Sunday, February 1, 2015

SOTO BANDUNG



Bismillahirrohmanirrohim....

Hello February...
Beberapa hari yang lalu, saya harus menyelesaikan beberapa urusan kerjaan ke Malang. Tau kan kalau ke Malang yang kebayang adalah bakso dan apel hehehe. Saya gak beli apel karena masih ada stok di rumah, tapi pasti menyempatkan diri beli bakso walau harus bergerimis-gerimis ria di daerah Dewi Sri. Saya paling suka "cuci mata" liat sayuran dan buah-buahan di Dewi Sri. Gak selalu beli, karena harganya justru lebih mahal dibandingkan di pasar dekat rumah. Tapi melihat tumpukan buah dan sayur segar selalu memaksa saya untuk sekedar berkeliling, walaupun gak beli apa-apa. Nah...kemarin waktu liat lobak yang gendut-gendut dan segar, akhirnya beli juga. Seperti biasanya kalau beli lobak yang terpikir pasti bikin Soto Bandung favorit.




Soto Bandung adalah soto yang berisi daging sapi dengan kuah bening. Yang menjadi ciri khas dari soto Bandung adalah memakai irisan lobak dan taburan kedelai. Bumbunya juga lebih simpel, bahkan tidak perlu menguleg. Biarpun bumbunya tidak selengkap soto pada umumnya, tapi jangan salah....rasanya gak kalah enak lho. Kuah beningnya terasa segar sekali, apalagi jika ditambahkan perasan air jeruk nipis.
Saya paling suka menikmati soto Bandung dengan menggunakan sambal rebus, yaitu sambal yang cabenya direbus terlebih dahulu, baru kemudian diuleg dengan ditambahkan garam, gula dan air jeruk nipis. Ada juga yang menyajikan soto Bandung dengan menggunakan sambal kecap, yang berisi irisan cabe rawit, kecap manis dan air jeruk nipis. Sama enaknya.

SOTO BANDUNG

Bahan :
500 gr daging sapi (saya pakai has dan tetelan)
2,5 liter air (atau sesuai kebutuhan)
1 buah lobak, iris tipis
7 siung bawang putih, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
2-3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
2 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng 

Pelengkap :
kedelai goreng
daun bawang dan seledri iris halus
air jeruk nipis
bawang goreng
kecap manis
sambal

Cara Membuat :
1. Rebus daging dengan api kecil hingga setengah empuk, kemudian ambil dagingnya dan saring kaldunya. Masukkan kembali daging ke dalam air kaldu dan teruskan memasak. Kalau ingin cepat bisa memakai presto ya.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, jahe, lengkuas dan serai hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. 
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk, kemudia test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan lobak. Masak sebentar kemudian matikan api.
5. Sajikan hangat dengan pelengkap.




Notes :
- Daging dimasak dengan api kecil agar kuahnya tetap bening. 
- Air kaldu daging disaring terlebih dahulu untuk membuang kotoran-kotoran pada air sehingga kuahnya bening.

Alhamdulillah...jadi menu makan siang yang nikmat buat kami sekeluarga. Sayangnya lagi gak punya emping, jadi dinikmati bersama kerupuk aja ya. Eh ya fotonya miriiip semua ya hahaha. Maklum ini sebenarnya seporsi milik suami, kebetulan ditata dalam keadaan panas banget jadi dipinjam sebentar buat foto-foto. Gak heran kalau stylenya sama banget cuma angle aja yang berbeda. Kalau harus ngerubah-ngerubah style keburu dingin deh sotonya hihihi. Harap maklum yaa...yang fotoin ibu-ibu rempong yang amatiran banget :D




Selamat mencoba....Happy Cooking ^^

Friday, January 30, 2015

LBT #37 MOLTEN CHOCOLATE CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Happy 4th Anniversary LBT. Grup baking yang pertama kali saya ikuti, tempat belajar bersama teman-teman yang hebat. Dulu pertama kali saya gabung bulan Februari di LBT#2 dengan tema makaroni panggang. Alhamdulillah sejak saat itu mulai bisa bebikinan di dapur, banyak mencoba resep-resep baru dan pengetahuan tentang dunia baking juga bertambah. Thank you LBT.

