Wednesday, December 17, 2014

SAMBALADO TERONG TERI



Bismillah....
Lagi-lagi postingan tentang simpel menu. Kalau yang ini kayanya udah jadi menu sejuta umat deh, alias udah umum banget dan banyak yang bisa bikinnya. Sambalado terong ini juga lumayan sering juga aku bikin karena cukup mudah dan praktis. Biasanya dipadukan dengan rebusan daun singkong dan juga sambel ijo. Waduuh...itu salah satu menu boros nasi. Sambalado terong ini enak banget kalau diberi campuran teri medan, tapi kali ini aku pakai teri biasa aja, gak tau namanya teri apa tapi rasanya gak asin. Jadi pemakaian garam, disesuaikan dengan jenis teri yang dipakai ya. 

SAMBALADO TERONG TERI

Bahan :
3 buah terong, potong dan goreng
50 gr teri, goreng
2 helai daun salam
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
12 cabe merah
7 cabe rawit (sesuaikan selera pedas)
2 ruas jahe

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu uleg kasar hingga matang dan harum. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Masukkan teri kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Masukkan terong, aduk rata dan masak sebentar dengan api kecil hingga bumbu meresap.
4. Angkat dan siap disajikan.





Semakin pedas semakin mantap kan. Yang lebih asyik karena bikinnya cepat dan anti ribet.
Happy Cooking ^^

Tuesday, December 16, 2014

AYAM PANGGANG ORIENTAL





Bismillahirrohmanirrohim
Pastinya banyak yang suka dengan menu yang berbahan dasar ayam kan. Ayam goreng, ayam bakar, soto ayam, sup ayam dan segala variasi hidangan ayam memang banyak disuka. Biasanya aku suka sekali bikin ayam bakar atau ayam goreng buat menu sehari-hari. Maklum, cari yang praktis-praktis aja. Kalau biasanya aku bikin ayam bakar dengan bumbu tradisional, kali ini bikin dengan bumbu oriental. 

Dinamakan ayam panggang oriental karena memang memakai bumbu-bumbu yang biasa dipakai dalam masakan oriental, yaitu cukup kecap manis, saus tiram dan minyak wijen. Bumbu lainnya juga tidak perlu diuleg, hanya cukup diiris-iris saja. Praktis dan mudah. Rasanya juga tidak mengecewakan lho atau kalau kata anakku...enaak. Alhamdulillah. 
Resep berikut, porsi kecil aja ya, cukup untuk menu sekali makan siang keluargaku.

AYAM PANGGANG ORIENTAL

Bahan :
600 gr ayam, potong sesuai selera
1 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis / lemon
minyak goreng secukupnya
1/4 butir bawang bombay, iris tipis
wijen secukupnya untuk taburan

Bumbu Perendam :
7 sdm kecap manis
5 sdm saus tiram
2 sdm minyak wijen
1 sdm air jeruk nipis / lemon
4 siung bawang putih, memarkan
1 butir bawang bombay, iris tipis
2 ruas jahe, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
1. Campurkan ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
2. Panaskan minyak dan goreng ayam hingga kecoklatan. Jangan terlalu lama ya. Angkat dan tiriskan.
3. Campurkan semua bahan perendam kemudian masukkan ayam ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam pinggang tahan panas atau loyang kemudian panggang dalam oven suhu 170'C selama kurang lebih 40 menit. Setelah memanggang 20 menit, keluarkan loyang dan balikkan ayam kemudian lanjutkan memanggang hingga matang.
5. Angkat, taburi wijen dan beri bawang bombay serta seledri sebagai garnish. Siap disajikan.





Cukup mudah dan simpel kan cara membuatnya. Semoga bisa jadi salah satu alternatif menu di rumah ya.
Selamat mencoba ^^





CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING



Bismillah....
Oooh...kenapa panjang sekali judul postingan kali ini yak hihihi. Gak apa-apa lah panjang karena biar jelas aja kalau kali ini adalah postingan tentang banana cake coklat yang pakai peanut butter icing. Eh ya...jangan bosan dulu ya dengan postingan peanut butter, karena memang keluargaku suka banget. Setelah kemarin bikin peanut butter sauce buat pancake, bikin peanut butter brownies, kali ini peanut butter icing di banana cake, In shaa Allah...masih ada edisi selanjutnya tentang peanut butter heuheuheu. 

