripada rajinnya hihihi. Kalau bikin pakai loyang besar kan cepat, gak perlu nyetakin satu-satu seperti versi mini. Alasan lain karena saya gak punya cetakan martabak mini, jadi saya pakai cetakan kue lumpur. Dapat dipastikan kalau hasilnya lebih banyak yang amburadul daripada yang cantik heuheuheu. Bisa dilihat di foto-fotonya, kalau penampilan martabak bolu mini ini berantakan. Gak apa-apa yaa.

Bikin martabak bolu mini dalam rangka penasaran mencoba resep yang sudah tenar banget tapi saya justru belum pernah nyobain. Halooo...kemana aja bund? Resep asli martabak bolu mini ini adalah milik Irene yang dipopulerkan oleh mbak Rina Rinso. Udah banyak yang nyobain resep ini dan kebanyakan puas dengan hasilnya. Penasaran juga kan jadinya. 




MARTABAK BOLU MINI


Bahan :

250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
300 ml susu cair
3 butir telur
30 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instan
1/4 sdt baking powder
50 gr butter / margarin, lelehkan

Taburan :
gula pasir
keju parut
susu kental manis
meises
atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder dan garam.
2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker. Aduk hingga rata.
3. Masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan selama 30 menit.
4. Campur 30 gr gula pasir dan telur, kocok lepas memakai garpu kemudian masukkan ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Aduk rata.
5. Masukkan butter leleh dan baking powder, aduk hingga rata.
6. Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan dan masak dengan api kecil. Biarkan adonan hingga berlubang-lubang, taburi gula pasir kemudian tutup cetakan. Masak hingga matang.
7. Setelah matang, angkat dari cetakan, olesi butter dan beri susu kental manis secukupnya kemudian beri taburan sesuai selera.




Tuh liat...martabaknya berserat. Suka banget liat serat-seratnya ini, apalagi teksturnya empuk lho. Saya bikin pagi dan sampai sore masih empuk. Kalau ada yang nanya setelah nginap masih empuk gak, saya gak tau ya karena udah keburu ludes hihihi. 
Seperti biasanya kalau bikin martabak manis gini, toppingnya terserah anak-anak aja. Mereka bebas memberi topping favoritnya.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^

Tuesday, March 31, 2015

SUS VLA NAPOLEON KACANG DAN TIPS SUKSES MEMBUAT SUS



Bismillah

Postingan di akhir Maret. Semoga bulan depan tetap diberi kesehatan, bisa rajin bebikinan, tambah semangat belajar foto-foto dan tambah rajin ngeblog. Harap maklum kalau semangat untuk bebikinan suka timbul tenggelam gak jelas gini. Kayanya memang lagi butuh mood booster biar bisa semangat lagi. Pengennya sih bisa membagi waktu lebih baik lagi jadi bisa nyobain resep-resep baru. Mulai deh ngelantuuur.

Kali ini saya bikin sus buat cemilan keluarga di rumah. Kami sekeluarga penggemar sus dan kebetulan memang udah lama saya gak bikin sus. Pengennya sih bikin sus dengan vla matcha atau green tea, tapiii...bisa dipastikan yang hobby cuma saya aja. Akhirnya ganti haluan bikin sus dengan salah satu vla favorit keluarga yaitu vla napoleon.Vla Napoleon ini memakai resep dari mbak Riana Ambarsari. Iseng aja di adonan vla saya tambahkan selai kacang. Ternyata rasa vla-nya jadi lebih gurih dan terasa "nutty". Enak deeh. Kalau yang gak suka selai kacang, bisa diskip aja dan vla napoleon ini tetap enak kok. Suka banget dengan tekstur vla-nya yang lembut.







SUS VLA NAPOLEON KACANG

Bahan Kulit Sus :
125 gr margarin
1/4 sdt garam 
200 ml air
125 gr tepung terigu protein tinggi
25 gr tepung terigu protein sedang
4 butir telur ukuran sedang

Cara Membuat Kulit Sus :
1. Masak margarin, garam dan air hingga mendidih.
2. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit dan spuitkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles margarin.
5. Panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 30 menit atau tergantung masing-masing oven. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus.
6. Setelah matang, angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Bahan Vla Napoleon Kacang :
750 ml susu cair
100 gr gula pasir
50 gr maizena
5 kuning telur
100 ml whipped cream cair
50 gr selai kacang ---> larutkan dengan sedikit air panas dan aduk rata.
1 sdm unsalted butter 
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat Vla Napoleon Kacang :
1. Larutkan maizena dengan sebagian susu. Aduk rata hingga halus dan sisihkan.
2. Tambahkan sedikit susu ke dalam kuning telur dan kocok lepas hingga tercampur rata. Sisihkan.
3. Masak sisa susu dengan gula pasir sambil diaduk, tambahkan larutan maizena. 
4. Ambil 1 sendok sayur adonan, masukkan ke dalam campuran kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali ke dalam adonan vla. Aduk cepat hingga meletup-letup.
5. Masukkan whipped cream cair dan masak kembali hingga meletup-letup. Matikan api.
6. Masukkan unsalted butter, aduk rata hingga butter leleh.
7. Masukkan vanilla, aduk rata dan vla siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Masukkan vla ke dalam piping bag dan semprotkan ke dalam sus.
2. Beri dusting gula halus bila suka atau bisa juga memakai coretan coklat leleh.




Di postingan -postingan lama sebenarnya saya cukup sering menuliskan tips membuat sus. Kali ini saya coba rangkum menjadi satu ya. 

TIPS SUKSES MEMBUAT SUS

1. Sus bisa dibuat menggunakan tepung terigu protein tinggi bisa juga menggunakan tepung terigu protein sedang atau kombinasi dari keduanya. Penggunaan terigu protein tinggi membuat kulit sus kokoh sedangkan terigu protein sedang membuat kulit sus teksturnya lembut.
2. Pastikan margarin dan air benar-benar mendidih sebelum tepung terigu dimasukkan. Kecilkan api dan aduk agak lama hingga adonan benar-benar rata dan kalis.
3. Pastikan telur dimasukkan ke dalam adonan yang sudah hangat. Jangan panas-panas langsung ditambahkan telur ya, karena nanti telurnya akan matang. Kocok rata di setiap penambahan telur.
4. Telur ditambahkan satu persatu hingga adonan dirasa bisa dispuit. Apabila terlalu banyak / terlalu besar ukuran telur, maka adonan akan lembek dan sulit untuk dispuit. Adonan yang terlalu lembek bisa ditambahkan 1/2 takaran terigu.
5. Spuitkan adonan di atas loyang yang dioles tipis margarin atau bisa juga dialas kertas roti terlebih dahulu. Loyang yang dioles margarin terlalu tebal akan mengakibatkan sus bergeser selama proses pemanggangan
6. Beri jarak di setiap sus karena selama proses pemanggangan susu akan mengembang.
7. Oven harus dalam kondisi panas dengan suhu tinggi kurang lebih 190-200' C saat adonan dimasukkan. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau tergantung oven masing-masing.
8. Jangan membuka oven apabila masih terdapat buih-buih di permukaan sus agar sus dapat mengembang sempurna, berongga dan tidak mengempis.
9. Setelah matang, segera pindahkan sus ke atas cooling rack agar uap panasnya keluar dan kulitnya tidak basah.
10. Vla atau ragout yang diisikan ke dalam sus dalam kondisi dingin.

Just sharing...semoga bermanfaat ya.
Happy Baking ^^