Daaan...ini adalah setoran PR LBT yang sangat terlambat...hiks. Alhamdulillah sejak gabung di LBT, saya gak pernah bolos mengerjakan PR, tapi ternyata belakangan ini suka mepet-mepet ngerjainnya sampai akhirnya telat deh postingnya. Yang penting masih di bulan Januari yaa...hahahah...maksa banget. 
Untuk LBT #37 Annyversary LBT saya memilih molten chocolate cake aja yang cukup simpel.




Molten chocolate cake adalah personal cake yang apabila dinikmati akan keluar lelehan coklat. Ada yang menyebut sebagai lava cake, volcano cake atau bahkan chocolate fondant cake. Apabila kita browsing tentang cake ini maka akan ditemui beragam resep dengan berbagai metode. Ada yang menggunakan isian bahkan ada yang tidak menggunakan terigu (flourless cake). Sebenarnya cake ini cukup mudah dibuat, bahan-bahannya juga tidak sulit. Yang membuatnya "tricky" adalah proses pemanggangannya. Waktu pemanggangan harus benar-benar pas sehingga ketika dinikmati, cake ini bisa mengeluarkan lelehan coklat. Apabila pemanggangan kurang lama, maka bagian luar cake belum set sehingga bagian dalam cake akan merembes. Sedangkan apabila pemanggangan terlalu lama, maka bagian dalam cake akan matang dan tidak bisa meleleh ketika akan dinikmati. Jadi yang perlu dicermati adalah kenali oven yang kita gunakan ya.





Ada beberapa resep yang sudah saya coba ketika membuat molten chocolate cake. Kali ini saya menggunakan resep Gordon Ramsay. Resep asli tidak menggunakan coklat bubuk dalam adonannya. Saya tambahkan coklat bubuk karena ingin warnanya lebih pekat dan terasa lebih nyoklat. Yang unik dari resep ini adalah adonan yang sudah dituang ke dalam wadah, didiamkan dulu dalam kulkas. Resep berikut adalah 1/2 dari resep asli. Saya memakai ramekin diameter 8 cm dan jadi 4 ramekin saja, pas banget untuk kami sekeluarga hehehe. Bisa juga menggunakan cetakan muffin ya.
Molten cake ini enaak banget dinikmati dengan es krim vanilla, saus caramel, saus strawberry atau bahkan saus keju. Karena lagi gak punya es krim dan males bebikinan saus, jadi kali ini cukup didusting gula halus aja ya hihihi.

MOLTEN CHOCOLATE CAKE

Bahan :
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
100 gr butter
100 gr gula pasir halus
2 butir telur utuh
2 kuning telur
85 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
margarin dan coklat bubuk secukupnya untuk cetakan
gula halus untuk dusting

Cara Membuat :
1. Oles cetakan / ramekin dengan margarin, simpan dalam kulkas hingga membeku, oles lagi dengan margarin dan taburi coklat bubuk. Sisihkan.
2. Tim DCC dan butter hingga leleh. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental kemudian masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak. Kocok dengan kecepatan rendah atau aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
4. Masukkan campuran coklat dan butter dalam 3 tahap. Aduk hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam cetakan / ramekin hingga penuh dan simpan dalam kulkas minimal selama 20 menit.
6. Panaskan oven 200'C, panggang adonan selama 10-12 menit (saya 14 menit) hingga bagian atasnya set dan membentuk crust serta bagian tepi mulai menjauh dari cetakan. Angkat dan biarkan selama 1-2 menit.
7. Siapkan piring saji, balikkan cake, bagian atas menjadi dasar cake (upside down), taburi dengan gula halus dan siap disajikan hangat.


Adonan setelah dikeluarkan dari kulkas dan siap dipanggang.




Notes :
- Sesuaikan waktu memanggang dengan ukuran cetakan yang dipakai. Apabila cetakan kecil, maka waktunya harus dikurangi, demikian sebaliknya.
- Adonan molten cake ini bisa disimpan semalaman di kulkas dan baru dioven keesokan harinya. Apabila disimpan di freezer, maka adonan bisa tahan selama 1 bulan. Simpan adonan yang sudah dituang ke dalam cetakannya ya.
- Tambahkan waktu pemanggangan 5 menit lagi apabila adonan yang dipanggang dalam keadaan beku




Recomended untuk chocolovers. Beneran deh cake ini enaaak banget. Lembut dan nyoklat. Sst...saking doyannya, dalam seminggu ini saya sudah 2x bikin cake ini lho. 