Selain macaroni schotel dan brownies, banana cake adalah salah satu solmed-ku alias akunya doyan banget. Jadi kalau lagi-lagi postingannya tentang makutel, brownies dan bancake...harap maklum ya. Kali ini aku membuat chocolate banana cake dengan resep yang sudah biasa aku buat. Untuk variasi, aku membuat peanut butter icing sebagai toppingnya. Rasanya....sudah pasti enak, apalagi buat penggemar bancake dan peanut butter seperti aku. Abaikan penampilannya yang tidak meyakinkan ini ya, lagi gak punya chocochips, adanya chips yang warnanya hijau kecoklatan gitu yang kalau dilihat-lihat sepintas mirip kacang ijo huhuhu. Monggo kalau ada yang mau mencoba resepnya.




CHOCOLATE BANANA CAKE WITH PEANUT BUTTER ICING

Bahan :
115 gr butter
220 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
230 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt soda kue
3-4 buah pisang, lumatkan dengan garpu
65 ml buttermilk (susu + air jeruk nipis)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban 20cm), olesi margarin dan tabur tipis terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula hingga lembut, masukkan vanilla dan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Jangan overmix ya.
5. Masukkan pisang dan buttermilk. Aduk hingga rata.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
8. Matikan api, biarkan hangat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan di atas rak kawat.

Bahan Peanut Butter Icing :
100 gr selai kacang creamy
50 gr gula pasir halus
70 ml susu cair

Cara Membuat Peanut Butter Icing :
1. Letakkan selai kacang di wadah tahan panas, masukkan ke dalam microwave sebentar hingga teksturnya lebih melted atau teksturnya lebih cair. Bisa juga dengan memanaskan sebentar dengan cara ditim di atas kompor.
2. Masukkan gula pasir halus dan susu cair. Aduk hingga rata hingga encer.
3. Siap dituang ke atas cake.




Selamat mencoba ^^

Saturday, December 13, 2014

EGGLESS PEANUT BUTTER BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Brownies lagi !! Kayanya minimal sebulan sekali posting resep brownies ya hahaha. Harap maklum, brownies = mood booster bagiku. Kali ini aku bikin eggless peanut butter brownies. Kenapa bikin eggless brownies? Karena saat itu aku gak punya stok telur sebutir pun di rumah. Padahal dari malem udah diniatin banget bikin brownies abis subuh, sebelum tidur buka kulkas untuk ngeluarin telur daaan...yang ada tinggal telur asin hiiiks. Tadinya udah niat pagi-pagi minta anterin telur, karena aku jelas gak bisa ngambil telur pagi-pagi karena masih harus prepare anak-anak sekolah. Tapi daripada ribut minta anterin telur pagi-pagi buta demi bikin brownies, mending bikin brownies tanpa telur aja yaa. 

Kebetulan aku masih punya stok beberapa botol kecil selai kacang creamy, bisalah dimanfaatin untuk brownies. Buat penggemar peanut butter seperti aku, wajib dicobain lho. Resepnya aku adaptasi dari Sugar & Spice by Radhika, kemudian dimodifikasi lagi agar sesuai dengan selera keluarga.

EGGLESS PEANUT BUTTER SWIRL BROWNIES

Bahan Eggless Brownies :
150 gr tepung terigu serbaguna
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
2 sdm butter
40 gr gula pasir halus
45 gr gula palem
90 gr susu kental manis
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
120 ml susu cair

Bahan Peanut Butter Swirl :
90 gr peanut butter (selai kacang creamy)
1 sdm butter leleh
2 sdm gula halus
1/2 sdt vanilla
---> aduk semua bahan hingga tercampur rata

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang 18x18 cm. Oles margarin dan alasi kertas roti hingga sisi loyang, oles margarin kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter hingga lembut, kemudian masukkan gula pasir dan gula palem. Kocok hingga rata selama kurang lebih 3 menit.
4. Masukkan susu kental manis dan kocok sebentar hingga tercampur rata.
5. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan overmix ya. 
6. Tuang susu cair dan coklat leleh. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, sendokan adonan peanut butter di atasnya. Buat motif swirl dengan memakai tusuk sate atau garpu.
8. Panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.