Selamat mencoba....Happy Baking

Thursday, January 29, 2015

WINGKO TAPE DENGAN LOCK & LOCK E-COOK DECO FRY PAN



Bismillah
Haloo...kali ini saya kembali mencoba mengajak LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan untuk berkreasi membuat salah satu jajanan tradisinal favorit keluarga saya yaitu wingko. Wingko terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut, gula dan telur. Rasanya legit dan gurih benar-benar menjadi favorit keluarga saya. Kebetulan saya mempunyai sisa tape singkong, jadi kali ini saya olah kembali menjadi wingko tape.

Membuat wingko kali ini asyik banget karena memakai LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Lapisan anti lengketnya sangat membantu dalam membuat wingko tape. Panasnya yang merata di seluruh permukaan pan, membuat wingko tape ini cepat matang sempurna. Dengan diameter 26 cm, juga mempercepat pembuatannya, karena ketika saya membuat wingko tape dengan ukuran kecil bisa sekaligus muat 4 buah wingko. Asyik banget kaan.




WINGKO TAPE

Bahan :
225 gr tepung ketan
1 butir kelapa, kupas dan parut (kurang lebih beratnya 350-400 gr)
200 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
100 gr tape singkong, buang sumbunya dan haluskan
1 butir telur + 1 kuning telur, kocok lepas
50 gr margarin, leleh

Cara Membuat :
1. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula pasir dan garam halus. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur dan margarin leleh. Aduk hingga tercampur rata/
3. Masukkan tape singkong, aduk rata.
4. Tuang adonan secukupnya di atas LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan tanpa dioles minyak atau margarin. Panggang hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan.
5. Angkat dan siap disajikan.


Wingko dibuat dalam ukuran besar atau kecil, dipanggang menggunakan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.




Harum aroma tape menambah nikmatnya wingko ini. Suka banget dengan rasanya yang manis legit dan teksturnya yang lembut. Pas sekali disajikan sebagai teman minum teh di sore hari. 

Ini dia si cantik yang membuat segala urusan memasak jadi lebih mudah dan menyengangkan, dengan berbagai fitur unggulan, antara lain adalah
  1. Colorfull & Stylish : Warnanya yang cerah dan desainnya yang stylish dapat mempercantik penampilan dapur sehingga aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan. Tersedia dalam warna hijau, kuning dan merah yang cantik.
  2. Nyaman Digunakan : Terbuat dari material light wheight aluminium dan pegangan silikon, sehingga bahannya tebal tapi cukup ringan sehingga sangat nyaman ketikan digunakan memasak.
  3. Lapisan Anti Lengket : terdiri dari lapisan anti lengket sehingga makanan tidak akan menempel dan juga hanya memerlukan sedikit minyak ketika memasak sehingga masakan menjadi lebih sehat.
  4. Tahan Panas : Mempunyai lapisan tahan panas pada bagian luar sehingga mencegah masakan cepat hangus. Panasnya merata pada seluruh permukaan sehingga masakan lebih cepat matang dan hemat energi.
  5. Mudah Dibersihkan : Cukup menggunakan spons lembut ketika mencuci, maka fry pan akan kembali bersih dan bebas bau. Ketika digunakan untuk mengolah berbagai tahapan memasak, cukup dibersihkan dengan menggunakan tissue dan siap digunakan untuk tahapan berikutnya. 





Selamat mencoba dan berkreasi bersama LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan, sahabat di dapur yang serba bisa dan menyenangkan ^^

Saturday, January 24, 2015

STIK SAWI KEJU DENGAN LOCK & LOCK E-COOK DECO FRY PAN



Bismillahirrohmanirrohim

Kali ini saya kembali mencoba berkreasi dengan menggunakan "gadget" baru saya yaitu LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Kemarin sudah mencobanya untuk memanggang, memasak dan menggoreng dengan hasil yang sangat memuaskan. Sekarang saya akan mengajak Fry Pan ini untuk membuat stik keju.

Stik keju merupakan salah satu cemilan favorit keluarga saya. Saya terbiasa membuat stik keju sendiri karena saya bisa memilih sendiri bahan-bahannya. Stik keju homemade tentu saja dibuat dari bahan pilihan dan tidak memakai MSG ataupun bahan pengawet lainnya. Saya juga bisa memakai minyak goreng pilihan yang terjamin kualitasnya. Ada yang bilang kalau bikin stik keju itu ribet, padahal tidak juga lho. Ajak anak-anak untuk membantu membuatnya, pasti akan lebih seru. Saya suka membuat stik keju yang panjang karena terlihat lebih cantik dibandingkan dengan yang pendek-pendek. Menggunakan LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan, menggoreng stik keju jadi menyenangkan. Dengan diameter 26 cm, maka saya bisa memperoleh hasil gorengan stik keju panjang dengan mudah. Tentunya masih ada hasil gorengan yang tidak lurus, tapi sebagian besar hasilnya panjang dan lurus. Yuuk kita buktikan.





Kali ini saya membuat stik sawi keju. Dari namanya bisa kebayang donk kalau warnanya akan hijau karena menggunakan air sawi. Ketika digoreng, warna hijaunya memang akan memudar, tidak secerah ketika dalam kondisi mentah. Warna hijaunya murni dari perasan air sawi tanpa menggunakan pewarna dan bahan tambahan lainnya. Untuk membuat stik keju, kita bisa memakai telur utuh atau putih telurnya saja. Kebetulan saya ada stok putih telur sisa membuat cake, jadi kali ini saya membuat stik dengan putih telur saja ya. Hasilnya tetap renyah dan enak walau tanpa penyedap dan bahan tambahan lainnya.





STIK SAWI KEJU

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
75 gr tepung kanji
180 gr keju cheddar, parut halus
1/2 sdt garam
50 ml putih telur
75 ml air sawi (dari 1 ikat sawi yang diblender dengan air dan disaring)
50 gr butter leleh

Cara Membuat :
1. Campurkan putih telur dan butter leleh. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tepung terigu, tepung kanji, garam dan keju cheddar parut. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan air sawi sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan bisa dipulung.
4. Giling adonan hingga halus kemudian potong sesuai selera dan cetak dengan menggunakan cetakan kwetiauw.
5. Panaskan minyak dalam LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Masukkan perlahan stik dan goreng hingga matang.
6. Angkat dan tiriskan, setelah dingin bisa dimasukkan dalam wadah kedap udara.



Adonan yang sudah kalis, digiling hingga halus dan kemudian dipotong sesuai panjang yang diinginkan.


Cetak menggunakan gilingan kwetiau.


Stik sawi keju digoreng menggunakan LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan.


Alhamdulillah...hasilnya memuaskan. Saya benar-benar terbantu LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Selain diameternya yang cukup lebar, sebaran panas yang merata pada seluruh permukaan pan membuat stik keju saya bisa matang sempurna dengan hasil yang renyah.





Jadi...pastikan LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan dalam list "must have item" di dapur. Selain cantik dan stylish, Fry Pan ini benar-benar multi fungsi dan dapat menghasilkan berbagai sajian masakan dengan hasil memuaskan. Memasak pun jadi lebih menyenangkan, hemat waktu dan hemat tenaga.

Selamat Mencoba

STEAK TEMPE SAUS JAMUR LADA HITAM (IDFB WITH LOCK & LOCK E-COOK DECO FRY PAN)



Bismillahirrohmanirrohim

IDFB bersama LOCK & LOCK mengadakan Challenge "Who Is The Best Chef Blogger" dengan mengajak 10 blogger terpilih untuk memberikan review tentang salah satu produk terbaru LOCK & LOCK. Challenge ini bertujuan untuk memperkenalkan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. 

Pastinya sudah banyak yang tau kan tentang produk-produk LOCK & LOCK. Selama ini kita mengenal LOCK & LOCK sebagai produsen berbagai perlatan rumah tangga yang berkualitas, aman dan terjangkau harganya. Beberapa produk LOCK & LOCK antara lain adalah aneka botol minum, botol saus & kecap, container, lunch box set, shaker, mug dan tentunya stainless & cookware. Produk-produk LOCK & LOCK sudah terjamin karena mendapatkan Quality Certification, Hygiene and Safety serta Sanitary Finished dari beberapa lembaga di Korea. Jadi kita bisa dengan nyaman menjadikan produk-produk LOCK & LOCK sebagai pilihan untuk keluarga. 