Rasanya lumayan juga kok. Menurutku resep ini cukup unik, selain tanpa telur, juga karena menggunakan susu kental manis dalam adonannya. Ternyata setelah menginap, brownies ini juga bertambah moist dan legit dibandingkan saat baru matang. Untuk penggemar brownies seperti aku, brownies ini memang terasa kurang "nendang" dibanding brownies yang biasanya aku buat, tapi untuk sebuah eggless brownies, ini sudah lumayan banget. Next time, mau buat lagi dengan memadukan brownies biasa yang fudgy dengan peanut butter swirlnya.

Selamat mencoba...Happy Baking ^_^ 

Thursday, December 11, 2014

MAC SCHOTEL ON SKILLET



Bismillahirrohmanirrohim
Yippiie....aku punya mainan baru, namanya skillet. Bagiku ini semacam hadiah buat diriku sendiri, setelah beberapa kejadian dan rasa capek yang aku alami akhir-akhir ini. Alhamdulillah...akhirnya kesampaian punya  skillet ini. Yang pasti udah kebayang berbagai resep yang akan dicoba dengan memakai skillet ini, walau entah kapan nyobainnya hehehe. 

Skillet merupakan alat masak serbaguna yang bisa digunakan langsung di atas kompor, dimasukkan ke dalam oven atau microwave serta bisa langsung digunakan untuk penyajian. Skillet terbuat dari cast iron sehingga panasnya lebih merata. Konon skillet juga mampu menjaga nutrisi makanan lebih baik dibandingkan jika kita menggunakan peralatan yang anti lengket seperti yang banyak kita jumpai sekarang ini. Foodie blogger banyak menggunakannya sebagai salah satu properti dalam food photography. Kalau kita ngubek-ngubek di Pinterest, bisa dilihat tuh beragam foto cantik yang menggunakan skillet.  Untuk yang pengen tau lebih banyak tentang apa iron cast skillet...silahkan gugling yaa ^_^






Proyek pertama "nganyari" skillet setelah proses seasoning adalah bebikinan yang jadi favorit keluarga, terutama yang masak hihihi. Gak mau ribet, browsing resep, pakai resep yang sudah jadi andalan aja jadinya aku bikin macaronie schotel. Resep macaroni schotel sudah bertebaran di blogku ini hahaha. Monggo salah satunya bisa dilihat disini. Karena skilletku ini mungil, hanya berdiameter 17 cm, jadi aku hanya memakai 100 gr macaroni. Alhamdulillah...hasilnya memuaskan. Ludes...laris manis.






Happy Baking ^_^

MARTABAK MANIS KEJU



Bismillah...
Ini camilan yang kubuat untuk keluargaku beberapa hari yang lalu. Sekarang ini kalau bikin camilan harus milih yang praktis dan kalau bisa cepat. Maklum...sekarang lebih sering "beredar" daripada di rumah hehehe, dan waktu di rumah itu sangat berharga bagiku. Sebisa mungkin tetap masak dan membuat camilan untuk keluarga, walau yang praktis-praktis aja. Jadinya sekarang ini aku lebih banyak mengulang lagi resep-resep yang aku udah hafal, bisa dibilang udah lancar bikinnya gitu heuheuheu, itu bikin tambah cepat kan. Salah satunya adalah martabak manis atau terang bulan. Resep dari Mbak Fifi ini udah sering kubuat dan selalu puas dengan rasanya. Yaah...walau sampai saat ini belum bisa bikin serat martabak yang halus dan heboh, tapi aku udah cocok dengan tekstur dan rasa martabak manis ini. Resepnya dulu sudah pernah kuposting disini. Kali ini aku modif sedikit resepnya dengan menambahkan 1 kuning telur. Hasilnya...jadi lebih empuk. Sayangnya martabak manisnya pucat banget ya, karena aku lagi gak punya pewarna kuning telur, jadinya plain aja. Jadi kalau mau warna martabak manisnya kuning kecoklatan cantik seperti yang dijual abang-abang itu, bisa menambahkan pewarna kuning telur ya.