Alhamdulillah saya termasuk salah satu food blogger yang beruntung diberi kesempatan untuk mereview LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Yuuk...kita lihat bagaimana kemampuan dan kehebatan Fry Pan cantik ini.

Pertama melihat LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan ini kita pasti langsung jatuh hati. Desainnya yang colorfull dan stylish bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih menarik. Jadi selain bisa membantu kita dalam proses memasak, LOCK & LOCK E-Cook Fry Pan ini oke juga untuk mempercantik dapur. Warna-warnanya juga ceria, antara lain merah, kuning dan hijau.





LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan memiliki lapisan anti lengket, sehingga walaupun kita memakai sedikit minyak dalam proses memasak, makanan tidak akan menempel sehingga mudah dibersihkan. Dengan memakai sedikit minyak, maka makanan yang kita masak tentunya akan lebih sehat.

LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan mempunyai lapisan tahan panas pada bagian luar sehingga mencegah masakan menjadi cepat hangus. Panasnya merata pada semua bagian fry pan sehingga masakan menjadi cepat matang dan menghemat energi serta waktu memasak










LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan dilengkapi dengan pegangan yang nyaman, anti licin dan tidak panas, sehingga kita bisa dengan mudah memegangnya tanpa menggunakan serbet atau lap. 

Ada 1 lagi kelebihan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan yang saya sukai yaitu memakai material light weight aluminium sehingga walaupun tebal tetapi cukup ringan. Saya cukup nyaman mengangkatnya ketika memasak dan juga membersihkan. 

Test pertama saya kepada LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah membuat steak tempe saus jamur lada hitam. Pada umumnya steak terbuat dari daging, ayam ataupun ikan. Ternyata tempe juga bisa diolah menjadi steak yang tidak kalah enak dengan steak yang biasa kita jumpai. Dalam membuat steak tempe ini, bisa dipadukan dengan daging sapi, ayam atau bahkan udang. Tujuannya selain menambah cita rasa juga bisa meningkatkan gizi makanan tersebut. 

Seperti yang kita ketahui, tempe adalah bahan makan Indonesia yang menjadi salah satu sumber protein nabati. Tempe terbuat buat dari fermentasi biji kedelai dengan menggunakan berbagai jenis kapang Rhizopus. Sediaan fermentasi ini kita kenal sebagai ragi tempe. Tempe diketahui kaya akan serat, kalsium, zat besi serta vitamin B. 

Olahan tempe pun bermacam-macam, yang paling sering kita jumpai tentunya adalah tempe goreng. Selain itu tempe bisa diolah menjadi berbagai variasi menu yang lezat, salah satunya adalah steak tempe. Kali ini saya memadukan tempe dengan daging sapi giling. Cara membuatnya sangatlah mudah dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Saya membuat saus jamur lada hitam untuk paduan steak tempe. Untuk pelengkapnya saya memakai kentang goreng serta rebusan buncis, wortel, jagung manis dan kacang polong. Silahkan berkreasi dan menyesuaikan dengan selera keluarga ya. Berikut adalah resep steak tempe saus jamur lada hitam ala saya.

STEAK TEMPE

Bahan :
250 gr tempe, potong dadu kecil
200 gr daging giling
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm tepung panir
2 sdm tepung terigu
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1-2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Kukus tempe hingga lunak kemudian haluskan.
2. Tumis bawang bombay hingga harum, angkat dan campur dengan semua bahan. Aduk hingga tercampur rata.
3. Test rasa dengan cara memanggang sedikit saja adonan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian (saya timbang @75 gr), bentuk bulat pipih.
5. Panaskan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan dan panggang adonan di atasnya tanpa menggunakan minyak atau mentega. Panggang hingga matang dan kedua sisinya kecoklatan. 
6. Angkat dan siap digunakan.


Adonan steak yang siap untuk dipanggang.


Steak tempe dipanggang menggunakan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.

Setelah 1 tahapan selesai saya kerjakan, saya juga tidak perlu repot-repot mencucinya, cukup dengan membersihkan dengan tissue maka LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan siap digunakan untuk tahapan selanjutnya. 

SAUS JAMUR LADA HITAM

Bahan :
1 kaleng jamur kancing, belah 3 bagian
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
400 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1 sdt lada hitam bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak di atas LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
2. Masukkan jamur kancing, aduk hingga rata.
3. Tuang air kaldu, masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata.
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan lada hitam. Masak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
6. Matikan api, siap digunakan.


Membuat saus jamur lada hitam memakai LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.


LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan saya bersihkan dengan tissue dan siap digunakan untuk menggoreng kentang.



Kentang digoreng menggunakan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan.


Setelah semua tahapan memasak selesai, biarkan fry pan dingin kemudian bisa dicuci menggunakan spons lembut. LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan kembali bersih tanpa ada bau masakan yang mengganggu.



Selesai sudah semua tahapan dan steak tempe siap disajikan.




Penyelesaian :
- Siapkan piring saji, tata steak tempe beserta pelengkap di atasnya dan siram dengan saus.
- Segera sajikan hangat.








Alhamdulillah...steak tempe ini sesuai dengan selera keluarga saya. Anak-anak suka sekali dengan saus jamur lada hitam dan membuat makan siang mereka menjadi menyenangkan.





Saya pun senang karena Fry Pan baru saya ternyata benar-benar menyenangkan untuk diajak "berduet" di dapur. Proses pembuatan steak tempe yang memerlukan beberapa tahapan ini dapat dengan mudah saya lakukan dengan bantuan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Mulai dari proses memanggang, menggoreng kentang sebagai pelengkap dan juga membuat saus, cukup memakai sebuah LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Praktis, hemat waktu dan hemat tenaga. 




LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan ini recomended sekali untuk menjadi salah satu must have item peralatan dapur. Selamat mencoba petualangan memasak yang seru bersama LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan. 
Happy Cooking ^^




Thursday, January 22, 2015

CREAMY PEANUT BUTTER PUDING



Bismillahirrohmanirrohim
Sekarang setiap hari hujan, sepertinya memang sudah sah masuk musim hujan ya. Seharusnya kalau cuaca seperti ini lebih cocok bikin cemilan yang bisa dinikmati hangat-hangat ya. Eeh...tapi aku malah bikin puding hehehe. Gak apa-apa yaa, maklum aku jarang sekali minum air es jadi kalau siang-siang sampai rumah dan pengen yang seger-seger aku biasanya makan buah dingin atau puding ini dan tetap gak pengen air es. Di tempatku biasanya cuaca mendung mulai jam 2, jadi sebelumnya tuh masih panas dan bagiku masih afdol kalau maem puding. Pembelaan ini ceritanya ^^

Buat penggemar peanut butter alias selai kacang, puding yang satu ini wajib untuk dicoba lho karena memang enak banget. Terinspirasi dari Mbak Renny Asti yang sudah bikin beberapa waktu yang lalu. Foto peanut butter pudingnya Mbak Renny sukses membuatku pengen nyobain, padahal memang aslinya semua foto-foto Mbak Renny mah keren abis. Hehehe.

Resepnya sudah disesuaikan dengan bahan yang aku punya di rumah dan sebagai pelengkap aku tambahkan chocolate sauce dan topping almond. Kalau memang gak suka, bisa diskip aja ya.

CREAMY PEANUT BUTTER PUDING

Bahan :
1 bungkus (7gr) agar-agar plain
600 ml susu cair
250 ml krim kental (whipcream cair)
100 gr gula pasir
70 gr selai kacang creamy (peanut butter)
1 sdt vanilla

Pelengkap :
chocolate sauce
almond slice sangrai, cincang kasar

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk dan gula pasir. Tambahkan susu cair dan krim kental.
2. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
3. Ambil 1/3 bagian adonan, beri vanilla. Aduk hingga rata.
4. Masukkan selai kacang ke sisa adonan, aduk hingga rata.
5. Tuang sebagian adonan selai kacang ke dalam loyang atau cup yang sudah dibasahi air, biarkan hingga berkulit dan tuang perlahan adonan vanilla. Biarkan berkulit dan tuang kembali sisa adonan selai kacang. Biarkan hingga set dan dinginkan.
6. Menjelang disajikan, tuang saus coklat dan taburi almond slice.