Kali ini semuanya full aku topping keju request anak-anak. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya, bisa pakai coklat, meises, wijen, kacang tanah cincang atau kalau yang mantap pakai nutella hehehe. Yummyy...





MARTABAK MANIS KEJU
untuk 2 loyang diameter 22 cm

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
2 kuning telur
350 ml air
1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan tambahan per loyang :
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :
1 sdm margarin
1 sdm gula pasir
keju cheddar parut secukupnya
susu kental manis (SKM) secukupnya

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
- Beri pewarna kuning telur ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
- Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian. 
- Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
- Oles terang bulan dengan margarin,keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin.
- Siap disajikan.

Notes :
- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.





Fotonya gak banget deh ya huhuhu. Sebenarnya gak ada rencana foto-foto martabak manis ini sih, yang ada akunya lagi fotoin jeruk. Liat martabak manis, akhirnya ikut difotoin deh dengan set yang sama dengan jeruk yang kufoto. Fotoinnya keburu-buru karena mau ke rumah Mama, jadinya gini deh hasilnya hehehe.

Selamat Mencoba ^_^

Wednesday, December 10, 2014

TAHU BUMBU PETIS



Bismillah...
Tahu bumbu petis ini maksudnya bukan tahu goreng yang dimakan dengan colekan petis ya. Ini mirip dengan tahu tek, tahu bumbu, kupat tahu atau ada juga yang bilang lontong tahu. Kalau di Jawa Timur, selain memakai bumbu kacang, juga memakai petis udang dalam bumbunya. Menurutku petis ini memang bikin lebih gurih, tapi memang ada juga yang gak doyan petis. Mungkin karena warnanya itu ya hehehe. It's oke, tanpa petis juga enak kok, tinggal menyesuaikan aja dengan selera.

Kebetulan hari ini pengen bikin tahu telur bumbu petis. Tahu masih banyak, tapi telur tinggal 2 butir, gak punya lontong juga, jadi masaknya menyesuaikan bahan yang ada ya. Karena telurnya cuma dikit, gak bisa dibuat tahu telur model dadar, tapi telurnya berupa serabut-serabut diantara tahunya. Tanpa lontong juga gak apa-apa, udah kenyang juga makan tahu sepiring gini. Kalau mau, bisa juga ditambahkan nasi, jadinya nasi tahu bumbu petis hehehe. Kalau gak suka petis, bisa diskip petisnya ya.




TAHU BUMBU PETIS

Bahan :
2 blok besar tahu, potong dadu
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
Minyak goreng 

Bahan Bumbu Petis :
1 genggam kacang tanah, sangrai
2 siung bawang putih, goreng
5 cabe rawit, goreng
1-2 sdt petis udang
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2-3 sdm kecap manis (sesuaikan selera)
50 ml air (atau secukupnya)

Pelengkap :
kol, iris halus
tauge, siangi dan rebus
seledri, iris halus
bawang goreng
lontong / ketupat (skip)

Cara Membuat :
1. Campurkan tahu dengan telur, bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan goreng hingga kecoklatan. Angkat. Bisa dibuat model dadar tahu atau bisa juga digoreng lepas hingga telur membentuk serabut-serabut halus.
2. Uleg kasar kacang tanah sangrai, tambahkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah digoreng. Tambahkan petis udang, garam dan gula pasir. Uleg hingga rata.
3. Tambahkan kecap manis, aduk hingga rata kemudian tuang air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Siapkan piring saji, tata tahu di atasnya, beri kol dan tauge. Siram dengan bumbu petis, beri taburan bawang goreng dan seledri.
5. Siap dihidangkan.




Biasanya kalau makan tahu bumbu atau tahu tek model begini, pake krupuk kecil juga sebagai pelengkapnya. Karena aku cuma punya krupuk udang, jadi gak apa donk ya kalau pake krupuk udang aja hehehe. Namanya juga masak-masak sendiri, dimakan sendiri sekeluarga, jadi ya menyesuaikan bahan yang ada aja. Setiap bikin tahu bumbu petis gini, aku selalu membuat 2 macam bumbu, yaitu yang pedas dan tidak pedas buat anak-anak. 

Happy Cooking ^_^