Notes :
- Kalau tidak ada krim kental / whipcream cair bisa memakai full susu atau memakai whipcream bubuk yang dicairkan.
- Pemakaian gula disesuaikan aja dengan selera yaa.
- Ketika menunggu lapisan berkulit, aduk sesekali adonan agar-agar yang belum dituang atau bisa juga dipanaskan sebentar hingga mencair.




Yang bikin puding ini terasa lebih spesial adalah pemakaian saus coklat di atasnya. Aku pakai sedikit aja karena memang stok coklat di rumah tinggal sedikit. Kalau ingin saus coklat yang lebih banyak, silahkan buat 2x dari resep berikut ya.

CHOCOLATE SAUCE

Bahan :
50 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
50 ml susu cair
1 sdm madu

Cara Membuat :
1. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih, cukup hingga timbul gelembung-gelembung kecil di tepi panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata.
3. Masukkan madu. Aduk rata dan siap digunakan.

Alternatif lain selain memakai saus coklat, bisa juga memakai vla vanilla atau saus kacang. Hmmm...enak banget. Tapi kalau malas bikin saus atau vla, pudingnya juga tetap enak kok.




Selamat mencoba ^^

Wednesday, January 21, 2015

STEAMED MATCHA CAKE





Bismillahirrohmanirrohim
Sebenarnya aku suka banget dengan hal-hal yang berbau matcha atau green tea. Sebenarnya juga aku selalu nyetok matcha powder atau green tea bubuk di rumah. Tapiii...di rumah cuma aku yang suka aroma matcha. Suami doyan sih, tapi gak terlalu hobby dengan matcha sedangkan anak-anak gak ada yang doyan huhuhu. Kata anak-anak aromanya aneh dan rasanya pahit, jadi mereka sama sekali gak suka. Padahal justru aroma dan rasanya yang pahit-pahit sedap itu yang bikin khas ya hehehe. Itulah yang bikin aku jarang sekali bebikinan dengan matcha kecuali buat aku sendiri. Maklum biasanya untuk bikin cemilan aku harus menyesuaikan selera anak-anak.

Kebetulan kemarin ada moment yang pas untuk bebikinan dengan matcha. Udah lama juga tidak menikmati sedapnya matcha. Awalnya pengen bikin puding atau matcha latte, tapi akhirnya aku bikin steamed cake yang simpel aja. Maksudnya kan lumayan tuh bisa kubuat bekal, jadi gak tergoda untuk beli siomay misalnya kelaperan di tengah jalan heuheuheu. Bikinnya juga dikit aja, memakai loyang kecil 20x10 cm. Itu sudah lebih dari cukup buatku.

STEAMED MATCHA CAKE

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier
80 gr tepung terigu
20 gr matcha powder
seubit garam
50 gr coklat masak putih (white cooking chocolate)
90 gr minyak sayur
75 gr susu kental manis putih

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang 20x10x7 cm. Oles tipis margarin atau minyak, alas kertas roti dan olesi kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, matcha powder dan garam. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit , aduk rata menggunakan spatula atau dimixer dengan kecepatan rendah. Sisihkan.
5. Tim coklat putih hingga leleh, matikan api kemudian masukkan minyak sayur. Aduk rata dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga homogen.
6. Ambil 50 gr adonan, campur dengan susu kental manis. Aduk rata dan sisihkan.
7. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit.
8. Tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis dan kukus kembali selama 10 menit.
9. Tuang sisa adonan di atasnya dan lanjutkan mengukus dengan api sedang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk ya.
10. Angkat dari kukusan dan keluarkan dari loyang. Tunggu hingga dingin dan potong-potong sesuai selera.




Rasanya pas seperti yang aku pengen. Teksturnya lembut dan tidak seret. Tidak terlalu manis dan tetap terasa pahit-pahitnya matcha. Jangan dibayangkan kalau cake ini rasanya pahit ya, cuma terasa semburat pahitnya matcha. Pahit-pahit sedap kalau kubilang hihihi.
Karena cake ini dikukus, warna hijau matcha-nya lebih "keluar" dibandingkan dengan cake yang dioven. Warna dan rasanya sebenarnya juga tergantung dari matcha powder yang kita pakai. Di pasaran terdapat matcha powder dengan berbagai grade. So...ada istilah baru...kenali matcha powder yang dipakai ya ^^

Untuk matcha lovers...steamed cake ini bisa dicoba. 
Happy Steaming